cover
Contact Name
Gunawan Refiadi
Contact Email
g4refiadi@gmail.com
Phone
+6281381912914
Journal Mail Official
riza.wirawan@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur
ISSN : 23392039     EISSN : 22625565     DOI : https://doi.org/10.21009/JKEM%202.2.1
This journal aims as a medium for lecturers, researchers and practitioners to discuss result of their research in the field of mechanical engineering.
Articles 103 Documents
PENGARUH JENIS KAMPUH LAS TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA PADUAN RENDAH (ASTM A36) MENGGUNAKAN LAS SMAW Syaripuddin, Syaripuddin; Basori, Imam; Putra, Yunata Mandala
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.547 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kampuh las terhadap kekuatan tarik plat Baja ASTMA36 pada las SMAW menggunakan kampuh Single V dan U dengan Elektroda E7018 berdiameter 3,2 mm pada polaritasDC+ dengan arus 100 ampere, 110 ampere, 120 ampere dan 130 Ampere.Pengujian tarik dilakukan terhadap spesimen baja konstruksi Bj 44 hasil proses pengelasan SMAW. Sampel yangdigunakan dalam penelitian ini menggunakan variasi kuat arus 100 ampere, 110 ampere, 120 ampere dan 130 amperedengan polaritas terbalik (DC+). Proses pembuatan sampel uji tarik menggunakan standar JIS Z 2201 dan JIS Z 2241.Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa angka kekuatan tarik tertinggi terdapat pada hasil pengelasan SMAWdengan arus 130 ampere sebesar 547 N/mm2, dimana 2 dari 3 patahan specimen terjadi pada daerah logam induk,sedangkan kekuatan tarik terendah pada arus 100 Ampere sebesar 497,67 N/mm2, dimana 2 dari 3 patahan specimenterjadi pada logam las.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik hasil pengelasan pelat Baja ASTM A36 pada las SMAW.Dengan diberikan variasi Arus dan Kampuh Las terhadap cacat las, pengaruh variasi Arus dan Kampuh Las terhadapKekuatan Tarik untuk pengelasan pelat Baja ASTM A36 dengan menggunakan jenis kawat las yaitu Elektroda E7018berdiameter 3,2 mm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini juga menggunakan beberapa metodeyaitu dengan cara pengujian radiografi untuk melihat cacat pada hasil pengelasan. Pengujian lainnya yaitu menggunakanDestructive Test (DT) dengan uji tarik untuk mengetahui kekuatan tarik pada spesimen benda uji. Data hasilpemeriksaan dianalisis dengan teknik deskriftif kemudian di analisis dengan pengujian Radiografi dan Uji Tarik. PadaUji Radiografi tidak terdapat cacat las yang terjadi pada hasil pengelasan. Kekuatan tarik tertinggi dihasilkan olehpengelasan menggunakan kampuh U dengan arus 130 A dengan nilai 62,759 kgf/mm² sedangkan untuk kekuatan tarikterendah dihasilkan oleh pengelasan menggunakan kampuh V tunggal dengan arus 90 A dengan nilai 14,925 kgf/mm².Kata Kunci : Pengelasan SMAW, Pelat Baja ASTM A36, Variasi Arus dan Kampuh Las, Uji Radiografi, Uji Tarik.Keywords: Kekuatan tarik, Pengelasan SMAW, Kampuh Single V, Elektroda E6013
ANALISIS KONSTRUKSI RANGKA ALAT PENGUJIAN POMPA MENGGUNAKAN PROGRAM CATIA V5 Basori, Basori; Rudianto, Rudianto
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.923 KB)

