cover
Contact Name
Prof. Dr. Dra. Ni Nyoman Karmini, M.Hum
Contact Email
lppmsaraswatitabanan@gmail.com
Phone
+62361-811267
Journal Mail Official
lppmsaraswatitabanan@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan
Location
Kab. tabanan,
Bali
INDONESIA
Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Published by IKIP SARASWATI
ISSN : 1829894X     EISSN : 26231697     DOI : 10.46444
Core Subject : Education,
Jurnal Suluh (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) terbit dua kali setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember dengan memuat 10 artikel yang berbicara tentang pendidikan pada setiap terbitannya. Redaksi menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan guru-guru. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah OJS sejak 2018. Kini, jurnal Suluh Pendidikan sudah memiliki Doi dengan prefiks 10.46444
Articles 50 Documents
PERMAINAN MATEMATIKA SEDERHANA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN (SEBUAH KAJIAN PUSTAKA) Dian Permana Dewi, Ni Wayan
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.893 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengenalkan beberapa permainan matematika sederhana sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran matematika sering dianggap pembelajaran yang menakutkan. Oleh sebab itu, dalam mengatasi fobia matematika, maka pengajaran matematika pun harus diubah. Jika sebelumnya, pengajaran matematika terfokus pada hitungan aritmetika saja, maka saat ini, guru-guru harus meningkatkan kemampuan siswa dalam bernalar dengan menggunakan sebuah permainan matematika. Permainan yang dibahas oleh penulis adalah permainan sederhana yang dekat dengan kehidupan siswa. Pengumpulan informasi berdasarkan kajian beberapa buku dan beberapa situs internet. Berdasarkan hasil pengumpulan informasi dapat disimpulkan bahwa ada beberapa permainan matematika sederhana yang dapat digunakan dalam pembelajaran demi terciptanya suasana belajar yang menyenangkan.
MENGENAL HIMPUNAN KABUR (FUZZY SET) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : SUATU KAJIAN PUSTAKA Yasna, I Made
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.357 KB)

Abstract

Teori himpunan sebagai bagian dari matematika telah mengalami perkembangan. Salah satunya adalah himpunan kabur. Walaupun telah sering dibicarakan pada berbagai seminar matematika maupun seminar pendidikan matematika namun, di indonesia himpunan kabur masih relatif baru sehingga layak disajikan dan diperkenalkan kepada dosen dan mahasiswa pendidikan matematika. Sebagai langkah awal, pembahasan dibatasi hanya pada himpunan bagian kabur dan operasi-operasinya yang terdiri dari komplemen, gabungan, dan irisan serta indeks kekaburan.
PENERAPAN MATEMATIKA VEDA DALAM OPERASI HITUNG Oka Diputra, Gede Ngurah; Sudiarta, I Wayan
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.89 KB)

