cover
Contact Name
Theodorus Pangalila
Contact Email
theopangalila@unima.ac.id
Phone
+6281320593135
Journal Mail Official
theopangalila@unima.ac.id
Editorial Address
Jln. Kampus Unima Tondano Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
ISSN : 25991833     EISSN : 26213467     DOI : https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.430
Core Subject : Education, Social,
Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Articles 59 Documents
PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ANTI KORUPSI MAHASISWA Rube?i, M. Anwar; ., Rohani .
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.998 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model project citizen dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anti korupsi mahasiswa mahasiswa program studi pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program Studi PPKn IKIPPGRI Pontianak dengan jumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa Prodi PPKn IKIP-PGRI Pontianak. Peningkatan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias mahasiswa ketika melakukan diskusi, kerja kelompok, menemukan masalah, mengumpulkan informasi, membuat t
PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SMP BUDI MULIA PAKISAJI KABUPATEN MALANG Iswahyudi, Didik; Akbar, Mochammad Ramli
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.638 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1871

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif tentang rancangan, proses, dan esensi penanaman nilai-nilai Pancasila pada pendidikan Pramuka dengan subyek sebanyak 150 murid dan 3 pembina Pramuka di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif. Analisis dan editing data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan untuk program pendidikan Pramuka untuk menanamkan nilai Pancasila, membutuhkan adaptasi yang kompleks terutama untuk harmonisasi dengan kurikulum pendidikan yang sedang berjalan. (2) Pelaksanaan program pramuka pada aspek pengabdian dan pengamalan nilai gotong royong di masyarakat, masih membutuhkan pendampingan yang kuat untuk praktek dan aplikasi di masyarakat, mengingat peserta Pramuka yang masih duduk di bangku SMP. (3) Secara esensi penanaman nilai Pancasila di Pramuka, sesuai dengan pembangunan karakter dan kepribadian untuk anggota Pramuka, sehingga mampu mempererat dan memperkuat edukasi yang ada di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Kendala dan pola penyelesaian permasalahan masih bersifat internal dan belum menyentuh problem solving secara sistematis dan komprehensif
EKSISTENSI TENAGA KERJA INDONESIA DALAM DIMENSI HUKUM HAK ASASI MANUSIA Mambu, Joupy
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.208 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i2.1099

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dan mengkaji bahan hukum primer yaitu Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu hubungan kerja antara Perusahaan dengan Pekerja dalam hal ini Tenaga Kerja Indonesia yang sesuai dan menjunjung nilainilai Hak Asasi Manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perusahaan/majikan dengan pekerja/buruh yang menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intervensi pemerintah memang sudah banyak, antara lain Peraturan Perundang-Undangan yang dibuat, yang mengatur serta memberikan perlindungan bagi masyarakat, namun masih banyak peraturan yang belum terlaksana sebagaimana mestinya.
MENGATASI FAKTOR PENGHAMBAT PEMBINAAN KESEJAHTRAAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WARGA NEGARA Wadu, Ludovikus Bomans; Ladamay, Iskandar; Dadi, Maria Yosefina
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.255 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i2.1094

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya pembinaan kesejahtraan keluarga (PKK) untuk mengatasi kendala dalam menigkatkan keterampilan warga melalui program pokok PKK untuk menjadikan masyarakat sebagai warga negara yang baik dalam konteks citizenship education. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk mengatasi kendala kehadiran PKK mengadakan sosialisasi kepada masyarakat melaui kegiatan tahlilan, arisan dan kegiatan yang ada di post pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu, untuk mengatasi kendala biaya PKK memberikan pinjaman para wanita lewat koperasi wanita dan untuk mengatasi kesulitan pemasaran PKK melakukannya melalui kegiatan pameran. Dengan adanya upaya ini diharapkan pelaksanaan program pokok PKK dalam rangka meningkatkan keterampilan warga negara dalam ranah citizenship education dapat memberikan dampak yang baik untuk pemerintah pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.
SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PRODI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMA Langkai, Jeane Elisabeth
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.895 KB) | DOI: 10.36412/ce.v3i1.906

