cover
Contact Name
Yogi Oktopianto
Contact Email
yogi.oktopianto@pktj.ac.id
Phone
+6285273362725
Journal Mail Official
p3m@pktj.ac.id
Editorial Address
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Jl. Semeru No.3, Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety)
ISSN : 23384247     EISSN : 27217248     DOI : https://doi.org/10.46447/ktj
Core Subject : Engineering,
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan adalah jurnal yang mengulas hasil penelitian atau kajian konseptual di bidang keselamatan transportasi jalan. Jurnal ini terbit setiap 6 (Enam) bulan.
Articles 44 Documents
KAJIAN PENERAPAN MULTI LANE FEE FLOW (MLFF) DI JALAN TOL INDONESIA Budiharjo, Anton; Margarani, Sekar Ratri
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.263 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.27

Abstract

Jumlah kendaraan yang terus meningkat tidak sejalan dengan pertumbuhan pembangunanjalan di Indonesia. Mix traffic dan kemacetan sering ditemui terutama di daerah perkotaan.Jalan tol dibuat untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi. Saat ini Indonesiamenerapkan pembayaran menggunakan kartu elektronik yang pada kenyatannya masihmenyebabkan antrian kendaraan untuk bertransaksi di gerbang tol. Diperlukan adanyapembaruan teknologi yaitu menggunakan Multi Lane Free Flow. Yaitu metode pembayarantanpa berhenti dengan pengguna tidak harus menghentikan kendaraannya untukbertransaksi. Pada penelitian kali ini akan dibahas mengenai analisis penerapan Multi LaneFree Flow bila diterapkan di Indonesia menggunakan metode analisis PEST dan analisisSWOT. Dari hasil analisis PEST dan analisis SWOT dapat dikatakan bahwa Multi Lane FreeFlow layak untuk diterapkan di Indonesia dengan pemilihan teknologi yang tepat dan sesuaidengan culture dari masyarakat Indonesia.
KAJIAN PENINGKATAN KESELAMATAN PERLINTASAN SEBIDANG KERETA API GROGOL DI KABUPATEN TEGAL STUDY ON IMPROVING THE SAFETY OF THE CROSSROADS OF THE GROGOL RAILWAY IN THE TEGAL REGENCY Budiharjo, Anton; Yunarto, Isro Febrian
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.039 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.30

Abstract

Perlintasan kereta api grogol adalah perlintasan sebidang kereta api tanpa palang pintu yang rawan akankecelakaan lalu lintas akibat adanya konflik di perlintasan sebidang kereta api antara pengguna jalan dankereta api yang melintas yang berpotensi kecelakaan. Penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasipenanganan yang sesuai dengan pedoman SK.770/KA.401/DRJD/2005 tentang Pedoman TeknisPerlintasan Sebidang Antara Jalan Dengan Jalur Kereta Api. Survei yang dilakukan pada penelitian iniadalah inventarisasi jalan untuk mengetahui geometrik pada perlintasan sebidang kereta api dan surveiperilaku pengguna jalan untuk mengetahui perilaku pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidangkereta api. Rekomendasi penanganan pada perlintasan sebidang kereta api grogol yang sesuai untukmeningkatkan keselamatan dan mencegah kecelakaan adalah dengan memasang palang pintu dan posjaga.
OPTIMASI KINERJA SUSPENSI UNTUK MENINGKATKANKENYAMANAN DENGAN VARIASI TEKANAN BAN DAN BERAT PADA KENDARAAN INNOVA 2000 CC Gunawan, Gunawan
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.572 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.31