Abstract

ABSTRAKMetode analisis yang diterapkan pada rangka alat pengujian pompa adalah analisis manggunakan progaramCatia V5. Program Catia V5dirancangdandibuatuntuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan teknik diantaranyakonstruksi, desain, perpipaan, kelistrikan dan lain-lain. Catia memeiliki fitur yang cukup lengkap sehingga mampumelakukan CAD (Computer Aided Desain), CAM (Computer Aided Manufacture) dan CAE (Computer AidedEngineering). CATIA V5 juga mampu melakukan analisis secara 3D pada perancangan konstruksi rangka peralatanpengujian pompa. Diharapkan dari penelitian terhadap rangka yang digunakan pada alat pengujian pompa inididapatkan suatu hasil analisis yang memadai, dan dari data-data diperoleh itu pula dapat digunakan sebagai acuanuntuk upaya-upaya perbaikan serta menyatakan tingkat kelayakan rangka alat pengujian pompa.Dalam mendesain ataumerancang sebuah rangka diperlukan urutan kerjayang sistematis dan terencana guna mendapatkan hasil kerja yangoptimal.Dimulai dari identifikasi masalah, perumusan masalah, modeling, pemilihan bahan kemudian diinput padaCatia V5 danselanjutnyadilakukan perhitungan dengan Catai V5, jika rangka memenuhi spesifikasi maka akandilanjutkan ke analisis serta kesimpulan, jika tidak maka akan kembali lagi ke modeling.Distribusi tegangan danregangan pada rangka alat pengujian pompa ditunjukan dengan variasi warna pada hasil analisis dengan programCatia V5. Tegangan maksimum yang diterima rangka adalah sebesar 7.63027 x 106 N/m2 terletak pada kaki rangkadibawah piston pump. Spesifikasi rangka alat pengujian pompa adalah baja siku SC 40 dengan panjang 1000 mm, lebar540 mm dan tinggi 820 mm. Material konstruksi alat pengujian pompa adalah baja SC 40 dengan batas tegangan bahanyang diijinkan yaitu sebesar 2.5 X 108 N/m2. Defleksi maksimum yang terjadi pada rangka alat pengujian pompasebesar 0.0699382 mm, terletak pada bagian atas rangka yaitu pada dudukan hydromotor.Kata Kunci :Rangka, Pompa, Catia V5, Pengujian
PENGARUH SUDUT BILAH PADA PERFORMA KIPAS AKSIAL TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN RENDAH MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI Wulandari, Dyah Arum; Sriadi, Endri
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.537 KB)

Abstract

ABSTRAKTerowongan angin digunakan untuk mengetahui karakteristik aerodinamik dari sebuah benda.Salah satu komponen terowongan angin yang memiliki fungsi penting adalah kipas aksial. Kipas aksialberfungsi untuk menghasilkan angin pada terowongan angin. Pengendalian kecepatan aliran udara dapatdilakukan dengan menggunakan perubahan pada sudut bilah kipas aksial. Penelitian ini bertujuan untukmengkaji pengaruh sudut bilah terhadap performa kipas aksial terowongan angin kecepatan rendah denganmenggunakan metode komputasi. Metode penelitian ini menggunakan simulasi perangkat komputasi aliranfluida dinamik dengan melakukan variasi sudut bilah kipas aksial pada sudut 8o sampai pada sudut 80ointerval 8o, menggunakan putaran motor 1400 rpm.Berdasarkan hasil penelitian didapat, bahwa perubahan sudut bilah kipas aksial dengan performayang terbaik ada pada sudut 64o dengan nilai beda tekanan sebesar 694,70 Pascal, nilai daya yangdihasilkan sebesar 858,33 Watt, dan efisiensi sebesar 57,58 %. Karakteristik dari aliran udara pada kipasaksial memiliki nilai kecepatan yang semakin besar menuju arah tip dari kipas aksial, tekanan pada bagianbelakang bilah kipas aksial lebih besar dibandingkan bagian depan dari kipas aksial, aliran udaramengalami efek putar sebelum memasuki kipas aksial dengan intensitas kecil dan efek putar denganintensitas besar setelah melewati kipas aksial.Perubahan sudut bilah berpengaruh terhadap performa kipas aksial terowongan angin kecepatanrendah. Pengembangan kipas aksial dapat dilakukan dengan memperbesar bentuk bilah pada bagian tipkipas aksial untuk meningkatkan efektifitas dari kipas aksial mengingat karakteristik dari kontur kecepatanaliran udara pada bilah kipas aksial.Kata Kunci : Kipas Aksial, Sudut Bilah, Terowongan Angin Kecepatan Rendah
PENGARUH INJEKSI AIR UNTUK MENGURANGI GEJALA KNOCKING PADA MESIN TOYOTA 4K BERKOMPRESI TINGGI Kholil, Ahmad; Syaka, Darwin Rio Budi; Widyartono, Andreas Edi
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.068 KB)