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan melakukan analisis kebutuhan sarana dan prasarana program studi Ilmu Administrasi negara Fakultas Ilmu Sosial UNIMA melalui tersedianya: a). data profil prasarana dan sarana, baik software maupun hardware, b). mendeskripsi dan menganalisis profil prasarana dan sarana, baik software maupun hardware, yang perlu diberdayakan. Urgensi keutamaan penelitian adalah bahwa implementasi kebijakan yang diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi program sarana dan prasarana merupakan jenis masalah sentral dalam pelaksanaan pembelajaran. Apabila kebijakan ini tidak diimplementasikan berdasarkan kebutuhan kelompok sasaran atau secara spesifik untuk kebutuhan pencapaian tujuan pembelajaran secara nasional, maka implementasi kebijakan ini akan cenderung berdampak pada belum tercapainya tujuan pembelajaran dan mengakibatkan rendahnya daya serap mahasiswa terhadap setiap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulkan bahwa: sarana prasarana pada prodi Administrasi Publik yang menyangkut jumlah dosen, jumlah ruang kuliah, jumlah kursi, jumlah computer, jumlah LCD, genset belum seimbang dengan jumlah mahasiswa dan kebutuhan proses belajar mengajar. Untuk itu disarankan agar sarana dan prasara dilengkapi sesuai kebutuhan pelaksanaan proses belajar mengajar karena mahasiswa berhak mendapatkan pelayanan publik dalam bentuk tersedianya srana dan prasarana yang memadai untuk kenyaman belajar mengajar.Kata Kunci: Implementasi Kebijakan Standar Nasional, Program Sarana Prasarana
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 1 KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA Nafrin, Izan; Kaunang, N. F.; Santie, Y. D. A.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.142 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.773

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini tentang? Bagaimana Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Kab. Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara??. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian desktiptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk jenis penelitian kualitatif. penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau menceritakan tentang peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan, sebagai seorang pendidik guru telah berusaha menjalankan perannya dengan baik yaitu menjadi panutan bagi para siswanya. Cara berperilaku yang baik dan berbicara sopan dengan para siswa menjadikan sosok seorang guru yang patut diteladani oleh para siswa. Pemberian motivasi dan nasehat yang baik kepada siswa akan dapat menjadikan siswa memilki karakter yang baik dalam hal ini karakter disiplin. Guru juga harus selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa.Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin Siswa
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAPALUS KAMTIBMAS DI DESA LALUMPE KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN Muyu, Elkana; Langkai, Jeane E.; Tangkau, Ch. H. S.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.796 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi kebijakan dan faktor-faktor determinan implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas Di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemerintah desa dan Bhabinkamtibmas belum melakukan komunikasi dan sosialisasi secara intensif tentang kebijakan Mapalus Kamtibmas, 2) Belum tersedia sumberdana yang memadai untuk menunjang implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas, 3) Implementer belum secara sungguh-sungguh memiliki komitmen mengimplementasikan kebijakan Mapalus Kamtibmas di desa Lalumpe, 4) implementer belum memahami dengan tepat tentang kebijakan Forum Mapalus Kamtibmas. Determinan implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas adalah: 1) Komitmen, 2).Sumberdaya dan sumberdana, 3) komunikasi dan sosialisasi. Untuk itu disarankan sebaiknya: 1) Pemerintah desa dan Bhabinkamtibmas melakukan komunikasi dan sosialisasi secara intensif tentang kebijakan Mapalus Kamtibmas, 2) tersedia sumberdana yang memadai untuk menunjang implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas, 3) Implementer secara sungguh-sungguh memiliki komitmen mengimplementasikan kebijakan Mapalus Kamtibmas, 4) implementer memahami dengan tepat tentang kebijakan Forum Mapalus Kamtibmas.Kata Kunci: Implementasi, Determinan, Kebijakan Mapalus KAMTIBMAS
KAJIAN MASYARAKAT PULUTAN SEBAGAI PERAJIN KERAMIK UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA SEBAGAI PERAJIN KERAMIK TRADISIONAL DI DESA PULUTAN KECAMATAN REMBOKEN) Laloan, Jovelien J N
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.844 KB) | DOI: 10.36412/ce.v1i2.503