Abstract

Secara umum peserta didik kurang menyenangi pelajaran matematika dan belum memiliki keterampilan dasar untuk memecahkan masalah matematika. Hal ini mengakibatkan prestasi belajarnya belum maksimal, salah satu solusinya adalah dengan penerapan model matematika Veda. Matematika Veda adalah sebuah sistem/model kuno dalam ilmu matematika yang menyederhanakan perkalian, pembagian, dan pemangkatan yang bersumber dari Veda. model Matematika Veda diberikan sebagai cara dalam melakukan penyederhanaan perhitungan. Matematika Veda dapat mengubah matematika yang membosankan menjadi matematika yang menyenangkan. Dengan demikian, model Matematika Veda diharapkan mampu membantu siswa dalam melakukan perhitungan dan menyelesaikan suatu masalah matematika, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
VERTICAL EQUATING SKOR TES DENGAN PENSKALAAN DIKOTOMUS PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 MARGA Purwa Antara, Anak Agung
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.892 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perkembangan kemampuan siswa pada pelajaran matematika dari kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 1 Marga tahun 2017; (2) rerata kemampuan siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri Marga pada tes akhir semester 2017; dan (3) kualitas tes prestasi belajar yang dikembangkan dalam penelitian ini. Data penelitian adalah skor siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Marga Tabanan kelas VII, VIII dan IX pada tes sumatif tahun 2017. Model penskalaan yang digunakan adalah model dikotomus pada tes bentuk pilihan ganda yang dikembangkan menggunakan analisis model rasch. Ketiga paket tes dihubungkan dengan butir-butir bersama atau butir anchor sebanyak 20%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa (?) pada pelajaran matematika mengalami peningkatan sesuai dengan meningkatnya peringkat kelas berturut-turut sebesar -0.600, 0.122, dan 0.439; (2) rerata prestasi belajar matematika siswa pada pelajaran matematika kelas VII, VIII, IX berturutturut sebesar -0.600, -1.105, -0.591; (3) kualitas ketiga tes yang dikembangkan cukup baik dengan indikator nilai rerata logit item 0.00 yang menunjukkan intrumen memang mengukur, nilai Infit MNSQ dan Outfit MNSQ mendekati 1.00 (memenuhi kriteria), nilai Infit ZSTD dan Outfit ZSTD mendekati 0.00 (memenuhi kriteria), separation berturutturut 3.86, 2.77, dan 3.03 yang berarti ketiga tes memiliki daya beda yang baik, dan nilai reliability berturut-turut 0.94, 0.88, dan 0.90 yang menunjukkan ketiga tes memiliki reliabilitas yang baik.
EFEKTIVITAS METODE INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (KAJIAN PUSTAKA) Seniwati, Ni Putu; Nayun, I Wayan
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.541 KB)

Abstract

Proses inkuiri memberi kesempatan kepada siswa untuk memiliki pengalaman belajar yang nyata dan aktif, melatih siswa memecahkan masalah sekaligus membuat keputusan. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas metode inkuiri terbimbing berbantuan LKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil kajian menunjukkan metode inkuiri melatih siswa menyelidiki dan menemukan pemecahan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat mengantarkan siswa pada kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. LKS merupakan salah satu sumber belajar yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran sebab LKS dapat mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran melalui keterlibatan aktif siswa. Metode inkuiri terbimbing berbantuan LKS sangat membantu dalam penyelidikan dalam rangka menemukan sendiri konsep-konsep yang digunakan untuk memecahkan masalah.
KEBUN SEKOLAH SEBAGAI LABORATORIUM ALAMI UNTUK PEMBELAJARAN IPA: MENGENALKAN NAMA ILMIAH TANAMAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Ekayanti, Ni Wayan; Puspawati, Dewa Ayu; Arni Sardi, Ni Wayan
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.172 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengetahuan siswa tentang nama almiah tanaman yang tumbuh di kebun sekolah. Penelitian merupakan penelitian praeksperimental dengan rancangan one grup pretes-postes design. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Perean Kangin dari bulan Oktober-Desember 2017, dengansample berjumlah 20 siswa kelas 5. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan yang dimiliki siswa dalam mengidentifikasi nama ilmiah tumbuhan yang tumbuh di kebu sekolah mengalami perubahan kearah yang positif yaitu 5% siswa yang nilai post-tes lebih kecil dari pretest, 10% siswa yang nilainya sama dan 75% siswa nilai post-tesnya meningkat. Dapat disimpulkan bahwa telah ada peningkatan pengetahuan siswa tentang nama tumbuhan yang ada di kebun sekolah (z = -2,358)*, dan kebun sekolah telah termanfaatkan sebagai laboratorium alami dalam pembelajaran IPA.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA SMP NEGERI 2 UBUD Regung, I Made
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.692 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Ubud pada kelas IXA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar seni budaya dengan penerapan model inquiri pada siswa kelas IXA SMPN 2 Ubud. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes prestasi belajar. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan model pembelajaran Inquiri prestasi belajar siswa meningkat. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata hasil siklus awal sebesar 65,5 dengan ketuntasan sebesar 42%, pada siklus I menjadi sebesar 74,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 73%, dan pada siklus II menjadi sebesar 83,0 dengan ketuntasan sebesar 100% dari KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 70
UNSUR INTRINSIK ROMAN SALAH ASUHAN KARYA ABDOEL MOEIS Nurhidayah, Nurhidayah; Karmini, Ni Nyoman; Suaka, I Nyoman
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.438 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan unsur intrinsik yang terkandung dalam roman Salah Asuhan karya Abdoel Moeis. Objek penelitian ini berupa karya sastra. Karena itu, penelitian ini merupakan penelitian sastra atau disebut juga penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi dan metode dokumentasi dengan teknik catat. Selanjutnya, data dianalisis dengan metode hermeneutika atau metode verstehen. Hasil penelitian disajikan secara deskriptif dengan teknik induktif dan deduktif.
USAHA-USAHA MENINGKATKAN KEGEMARAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KEPUSTAKAAN) Sueni, Ni Made
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.179 KB)

