cover
Contact Name
Agi Ginanjar
Contact Email
agiginanjar@stkipnu.ac.id
Phone
+6282219141558
Journal Mail Official
agiginanjar@stkipnu.ac.id
Editorial Address
pjkrstkipnuindramayu@stkipnu.ac.id
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
JKJO
ISSN : 2549421X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang terkini
Articles 53 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR LARI CEPAT SISWA SEKOLAH DASAR Wadudu, Halim; Setiawan, Anang; Mubarok, Mochamad Zakky
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 3, No 1 (2019): TERBITAN 5 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.541 KB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada dilapangan akan sangat membantu siswa dalam mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan mempermudah cara kerja guru dalam manajemen pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar lari cepat pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 SDN IV Jayalaksana sebanyak 24  orang yang sekaligus menjadi sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes lari dengan jarak 40 m. Pengujian hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar lari cepat siswa sekolah dasar.
MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DALAM PENDIDIKAN JASMANI Ishak, Muchamad
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 1, No 1 (2017): TERBITAN 1 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.485 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa dalam pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah 58 orang siswa kelas X-AP di SMK Pasundan 2 CIMAHI. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling sehingga penulis mengambil siswa yang memiliki sikap tanggung jawab rendah yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dengan angket sikap tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions memberikan pengaruh terhadap sikap tanggung jawab dalam pendidikan jasmani.
PERANAN PENDIDIKAN JASMANI GUNA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISONAL Kurniawan, Asep Ridwan
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 2, No 2 (2018): TERBITAN 4 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar pada anak usia dini melalui permainan tradisional. Melalui penelitian tindakan kelas ini, penulis berharap para pendidik memiliki inovasi dalam penyampaian materi jasmani. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta PAUD Baiturrahmah Cipadung Kota Bandung sebanyak 15 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan jasmani lebih efektif dengan melakukan perubahan dalam berbagai teknik pembelajaran. 2) Upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan jasmani memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan motivasi anak.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK HASIL BELAJAR SISWA Solihin, Akhmad Olih; Supriadi, Dedi
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 1, No 1 (2017): TERBITAN 1 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.606 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh dari implementasi pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah SMAN 1  Cimahi sebagai kelompok eksperimen dan SMAN 5 Cimahi sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket kreativitas untuk mengukur hasil belajar pada domain kognitif, angket situational interest untuk mengukur hasil belajar pada domain afektif dan test motor ability untuk mengukur hasil belajar pada domain psikomotor. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri; 2) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; 3) Terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar penjas di SMA dengan menggunakan pendekatan scientific.
PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN METODE TERPUSAT DAN ACAK TERHADAP HASIL SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI Ibrohim, Ibrohim; Kharisma, Yudhi
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 2, No 1 (2018): TERBITAN 3 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.557 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini hendak mengkaji mengenai pengaruh latihan servis atas menggunakan metode terpusat terhadap hasil servis atas bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa siswa SMKN 1 Krangkeng Indramayu yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli. Jumlah sampelnya 14 siswa dan waktu penelitian yaitu selama 2 bulan, jumlah latihan 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen penelitian adalah target nilai. Hasil penelitian adalah 1) latihan menggunakan metode terpusat memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil serivis atas dalam permainan bola voli; 2) latihan menggunakan metode acak memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil serivis atas dalam permainan bola voli; 3) Terdapat perbedaan pengaruh antara latihan servis menggunakan metode terpusat dengan menggunakan metode acak terhadap peningkatan hasil servis atas dalam permainan bola voli. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ternyata penerapan latihan servis menggunakan metode terpusat memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan metode acak terhadap peningkatan hasil servis atas dalam permainan bola voli.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA Supriyanto, Supriyanto; Ginanjar, Agi; Effendy, Fauzan
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 3, No 1 (2019): TERBITAN 5 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.319 KB)

Abstract

Untuk mengatasi berbagai problematika dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah diperlukan model pembelajaran yang mampu mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas mengajar dan juga kesulitan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan teknik dasar passing dalam permainan sepak bola siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Didalam penelitian eksperimen kali ini peneliti menggunakan One-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian kali ini adalah siswa-siswi kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Dukuh Tengah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampling jenuh karena siswa kelas V SDN 2 Dukuh Tengah yang menjadi sampel berjumlah 25 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi sistematis. Analisis data menggunakan t-test dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkkan terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap teknik dasar passing dalam permainan sepak bola siswa Sekolah Dasar.
PENGARUH BOLA MODIFIKASI TERHADAP BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI SISWA MTS Sina, Ibnu
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 1, No 2 (2017): TERBITAN 2 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.186 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing atas menggunakan bola modifikasi plastik terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli di MTs Muta?allimin Cadasari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di MTs Muta?allimin Cadasari Pandeglang, Provinsi Banten. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Muta?allimin Cadasari. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya 30 orang dari keseluruhan populasi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes passing atas. Teknik analisis statistik digunakan teknik analisi paired sampel t test. Hasil penelitiannya yaitu terdapat peningkatan dari skor pretest ke posttest dengan menggunakan bola modifikasi terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli
PARTISIPASI MAHASISWA STKIP PASUNDAN CIMAHI TERHADAP OLAHRAGA BARU FLOORBALL Paembonan, Saleh
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 2, No 2 (2018): TERBITAN 4 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar partisipasi mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi terhadap olahraga baru Floorball. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 25 orang mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi menggunakan total sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) partisipasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa partisipasi mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi terhadap olahraga baru floorball menunjukan persentase yang tinggi terhadap olahraga baru floorball.
DAMPAK BERSEPEDA KE SEKOLAH TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SMA NEGERI SE-KOTA SERANG Qohhar, Wildan
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 1, No 1 (2017): TERBITAN 1 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.133 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa yang bersepeda ke sekolah memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode ex-postfacto, sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang bersepeda ke sekolah sebanyak 23 orang, dan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes kebugaran jasmani. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa siswa yang bersepeda ke sekolah memiliki tingkatan kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah.
IMPLEMENTASI SPORT EDUCATION MODEL DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK SISWA SMP Ginanjar, Agi
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahrga Vol 2, No 1 (2018): TERBITAN 3 JKJO
Publisher : STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.683 KB)

Abstract

Aktivitas fisik merupakan masalah yang menjadi sorotan dalam pendidikan jasmani di Indonesia. Tujuan tulisan ini untuk memberikan gambaran implementasi Sport Education Model dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani dalam peningkatan aktivitas fisik siswa SMP dalam pencapaian aktivitas siswa selama 50% waktu PBM dalam pencapaian aktivitas fisik. Hasil tulisan ini menyatakan bagaimanapun terdapat peluang peningkatan aktivitas fisik dengan menggunakan Sport Education Model.