cover
Contact Name
Vega Fonsula Andromeda, S.ST, S.Pd, M.Hum
Contact Email
p3m@pip-semarang.ac.id
Phone
+62 82134681833
Journal Mail Official
p3m@pip-semarang.ac.id
Editorial Address
Jl. Singosari 2A Semarang 50242
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Dinamika Bahari
ISSN : 20873050     EISSN : 27220621     DOI : https://doi.org/10.46484/db.v1i1
Dinamika Bahari merupakan jurnal berkala bidang nautika, teknika dan tata laksana angkutan laut dan kepelabuhanan yang dimiliki Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang terbit 2 kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Dinamika Bahari memuat hasil penelitian, ide, dan gagasan dosen, pengajar, taruna, peneliti serta akademisi di bidang transportasi laut. Dinamika Bahari terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mempelajari hasil-hasil penelitian para dosen atau penulis lainnya. Masyarakat juga bisa bergabung menjadi penulis (sebagai akademisi), atau menjadi reviewers sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing yang dibutuhkan oleh jurnal ini.
Articles 85 Documents
DAMPAK KOORDINASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA (SURVEY PADA PT. TRANSPOWER MARINE, TBK 2015) Andi Prasetiawan
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.26 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.36

Abstract

The research aim to to know relation co-ordinate with operational energy performance. In this research, target population (target) is all PT.Transpower Marine,Tbk employees while population reached by is all PT.Transpower Marine operational energy, Tbk in this case counted 40 crew man. Research Sampel of is set in this research is saturated sampel counted 40 People. Technique analyse data use regresi analysis and simple correlation. Pursuant to examination of conducted research hypothesis, hence this research indicate that fourthly of hypothesis which is raised in this research (H1) accepted and refuse hypothesis zero (Ho). This Matter can be interpreted that (1) there are positive relation between coordination (X1) with operational energy performance.
DAMPAK KEPEMIMPINAN DIRI TENAGA OPERASIONAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA (SURVEY PADA PT. TRANSPOWER MARINE, TBK 2015) Andi Prasetiawan
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.099 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.37

Abstract

The research aim to now relation leadership of x'self with operational energy performance In this research, target population (target) is all PT. Transpower Marine,Tbk employees while population reached by is all PT. Transpower Marine operational energy, Tbk in this case counted 40 crew man. Research Sampel of is set in this research is saturated sampel counted 40 People. Technique analyse data use regresi analysis and simple correlation. Pursuant to examination of conducted research hypothesis, hence this research indicate that fourthly of hypothesis which is raised in this research (H1) accepted and refuse hypothesis zero (Ho). (1) There are positive relation between leadership of x'self (X) with operational energy performance,.
ANALISIS DAMPAK NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PEMBIAYAAN OPERASIONAL KAPAL PT. SERASI SHIPPING INDONESIA CABANG MERAK Dwi Setyoko; Sri Purwantini
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.876 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.38

Abstract

Nilai tukar mata uang pada suatu negara bersifat fluktuatif dan dinyatakan dalam perbandingan dengan mata uang negara lain. Fluktuasi nilai tukar mata uang memiliki pengaruh terhadap setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dalam kegiatan ekspor maupun impor. Fluktuasi kurs memiliki dampak pada perusahaan. Fluktuasi kurs memiliki dampak pada nilai perusahaan karena dapat uang berpengaruh pada jumlah arus masuk kas yang diterima dari kegiatan ekspor perusahaan, juga mempengaruhi jumlah arus keluar kas yang digunakan untuk membayar biaya impor. PT. Serasi Shipping Indonesia adalahperusahan pelayaran yang bergerak di bidang agen pelayaran. Dalam pelaksanaan pelayanan dibutuhkan pembiayaan-pembiayaan operasional kapal yang menggunakan dua mata yaitu rupiah dan US dolar. Sehingga perubahan nilai tukar rupiah sangat berpengaruh terhadap pembiayaan perusahaan, dampak perubahan nilai tukar uang mengakibatkan keuntungan dan kerugian perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data digunakan antara lain adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
ANALISA TURUNNYA KUALITAS STERILISASI PADA ULTRAVIOLET WATER STERILIZER DI MT. DRAGONARIA DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS Aditya Arin Sasongko; Abdi Seno; Andy Wahyu Hermanto
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.735 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.39