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan tidak hanya mengurangi tingkat emisi dan tingkat konsumsibahan bakar saja namun peningkatan kenyamanan kendaraan sangat penting. Kenyamananadalah parameter utama yang menentukan kualitas kendaraan.Kriteria getaran untuk tubuhmanusia berdasarkan standar internasional ISO 2631(1974)dimana kendaraan transportasidengan frekuensi 1?80 Hz. Salah satu bagian penting kendaraan yang berpengaruh besarterhadap keamanan dan kenyamanan kendaraan adalah sistem suspensi. Setelah dilakukanpengujian nilai amplitudo tertinggi 2,06 dan terendah 1,75. Hasil nilai getaran optimasisebesar10,780 ? Y ? 12,220. ? = 12,57 rad/s. ?n= 12,7 rad/s, fn=2,02 Hz, rasio redaman ? =0,210, ? = 0,163. Perbandingan amplitudo ini mempunyai standar jika perbandingan frekuensieksitasi (?) dengan frekuensi pribadi (?n) lebih kecil dari?2 = 1,414 maka amplitudo kendaraanbisa lebih besar dari amplitudo eksitasi jalan. Sebaliknya jika harga perbandingan tersebut lebihbesar dari?2 = 1,414 maka amplitudo getaran kendaraan lebih kecil dari amplitudo eksitasijalan, kondisi inilah yang diharapkan pada kendaraan sehingga dampak getaran pada tubuhmanusia tidak besar.
ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN PASAR KEDUNGWUNI - KARANGDADAP, KABUPATEN PEKALONGAN Rusmandani, Pipit; Nisa, Muliani Chaerun; Setiawan, Riandy S.
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.749 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.32

Abstract

Analisis Dampak Lalu Lintas kini telah menjadi salah satu kebijakan strategis di Indonesia yangmerupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota guna mengendalikan dampakyang ditimbulkan oleh pembangunan terhadap lalulintas di sekitarnya. Pada tahun 2018,Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan Revitalisasi Pasar Kedungwuni yang kondisifisiknya saat ini sudah tidak layak. Perkembangan jumlah pedagang dan pembeli serta semakinpadatnya area distribusi dan sirkulasi di dalam pasar juga membutuhkan penataan pasar yangbaik.Namun karena pada dasarnya setiap rencana pembangunan atau pengembangan pusat kegiatanseperti seperti dalam hal ini adalah Revitalisasi Pasar Kedungwuni akan menimbulkan gangguankeamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas maka wajib dilakukan AnalisisDampak Lalu Lintas. Adapun area terdampak di sekitar lokasi ini meliputi tiga ruas jalan yaituJalan Karanganyar ? Podo, Jalan Kedungwuni ? Kutosari, Jalan Kedungwuni ? Karangdadap dantiga simpang (Simpang Podo merupakan simpang bersinyal serta Simpang Capgawen danSimpang Eks BCA merupakan simpang tidak bersinyal).Hasil Analisis Dampak Lalu Lintas akibat Revitalisasi Pasar Kedungwuni ini menujukkan bahwakinerja ruas jalan eksisting untuk Jalan Karanganyar ? Podo dan Jalan Kedungwuni ? Kutosariadalah C dengan V/C ratio masing-masing 0,52 dan 0,46 serta untuk Jalan Kedungwuni ?Karangdadap adalah B dengan V/C ratio 0,44. Sedangkan ketiga simpang terdampak tergolongdalam tingkat pelayanan B dengan tundaan kurang dari 15 detik.Pada tahap operasional tahun 2021 dengan pertumbuhan volume lalulintas sebesar 7% pertahun, tingkat pelayanan ketiga ruas jalan mengalami penurunan menjadi kategori F dengan V/Cratio >1 bahkan pada tahun 2031 V/C rationya>2. Kondisi ini tentunya memerlukan penangananagar kinerja lalulintasnya optimal. Adapun rekayasa lalulintas yang diusulkan adalah peningkatankapasitas jalan dengan pelebaran jalan menjadi12 meter dengan median (4/2 D). Penanganan initernyata efektif dalam meningkatkan pelayanan kinerja jalan. Hal ini dapat ditunjukkan dariperubahan tingkat pelayanan jalan menjadi B pada tahun 2021 dan C pada tahun 2031.Sedangkan untuk kinerja simpang, pada tahap operasional sampai dengan tahun 2031 diSimpang Eks BCA dan Simpang Cap gawen diusulkan pemasangan APILL dengan 2 fase untukmenyelesaikan konflik lalulintas di simpang tersebut. Namun berbeda halnya dengan SimpangPodo, kondisi eksisting yang sudah menggunakan jenis pengendalian berupa APILL hanya efektif dilakukan sampai dengan tahun 2021. Selanjutnya saat tahun 2031 atau saat 10 tahun PasarKedungwuni beroperasi, APILL dirasa tidak efektif dan diusulkan untuk menggunakanB undaran(Rotary Intersection) sebagai penangannya.
ANALISIS BIAYA BAN VULKANISIR DENGAN METODE ROADTEST PADA PERUSAHAAN ANGKUTAN BARANG PT. JTI Pranoto, Ethys; Ahmad, Syiham
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.709 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.33

