cover
Contact Name
jurnalpaju@unsoed.ac.id
Contact Email
jurnalpaju@unsoed.ac.id
Phone
+6285293345992
Journal Mail Official
jurnalpaju@unsoed.ac.id
Editorial Address
Prodi Penjas Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Unsoed. JL. Dr. Soeparno Karangwangkal 53123 Telp./Facs. (0281) 6572772
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
PAJU
ISSN : 26865793     EISSN : 26865807     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Physical Activity Journal biannually publishes research on various aspects of the physical education, sports and exercise sciences, biomechanics, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, as well as coaching and talent identification. The Journal focuses on the human sciences including responses to technologies such as the design of sports equipment and training facilities, Sports Education, Sports Training, Sports Tourism, and Traditional Sports, athlete selection and recruitment, performance analysis or modification, and stress reduction. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the aforementioned topics.
Articles 21 Documents
PENGARUH UMPAN BALIK DAN MOTIVASI TERHADAP SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA Pazriansyah, Deni; Qohhar, Wildan
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.209 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.2004

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh informasi dari pengaruh umpan balik dan motivasi terhadap teknik shooting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini adalah dilakukan metode eksperimen dengan design factorial by level 2 x 2, pengujian analisis hipotesis penelitian ini dengan sample 56 siswa dengan menggunakan random sampling. Penelitian ini ada 3 aspek yg di fokuskan, umpan balik dan informasi untuk itu kemampuan dari teknik shooting dalam permainan sepakbola. Dari data kuisioner dapat di analisis dengan anava 2 jalur, dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan : 1) Terdapat perbedaan kemampuan shooting sepakbola antara siswa yang berlatih dengan menggunakan umpan balik secara langsung dengan umpan balik tertunda, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara umpan balik langsung dan motivasi belajar terhadap kemampuan shooting sepakbola, 3) Terdapat perbedaan kemampuan shooting sepakbola siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan pembelajaran yang menerapkan umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan umpan balik tertunda, 4) Terdapat Perbedaan kemampuan shooting sepakbola siswa yang memiliki motivasi rendah dengan pembelajaran yang menerapkan umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan umpan balik tertunda.
RANCANGAN ALAT BANTU LATIHAN FOOTWORK BULUTANGKIS BERBASIS TEKNOLOGI MICROCONTROLLER Ngadiman, Ngadiman; Kusuma, Indra Jati; Widhi Nugraha, Aziz Wishnu
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.747 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.2030

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang alat bantu latihan footwork pada permainan bulutangkis berbasis teknologi microcontrolle. Desain penelitian dan pengembangan (research and development) ini  terdiri dari tahapan-tahapan rancangan desain produk, validasi desain, perbaikan desain, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk, serta ujicoba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ini dapat berfungsi sebagai alat bantu pelatih untuk memandu atlit dalam melaksanakan latihan footwork. Alat ini akan menampilkan lokasi target yang harus dicapai oleh atlit pada satu saat melalui lampu display. Alat ini dapat dioperasikan baik dalam model manual maupun model otomatis, serta dapat berfungsi sebagai alat ukur tingkat keberhasilan seorang atlit dalam memenuhi target latihan.   Keunggulan  alat bantu ini   adalah mampu   mengukur tingkat keberhasilan atlit dalam menjalani setiap set latihan dan dapat disesuaikan tingkat kesulitan sesuai kebutuhan. Tingkat kesulitah latihan menguunakann alat ini  dapat divariasikan berdasarkan parameter waktu latihan, berdasar jumlah langkah pada setiap set latihan,  atau parameter jarak langkah melalui penempatan lokasi sensor target di lapangan. Setelah melalui uji validitas oleh para pakar (expert judment) dapat disimpulkan bahwa rancangan alat bantu ini dapat digunakan untuk membantu latihan footwork bulutangkis dengan baik. 
ANALISIS TINGKAT DAYA TAHAN AEROBIK PADA ATLET FUTSAL PUTRI AFKAB INDRAMAYU Kharisma, Yudhi; Mubarok, M. Zakky
Physical Activity Journal Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.593 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2020.1.2.2349

