cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 81 Documents
PENDIDIKAN MASYARAKAT PADA PERTUNJUKAN TURUNANI DALAM UPACARA ADAT GORONTALO Karlan, La Ode; Rahmat, Abdul; Mirnawati, Mira
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.232 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.3.163-170.2019

Abstract

Turunani yang dihadirkan dalam berbagai upacara adat peralihan masyarakat Desa Kramat, Kecamatan Tapa, memiliki perbedaan dari aspek kebentukannya, seperti: pada upacara adat aqiqah, khitanan, dan pernikahan. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana bentuk pertunjukan turunani dalam berbagai upacara adat peralihan tersebut, dan alasan-alasan apa saja sehingga turunani dapat dihadirkan dalam upacara adat tersebut. Sehingga, dalam penelitian ini ditemukan bentuk secara musikal seperti teknik permainan pola tabuhan 3, 7, dan 9 yang digunakan pada prosesi upacara adat dalam konteks tertentu, dengan lantunan syair yang bermakna pembinaan moral, pembentukan ahlak, dan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, melalui sanjungan dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW menurut ajaran agama islam, sehingga menjadi pegangan hidup yang kokoh bagi masyarakat khususnya di Desa Kramat. Dengan demikian, terkait dengan maksud-maksud tersebut, maka fungsi turunani ditemukan 4 fungsi yang melingkupi kehadirannya dalam berbagai upacara adat peralihan yakni: Turunani sebagai fungsi Hiburan, sebagai fungsi komunikatif, sebagai fungsi yang berkaitan dengan norma sosial, dan turunani sebagai fungsi kesinambungan budaya.
DAMPAK TUNJANGAN PROFESI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA DI KOTA GORONTALO PROVINSI GORONTALO Himran, Mohammad Fadli A.; Alam, Heldy Vanni
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.466 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.3.199-206.2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tunjangan profesi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SMA Negeri di Kota Gorontalo yang berjumlah 215 orang.Jumlah sampel 140 orang guru yang diambil dengan menggunakan Rumus Slovin.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh persamaan regresi ?= 19,668 + 0,627X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan pada satu-satuan variabel tunjangan profesi, maka akan diikuti oleh perubahan sebesar 0,627 atau 62,7% satuan pada varibel motivasi kerja guru.Hasil penelitian menunjukan pula bahwa tunjangan profesi memiliki dampak positif terhadap meningkatnya motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalosebesar 36,2%.Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PRODUKTIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 1 POPAYATO Puluhulawa, Rustam
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.265 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.1.31-38.2019

Abstract

Pada dasarnya mengajar bukanlah pekerjaan yang ringan bagi seorang guru berhadapan dengan sekelompok siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga memerlukan bimbingan atau petunjuk agar mereka menjalani proses belajar secara maksimal dalam suasana yang kondusif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Maksudnya setiap data dideskripsikan, kemudian dianalisis terlebih dahuli, bahkan juga dibandingkan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik penelitian ini ditempuh melalui dua cara yakni : (1) teknik pengumpulan data dan (2) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada guru SMK Negeri 1 Popayato Kabupten Pohuwato tahun pelajaran 2016/2017. Temuan tersebut memberikan implikasi baik secara paraktis maupun teoritis. Secara praktis, implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa semakin tepat teknik supervisi dilakukan, maka hasil yang diperoleh akan semakin optimal. Implikasi praktis lain dari hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan secara berkelanjutan akan mempunyai hasil guna yang lebih optimal.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN CERPEN YANG DIBACA MELALUI STRATEGI STRATA Suratinoyo, Salman
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.628 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.1.71-80.2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca dengan menggunakan strategi Strata. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Gorontalo dengan mengambil subjek penelitian pada peserta didik di kelas IX-1 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan peserta didik, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Strata dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca. Jika pada hasil tes awal kemampuan peserta didik rata-rata hanya 37,61% dari 31 orang peserta didik. Setelah diterapkan strategi Strata pada siklus I kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 53,74%. Beberapa kekurangan pada siklus I diperbaiki pada siklus II sehingga kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 95, 67%.
UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS DI SD BINAAN WILAYAH KECAMATAN NAPABALANO KABUPATEN MUNA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Omi, La
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.422 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.2.111-118.2019

