cover
Contact Name
Simbolon
Contact Email
simbolon@stkipmbb.ac.id
Phone
+6281918813441
Journal Mail Official
sparta@stkipmbb.ac.id
Editorial Address
Komplek Perguruan Muhammadiyah Jalan K.H. Ahmad Dahlan, KM. 4, RT. 03, No. 51, Desa Mangkol, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Sport, Pedagogik, Recreation and Technology : Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi (Sparta)
ISSN : -     EISSN : 2655562X     DOI : https://doi.org/10.35438/sparta
Jurnal SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology) fokus pada rumpun Ilmu Pendidikan scope Pendidikan Jasmani, Kepelatihan Olahraga, Kesehatan, Olahraga dan Rekreasi, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis. Jurnal SPARTA juga menerbitkan ulasan artikel dan ulasan buku. Jurnal SPARTA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung. Namun, pembaca untuk Jurnal ini mencakup akademisi untuk praktisi dari berbagai disiplin ilmu dan topik yang diminati.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DITINJAU DARI KELENGKAPAN SARAN DAN PRASARANA DI SMP NENGERI 2 TUKAK SADAI Debri , Tien Rostini , dan Dedy Putranto
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.246 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.56

Abstract

Masalah sarana pendidikan jasmani yang sering dihadapi di sekolah diantaranya adalah sarana prasarana pendidikan jasmani yang kurang memadai dan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang belum optimal. Dalam pengelolaannya biasanya sekolah menjadi kendala utama. Di mana, mengingat di sekolah tersebut belum ada tenaga profesional yang khusus untuk menangani masalah manajemen sarana dan prasarana itu sendiri. Tujuan yang ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pjok di tinjau dari kelengkapan sarana dan prasarana SMP Negeri 2 Tukak Sadai.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tukak Sadai kabupaten bangka selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penggamatan dan dokumentasi berupa foto. Dapat di simpulkan bahwa sarana dan prasarana sangat berpengaruh terhadap keefektifan pembelajaran pjok di SMP Negeri 2 Tukak Sadai. Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Sarana Prasarana
PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 SIMPANG RIMBA Alpian Darmawan , Yuanita, dan Oktarina
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.608 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.57

Abstract

Berdasarkan observasi hasil belajar pukulan forehand peserta didik kelas VI masih rendah. Hasil yang diperoleh peserta didik kelas VI tentang pukulan forehand kurang memuaskan, karena gaya mengajar yang digunakan guru kurang membangkitkan semangat belajar peserta didik. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Simpang Rimba dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi materi pukulan forehand dalam permainan tenis meja.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ekperimental yang digunakan adalah nonequevalent control group design pretest posttest. Populasi terdiri dari 39 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling purposive.Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa bahwa thitung > ttabel = 2,311 > 2,026, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar pukulan forehand dalam permainan tenis meja siswa kelas VI SD Negeri 3 Simpang Rimba. Kata kunci: Hasil Belajar, Gaya Mengajar Resiprokal, Pukulan Forehand, Permainan Tenis Meja
PENGARUH LATIHAN UPHILL RUNNING TERHADAP KECEPATAN LARI SPRINT 60 METER PADA SISWA EKSTRAKURIKULER ATLETIK SMP SWADAYA PANGKALPINANG Alzazair, Pratiwi Amelia and Erick Prayogo
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.803 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.58

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Kurangnya pembinaan latihan dan program latihan yang kurang tepat, 2) Masih rendahnya kecepatan lari sprint 60 meter. 3) Metode latihan yang belum tepat untuk meningkatkan kecepatan lari sprint 60 meter, 4) Prestasi lari sprint 60 meter yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Latihan Uphill Running Dalam Meningkatkan Kecepatan Lari Sprint 60 Meter Pada Siswa Ekstrakurikuler Atletik SMP Swadaya Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa ekstrakurikuler SMP Swadaya Pangkalpinang yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Tes yang digunakan merupakan tes lari sprint 60 meter. Hasil pengukuran data di uji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan iji hipotesis. Hasil Uji t diperoleh nilai t hitung = 6,676, nilai ttabel = 2,101, nilai t hitung > t tabel, menunjukkan bahwa latihan uphill running berpengaruh positif terhadap kecepatan lari sprint 60 meter pada ekstrakurikuler atletik SMP Swadaya Pangkalpinang. Simpulan yang diambil dalam penelitian ini ?latihan uphill running berpengaruh terhadap kecepatan lari sprint 60 meter pada ekstrakurikuler atletik SMP swadaya pangkalpinang.? Kata kunci: Latihan Uphill Running, Kecepatan, Lari Sprint 60 Meter
PENGARUH MEDIA CARDBOARD ANIMATED TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR TENDANGAN T PADA MATERI BELA DIRI PENCAK SILAT SISWA KELAS X SMAN 1 PUDING BESAR Maulana, Dedy Putranto dan Erick Prayogo Walton
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.962 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.59

