cover
Contact Name
Made Aristia Prayudi
Contact Email
prayudi.acc@gmail.com
Phone
+6281224067676
Journal Mail Official
rahutama.undiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana 11 Singaraja, Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26855526     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/pjmb.v2i1
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, Entrepreneurship, E-Business, Capital Market, and Public Management,
Articles 26 Documents
MENINGKATKAN MOTIVASI KONSUMEN MEMBELI PRODUK LOKAL DI KOTA JAMBI Asrini, Asrini; Musnaini, Musnaini
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v1i1.19426

Abstract

Tujuan Penelitian, menganalisis pengaruh motivasi utilitarian (cost saving, dan selection), terhadap brand attitude dan selanjutnya memoderasi dan memedisi terhadap purchase intention pada produk lokal di Jambi. Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Model penelitian mengembangkan model  Motivation-Opportunity-Ability (MOA). Antesedan motivasi utilitarian menggunakan dimensi (cost saving, dan selection). Responden penelitian adalah konsumen yang berbelanja produk batik Jambi di kota Jambi. Jumlah sampel penelitian sebanyak 110 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan di ukur menggunakan skala linkert 1-5. Alat analisis data menggunakan Path Analysis Model dengan software SPSS. Temuan empiris membuktikan motivasi utilitarian mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude pada taraf 5% dan purchase intention pada taraf 15%.  Brand attitude mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada taraf 5%. Motivasi utilitarian berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui brand attitude dan selanjutnya memperkuat purchase intention pada produk lokak (batik Jambi). Kata Kunci:motivasi utilitarian, saving, selection, brand attitude, purchase intention, batik jambi
PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN Indrawati, Lily; Suci, Made; Andiani, Nyoman Dini
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v2i1.26188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional dan CSR terhadap profitabilitas baik secara parsial maupun bersama-sama pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dan objeknya adalah kepemilikan institusional, CSR dan profitabilitas. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemilikan institusional dan CSR secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, (2) kepemilikan institusional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas, (3) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE SERTA PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BEI Dewantari, Ni Luh Surpa; Cipta, Wayan; Susila, Gede Putu Agus Jana
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v1i2.23157

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan objek dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, leverage, profitabiltas dan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) profitabilitas berpengaruh positif signfikan terhadap nilai Kata kunci: leverage, nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan.
PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SEPATU MEREK NIKE DI SINGARAJA FUTSAL Rizal, Ahmad Samsul; Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang; Yulianthini, Ni Nyoman; Putra, Komang Endrawan Sumadi
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v1i2.23152

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas pelanggan, baik secara simultan maupun secara parsial. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Metode yang digunakan adalah metode Survey. Subjek dalam penelitian ini adalah Singaraja Futsal di Kota Singaraja dan objek dalam penelitian ini adalah citra merek, harga dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna sepatu merek Nike yang berada di Singaraja Futsal dengan melibatkan 70 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) citra merekberpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan sepatu merek Nike di Singaraja Futsal.Kata kunci : citra merek, harga, loyalitas pelanggan
PENGARUH SISTEM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. ARTA SEDANA SINGARAJA Dwi Purnama, Made Wulan; Rahmawati, Putu Indah; Yulianthini, Putu
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v2i1.26212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem pengembangan sumber daya manusia di PT. Arta Sedana Singaraja (2) pengaruh sistem pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan di PT. Arta Sedana Singaraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat empat sistem pengembangan sumber daya manusia yaitu pelatihan selling skill dan training supervisory skill, promosi jabatan untuk sales menjadi supervisor sales, fasilitas handphone yang memiliki sistem sales force automation, pemberian isentif terhadap karyawan yang melampaui target; (2) sistem pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Arta Sedana Singaraja sebesar 65,8%.
PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN LABA, VARIABILITAS LABA, DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI PT. BURSA EFEK JAKARTA Yulianthini, Ni Nyoman
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v1i1.19427

