cover
Contact Name
Artono Raharjo
Contact Email
artonor@unisma.ac.id
Phone
+6281333205616
Journal Mail Official
jtm@unisma.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang Jl. MT. Haryono 193 Malang 65144 Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JTM
ISSN : -     EISSN : 23376546     DOI : -
Jurnal ini untuk mewadahi dan menjembatani civitas akademi, profesional dan pemerhati dalam bidang mechanical engineering, khususnya bidang tekhnologi manufaktur dan konversi energi dalam menuangkan hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan.
Articles 136 Documents
PENGARUH SIFAT MEKANIS BAHAN AISI 1045 YANG MENGALAMI PROSES DOUBLE HARDENING DAN CARBURIZING Suhatta, Jefri; Priyagung, Priyagung; Marlina, Ena
Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 01 (2015): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.24 KB)

Abstract

The role of steel in the world of today's automotive industry is very important, especially in the manufacture of automotive components such as gears. Surely it is necessary to materials engineering to improve the mechanical properties of the steel in order to obtain good quality. In engineering steel material commonly used is the heat treatment process, one of them with a carburizing process where in this process aims to add carbon to the outer skin steel.in research aimed at finding a material that resists wear and has the tenacity and hardness levels are good, then from that in this study in addition to carburizing process is also followed by a double hardening process. In this study carburizing process was conducted using the pack carburizing with charcoal were added barium carbonate as a catalyst, the temperature used is 9500 C and a holding time of 60 minutes, and followed with a double hardening process with temperature 9000 C and 7500 C with a holding time 20 minutes. After that, in the test with Vickers hardness test and impackcharpy test. The results of this study showed more upgrade hardness after carburizing process but toughness decreased. And after the double hardening hardness decreases but i toughness ncreased. Before treatment the average hardness value of steel and toughness 209.03 HVN and 0.8425 joules / mm2. The results of carburizing process average hardness value and toughness 417.13 HVN and 0.3975 joules / mm2. Results of a double process of hardening value the average hardness and toughness 308.5 HVN and 1.0974 joules / mm2. The results of the process of hardening II double the average value of hardness and toughness 243.63 HVN and 0.5728 joules / mm2.
PERANCANGAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL HEMAT ENERGI "HAIZUM" firmansyah, bayu azis
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.742 KB)

Abstract

ABSTRAK            Mobil yang merupakan transportasi di era globalisasi terdiri dari berbagai macam sistem dan komponen yang membantu mempermudah pengoperasiannya, salah satu sistem yang terdapat pada mobil yaitu sistem kemudi, pada tiap kendaraan memiliki sistem kemudi yang beragam oleh karena itu pada perancangan kali ini akan merancang kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi ?HAIZUM?? dengan spesifikasi mobil yang memiliki jarak antar sumbu roda depan dan belakang dengan panjang 130 cm, berat keseluruhan mobil 164 kg, panjang sumbu roda depan 100 cm, dan tinggi dari tanah 10 cm, mobil KMHE ?HAIZUM?? menggunakan mesin motor honda grand 100 cc dan sistem transmisi menggunakan sprocket chain. Dari hasil perancangan sistem kemudi dengan perhitungan distribusi beban yang dialami rangka sebesar 164 kg yang dibagi 4 roda menghasilkan beban merata pada rack sebesar 0,08 kg/mm dan juga defleksi yang dialami pegas akibat pembebanan sebesar 1,4 cm. Pada hasil perencanaan poros gandar dengan panjang poros 15 cm , beban roda 706 N dan menggunakan bahan baja ST 60 menghasilkan perencanaan diameter 11,87 mm maka di dapatkan spesifikasi bantalan roda dengan No.6001 yang miliki keandalan umur bantalan 29.404 jam. Hasil perancangan perhitungan beban steering wheel dengan sudut kemiringan batang kemudi 54° panjang batang kemudi 52 cm menghasilkan beban sebesar 2,39 N. Hasil yang dihitung dari perhitungan diatas mendapatkan sudut belok sebesar 23,41° dan pergeseran roda sebesar 14,82 mm. Berdasarkan regulasi teknik KMHE radius belok yang ditentukan adalah 6 m sedangkan pada mobil KMHE ?HAIZUM? dengan sudut putar minimal sebesar 13,29° menghasilkan radius belok maksimal 5,190 m dan sudut putar maksimum 47,73° menghasilkan radius belok minimal 1,280 m.
ANALISIS PENGARUH HASIL PENGELASAN BIMETAL BAJA S45C DAN STAINLESS STEELS 304 TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO Mustafid, Sholikul; Hartono, Priagung; Robbi, Nur
Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 02 (2016): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.757 KB)