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) sebagian besar dari siswa kelas X SMAN 1 Puding Besar kemampuannya masih rendah dalam melakukan teknik dasar tendangan T, 2). kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media bantu untuk menunjang kemampuan tendangan T siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh media cardboard animated terhadap kemampuan teknik dasar tendangan T materi bela diri pencak silat siswa Siswa kelsa X SMA Negeri 1 Puding Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental, jenis desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 1 Puding Besar Tahun 2018 yang berjumlah 144 orang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan. Tes yang digunakan merupakan tes kemampuan teknik dasar tendangan T menggunakan instrument yang telah disusun. Hasil pengukuran data diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis uji t test.Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari pengujian hipotesis hasil teknik dasar tendangan T antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui nilai thitung= 2,363, nilai ttabel = 1,684, nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan media cardboard animated terhadap kemampuan teknik dasar tendangan T materi bela diri pencak silat siswa kelas X SMA Negeri 1 Puding Besar. Kata kunci: Media Cardboard Animated, Kemampuan Teknik Dasar Tendangan T
HUBUNGAN TINGGI LONCATAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KETEPATAN SMASH BOLA VOLI PADA ATLET KLUB KAPAS PANGKALPINANG Tio Fransisko, Widati Amalin Ulfah , dan Oktarina
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.842 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.60

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang, untuk mengetahui hubungan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang dan untuk mengetahui hubungan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Klub Kapas Pangkalpinang berjumlah 30 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengolahan data menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji bartlet, uji hipotesis menggunakan uji korelasi berganda dan uji keberartian diolah dengan SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak ada hubungan yang signifikan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash, dengan rhitung 0,173 < rtabel 0.361.2) Tidak ada hubungan yang signifikan panjang tungkai terhadap ketepatan smash, dengan rhitung 0,169 < rtabel 0.361. 3) Ada hubungan yang signifikan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang, dengan rhtung 0,582 > rtabel 0,361. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash, tidak ada hubungan panjang tungkai terhadap ketepatan smash dan ada hubungan yang siginifikan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang. Kata Kunci: Tinggi Loncatan, Panjang Tungkai, Ketepatan Smash.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING BAGIAN PUNGGUNG KAKI PADA PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PANGKALPINANG Rumeli Hesar, Dedy Putranto, dan Dzihan Khilmi Ayu Firdausi
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.25 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.61

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap kemampuan shooting bagian punggung kaki pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Pangkalpinang dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa, jenis desain yang dipakai adalah nonequivalent control group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes kemampuan Shooting bagian punggung kaki, hasil kemampuan shooting bagian punggung kaki di uji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T diperoleh dari hasil posttest nilai thitung= 11,06 nilai ttabel= 2,000, Nilai thitung>ttabel. Menunjukkan bahwa kemampuan akhir kedua kelompok berbeda, dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kedua kelas Kata kunci: Teams Games Tournament, Kemampuan Shooting.
PENGARUH MEDIA BET PAPAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA DI KELAS VIII SMPN 1 KELAPA Giusty Oka Hutama, Dedy Putranto and Erick Prayogo Walton
SPARTA Vol 1 No 1 (2018): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.039 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i1.63