Abstract

Tujuan penelitian ini hendak mengkaji mengenai tingkat  kondisi fisik pada atlet futsal putri AFKAB Indramayu tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran, sehingga memberikan gambaran mengenai apa yang akan diteliti berupa angka-angka dan diukur secara pasti. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah atlet futsal puteri AFKAB Indramayu yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kondisi fisik yakni tes multistage fitness atau tes lari multi tahap mengacu pada tes pengukuran Ismaryati (2008 : 86). Berdasarkan data penelitian futsal puteri AFKAB Indramayu yang berjumlah 20 atlet dengan menggunakan Tes Multi Tahap dari Ismaryati (2008 : 87). Hasil analisis menunjukkan nilai  rata-rata sebesar 30.94  dan Standar Deviasi ( simpangan baku ) sebesar 5.28. Berdasarkan  hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa tingkat kondisi fisik dengan menggunakan Tes Multi Tahap  masuk kategori sangat baik sebanyak 0 atlet, 1 atlet masuk kategori baik, 6 atlet kategori sedang, 11 atlet masuk kategori kurang dan sisanya 2 atlet masuk kategori  sangat kurang. Prosentase tersebut terdapat  10%  kategori  sangat kurang, 55% kurang, 30% sedang, 5% baik dan 0% sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa tingkat Kondisi fisik futsal puteri AFKAB Indramayu dalam kategori Kurang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SEPAKBOLA Qohhar, Wildan; Pazriansyah, Deni
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.772 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.1998

Abstract

Teaching Games for Understanding (TGFU) merupakan model pembelajaran yang menekankan taktik pemainan untuk dapat dimengerti sebagai pengenalan pertama, siswa harus mengetahui kenapa dan kapan keterampilan itu diperlukan dalam konteks permainan, pelaksanaan teknis dalam keterampilan, khususnya pada teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen yang dilaksanakan selama 16 pertemuan yang dilaksanakan 3 kali seminggu, jadi penelitian dilakukan kurang lebih selama 6 minggu.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes teknik dasar sepakbola yang terdiri dari passing, dribbling dan shooting. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMA 3 kota Serang Banten dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji Two Related Sample tests pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikansi pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian model pembelajaran TGFU terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola.
PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP HASIL LONCAT KATAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR Sina, Ibnu; Pelariyanto, Endri
Physical Activity Journal Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.678 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2020.1.2.2471

Abstract

Pembelajaran atletik di Sekolah Dasar memiliki bentuk berbeda dengan pola pembelajaran di SMP maupun SMA. Di Sekolah Dasar, atletik diajarkan dalam bentuk permainan Kids Athletic yang terdiri dari berbagai gerakan berlari, melempar dan meloncat. Materi meloncat diajarkan dalam bentuk Loncat Katak melalui berbagai metode pengajaran maupun metode latihan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh latihan loncat tali terhadap hasil loncat katak pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian mengunakan metode quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas V, sedangkan sampel yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas VB dengan jumlah 18 siswa putra dan 21 siswa putri total sampel yaitu 39 siswa, teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes Standing Board Jump (Nurhasan and Cholil 2014) dengan validitas 0,607 dan reliabilitas 0,963. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncat katak siswa kelas V B SD Negeri Simpang Tiga dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 6.66% sedangkan 93.34% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu salah satu metode latihan atau pembelajaran yang dapat digunakan bagi siswa Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil loncat katak (standing broad Jump) yaitu metode latihan skipping.
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MINAT SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMAN 1 CIKEMBAR Latif, Moch.; Faozi, Faiz; Bakhri, Rafdlal Saeful; Harja, Farid; Listiandi, Arfin Deri
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.179 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.2005

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Cikembar, Kab. Sukabumi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental (one group pretes-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Cikembar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes angket. Teknik analisis data menggunakan paired sample t test dengan ? < 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Negeri 1 Cikembar.
IDENTIFIKASI KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP DI DAERAH DATARAN TINGGI KABUPATEN BANYUMAS Suhartoyo, Topo; Budi, Didik Rilastiyo; Kusuma, Moh. Nanang Himawan; Syafei, Muhamad; Listiandi, Arfin Deri; Hidayat, Rohman
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.671 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.1995