Abstract

Kebutuhan sambungan las saat ini sangatlah dibutuhkan terutama pada jaman yang sudah modern sekarang ini kemajuan teknologi semakin berkembang pesat maka banyak cara-cara pengelasan yang telah di lakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan maka dari itu dalam penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh yang di timbulkan dalam pengelasan dua logam yang berbeda (bimetal) yaitu antara baja s45c dan stainless steels 304 dengan menggunakan proses pengelasan SMAW atau las busur listrik karena jenis las ini adalah jenis las yang paling umum diggunakan dan yang paling mudah dikarenakan peralatan yang relatif murah dari proses pengelasan lainya pengelasan menggunakan elektroda E309-16 dengan kuat arus 90 Ampere dengan posisi pengelasan bawah tangan dengan menggunakan variasi tiga kampuh yaitu kampuh v tunggal, kampuh v ganda dan kampuh tirus tunggal. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen, penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktorfaktor lain yang mengganggu. Suatu metode penelitian eksperimen didesain di mana variabelvariabel dapat dipilih dan variabel lain yang dapat mempengaruhi proses eksperimen itu dapat dikontrol secara teliti. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai teknik analisis data. Metode penelitian deskriptif adalah metode penelitiaan yang tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kekuatan tarik dan struktur mikro setelah dilakukan pengelasan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kekuatan tarik tertinggi yaitu dengan menggunakan kampuh v ganda kemudian kemudian kampuh tirus tunggal dan kampuh v tunggal dengan besaran nilai rata-rata sebagai berikut pada kampuh v ganda memiliki kekuatan tarik sebesar 3256,771667 (kgf), sedangkan pada kampuh kampuh tirus tunggal menghasilkan kekuatan tarik yang lebih baik dibandingkan dengan kampuh v tunggal yaitu sebesar 3046,252333 (kgf) dan 2839,245 (kgf) untuk kampuh v tunggal. Untuk hasil struktur mikro pada pengelasan bimetal dengan menggunakan variasi tiga kampuh menunjukkan ada bebrapa unsur yaitu ferrite, pearlite dan martensit untuk daerah haz baja s45c lebih domina pearlite dan untuk daerah haz stainless steels 304 lebih dominan adalah warna ferrite
PERANCANGAN ALAT PEMBERSIH INJEKTOR YANG DAPAT BEKERJA MENCAMPUR FLUIDA PEMBERSIH HAMMAM, ABDULLOH AL
Jurnal Teknik Mesin Vol 14, No 01 (2020): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia, perkembangan teknologi, khususnya sepeda motor, telah mengalami kemajuan yang cukup pesat setiap tahunnya, bahkan dari kelas menengah ke bawah sudah memiliki sepeda motor. Setiap jenis bahan bakar memiliki angka oktan yang berbeda. Angka oktan adalah angka yang menunjukkan berapa banyak tekanan maksimum yang dapat diterapkan pada mesin sebelum bensin menyala secara spontan. Dalam penelitian ini, perencanaan alat pembersih injektor akan dilakukan dengan menggunakan campuran Pertamax dan thinner sebagai cairan untuk membersihkan kerak dalam mesin karena proses pembakaran pada motor injeksi (FI / EFI).Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif yaitu pengamatan untuk menemukan data penelitian yang bertujuan untuk membuat gambaran yang sistematis. Faktual dan akurat mengenai pembersih injektor. Kemudian ambil data tekanan injektor yang diperlukan setelah mengetahui tekanan injektor dilanjutkan untuk merancang alat pembersih injektor, kemudian menghitung komponen alat pembersih injektor dan menganalisis pencampuran Pertamax dan pengencer sebagai cairan pembersih.Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan. Bahan bakar yang keluar dari injector disimpulkan karena hipotesis 1 diterima dan hipotesis 2 ditolak, yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara administrasi rasio tiner yang memiliki telah diberikan. Sedangkan tekanan yang terjadi ada pengaruh yang signifikan dengan hipotesis 0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan ada perbedaan antara tes pertama dan tes kedua.
ANALISA PENGARUH PERBANDINGAN ELEKTRODA RB. 3.2 MM DAN RB. 4.0 MM TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN PADA BAJA AISI 4340 Nur, Afian; Wahab, Abdul; Lesmanah, Unung
Jurnal Teknik Mesin Vol 3, No 02 (2014): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.755 KB)