Abstract

Penilaian terhadap price earning ratio dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang lebih relevan dibandingkan pendekatan present value di pasar modal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh tingkat pertumbuhan laba, variabilitas laba dan dividend payout ratio terhadap  dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian secara serempak diperoleh hasil bahwa tingkat pertumbuhan laba, variabilitas laba dan dividend payout ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap  price earning ratio pada perusahaan manufaktur di PT. Bursa Efek Jakarta dengan taraf nyata 5 persen. Koefisien determinasi sebesar 63,8 persen, yang menunjukkan bahwa 63,8 persen variasi (naik turunnya) PER ditentukan oleh tingkat pertumbuhan laba, variabilitas laba dan dividend payout ratio dan sisanya sebesar 36,2 persen dipengaruhi variabel lain. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan laba, variabilitas laba dan dividend payout ratio berpengaruh signifikan terhadap PER dengan taraf nyata 5 persen. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap PER pada perusahaan manufaktur di di PT. Bursa Efek Jakarta adalah variabilitas laba dengan kontribusi sebesar 46,4 persen.Kata kunci : Dividend Payout Ratio, Price Earning Ratio, Tingkat Pertumbuhan Laba, Variabilitas Laba
PENGARUH STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BPR SEDANA MURNI wirya, kadek sada; Andiani, Nyoman Dini; Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v2i1.26190

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) stres kerja terhadap kepuasan kerja, (3) stres kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Sedana Murni. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan PT. BPR Sedana Murni, dan objek penelitian adalah stres kerja, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 karyawan. Semua populasi ini dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah (1) pencatatan dokumen, dan (2) kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh dari (1) stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerjakaryawan, (2) stres kerja berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja, (3) stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Sedana Murni.Kata-kata kunci: stres kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan
PENGARUH MODERASI SELF EFFICACY PADA HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Srianggareni, Ni Made; Heryanda, Komang Krisna; Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v2i1.26183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, (2) Pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha pada kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, dan (3) Pengaruh self-efficacy sebagai variabel moderasi pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang lulus dalam seleksi Program Mahasiswa Wirausaha pada tahun 2019 yang berjumlah 39 tim, sedangkan objek yang digunakan adalah pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy, dan minat berwirausaha. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi dengan variabel moderasi. Hasil penelitian (1) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (3) self-efficacy sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.Kata Kunci: minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy
PENGARUH KOMPENSASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INDO BALI NEGARA Purnawati, Eka Bayu; Heryanda, Komang Krisna; Rahmawati, Putu Indah
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v1i2.23153

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sebagai berikut, (1) kompensasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja, (2) kompensasi terhadap kinerja, (3) pengalaman kerja terhadap kinerja. populasi yang dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada PT Indo Bali Negara yang berjumlah 39 orang karyawan. Berdasarkan karakteristik masalah yang diteliti maka penelitian ini menggunakan desain penelitian kuntitatif kausal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja, kompensasi berpengaruh terhadap pengalaman kerja, kompensasi berpengaruh terhadap kinerja, dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja. Kata kunci: kinerja, kompensasi, pengalaman kerja
PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Irmayanti, Putu Agnes; Widiastini, Made Ary; Suarmanayasa, I Nengah
Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/pjmb.v2i1.26274

Abstract

 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) kompetensi terhadap kinerja karyawan (2) budaya kerja terhadap kinerja karyawan (3) kompetensi dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah karyawan Divisi Umum dan SDM Rumah Sakit Umum Karya Dharma Husada Bros Singaraja dan objek penelitian ini adalah kompetensi, budaya kerja, dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (2) budaya kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan  (3) kompetensi dan budaya kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Kata kunci: kompetensi, budaya kerja, kinerja karyawan                                                                        Abstract The purpose of this research is to test the impact of (1) competence on employee performance, (2) work culture on employee performance, (3) competence and work culture on employee performance. The research design used is causal quantitative research. The subject of this study is all employees of the divisi umum dan SDM Rumah Sakit Umum Karya Dharma Husada Bros Singaraja the object of this study is competence, work culture and employee performance. The population of this studi is 50. Data collected by questionnaires, interviews, and observation. The data analysis used is multiple linier regression analysis. The results of this study indicate that (1) the competence has a positive and significant impact on the performance employee  (2) work culture has a positive and significant impact on the performance employee (3) the competence and work culture has a positive significant on the performance employee  Keyword:  employee performance, competence, work culture.   

Page 1 of 3 | Total Record : 26