cover
Contact Name
Muammar Qadafi
Contact Email
islamicedukids@uinmataram.ac.id
Phone
+6281904050445
Journal Mail Official
islamicedukids@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Jl. Gajah Mada No. 100, Kel. Jempong Baru, Kec.Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 27162516     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic EduKids adalah jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Mataram dan terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN MELALUI TOILET TRAINING (STUDI KASUS DI KB GRIYA NANDA YOGYAKARTA) Zahroh, Shofiyatuz; Suyadi, Suyadi
Islamic EduKids Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.067 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i2.1631

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui keberhasilan membangun kemandirian anak melalui toilet training di Griya Nanda, (2) menganalisis cara-cara penanaman kemandirian melalui toilet training di Griya Nanda. Peneliti meggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data sederhana digunakan dalam penelitian ini, yaitu semua data di reduksi, diferivikasi kemudian ditarik sebuah simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Griya Nanda berhasil menerapkan toilet training untuk menumbuhkan kemandirian anak usia dini. Metode yang digunakan adalah pembiasaan dan modelling atau keteladanan yang diberikan oleh guru kepada anak. Melalui metode ini, anak-anak di Griya Nanda dapat dikatakan mandiri, yaitu 90% dari anak didik Griya Nanda usia 2-4 tahun telah lulus toilet training dengan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan sangat cocok dengan kondisi anak usia dini yang memiliki sifat suka mengamati dan meniru dari apa yang telah dilihatnya.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU NURUD DHOLAM Hasanah, Faizzatul
Islamic EduKids Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.244 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i2.1632

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang dimiliki oleh individu dalam kaitannya dengan nilai dan perilaku. Seseorang dibekali dengan dengan kecerdasan spiritual diharapkan dalam mengambil perilaku juga memperhatikan nilainya. Mengingat kecerdasan spiritual ini penting untuk anak usia dini, maka guru di RA Muslimat NU Nurud Dholam juga ikut menstimulus kecerdasan spiritual anak dalam berbagai upaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru kelas dan wali murid RA Muslimat NU Nurud Dholam, dan dokumen RPPH. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi-terstruktur yang dicatat dalam bentuk dokumentasi berupa kegiatan pembelajaran yang dilakukan RA Muslimat NU Nurud Dholam. Upaya yang dilakukan guru di RA Muslimat NU Nurud Dholam berupa penanaman pembiasaan-pembiasaan sesuai nilai-nilai ajaran agam Islam (didasarkan pada al-Qur?an dan hadits), seperti bacaan hadits dan penerapannya, doa-doa harian, surah-surah pendek, adab, praktek ibada (wudhu?, adzan dan iqomah, serta sholat) dengan penyampaian secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan dan tahap perkembangan anak.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK USIA DINI DI RA NURIS SUFYAN LIRIDLALLAH Abdurrosyid, Abdurrosyid
Islamic EduKids Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.664 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i2.1654

Abstract

Pembelajaran yang diselenggarakan di setiap lembaga memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca Al-qur?an pada anak usia dini melalui penerapan metode iqro? dan kartu huruf. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur?an anak usia dini melalui penerapan metode iqro? dan kartu huruf. Permasalahan yang ditemui di RA Nuris Sufyan Liridlallah. Wahyudi adalah anak belum mengenal huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah dan melafazkan huruf hijaiyah dengan benar. Oleh karena itu artikel ini bertujuan mendeskripsikan metode iqro? dengan kartu huruf yang dapat menarik minat anak. Dengan demikian peneliti mengharapkan anak semakin bertambah pemahamannya dalam bidang membaca Alquran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mana subjek penelitian adalah anak kelas B di RA Nuris Sufyan Liridlallah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan melalui permainan kartu huruf, dimana dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur?an pada anak-anak di RA Nuris Sufyan Liridlallah Kelompok B.
MANAJEMEN KURIKULUM PAUD DI LINGKUNGAN PESANTREN (ANALISIS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH INDRALAYA SUMATERA SELATAN) Muharrahman, Muharrahman
Islamic EduKids Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.637 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i2.1656

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi manajemen kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. (2) sejauhmana keterlibatan yayasan, guru, orang tua dan masyarakat sekitar dalam mendisain dan merencanakan kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. (3) problematika apa saja yang dihadapi dalam manajemen kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum PAUD di Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya meliputi: (1) Perencanaan, terdiri dari: Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). (2) Pelaksanaan. a) Kegiatan keagamaan, meliputi: Menghafal doa seharihari dan surat-surat pendek, Shalat dhuha, Menonton film kartun religi, Manasik haji, dan Bahasa Arab dasar. b) Pengetahuan umum dan seni, meliputi: Pengenalan rambu-rambu lalu lintas, Membuat alat komunikasi (telepon), dan menari. (3) Pengawasan. a) Pengawasan yayasan ke sekolah, meliputi: Observasi sekolah, Pertemuan kelompok, dan Pembicaraan individual. b) Pengawasan kepala sekolah ke para guru, meliputi: Praktek (demonstrasi) mengajar, Observasi kelas, Pembicaraan individual, dan Pertemuan kelompok. (4) Evaluasi. Dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran dengan model evaluasi CIPP, yang meliputi: context, input (anak, pendidik, dan sarana prasarana), process, dan product. Disain dan perencanaan kurikulum melibatkan beberapa pihak, yaitu: Yayasan, Guru, orang dan masyarakat sekitar. Problematika dalam manajemen kurikulum PAUD di lingkungan pesantren Al Ittifaqiah Indralaya yaitu: a) Kompetensi pendidik. b) Sarana dan prasarana (Alat Permainan Edukatif dan ruang atau gedung penunjang). 
PENGEMBANGAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ADIRASA JUMIANG Aini, Qurrarul
Islamic EduKids Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.875 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i2.1699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan karakter sopan santun pada anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Adirasa Jumiang Muballighin II. Data yang dikumpukan berupa karakter sopan santun anak dan proses penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan karakter sopan santun anak dari Siklus I sampai dengan Siklus III. Rata-rata persentase pencapaian kemampuan karakter sopan santun anak meningkat berturut-turut dari prasiklus, sikus I dan siklus III. Berturut-turut 45% pada kondisi prasiklus meningkat menjadi 70% pada siklus I, 22,62% di siklus II. Sedangkan jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 75% juga terus anak yang prasentase pencapaiannya yang berkatagori mulai berkembang. Dan pada siklus III, anak sudah banyak mengalami peningkatan salah satunya bisa mwewarnai sesuai dengan kreasinya sendirai dan sudah bisa tidak melebihi garis ketika mewarnai.
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DI TK AL-MUHSIN Fitriyah, Fitriyah
Islamic EduKids Vol 1 No 1 (2019): Juni
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.306 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i1.1809