Abstract

Baja merupakan paduan besi berbagai macam elemen dengan komposisi karbon yang mempunyai pengaruh sangat kuat terhadap sifat-sifatnya, sehingga paduan yang banyak digunakan sangat luas, maka bebagai industri berusaha secara terus-menerus berubah atau memperbaiki sifat mekanik dari besi tersebut. Luasnya penggunaan baja karbon menyebabkan banyak perusahaan berusaha memperbaiki sifat mekanik dari baja ini. Dalam memperbaiki sifat mekanik sering ditemui retak-retak pada las yang sangat mempengaruhi pada kekuatan tarik bahan baja tersebut. perumusan masalah dalam hal ini adalah untuk mengetahui bagaimana sifat mekanik baja AISI 4340 terhadap kekuatan tarik dan kekerasan dengan menggunakan eletroda RB 3,2 mm dan RB 4 mm. Hasil penelitian uji tarik dengan elektroda RB 3.2 mm adalah 813,9155(MPa) dan elektroda RB 4.0 mm adalah 875,10755(MPa), jadi dapat disimpulkan penggunaan pada pengelasan terhadap nilai kekuatan tarik(MPa) menggunakan elektroda RB 4 mm lebih besar nilai kekuatan tarik dengan penggunaan elektroda RB 3,2 mm. Pengujian kekerasan(HVN) terhadap baja AISI 4340 dengan menggunakan elektroda RB 3,2 mm adalah 365,4(HVN) dan elektroda RB 4 mm adalah 444,8(HVN), jadi dapat disimpulkan penggunaan pada pengelasan terhadap nilai kekerasan(HVN) pada baja AISI 4340 lebih besar nilai kekerasan dengan penggunaan elektroda RB 4 mm.
PERENCANAAN MESIN PERAJANG SINGKONG KENTANG DAN PISANG DENGAN MENGGUNAKAN EMPAT PISAU Solihin, Moh; Lesmanah, Unung; Margianto, Margianto
Jurnal Teknik Mesin Vol 11, No 01 (2018): Jurnal Teknk Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keripik biasanya terbuat dari singkong, pisang, kentang yang diiris sangat tipis dan digoreng menggunakan minyak. Material atau bahan baku dicuci secara bersih, kemudian dipotong setipis mungkin. Hasil irisan kemudian dumasukkan kedalam larutan sodium klorida atau sodium bisulfit selama 5 sampai 10 menit, kemudian ditiriskan, dicuci dengan air dan dikeringkan kembali. Tahapan penting dalam proses produksi kripik singkong adalah perajangan singkong menjadi potongan tipis, sebelum penggorengan (Lutfi, dkk, 2010).Konsep perancangan mesin perajang singkong ini mengacu pada konsep perancangan Darmawan yaitu dengan beberapa tahapan, antara lain kebutuhan, definisi proyek, proyek dan penyusunan spesifikasi teknis produk, perencanaan konsep produk, perancangan produk, hingga dokumen untuk pembuatan produk. Proses selanjutnya yaitu menganalisis kebutuhan, memperhatikan pe rtimbangan perencanaan, dan memperhatikan pula tuntutan perencanaan.Hasil dari perancangan mesin perajang singkong yang dilakukan yaitu didapatkan hasil: (1) Rancangan dari mesin perajang singkong yang efisien; (2) Sistem transmisi mesin perajang singkong ini mengubah putaran motor listrik dari 1400 rpm menjadi 900 rpm, dengan komponen berupa 2 pulley dihubungkan oleh v-belt A-37. Poros yang digunakan berdiameter 23 mm dengan bahan ST 50; (3) Desain mesin perajang singkong ini membutuhkan daya dari motor listrik sebesar 1/2 HP; (4) uji kinerja dari mesin perajang singkong mampu menghasilkan rajangan siingkong 66,774 kg/jam;Kata kunci : perancangan, mesin perajang singkong kentang dan pisang, Putran motor listrik
PENGARUH PENAMBAHAN KARBON NANO TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN DROPLET MINYAK KELAPA SEBAGAI BAHAN BAKAR BIODESEL Hariyadi, Febri
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minyak kelapa (crude coconut oil) salah satu minyak nabati yang memiliki potensi sebagai bahan bakar alternatif, karena memiliki titik nyala yang  rendah dibandingkan solar sehingga pada saat pembakaran biodesel dari minyak kelapa ini akan cepat terbakar. Penelitian ini mencampurkan karbon nano kedalam minyak kelapa dan diuji dengan metode pembakaran droplet, variasi campuran yang diuji antara lain CCO murni, CCO 1 PPM, dan CCO 5 PPM. Penelitian ini mengetahui bahwa karbon nano yang dicampurkan pada minyak kelapa meningkatan temperatur, meningkatkan nilai burning rate, dan memperbesar bentuk api karena sifat semi konduktor dari karbon nano dapat memperbaiki atau menambah nilai setana dari minyak kelapa sehingga saat pembakaran akan memicu minyak bahan bakar lebih cepat habis terbakar dan menghasilkan daya ledak yang besar. Kata kunci: biodesel, CCO, pembakaran droplet, karbon nano, karakteristik pembakaran.
UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA BERDASARKAN HASIL ANALISIS METODE SERVQUAL DAN REGRESI LINIER BERGANDA (STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DI MALANG) Sujatmiko, Sujatmiko
Jurnal Teknik Mesin Vol 2, No 02 (2013): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.692 KB)