Abstract

Ultraviolet water sterilizer is a long cylindrical device used for the sterilization of water into  drinkable water. Ultraviolet water sterilizer has two main parts: an adapter and UV tubes. The  adapter serves to drain ration electricity in accordance with the voltage and current required by  ultraviolet water sterilizer. Tubes UV is containing lamps germicides where light is equipment  major unruk make the water drinkable and the water will flow along the ultraviolet rays, so that the  water flowing in the tube is passed through the sterilization process with ultraviolet rays so that the  water unfit for consumption. The problems that the authors take in this study are the factors that  affect the declining quality of sterilization, the impact of what happens when the quality of  sterilization decreased, and what efforts made to keep the quality of sterilization is not decreased.  The method used is the method of fault tree analysis, a method to find the root of the problem  by using a fault tree and simple logic gates to help determine the basic problem. Fault tree analysis  method consists of a top event, intermediate event, and basic event where all three events are  interrelated to form the fault tree that can be seen cause and effect. Data collected through  observation, interviews, and literature directly to the subject related to the factors, the impact, as  well as the efforts of the decline in the sterilization process to the sterilizer in order to improve the  quality of drinking water.  The cause of the decline to the sterilizer sterilization process in order to improve the quality  of drinking water in MT. Dragonaria that dirty filters, dirty water tubes, and the dirty germicidal  lamp or berdampaknya resulting in less fresh water, complaint against the company, as well as the  ship operational cost is reduced. Therefore made some efforts to improve the quality of the results  of sterilization including cleaning filters, cleaning water tubes, and also clean the germicidal lamp,  as well as auxiliary engine checks periodically so that the quality of sterilization can be increased. 
PENYEBAB PECAHNYA CYLINDER LINER PADA GENERATOR ENGINE DI MT. MARTHA OPTION A. Y. Prasetya; Tri Kismantoro
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.741 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.40

Abstract

Generator Engine merupakan mesin penghasil daya listrik utama di kapal, mesin ini  harus mendapat perhatian dan perawatan secara intensif, salah satunya adalah pada  cylinder liner karena cylinder liner adalah bagian dari ruang bakar mesin diesel yang  penting sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar dengan udara dan juga alur  gerak bolak-balik piston. Akibat gerakan tersebut akan terjadi gesekan antara cylinder liner  dan cincin piston yang menyebabkan keausan pada dinding cylinder liner. Kondisi cylinder  liner yang telah aus dan tekanan air pendingin yang kurang adalah faktor utama penyebab  pecahnya pada cylinder liner. Upaya untuk mencegah pecahnya cylinder liner adalah  perawatan dan perhatian pada sistim pelumasan dan pendinginannya. Perawatan dan  perbaikan terhadap cylinder liner dilakukan sesuai jam kerja yang telah ditentukan sesuai  manual book, dengan adanya perawatan yang rutin maka pecahnya cylinder liner dapat  diminimalisir dan generator engine dapat bekerja normal. 
PENANGANAN FLAT RACK CONTAINER GUNA MENCEGAH TERJADINYA KERUSAKAN MUATAN DI KAPAL MV. MERATUS KALABAHI A. Kurniawan; Tri Kismantoro
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.556 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.41

Abstract

Semakin beragamnya permintaan dari konsumen maka muncul muatan yang tidak  beraturan yaitu lebar dan tinggi muatan melebihi batas kemampuan muat container biasa yang  membutuhkan penanganan khusus di atas flat rack container. Dari hasil penelitian penulis  menemukan adanya kendala koordinasi pihak kapal dengan pihak darat (planner), dalam hal ini  adalah perencanaan pemuatan dan pembongkaran. Selain itu petugas jaga tidak melakukan  pengecekan pada saat bongkar muat sehingga tidak mengetahui ada muatan yang belum dilashing.  Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penanganan muatan flat rack  container di kapal MV. Meratus Kalabahi masih belum optimal. Untuk itu sebelum kapal  melakukan bongkar muat diadakan komunikasi antara pihak kapal dengan pihak darat dalam hal  prosedur penanganan muatan yang benar, serta adanya kerjasama yang baik pada waktu bongkar  muat dan melakukan pengecekan secara berkala selama di pelabuhan antara Mualim dan crew  kapal yang bertugas, sehingga kualitas muatan tetap terjaga hingga pelabuhan bongkar. 
PENINGKATAN KETERAMPILAN CREW DALAM PELAKSANAAN TANK CLEANING GUNA MENUNJANG KELANCARAN BONGKAR MUAT DI MT. BALONGAN Agustyna C.; Tri Kismantoro
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.135 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.42

Abstract

Pembersihan tangki muatan (tank cleaning) merupakan salah satu kegiatan operasional  kapal tanker yang sangat penting, dimana keberhasilan proses pemuatan berasal dari proses ini,  dari sekian banyak jenis muatan kimia diantaranya adalah muatan yang sensitif sehingga dalam  pemuatannya membutuhkan ruang muat yang benar-benar bersih dan terhindar dari zat-zat  pencemar sehingga tangki dinilai layak untuk memuat muatan. Untuk menghasilkan ruang muat  yang benar-benar bersih diperlukan pelaksanaan pembersihan tangki yang sesuai prosedur,  dengan prasarana yang memadai, perencanaan dan koordinasi yang baik antara pihak-pihak  terkait. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan ini menjelaskan tentang prosedurprosedur  pembersihan tangki di kapal tanker yang sesuai, karena keterlambatan akan  menyebabkan kerugian yang besar bagi perusahaan. Penelitian dilakukan di atas kapal product  tanker yang memuat avtur, penelitian dilakukan di atas kapal tentang proses pembersihan tangki  muatan untuk meminimalkan kandungan zat-zat pencemar. Jenis penelitian yang terdapat dalam  penulisan penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data di  atas kapal MT. Balongan kemudian menganalisa dan mengambil kesimpulan yang berupa  penjelasan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MT. Balongan, terdapat masalah  yaitu pembersihan tangki yang dinyatakan gagal oleh surveyor. Kemudian menimbulkan  keterlambatan dalam pemuatan dan perusahaan mengalami kerugian. Untuk mengantisipasi  keterlambatan pemuatan, pembersihan tangki harus dilakukan sesuai panduan pembersihan  tangki dengan perencanaan yang baik, ditunjang dengan sarana yang memadai, awak yang  terampil dan jumlah yang cukup, serta koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait. 
IDENTIFIKASI PENYEBAB RUSAKNYA HEAVY LIQUID CHAMBER PADA LO PURIFIER MITSUBISHI SJ25T DI MV. JINGU DENGAN METODE FTA Gangga Putra Mahardika; Agus Tjahjono; Sumardi
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.086 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.43

