cover
Contact Name
Hamidi, M.Pd
Contact Email
hamidi@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
jcar@unram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan No 37 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Classroom Action Research
Published by Universitas Mataram
ISSN : 26563460     EISSN : 26562340     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun yaitu Bulan Februari dan Agustus. Journal of Classroom Action Reseach adalah jurnal yang menyediakan akses terbuka hasil riset yang dapat dibaca dan diunduh secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan hasil penelitian di bidang pendidikan. Semua isi/konten yang dipublikasikan dibawah lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUCHING Multazam, Muhammad
Journal of Classroom Action Research Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.963 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 4 Praya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching (Quching) pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 66,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 15 orang dan rata-rata aktivitas yang diperoleh seluruh siswa adalah 48,10%. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya menguasai model pembelajaran. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 77,2 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 61,66% dan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 18 orang. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 81,00 dan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 73,56% dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 29 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan nilai hasil belajar fisika dan aktivitas siswa di kelas X-MIPA-2.
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS VI SDN 16 MATARAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PORTOFOLIO Uyuni, Mubassyiratul
Journal of Classroom Action Research Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.934 KB)

Abstract

Abstrak: Upaya meningkatkan keaktifan dan kemampuan kerjasama pada siswa kelas VI SDN 16 Mataram melalui penerapan strategi pembelajaran portofolio merupakan permasalahan dari penelitian ini. Tujuannya adalah 1) Menemukan upaya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Pkn di kelas VI SDN 16 Mataram melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio. 2) Menemukan upaya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pembelajaran PKn melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio di kelas VI SDN 16 Mataram. 3) Menemukan upaya peningkatan keterampilan kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok yang tercermin dari produk hasil pemecahan masalah pada mata pelajaran PKn melalui implementasi strategi pembelajaran portofolio. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 16 Mataram dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan merefleksi hasil pengamatan dan tingkat penguasaan kompetensi dasar yang dijabarkan menjadi indicator pencapaian hasil belajar oleh siswa selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran portofolio dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan kerjasama siswa kelas VI semester 1 SDN 16 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diperlihatkan dengan kemampuan sebagian besar siswa dalam mengajukan pertanyaan, memberikan respon, mengajukan pendapat/ide/gaagsan, mencari informasi/mengumpulkan data, serta membuat portofolio dokumen dan portofolio tayangan dengan kerjasama yang intens, baik antar anggota kelompok maupun antar kelompok dengan kualitas yang baik. Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Kemampuan Kerjasama Siswa, Strategi Pembelajaran Fortopolio
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR SISWA Kastining, Ni Wayan Sri
Journal of Classroom Action Research Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.524 KB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram pada materi sumber sejarah dan tahapan penelitian sejarah dengan menerapkan  pembelajaran  Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ).  Penerapan pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle ( IOC ) ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga  hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua siklus).  setiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklis I dari tanggalan 2 Agustus 2018 sampai 16 Agustus 2018 dan siklus II dari tanggal 23 Agustus 2018 sampai 6 September 2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51% siswa mendapat nilai 75 Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belaja yang diisyaratkan yaitu 85% siswa mendapatkan nilai 7,5, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II,  sebesar 93 %  yang artinya ketuntasan belajar sudah tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan, disimpulkan dengan penerapan  pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle    ( IOC )  dapat meningkatkan  hasill belajar  siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah.Kata Kunci: Pembelajaran  Kooperatif ,  Insede Outside Circle ( IOC ), peningkatan  hasil belajar, Sumber sejarah dan Tahapan penelitian sejarah
UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Astar, Astar
Journal of Classroom Action Research Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.067 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa yang diajar dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani, dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa yang diajar dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 (tiga) siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Praya yang berjumlah 36 orang. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kesegaran jasmani dengan tes lari 2,4 km yang sering disebut juga Cooper test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seseorang, salah satunya yaitu melalui aktivitas jasmani. Dengan demikian pendidikan jasmani dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan siswa dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani. Selain itu, dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani sangat diperlukan adanya model dan variasi pelajaran. Untuk itu pengajar sebaiknya dapat membuat model ataupun modifikasi pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran dengan pendekatan bermain.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN GURU BINAAN DI SMA LOMBOK TENGAH DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN BIMBINGAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS Nurcahyono, Bambang
Journal of Classroom Action Research Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.075 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan ini bertujuan mengetahui upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru binaan di SMA Lombok Tengah dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning berbantuan bimbingan supervisi akademik pengawas tahun pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kepengawasan (PTKp) yang dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian adanya peningkatan pemahaman guru binaan tentang pendekatan model pembelajaran cooperative learning sekitar 28%, adanya peningkatan keterampilan guru binaan dalam pembuatan rencana pembelajaran. Skor pencapaian nilai RPP pada siklus 3 meningkat dari 79,42 menjadi 91,37, dan adanya peningkatan  aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup berarti. Penelitian tindakan kepengawasan dapat disimpulkan bahwa berbantuan bimbingan supervisi akademik Pengawas Sekolah memiliki efektif dalam: a) meningkatkan pemahaman guru binaan dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning; b) meningkatkan keterampilan guru binaan dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning. Kata kunci: Kemampuan, Keterampilan, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Supervisi Akademik
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) Taoefik, Moh
Journal of Classroom Action Research Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1407.435 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran tipe NHT ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, selain itu juga melatih siswa untuk saling bekerja sama, saling berkomunikasi dan saling membantu dalam memahami suatu permasalahan. Desain penelitian ini menggunakan 2 Siklus, dilaksanakan di SMAN 2 Narmada Lombok Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-2 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan membadingkan rata-rata data pada siklus 1 dengan data pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran tipe NHT ini dapat meningkat aktifitas belajar siswa, persentase keaktifan siswa meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 79,17%  pada siklus II. Demikian juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 78,60 pada siklus I menjadi 88,60 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran tipe NHT ini hampir semua menyatakan sangat setuju karena dianggap mudah dipahami, menyenangkan dan dapat digunakan untuk pembelajaran selanjutnya.
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH SUMBERMULYO BANTUL YOGYAKARTA Surawan, Surawan
Journal of Classroom Action Research Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.882 KB)

