cover
Contact Name
Firman Malewa
Contact Email
firman_999@iainpalopo.ac.id
Phone
+628114121449
Journal Mail Official
admin@jurnaldidaktika.org
Editorial Address
Office: Microteaching Building 1st Floor State Islamic Institute of Palopo (IAIN Palopo), Jl. Agatis, , South Sulawesi, Indonesia, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Kependidikan
ISSN : 23021330     EISSN : 27454312     DOI : -
Core Subject : Education,
Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & Infrastructures
Articles 21 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI UPT SD NEGERI 231 RAMPOANG KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA Sunari, Sunari
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.953 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus untuk melihat kemampuan belajar tematik peserta didik kelas Kelas VI UPT SD Negeri 231 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara sebanyak 22 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik  perempuan. Hasil analisis penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 231 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara  pada Subtema Rukun Dalam Perbedaan menggunakan model kooperatif tipe Mind Mapping, baik hasil belajar peserta didik maupun tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran dari pertemuan ke pertemuan dan dari siklus 1 ke siklus II pada umumnya dapat meningkat, hal ini terlihat pada hasil belajar peserta didik  pada siklus I dengan rata-rata 66,36 dan ketuntasan belajar mencapai 63,64% atau baru ada 14 peserta didik dari 22 peserta didik sudah tuntas belajar. Sedang nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik pada siklus II adalah 84,09 dan ketuntasan belajar mencapai 90,91% atau ada 20 peserta didik dari 22 peserta didik sudah tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus kedua secara klasikal peserta didik telah tuntas belajar, karena peserta didik yang memperoleh nilai ? 70 telah tercapai sebesar 90,91% lebih besar dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85%. Serta terjadi Meningkatkan secara signifikan hasil pembelajaran dari siklus pertama kesiklus kedua yaitu dari 63,64% menjadi 90,91%, atau terjadi Meningkatkan sebesar 27,27%. Hal ini disebabkan karena peserta didik telah mengerti apa yang dimaksudkan dan digunakan guru dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VI UPT SD NEGERI 206 RAMPOANG KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA Nasroni, Nasroni
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.915 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik Kelas VI  UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, yaitu 66,36 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 63,64% sedangkan siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 84,09 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 90,91%, atau terjadi peningkatan sebesar 27,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
PENERAPAN PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI UPT SD NEGERI 054 KANANDEDE KECAMATAN LIMBONG KABUPATEN LUWU UTARA Hasrul, Hasrul
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.173 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengungkap Penerapan Pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara, dan (2) Untuk mengungkap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran, dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu masing-masing 58,33%, 75,00%, dan 87,50%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa   secara klasikal telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Jumiatih, Jumiatih
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.63 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode bercerita dalam meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan populasi penelitian sebanyak 23 orang siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Metode penarikan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus yang kedua sebesar 15%. Selain hal tersebut, fakta lain yang ditemukan adalah dengan menggunakan metode berceritadalam pembelajaran berdampak pada tumbuhnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya guru dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan metode bercerita karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIO (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM Syamsuddin, Arhamuddin
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.069 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan pendekatan scientific melalui metode Student Teams Achievement Divisio (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi secara berulang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A MTs Negeri Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar IPA dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII A MTs Negeri Palopo mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan model STAD. Sebelum diadakan tindakan pembelajaran skor rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77,43 dan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan metode STAD skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 85,97 dan siklus II sebesar 89,34. Disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan scientific dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dan rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga mereka memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA Mirnawati, Mirnawati
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.969 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dengan menggunakan media gambar. Penggunaan gambar di sini sebagai alat atau media yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada siswa. peneitian dilaksanakan pada siswa kelas rendah yaitu kelas  II  pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pesantren Datuk Sulaiman Kota Palopo. Model Penelitian tindakan Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, studi dokumen dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan masing-masing refleksi pada tiap akhir siklus. Selanjutnya, data kuantitatif di analisis dengan menggunakan analisis statistik untuk mengukur kemampuan membaca dengan media gambar berdasarkan hasil tes penelitian setiap siklus dengan menggunakan distribusi frekuensi dan persentase, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model alir yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningatkan minat baca siswa. Hasil observasi  dan dokumentasi menunjukkan peningkatan positif pada minat dan sikap membaca siswa. Selain itu, tes hasil belajar siswa  pada siklus I sebesar 29,62% atau 8 orang dari  27 siswa berada dalam kategori tuntas dan 70,37,72% atau 19 orang dari 27 siswa berada dalam kategori tidak tuntas. Hal ini berarti bahwa terdapat 19 orang dari 27 siswa yang perlu perbaikan karena belum mencapai kriteria ketuntasan individual, sedangkan pada siklus II menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 96,29%  atau 26 dari  27  siswa berada dalam kategori tuntas dan 3,70% atau 1 dari 27 siswa berada pada kategori tidak tuntas.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Primadoniati, Anna
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.849 KB)

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 2 Ulaweng menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan metode Problem based Learning (PBL) , terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas VIII SMPN 2 Ulaweng, penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya meningkatkan  hasil  belajar PAI siswa SMPN 2 Ulaweng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu quast  experimental design  bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan Pada Mei - Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Ulaweng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuasioner, dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan tekhnik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen yaitu 81,82 berada pada kategori hasil belajar sangat tinggi dan mean kelompok control yaitu 74,42 berada pada kategori hasil belajar tinggi. Selain itu hasil nilai evaluasi kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Ulaweng Kab. Bone
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING PARTNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Hajar, Andi
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.095 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam; Menghormati Orang Tua Pada peserta didik kelas VII6  SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone yang diajarkan dengan menerapkan model Learning Partner. Manfaat penelitian ini adalah untuk memotivasi peserta didik dalam belajar agar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dengan jumlah peserta didik 30 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang Perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu untuk memprediksi apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar peserta didik . Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata pada siklus I hasil belajar dari 65,7 dan pada siklus ke-II rata-rata meningkat menjadi 81,66. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Partner dapat meningkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone.
PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM Hadarna, Hadarna
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.677 KB)

Abstract

Pendidikan anak sejak dini sangat penting agar pada usia dewasa tidak melakukan tindakan yang amoral. Pendidikan anak persfektif hadis nabi yang harus diajarkan sejak dini secara garis besar mencakup tentang ilmu tauhid, akhlak dan ibadah. Pendidikan anak yang paling utama adalah pendidikan tauhid dalam keluarga, karena keluarga merupakan ladang terbaik dalam penyemaian nilai-nilai agama. Adapun bentuk-bentuk pendidikan anak menurut persfektif hadis nabi antara lain pendidikan tauhid dan aqidah yang benar kepada anak, pendidikan ibadah, pendidikan  akhlak bagi anak, mengajarkan al-quran, hadits serta doa dan dzikir yang ringan kepada anak-anak, mendidik anak dari berbagai perbuatan yang diharamkan, menanamkan cinta jihad serta keberanian, dan membiasakan anak dengan pakaian yang syar?i.
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SDIT INSANTAMA BANJAR Hikam, Fajar Farham; Karima, Salma
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.202 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi siswa terhadap bidang stadi Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan ini dilaksanakan di SDIT Insantama Banjar. Dengan ini di identifikasikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)   dinamakan sebagai variabel X sedangkan prestasi belajar PAI dinamakan sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 23 orang yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan pengolahan data, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 10.412 + 1.705 X. Hasil penelitian koefisien korelasi atau hubungan ternyata menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti, diperoleh harga koefisien dan korelasi antara metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI).  Metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 21