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam pembelajaran tenis meja terutama pukulan forehand yaitu peserta didik belum bisa melakukan dan menguasai kemampuan pukulan forehand secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bet papan terhadap kemampuan pukulan forehand pada permainan tenis meja di kelas VIII SMPN 1 Kelapa.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaiu desain one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kelapa sebanyak 159 siswa sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Berdasarkan pengujian normalitas, pengujian homogenitas dan pengujian hipotesis diperoleh nilai rata-rata dari hasil perhitungan nilai rata-rata pretest dan postest didapatkan nilai pretest yaitu 60,19 dan nilai postest yaitu 74,75. Terdapat pengaruh media bet papan terhadap kemampuan pukulan forehand pada permainan tenis meja dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai thitung 2,052 > ttabel 1,697 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh media bet papan terhadap kemampuan pukulan forehand pada permainan tenis meja di kelas VIII SMPN 1 Kelapa. Kata Kunci: Media, Bet Papan, Kemampuan Pukulan Forehand
TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP GURU OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI MAN 1 BANGKA Amanda, Aurelio; Walton, Erick Prayogo; Rostini, Tien
SPARTA Vol 1 No 2 (2019): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.263 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i2.157

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan peserta didik dalam pembelajaran PJOK belum diketahui, sehingga dalam hal ini pelayanan sekolah terhadap peserta didik sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik terhadap guru olahraga dalam proses pembelajaran PJOK di MAN 1 Bangka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik survei dalam mengetahui tingkat kepuasan peserta didik terhadap guru olahraga dalam proses pembelajaran PJOK. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Peserta didik yang menjadi sempel sebanyak 92 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan yang menggunakan skala likert dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan peserta didik terhadap guru olahraga dalam pembelajaran PJOK adalah puas. Dalam hal ini dapat dinilai bahwa guru olahraga di MAN 1 Bangka dikategorikan baik, sehingga peserta didik puas akan pelayanan yang diberikan sekolah
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG RIMBA Anda, Oki; Rostini, Tien; Putranto, Dedy
SPARTA Vol 1 No 2 (2019): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.266 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i2.158

Abstract

Berdasarkan observasi, hasil belajar pendidikan jasmani, rekreasi dan kesehatan peserta didik masih rendah. Hasil yang diperoleh peserta didik kelas X tentang passing bawah bola voli kurang memuaskan, karena proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang membangkitkan semangat belajar peserta didik. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Rimba dengan model pemebelajaran kooperatif pada pelajaran pendidikan jasmani, rekreasi dan kesehatan materi passing bawah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ekperimental yang digunakan adalah two-group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari 87 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling purposive. Setelah semua data dianalis dengan berbagai tahapan yang dimulai dengan uji statistika untuk menentukan mean, median, modus, standar deviasi, varian dan range. Kemudian dilakukan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan syarat thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa bahwat hitung = 4,560 > 2,080, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, rekreasi dan kesehatan materi passing bawah bola voli.
PENGARUH LATIHAN MULTIBALL TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN BACKHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA EKSTRAKURIKULER SISWA SMP NEGERI 2 TUKAK SADAI KABUPATEN BANGKA SELATAN Hidayat, Rahmat; Yuanita; Oktarina
SPARTA Vol 1 No 2 (2019): SPARTA (Sport, Pedagogic, Recreation, and Technology)
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.128 KB) | DOI: 10.35438/sparta.v1i2.159

Abstract

Berdasarkan observasi cabang olahraga tenis meja ekstrakurikuler siswa SMP Negeri 2 Tukak Sadai masih banyak melakukan kesalahan dalam keterampilan pukulan backhand. Hal ini disebabkan proses latihan tenis meja yang dilakukan pelatih sangat monoton tanpa modifikasi. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh latihan multiball terhadap ketrampilan pukulan backhand pada permainan tenis meja ekstrakurikuler siswa SMP Negeri 2 Tukak Sadai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ekperimental yang digunakan adalah dengan bentuk desain Pretest Posttest Control Group Design dengan 1 macam perlakuan. Populasi terdiri dari 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan tekniksampling jenuh. Setelah semua data dianalis dengan berbagai tahapan yang dimulai dengan uji statistika untuk menentukan mean, median, modus, standar deviasi, varian dan range. Kemudian dilakukan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan syarat thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa bahwathitung = 4,548> 2,048, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh latihan multiball terhadap ketrampilan pukulan backhand pada permainan tenis meja.

Page 1 of 3 | Total Record : 24