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu faktor penting bagi siswa untuk dapat melakukan bebagai aktifitas fisik dan oalhraga, selain itu kebugaran jasmani yang baik juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan prestasi siswa, baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Tujuan penelitian untuk mengetahui profil kebugaran jasmani siswa SMP di dataran tinggi Kabupaten Banyumas, khususnya di daerah Kedungbanteng dan Baturraden. Metode penelitian studi deskriptif ex-postfacto. Instrumen penelitian menggunakan Multilevel Fitnes Test (MFT) untuk mengukur kebugaran jasmani. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa putra SMP di daerah Kedungbanteng dan Baturraden masih banyak yang berada di tingkat kebugaran cukup dan kurang dengan jumlah 45 anak atau sebesar 90%, sedangkan tingkat kebugaran jasmani siswa putri menunjukan hasil 48 siswa atau 98% berada dikategori kebugaran jasmani cukup dan kurang. Kesimpulan penelitian ini siswa SMP di dataran tinggi memiliki tingkat kebugaran yang kurang, sehingga perlu adanya program khusus yang memicu siswa SMP untuk melakukan berbagai aktifitas fisik dan olahraga.
PERBEDAAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA Kamnuron, Andri; Hidayat, Yusuf; Nuryadi, Nuryadi
Physical Activity Journal Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.326 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2020.1.2.2394

Abstract

Prestasi dalam olahraga dapat ditingkatkan apabila seseorang memiliki rasa percaya diri yang baik, terutama pada olahraga beregu maupun olahraga perorangan. Oleh karena itu penting untuk mengkaji tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh atlet cabang olahraga beregu ataupun cabang olahraga perorangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan tingkat kepercayaan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga perorangan. Metode pada penelitian ini mengguakan metode deskrptif dengan instrumen peneliitan berupa angket kepercayaan diri. Populasi dan sampel berjumlah 30 orang dengan rincian siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler cabang olahraga beregu sepak bola berjumlah 15 orang dan siswa-siswi yang  mengikuti ekstrakurikuler olahraga perorangan karate berjumlah 15 orang. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler beregu dan perorangan memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik, akan tetapi siswa yang mengikuti ekrakurikuler olaraga beregu sepak bola meiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga perorangan karate. Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak tedapat perbedaan yang signifikan pada tingkat percaya diri pada siswa ekstrakurikuler olahraga beregu maupun perorangan di SMAN 1 Jatinangor. Saran dari penelitian ini rasa percaya diri perlu dimiliki dan ditingkatkan pada diri siswa untuk menunjang prestasi yang diperoleh pada bidang pendidikan maupun olahraga.
EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI TAEKWONDO PADA SATRIA TAEKWONDO ACADEMY DI KABUPATEN BANYUMAS Nurcahyo, Panuwun Joko; Soegiyanto, Soegiyanto; Rahayu, Setya
Physical Activity Journal Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.389 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2019.1.1.1999

Abstract

Artikel ini telah di tarik/dibatalkan atas persetujuan dan sepengetahuan penulis, dengan alasan bahwa artikel telah terbit di jurnal lain pada tahun 2014
PENGEMBANGAN “BUKU SAKU PINTAR GIZI” UNTUK SISWA SMP: ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI OLAHRAGA Festiawan, Rifqi; Arovah, Novita Intan
Physical Activity Journal Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal
Publisher : Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1289.732 KB) | DOI: 10.32424/1.paju.2020.1.2.2436

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa buku saku yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi olahraga dan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (RnD) yang terdiri dari beberapa tahap: 1) identifikasi Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Bahan, 3) Desain Produk, 4) Pembuatan Produk, 5) Validasi Produk, 6) Ujicoba Terbatas, dan 7) Revisi Produk. Hasil penilaian ahli materi mendapat nilai  85% dengan kategori ?sangat baik?, ahli media mendapatkan nilai 88% dengan kategori ?sangat baik? dan ahli bahasa mendapatkan nilai 90% dengan kategori ?sangat baik?. Penilaian dari siswa mendapat nilai 91% dengan kategori ?sangat baik?. Selain itu dari hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa buku saku yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pengetahuan gizi siswa Sekolah Menengah Pertama dilihat dari nilai t hitung sebesar 14,41 dan t tabel sebesar 2,042 sehingga t hitung > t tabel. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari penilaian ahli dan siswa, buku saku yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran siswa di sekolah dengan presentase total 88,5% dan buku saku yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 21