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis Pengawas di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 67,40 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 86,50 % pada siklus II.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan Pengawas melalui supervisi klinis efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna.
PENGEMBANGAN MODEL PELIBATAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENTAS KELAS PADA SATUAN PAUD DI KABUPATEN GORONTALO Sahara, La Ode
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 6, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.214 KB) | DOI: 10.37905/aksara.6.1.35-44.2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi objektif pelibatan orang tua dalam penyelenggaraan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (2) Mendeskrisikan model konseptual pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (3) Mendeskripsikan implementasi model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (4) Mendeskripsikan efektivitas model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) yang meliputi kegiatan: (1) studi pendahuluan tentang kondisi objektif pelibatan orang tua dalam pendidikan, (2) pengembangan model pendampingan, (3) validasi ahli dan revisi, (4) implementasi model, dan (5) uji keefektifan model.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan: (1) Kondisi awal pelibatan orang tua pada pendidikan anak umumnya masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pelibatan orang tua belum dilaksanakan secara optimal. (2) Pengembangan model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas akhir tahun dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan dan pendanaan, melakukan validasi pengembangan model dengan pakar Pendidikan nonformal, praktisi pendidikan nonformal dan teman sejawat, dan menyusun model akhir. (3) Implikasi model pendampingan dilakukan melalui kegiatan uji coba dan uji aplikasi model pelibatan. Keseluruhan kegiatan tersebut dilakukan melalui tahapan; input, proses, output dan outcome. (4) Pengembangan model pelibatan orang tua memberikan dampak pada peningkatan kreativitas dan pelaksanaan pentas akhir tahun. Temuan penelitian ini menunjukkan model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas akhir tahun yang dikembangkan direkomendasikan kepada pihak-pihak terkait dalam meningkatkan pengelolaan PAUD di Provinsi Gorontalo.
HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPRIBADIAN DENGAN ETOS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO Ishak, Siwin C.; Hulukati, Wenny
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 6, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.815 KB) | DOI: 10.37905/aksara.6.1.45-53.2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dengan etos kerja pegawai di Kantor Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo; 2) mengetahui hubungan kepribadian dengan etos kerja pegawai di Kantor Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo; dan 3) mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepribadian dengan etos kerja di Kantor Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menghubungkan tiga variabel yang terdiri dari variabel Gaya Kepemimpinan (X1), variabel Kepribadian (X2) dan variabel Etos Kerja Pegawai (Y). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang merupakan pegawai yang bekera di lingkungan Kantor Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil pengujian pertama mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan pimpinan (X1) dengan etos kerja pegawai (Y), yang ditunjukkan koefisien korelasi sederhana diperoleh koefisien ry1 sebesar 0,02 dan koefisien determinasi r2y1 sebesar 0,004; 2) hasil pengujian kedua menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian pimpinan (X2) dengan etos kerja pegawai (Y), yang ditunjukkan koefisien korelasi sederhana diperoleh koefisien ry1 sebesar 0,99 dan koefisien determinasi r2y1 sebesar 1; dan 3) hasil pengujian ketiga menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan (X1) dan kepribadian pimpinan (X2) dengan etos kerja pegawai (Y), yang ditunjukkan koefisien korelasi multiple regresi. Hal ini mengindikasikan bahwa makin tinggi nilai gaya kepemimpinan dan kepribadian pemimpin yang ditunjukkan dalam kinerjanya, maka akan semakin tinggi etos kerja pegawai.
ANALISIS PENGUASAAN SANTRI TERHADAP KITAB KUNING BERDASARKAN POLA PEMBINAAN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-HUDA PROVINSI GORONTALO) Kamaru, Abd. Rasyid
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.442 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.2.157-162.2019

Abstract

Pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo yang didirikan pada tahun 1961 sampai dengan sekarang tetap eksis dalam kajian kitab kuning dan menggunakan sistem klasikal. Penelitian ini mengambil lokasi di pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo. Data yang diuraikan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan berupa observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Teknik pengolahan data yaitu menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan santri terhadap kitab kuning belum maksimal, maka pola yang dilaksanakan adalah memaksimalkan penguasaan santri pada mata pelajaran nahwu dan sharaf sebagai alat untuk menguasai kitab kuning. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar pihak pondok pesantren, pemerintah, masyarakat yang tampak dari sikap, perilaku, pemikiran maupun kerja sama antar pondok pesantren yang terkesan vakum selama ini.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TALUDITI TAHUN AJARAN 2017/2018 Paneo, Farid R.
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.479 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.1.25-30.2019

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan dilapangan/pada waktu melaksanakan tidakan, lembar pedoman wawancara, lembar penilaian individu setelah mengikuti pembelajaran, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPS siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat aktivitas siswa sebesar 15%. Pada siklus I tingkat rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 51,17%. Pada siklus II tingkat rata-rata aktivitas meningkat menjadi 84,72%. Hal ini berasrti peningkatan aktivitas siswa mencapai indikator yakni 85%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini karena model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) mengandung unsur permainan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa baik secara kognitif maupun fisik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI Pakaya, Femi Asri
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.052 KB) | DOI: 10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan mutu pendidikan di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Kabila yang berjumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan adalah menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran. Analisis data atau pengujian hipotesis dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan pada setiap akhir pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua tahap yakni kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi dan refleksi untuk mengetahui keberhaislan pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh pada kegiatan siklus I nilai hasil test evaluasi masih rendah yakni daya serap hanya 59,16% yang mampu memahami mater yang dibelajarkan. Pada saat dilaksanakan siklus II ditemukan peningkatan yang signifikan yakni 77.4% yang sudah memahami materi pembelajaran. Dengan nilai capaian tersebut telah mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70%Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat memberikan dampak positif berupa peningkatan hasil belajar siswa.