Abstract

AbstrakPerbandingan kompresi merupakan salah satu parameter yang ada pada mesin pembakaran dalamyang mempengaruhi kinerja mesin dan secara umum dapat dikatakan mesin pembakaran dalam yangmempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi akan lebih efisien bila dibandingkan dengan mesinsejenis yang mempunyai perbandingan kompresi lebih rendah. Salah satu penyebab tidak diterapkanperbandingan kompresi yang tinggi pada mesin pembakaran dalam adalah timbulnya gejala knockingataudetonasi yang disebabkan campuran bahan bakar terbakar sendiri sebelum waktu yang seharusnya.Penelitian ini akan menganalisa pengaruh injeksi air yang sudah dikabutkan ke dalam ruang bakarmelalui saluran masukuntuk mengurangi gejala knocking atau detonasi serta gejala yang terjadi mesin padasaat injeksi air dilakukan. Penelitian dilakukan dengan memodifikasi kepala silinder mesin Toyota tipe 4K,yang terpasang pada mobil Toyota Corolla DX tahun 1983, untuk merubah perbandingan kompresi daristandar 10:1, menjadi 13:1,kemudian membuat alat injeksi air dan merangkai alat untuk mendeteksi gejalaknocking dengan menggunakan knocking sensor dan oscilloscope.Pengujian dilakukan dengan cara mengukur tenaga keluaran (pada saat gejala knocking terjadi)dengan menggunakan Chassis Dynotest sebelum dan sesudah mesin tersebut dilengkapi dengan injeksi air.Hasil pengolahan data pengukuran dengan menggunakan uji t menunjukkan injeksi air berpengaruh padagejala knocking dan tenaga keluaran pada mesin Toyota 4K berkompresi tinggi.Kata kunci: kompresi tinggi, knocking, injeksi air
ANALISA KEKUATAN TARIK BAJA KONSTRUKSI BJ 44 PADA PROSES PENGELASAN SMAW DENGAN VARIASI ARUS PENGELASAN Basori, Imam
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.206 KB) | DOI: 10.21009/JKEM.1.2.1

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuat arus terhadap kekuatan tarik baja kontruksiBj. 44 pada proses pengelasan SMAW menggunakan kampuh Single V dengan elektroda E6013 padapolaritas DC+ dengan arus 100 ampere, 110 ampere, 120 ampere dan 130 Ampere.Pengujian tarik dilakukan terhadap spesimen baja konstruksi Bj 44 hasil proses pengelasan SMAW.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan variasi kuat arus 100 ampere, 110 ampere, 120ampere dan 130 ampere dengan polaritas terbalik (DC+). Proses pembuatan sampel uji tarik menggunakanstandar JIS Z 2201 dan JIS Z 2241.Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa angka kekuatan tarik tertinggi terdapat pada hasil pengelasanSMAW dengan arus 130 ampere sebesar 547 N/mm2, dimana 2 dari 3 patahan specimen terjadi pada daerahlogam induk, sedangkan kekuatan tarik terendah pada arus 100 Ampere sebesar 497,67 N/mm2, dimana 2 dari3 patahan specimen terjadi pada logam las.Keywords: Kekuatan tarik, Pengelasan SMAW, Kampuh Single V, Elektroda E6013
PEMBUATAN BRIKET HASIL PEMANFAATAN ECENG GONDOK DAN SAMPAH PLASTIK HDPE SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF Dwiyati, Siska Titik; Kholil, Ahmad
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.295 KB)