Abstract

Langkanya kepustakaan yang berisi informasi tentang pengajaran membaca khususnya di Sekolah Dasar, terutama yang bersifat praktis, sudah semakin dirasakan dewasa ini. Berbagai usaha untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa sekolah dasar sudah lama digalakkan oleh masyarakat maupun pemerintah. Namun sikap dan minat juga bisa dipengaruhi oleh konsep diri siswa. Pengajaran membaca tidak saja diharapkan untuk meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga meningkatkan minat dan kegemaran membaca siswa. Meningkatnya minat dan kegemaran membaca akan berpengaruh pada sikap positif siswa pada membaca. Usaha-usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan kegemaran membaca siswa adalah menyediakan waktu khususuntuk membaca dengan senang hati tanpa terpaksa. Di samping itu, juga memberikan tugas tambahan (PR) untuk membaca sebuah buku kepada para siswa, juga mewajibkan para siswa untuk membaca di perpustakaan minimal satu kali dalam seminggu.
NILAI-NILAI POLA ASUHAN ORANG TUA YANG MENDORONG DAYA KREATIVITAS ANAK Sukanta, I Ketut
Suluh Pendidikan Vol 16 No 1 (2018)
Publisher : IKIP SARASWATI TABANAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.631 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pola asuhan orang tua; dampaknya terhadap perilaku anak; karakteristik pribadi kreatif, dan nilai pola asuhan yang dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas anak. Penelitian ini berupa penelitian pustaka (library research).Data dikumpulkan dengan menggunakan metode pencatatan dokumen. Data kemudian dianalisis secara dekriptif, dengan menggunakan teknik induksi dan argumentasi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan, yaitu (1) pola asuhan orang tua dapat dikategorikan menjadi empat pola seperti pola asuhan otoriter, demokratis, permisif dan penelantar; (2) Pola asuhan orang tua dapat berdampak secara positif dan negatif terhadap perilaku anak. Dari empat pola asuhan, ternyata pola asuhan demokratis lebih determinan berpengaruh secara positif terhadap perilaku anak.(3) Bahwa karakteristik pribadi kreatif, adalah : (a) terbuka; (b) sikap fleksibel ;(c) kebebasan dalam ungkapan diri; (d) menghargai fantasi;(e) minat terhadap kegiatan kreatif;(f) kepercayaan terhadap gagasan-gagasan sendiri, dan (g) kemandirian dalam memberikan pertimbangan. (4) Nilai-nilai pola asuhan orang tua yang dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas anak adalah :(a) Menghargai pendapat anak dan mendorongnya untuk mengungkapkannya; (b) Memberi waktu kepada anak untuk berpikir, merenung dan berkhayal; (c) Membolehkan anak mengambil keputusan sendiri; (d) Mendorong kemilitan anak, untuk menjajaki dan mempertanyakan hal-hal; (e) Menghargai apa yang dilakukan dan apa yang dihasilkan oleh anak; (f) Menunjang dan mendorong kegiatan anak; (g) Menikmati keberadaan bersama anak; (h) Memberi pujian yang sungguh-sungguh pada anak; (i) mendorong kemandirian anak dalam bekerja; (j) Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan anak.