Abstract

Kajian yang dilakukan karena meningkatnya penggunaan dan produksi dari ban vulkanisir seiringdiperbolehkannya atau dicabutnya larangan penggunaan ban vulkanisir baik untik kendaraanpenumpang maupun kendaraan komersial atau niaga. Kajian ini dilakukan terhadap banvulkanisir pada kendaraan komersial yaitu truk. Pengujian dilakukan dengan metode roadtestguna mengetahui laju keausan tread dari ban vulkanisir. Ban vulkanisir diukur nilaikeekonomisannya dengan tetap memperhatikan ambang batas ketentuan ban. Pemenuhanketentuan ambang batas ban guna mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan. Hasilpengujian menunjukkan adanya perbedaan laju keausan dari masing-masing ban vulkanisir.Penentuan ban vulkanisir yang digunakan pada kendaraanakanmempengaruhi biaya operasionalkendaraan.
EVALUASI PENERAPAN SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE (5S) PADA DEPARTEMEN TRANSPORTASI PT. PRASADHA PAMUNAH LIMBAH INDRUSTRI BOGOR Sugiharto, Sugiharto; Tea , Rukman; Jamhari, Syafek
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.158 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.34

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai evaluasi penerapan 5S. Metode yang digunakanuntuk pengaturan area kerja menggunakan pendekatan dasar konsep 5S. Modelpenilaian untuk mengetahui kondisi area kerja dengan menggunakan cara audit. Melaluimetode ini area kerja akan berjalan lebih terorganisir dan terpelihara sehingga dapatmengurangi peluang terjadinya kecelakaan kerja.Saat ini area kerja yang ada di Departemen Transportasi berjalan cukup baik, Namummasih banyak kekurangan yang perlu di perbaiki untuk meningkatkan penerapan 5S.Pada area kerja sebelum dilakukan perbaikan penerapan 5S masuk ke dalam kriteriacukup dengan persentase 41,66%. Setelah dilakukannya perbaikan pada area kerjamenghasilkan nilai program 5S sebesar 76,66% dan masuk ke dalam kriteria baik.
STUDI PENDAHULUAN: PERILAKU BERKENDARA ANAK DI BAWAH UMUR DITINJAU DARI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR Kusumastutie, Naomi Srie
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.369 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.35

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pendahuluan mengenai perilaku berkendara anak di bawah umurditinjau dari Theory of Planned Behavior (TPB). Langkah awal dalam penyusunan kuesioner TPBadalah mengidentifikasi keyakinan-keyakinan yang menonjol (salient beliefs) sebagai dasarpembentukan sikap, norma subjektif, dan persepsi kendali perilaku. Keyakinan-keyakinan yangmenonjol ini menjadi dasar penyusunan soal pada kuesioner, yang hasilnya akan digunakan untukmenyusun model perilaku berkendara pada anak di bawah umur. Pengumpulan data pada penelitianini menggunakan kuesioner terbuka, dengan responden yaitu siswa berusia di bawah 17 tahun diSMPN 1 Kota Tegal, SMAN 1 Kota Tegal, dan SMAN 5 Kota Tegal. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis isi. Behavior beliefs yang didapatkan adalah tidakmerepotkan orang tua, lebihcepatsampai tujuan, ditilang polisi, dan terlibat kecelakaan lalu lintas. Normative beliefs yang didapatkanadalah orang tua dan teman. Control beliefs yang didapatkan adalah adanya kebutuhan, tidakmemiliki SIM, ijin orang tua, dan kepercayaan diri.
BATAS AMAN MUATAN SUMBU RODA DAN TEMPERATUR TROMOL DITINJAU DARI AMBANG BATAS EFISIENSI REM MOBIL PICK UP FUTURA Wijayanta, Setya; Sutarjo, Sutarjo; Shafa AF, Nadziba; Pambudi, Kurniawan
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 2 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.114 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i2.36