Abstract

This study is comprised of housewives who are in the Village Pulutan in SubDistrict Remboken who jumped on the small industries or home industries that are working in addition to their regular job as a housewife, which are taking care their husband and children, cooking, washing clothes etc. as the core power in the house. Based on the obtained data show that the highest incomes above , then the above three million of 11 respondents or 61,1 percent, then the above Rp 2 million of 5 responder or 27,7percent , then at over 1,000 .000 a respondent stayed 2 or 11,1 per cent. Looking at the distribution of income is the highest number of respondents 11 or 61,1 percent are on incomes above Rp 3,000,000, while the distribution of income while the lowest in over one million is a number 2 or 11,1 percent of the respondents is the lowest income of the respondent. It turned out that the above data show that with no additional work for housewives there was an increase in revenue. Conclusions through the research found that respondents family income has increased because most income is through the work of the husbands of various professions coupled with the work of housewives. As a suggestion to the community artisans to maintain quality and enhance the creative and innovate to be ready to compete to further develop the marketing area for both national and international level.Government be expected to pay attention to the industry in order to the needs of craftsmen, especially the need of capital for developing businesses and increasing skills through training in accordance with technological advances. Keywords: Community Craft, Ceramics.
ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN PEMBAHASAN HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA SISWA KELAS IX – A SMP NEGERI 2 BANGKALAN Noerwiyati, Wiwik
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.388 KB) | DOI: 10.36412/ce.v1i2.498

Abstract

Pembelajaran Kewarganegaraan yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan telah berlangsung sesuai dengan tuntutan kurikulum. Namun dalam pelaksanaan dirasa masih belum memenuhi harapan yang diinginkan. Hal ini didasarkan pada pengamatan tentang pelaksaan pembelajaran, di mana guru masih menerapkan metode konvensional yaitu metode ceramah yang kadang-kadang diselingi tanya jawab. Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan bentuk perubahan pola piker tersebut, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, yaitu untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pelaksanaan penelitian portofolio terhadap prestasi belajar pada bidang studi Kewarganeegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Nagara, maka metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode statistik korelasional. Simpulan yang dapat ditarik yaitu bahwa pelaksanaan penilaian portofolio akan mempengaruhi prestasi pembelajaran pada bidang studi Kewarganegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Negara siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Bangkalan tahun pembelajaran 2013/2014: Kata Kunci: Prestasi Belajar PKn, Portofolio
PEMBELAJARAN PPKN MELALUI MODEL SIMULASI SOSIAL DI SMA NEGERI 1 TONDANO Lonto, Apeles Lexi
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.483 KB) | DOI: 10.36412/ce.v1i1.493

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk menemukan model simulasi sosial dalam pembelajaran PKn di SMA.  Melalui model ini sasaran yang hendak dicapai ialah: (1) memperkuat pencapaian ranah afektif terutama ranah nilai-nilai sosial, (2) peningkatan suasana dan mutu proses pembelajaran, (3) dampak baik instructional effect maupun nurturant effect, seperti kepekaan terhadap masalah nilai yang terjadi di lingkungan ataupun di masyarakat, kemampuan menganalisis nilai, dan mengambil keputusan terhadap setiap pilihan nilai.Urgensi penelitian ini didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut: 1). Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan nilai dengan penekanan pada pembentukan afeksi di dalam diri siswa. 2). Praktik pembelajaran PKn di sekolah-sekolah sangat menekankan pada pembentukan aspek kognitif atau ranah kognitif daripada ranah afektif. 3). Proses pembelajaran  nilai yang dikembangkan oleh guru-guru lebih banyak dilakukan melalui metode ceramah. Pembewntukan nilai tidak efektif melalui ceramah, tetapi melalui  perbuatan atau melalui apa yang dilakukan siswa, dan apa yang dialami oleh siswa itu sendiri. 4). Pembelajaran model simulasi sosial merupakan dalam satu model dalam pembelajaran Kurikulum berbasis kompetensi di sekolah-sekolah. 5). Memperkuat kemampuan atau kompetensi professional guru-guru dalam mengembangkan proses pembelajaran PKn yang lebih varuatif dan inovatif.Untuk mencapai tujuan-tujuan di atas, maka penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam satuan hitung prosentase terhadap ketercapaian indiktor-indikator  setiap fokus masalah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagia berikut: (1). Desain model pembelajaran simulasi sosial dalam mata pelajaran PKn di SMA, yang mencakup: analisis kompetensi, asumsi dan tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan sistem pendukung belum berjalan dengan baik.  (2). Dampak instruksional pembelajaran terutama dalam pembentukan nilai seperti: kompetisi, kooperasi, empati, sistem sosial, konsep, keterampilan, dan kemampuan berpikir kritis belum berjalan dengan baik. (3). Perbaikan dan peningkatan mutu proses pembelajaran PKn di sekolah-sekolah sangat dibutuhkan. Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Model Simulasi Sosial