Abstract

Minyak lumas merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam pengoperasian  permesinan di kapal baik untuk Mesin Induk maupun permesinan bantu. Maka dari itu sebagian  besar kapal niaga dilengkapi dengan pesawat yang dapat menjaga kualitas minyak lumas yang  disebut Lube Oil Purifier. Dimana pesawat ini fungsinya untuk membersihkan kotoran maupun  kandungan air pada minyak lumas dengan proses purifikasi. Dalam penelitian ini penulis  mempunyai beberapa masalah yang menjadi tujuan penulisan: faktor penyebab rusaknya heavy  liquid chamber pada Lube Oil Purifier pada saat beroperasi, penilaian dengan metode FTA  terhadap pencegahan terjadinya trouble pada Purifier saat beroperasi, dan langkah yang harus  dilakukan jika mendeteksi abnormalitas pada purifier untuk mencegah kerusakan Lube Oil  Purifier tersebut.  Agar faktor yang dapat menyebabkan rusaknya heavy liquid chamber pada Lube Oil  Purifier dan pencegahan terjadinya trouble serta kerusakan dapat diketahui maka dalam karya  tulis ini penulis menggunakan analisa dengan metode Fault Tree Analysis (FTA). Metode FTA  digunakan dalam menganalisa kejadian kegagalan dalam sistem. Metode FTA dapat  didefinisikan sebagai analisa untuk mencari penyebab terjadinya masalah dari masalah puncak  hingga menuju akar permasalahan menggunakan diagram pohon kegagalan dengan tujuan  mencari faktor terkecil baik dari mesin maupun manusia yang dapat menyebabkan terjadinya  suatu kegagalan tersebut. Dari hasil penelitian menggunakan metode FTA maka didapatkan  faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada heavy liquid chamber dan trouble yang terjadi  pada Lube Oil Purifier. Maka perawatan dan perbaikan pada setiap komponen perlu lebih  diperhatikan, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti sistem perawatan berencana yang  terdapat di setiap kapal yang telah ditentukan oleh perusahaan berdasarkan kebijakan  perusahaan, instruction book dan makers.  Selain itu pengawasan pada Lube Oil Purifier yang sedang beroperasi juga diperlukan  untuk memantau kondisi pengoperasian. Pada kesimpulan dan saran dikemukakan tentang  pentingnya mengadakan perawatan dan pemeriksaan secara rutin terhadap semua bagian yang  beresiko menimbulkan trouble dan kerusakan pada Lube Oil Purifier. Bila didapati adanya  trouble pada pengoperasian Lube Oil Purifier maka pengoperasian harus segera dihentikan dan  dilakukan pengecekan. 
ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI PADA PEGAWAI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG) Janny Adriani Djari
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.699 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.44

Abstract

As for target of this research to analyse individual characteristic influence to labour  capacity of Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang and to analyse work characteristic influence to  labour capacity of Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.  Research regarding do individual characteristic influence intervening motivation and work  characteristic to labour capacity take population officer of Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang  amounting to 218 people. Intake of sample with sampling random technique representing  technique intake of sample at random with determination of is amount of sampel used by slovin  formula obtained by 142 responder. As for data obtained with kuesioner with data analysis use  linear regression.  Pursuant to research which have been done by hence can be obtained by the following  conclusion is existence of positive influence and signifikan between individual characteristic and  work characteristic to labour capacity.   
ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI PADA PEGAWAI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG) Firdaus Sitepu; Janny Adriani Djari
Dinamika Bahari Vol 7 No 2 (2017): Edisi Mei 2017
Publisher : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.904 KB) | DOI: 10.46484/db.v7i2.45

Abstract

This research aim to know individual characteristic influence to labour capacity Politeknik  Ilmu Pelayaran Semarang. Research regarding do individual characteristic influence  intervening motivation and work characteristic to labour capacity take population officer of  Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang amounting to 218 people. Intake of sample with sampling  random technique representing technique intake of sample at random with determination of is  amount of sampel used by slovin formula obtained by 142 responder. As for data obtained with  kuesioner with data analysis use linear regression.  Pursuant to research which have been done by hence can be obtained by the following  conclusion is existence of positive influence and signifikan between individual characteristic to  labour capacity.