Abstract

ABSTRAKHarga BBM dan LPG yang semakin mahal, mendorong manusia untuk mencari alternatif energi yang tidak dapatdiperbaharui tersebut. Salah satu solusinya adalah briket, karena mudah pembuatannya. Pada penelitian ini dilakukanpembuatan briket dengan bahan baku eceng gondok dan sampah plastik HDPE yang memiliki nilai kalor yang tinggi. Selainsebagai energi alternatif, briket ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi lingkungan dari eceng gondok yang dikenalsebagai tanaman pengganggu dan masalah sampah plastik yang sulit diterbiodegradasi di alam . Karakterisasi yangdilakukan meliputi pengujian air total (ASTM D.3302-10), pengujian kadar air lembab (ASTM D.3173-08), pengujian kadarabu briket (ASTM D.3174-04), dan pengujian nilai kalor (ASTM D. 5865-10). Hasil yang diperoleh di dapat sampel dengankomposisi 20% arang eceng gondok dan 80% sampah plastik HDPE memberikan hasil yang terbaik.Kata kunci: energi alternatif, briket, eceng gondok, sampah plastik, HDPE
ANALISIS PENGERASAN PERMUKAAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA AISI 1045 MELALUI PROSES NITRIDASI MENGGUNAKAN MEDIA UREA Rumendi, Umen; Hermawan, Hana
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.364 KB)

Abstract

ABSTRAKNitridasi bertujuan untuk mengeraskan permukaan baja yang bertujuan untuk meningkatkan sifat kimia dan mekanik.Nitridasi yang dilakukan adalah nitridasi padat menggunakan urea sebagai alternatif sumber Nitrogen yang akan berdifusi denganpermukaan logam dan membentuk nitrida besiFe4N. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan terhadap tiga sampel baja denganstandar AISI 1045. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel adalah suhu nitridasi, yaitu 460oC, 510oC dan 560oC denganholding time dalam tungku, selama 4 jam. Hasil sampel yang telah dinitridasi selanjutnya dilakukan pengujian yang meliputipengujian kekerasan permukaan, distribusi kekerasan dan observasi struktur mikro. Dari hasil pengujian yang dilakukan, makadidapatkan kekerasan tertinggi dari ketiga sampel adalah sampel 1 yang dilakukan nitridasi pada suhu 460oC dengan hargakekerasan permukaan rata-rata 440,5 HVN kemudian posisi berikutnya berada pada sampel 2 yang dilakukan pada suhu 510oCdengan harga kekerasan permukaan 355,34 HVN, sedangkan sampel 3 yang dilakukan pada suhu 560oC dengan kekerasanpermukaan 265,62. Dengan hasil ini pengerasan permukaan baja AISI 1045 dengan menggunakan media urea sebagai sumbernitrogen dapat meningkatkan kekerasan permukaan baja tersebut.Keywords: Nitridasi, Nitrogen, Nitrida besiFe4N, Struktur mikro,AISI 1045
RANCANG BANGUN EXCAVATOR SEDERHANA TIPE BACKHOE BERPENGGERAK HIDROLIK Syaefudin, Eko Arif
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 (2014): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 2 Tahun 2014
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.058 KB)

Abstract

AbstrakEscavator merupakan alat bantu dalam kategori alat berat yang memudahkan pekerjaan kontruksi agar efisien tenagamanusia dan waktu.Rancang Bangun Sistem Penggerak Traksi pada Excavator Tipe Backhoe menggunakan system hidrolikdengan menggunakan motor hidrolik tipe roda gigi luar yang dihubungkan ke control valve. Tekanan kerja yang digunakansebesar 400 bar. Fluida bertekanan berasal dari pompa hidrolik ditampung pada reservoir yang dilengkapi pressure gaugesebagai pengukur tekanan fluida. Hasil perhitungan alat ialah sistem penggerak excavator dengan daya motor bensin yangdigunakan 2 Kw untuk menggerakan pompa hidrolik sehingga daya yang dikeluarkan pompa hidrolik 1,7 Kw dengan efisiensipompa 0,85%, kemudian daya yang dikeluarakan oleh pompa diteruskan ke motor hidrolik sehingga daya yang dihasilkan motorhidrolik 1,44 Kw, sehingga efisiensi motor hidorlik 84% dan efisiensi excavator secara keseluruhan 64% .Kata kunci: Sistem hidrolik, Sistem Penggerak Traksi, Excavator tipe backhoe.
ANALISIS DINAMIKA STRUKTUR SWING ARM SEPEDA MOTOR JENIS SUSPENSI MONOSHOCK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Kholil, Ahmad
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 1 (2013): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 1 Tahun 2013
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.053 KB) | DOI: 10.21009/JKEM.1.1.1