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki nilai agama moral yang baik dan pembelajaran nilai agama moral yang dilakukan oleh guru sudah bersifat aplikatif terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan nilai agama moral pada anak usia dini usia 4-5 tahun melalui metode keteladanan di TK Al-Muhsin Tagangser Daya, Pasean, Pamekasan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan nilai agama moral pada anak usia dini melalui metode keteladanan di TK Al-Muhsin meliputi hafalan surat pendek dan doa-doa harian, praktek sholat dhuha yang dilakukan oleh guru dengan mengajak serta murid-muridnya, sopan santun dalam berkata dan bersikap kepada orang yang lebih tua,. meminta maaf ketika berbuat salah, mengucapkan ?tolong? dalam meminta bantuan, mengucapkan salam dan berjabat tangan bila bertemu.
STUDI OBSERVASI ASESMEN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS DI TK JOGJA GREEN SCHOOL) Wahyuningsih, Riris
Islamic EduKids Vol 1 No 1 (2019): Juni
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.902 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i1.1810

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Jogja Green School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistic. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberap indikator yang digunakan dalam asesmen perkembangan bahasa anak di TK Jogja Green School Yogyakarta, yaitu menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, melakukan 2-3 perintah sederhana, dapat menyebutkan identitas diri, menulis huruf-huruf yang dikenalkan, bercerita dengan panggung bangku, menceritakan kembali sebuah cerita dengan jalinan yang benar, mendengarkan syair dan mampu mengulang kembali, dan menceritakan isi gambar seri.
UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI PAUD AL-AMIEN GUNUNG ELEH KEDUNGDUNG SAMPANG Hasanah, Umrotul
Islamic EduKids Vol 1 No 1 (2019): Juni
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.027 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i1.1811

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membangun karakter anak usia dini di PAUD Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Target penelitian ini adalah terbentuknya karakter anak usia dini melalui keteladanan dan pembiasaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan informasi penelitian ini dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa membangun karakter anak disekolah harus dengan pembiasaan, keteladanan guru dan semua pihak sekolah maupun orang tua di rumah. Pembiasaan dan keteladanan yang diterapkan sebagai berikut: 1) mengajarkan perbuatan jujur, 2) mengajarkan anak tentang sikap tanggung jawab, 3) mengajarkan anak tentang perbuatan disiplin, 4) bekerja sama dengan temannya.
PEMEROLEHAN BAHASA AUD AUTIS PADA SEKOLAH EKSKLUSIF YANG INKLUSIF (STUDI DESKRIPTIF DI TALENTA KIDS SALATIGA) Bariyyah, Khoirul
Islamic EduKids Vol 1 No 1 (2019): Juni
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.211 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i1.1813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dini berkebutuhan khusus dan difokuskan pada anak usia dini penyandang autis. Subjek kajian dalam penelitian ini adalah anak usia dini penyandang autis di Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data kualitataif melalui empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk menguji validitas data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa di Sekolah Autis Talenta Kids dilakukan melalui lima tahapan. Tahapan tersebut antara lain: 1) identifikasi kelainan pada anak autis, 2) terapi wicara yang dilakukan oleh para profesional bekerjasama dengan guru dan orang tua, 3) terapi message, 4) interaksi dengan teman sebaya, 5) interaksi dengan lingkungan sekitar sekolah.
ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TK KHADIJAH AL-MUAYYADA SAMPANG) Hasanah, Faizzatul; Uyun, Qurrotul
Islamic EduKids Vol 1 No 1 (2019): Juni
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.123 KB) | DOI: 10.20414/iek.v1i1.1814

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui materi kegiatan dalammengembangkan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik asesmen (penilaian), dan hasil/dampak adanya asesmen perkembangan kognitif di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi kegiatan dalam mengembangkan kognitif anak berupa konsep bilangan, mengenal, mengelompokkan, menghubungkan dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran, warna, bentuk, fungsi, dan ciri-ciri lainnya. Teknik penilaian yang digunakan yaitu observasi, checklist, dan hasil karya. Asesmen meiliki dampak positif dalam pencapaian perkembangan kognitif, baik untuk guru, anak didik, maupun orang tua.

Page 1 of 2 | Total Record : 15