Abstract

Abstrac: Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo, Bantul Yogyakarta dengan subjek sebanyak 22. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (80,00%), siklus III (92,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PAKEM dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah Sumbermulyo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Keywords: PAKEM, Motivasi, Prestasi  Belajar, Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA-2 Mardiyanti, Haryani Sri
Journal of Classroom Action Research Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.585 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PTK ini dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes diolah dengan menggunakan deskripsi persentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk menemukan kemampuan berpikir kritis siswa. Data kualitatif diperoleh dari observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang di terapkan pada pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa baik secara individual maupun klasikal, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan yaitu dari nilai rata-rata siswa 79 pada siklus I dan meningkat menjadi 85 pada siklus ke II. Persentase ketuntasan adalah 77,7% pada siklus I dan meningkat menjadi  91,7% pada siklus II. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis; Perubahan lingkungan; Problem Based Learning (PBL).
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL EVALUASI MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) Uyuni, Mubassyiratul
Journal of Classroom Action Research Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.662 KB)

Abstract

Abstrak: Kemampuan guru SDN 24 Mataram dalam menuyusun soal evaluasi yag baik masih dikatakan rendah. Soal-soal yang disusun guru belum sesuai dengan kaidah penulisan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soalevaluas melalui kegiatan In House Training (IHT). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di SDN 24 Mataram pada bulan Agustus sampai bulan September 2018. Subyek penelitian tindakan sekolah ini yaitu guru-guru SDN 24 Mataram dengan jumlah guru sebanyak 11 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan catatan lapangan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, setelah kegiatan IHT terdapat 9 peserta (81,81%) memperoleh kriteria kurang memahami, 2 peserta (18,18%) memperoleh kriteria memahami dan 0% tidak memahami, kategori capaian masuk dalam kategori krang memahami dengan nilai capaian rata-rata 68,64%. Pada siklus II menunjukkan 2 peserta (18.18%) masuk dalam kriteria kurang memahami, 9 peserta (81.81%) mask dalam kriteria memahami dan 0 peserta (0%) tidak memahami, kategori rata-rata capaian masuk dlaam kategori memahami dengan nilai capaian rata-rata 80.90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan walaupun belum 100%. Kata Kunci: Peningkatan kemampuan guru; soal evaluasi; In House Training (IHT)
MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LKS SISWA Kholiq, Mokhammad
Journal of Classroom Action Research Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran materi trigonometri bagi siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA-1 Semester 2 SMA Negeri 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 15 siswa putri. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes formatif, lembar observasi kegiatan siswa, dan angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% hasil belajar siswa sudah mencapai sekurang-kurangnya 62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 rata-rata kelasnya mencapai 63.85, siswa yang tuntas sebanyak 25 anak (64,11%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 anak (35,89%) dengan nilai tertinggi 90,00 dan nilai terendah 40,00. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 70.09, siswa yang tuntas sebanyak 30 anak (76,92%) dan yang tidak tuntas sebanyak 9 anak (23,08%) dengan nilai tertinggi 93,33 dan nilai terendah 43,33. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar materi Trigonometri bagi siswa kelas X-MIPA-1 Semester 2 SMA Negeri 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 3 | Total Record : 26