Abstract

Analisis dinamika struktur yang dilakukan pada lengan ayun (swing arm) bertujuan untuk mengetahui karakteristik struktur lengan ayun sepeda motor pada sistem suspensi monoshock. Kondisi jalan yang tidak rata akan mengakibatkan getaran pada sepeda motor dan timbulnya perubahan struktur serta tekanan bidang yang merata pada lengan ayun. Kemampuan lengan ayun akibat perubahan struktur dapat diketahui dengan melihat hasil perubahan struktur dan tekanan bidang pada nilai maksimum. Sedangkan kestabilan getaran dapat diketahui dari frekuensi natural dan hasil respon frekuensi. Analisis statik dan dinamika struktur yang dilakukan pada lengan ayun menggunakan metode elemen hingga yang dibantu dengan perhitungan komputasi program komputer. Program komputer yang digunakan adalah Autodesk Inventor dan Msc. Software. Pembuatan gambar geometri dan analisis statik menggunakan program Autodesk Inventor, sedangkan analisis dinamika struktur dilakukan menggunakan program Msc. Software. Penelitian ini menggunakan empat model swing arm dan menggunakan material carbon steel SA-691. Selanjutnya melakukan analisis statik untuk memperoleh nilai nodal, elemen, tegangan von mises dan perubahan struktur. Kemudian analisis dinamika struktur untuk memperoleh grafik FRF (Frequency Response Function). Hasil analisis statik diperoleh tekanan bidang atau tegangan von mises maksimum terbesar 134,135 MPa dan perubahan struktur sepanjang 0,268569 mm pada model A. Analisis dinamika struktur diperoleh grafik FRF (Frequency Response Function) dengan nilai respon dinamik paling baik pada model D. Hasil analisis statik pada model modifikasi diperoleh tegangan von mises maksimum 59,7724 MPa dan perubahan struktur 0,371816 mm. Grafik FRF yang diperoleh pada analisis respon frekuensi memiliki nilai respon yang mengalami sedikit perubahan, sehingga model modifikasi lebih optimum dibandingkan keempat model standar.
PENINGKATAN KOEFISIEN GAYA ANGKAT AEROFOIL KENNEDY-MARSDEN DENGAN ZAP FLAP Setyawan K, Catur; Sardjadi, Djoko
Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 1 (2013): JKEM : Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Vol 1 No 1 Tahun 2013
Publisher : Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.382 KB) | DOI: 10.21009/JKEM.1.1.2

Abstract

Makalah ini membahas peningkatan prestasi aerodinamika aerofoil dengan menggunakan zap flap. Penggunaan zap flap ini memungkinkan dipertahankannya bentuk asli aerofoil pada saat flap tidak digunakan. Sedangkan pada saat zap flap dijulurkan, akan terjadi peningkatan gaya angkat akibat bertambah panjangnya chord aerofoil dan berubahnya kelengkungan aerofoil. Pemakaian zap flap ini juga akan membuat aerofoil masih mempunyai sifat sebagai aerofoil satu elemen meskipun flap telah digunakan. Dengan sifat ini diharapkan penambahan gaya angkat yang diperoleh tidak akan berpengaruh banyak terhadap koefisien-koefisien aerodinamika aerofoil yang lain.Aerofoil yang digunakan dalam penelitian ini adalah aerofoil Kennedy-Marsden yang telah dimodifikasi. Dengan memvariasikan panjang zap flap yang dijulurkan, dilakukan analisis perubahan prestasi aerodinamika aerofoil.Pada penelitian ini, analisis karakteristik aerodinamika aerofoil dihasilkan dari perhitungan numerik menggunakan program MSES. Persamaan atur yang dipecahkan dalam solver MSES ini adalah kombinasi persamaan Euler dan persamaan lapisan batas

Page 1 of 11 | Total Record : 103