Abstract

Kegagalan pengereman (rem blong) sering menjadi penyebab kecelakaan. Kelebihan muatan(Over loading) dan Temperatur tromol yang berlebihan (Over heating) sering diduga menjadipenyebab terjadinya kegagalan pengereman. Penelitian ini dibatasi pada pengaruh muatansumbu roda dan temperatur tromol terhadap efisiensi rem mobil pick up futura. Metode yangdigunakan adalah eksperimen dengan variasi kanvas original dan tiruan.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa tinggi rendahnya muatan sumbu roda dan temperaturtromol berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pengereman. Semakin tinggi muatan sumburoda dan temperatur tromol, maka semakin kecil efisiensi pengeremannya. Rumus empirishubungan antara muatan sumbu roda dengan efisiensi rem adalah y = -0,0003 x + 0,7891dengan R2 = 0,9737. Dari rumus empiris tersebut diperoleh nilai muatan kritis sumbu roda (x)963,67 Kg. Rumus empiris hubungan antara temperatur tromol dengan efisiensi rem adalah y =-0,0034 x + 0,8516 dengan R2 = 0,9041. Dari rumus empiris tersebut diperoleh nilai temperaturkritis luar tromol (x) 103,410 C. Ditinjau dari efisiensi rem yang dihasilkan dengan variasi muatansumbu roda dan temperatur tromol serta kecepatan kenaikan temperatur tromol, maka kanvasoriginal lebih baik dibandingkan kanvas tiruan (KW).
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PADA SIMPANG DEPOK KOTA DEPOK Widyawan, Sony; Rukman, Rukman
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.812 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i1.37

Abstract

The problemof transportation isone of the problems faced in Depok, especially atintersections. Problems of traffic congestion and conflicts often occur at signalizedintersections, especially at the intersection of four signalized Depok Depok City where one ofthe efforts made to reduce conflicts in Depok intersection is done by setting the intersection.The methods used in the analysis of the performance of the intersection is the use ofcalculation on IHCM, while the traffic conflict analysis to determine the level of seriousnessof traffic conflicts is by using traffic conflict Technique (TCT) is compared to that conflictVisSim 10. Recommendation is done by using a scheme using a 3-phase elections and 3.5phase and then make a comparison with the third phase (existing) and selected the mostappropriate scenario. From the scheme of recommendations that were made by using thesoftware PTV VISSIM 10 obtained the most appropriate scheme that uses three-phasearrangement. The results of the simulation phase 3 was effective at reducing the number oftraffic conflicts and service levels are still in good condition
PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KERJA PENGEMUDIBUS DENGAN MENGGUNAKAN JOB AFFECTIVE WELLBEING SCALE (JAWS) Kusumastutie, Naomi Srie; Jamhari, Syafek
Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (INDONESIAN JOURNAL OF ROAD SAFETY)
Publisher : PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.367 KB) | DOI: 10.46447/ktj.v6i1.38

Abstract

Stres pada pengemudi angkutan umum dipengaruhi oleh kondisi kerja yang berimplikasipada kepuasan kerja. Stres kerja ini akan dapat menjadi faktor risiko bagi keselamatanmengemudi pada pengemudi bus. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkatkepuasan kerja pengemudi bus. Alat ukur yang digunakan adalah Job-related AffectiveWellbeing Scale (JAWS). Sebelum digunakan JAWS melalui proses penerjemahan terlebihdahulu. Reliabilitas JAWS hasil terjemahan sebesar 0,89. Hasil penelitian menunjukkanbahwa mayoritas subjek penelitian ini menunjukkan kecenderungan kepuasan kerja yangtinggi (56,1%). Selain itu juga ditemukan tidak ada hubungan antara umur dan kepuasankerja, namun ada hubungan antara pengalaman kerja dan kepuasan kerja, walaupunkoefisien korelasinya relatif lemah yaitu 0,334. Hasil analisa data juga menunjukkan tidakadanya perbedaan kepuasan kerja berdasarkan status pernikahan dan pendapatan bulanan.Namun demikian, terdapat perbedaan kepuasan kerja berdasarkan status kepegawaian,yaitu pengemudi bus dengan status kepegawaian sebagai pegawai tetap memiliki kepuasankerja yang lebih tinggi daripada pegawai kontrak.