Abstract

Tercatat lebih kurang 27 Perguruan Tinggi di Kota malang ini merupakan situasi persaingan yang semakin ketat dari waktu ke waktu, menyebabkan banyak perguruan tinggi swasta sulit untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang masuk [1]. Pada Jurusan Teknik Mesin Perguruan Tinggi Universtas yang terdapat di Malang belum diidentifikasi kualitas pelayanan dan strategi yang menunjang terhadap tingkat kepuasan dari mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kualitas dari Mahasiswa. Pada penelitian ini dilakukan penggabungan metode Servqual dan Regresi linier berganda untuk menganalisis hasil kuesioner. Pengolahan ini menghasilkan nilai Gap dan analisis regresi linier maka dapat dihitung Servqual terbobotnya sehingga diketahui kriteria-kriteria yang akan diprioritaskan untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya. Sehingga didapat kesimpulan dan rekomendasi upaya perbaikan peningkatan kualitas pelayanan dari kriteria-kriteria yang diprioritaskan untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya.Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda hanya dimensi tangible yang berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan kepuasan secara keseluruhan. Untuk perbaikan kondisi fisiknya dilakukan prioritas perbaikan sebagai berikut perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam media informasi (internet), perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam perkuliahan, penambahan Sarana informasi penunjang, perbaikan Kondisi tempat duduk dan meja kelas nyaman, kebersihan ruang kelas, perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam perpustakaan, perbaikan Sirkulasi udara ruang kelas nyaman, suhu ruang kelas nyaman, pencahayaan ruang kelas nyaman
PERANCANGAN MESIN PENGUPAS DAN PEMOTONG BAWANG MERAH Al hidayat, Mohammad Habib
Jurnal Teknik Mesin Vol 13, No 01 (2019): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.507 KB)

Abstract

 This onion peeler and cutter machine is one of the aims to support the increase in the production of stripping and slicing onions, the onion peeler and cutter machine are efficient and effective in peeling and cutting shallots which are ready to be fried or cooked as needed. the onion peeler and cutter machine uses electric motor power and the price is relatively cheap, so it can be done in villages especially in home industries.the purpose and objective of this research is to study the design of the onion peeler and slice so that it is hoped that the onion extractor and cutter can be produced by not requiring long time to peel and cut the shallots. a driving force of 0.5 HP is needed to produce the results of peeling and cutting onion as needed.geometry considerations include machines having diameters ranging from 600 MM, and height 1,100 MM. frame construction uses the L profile to facilitate the arrangement and construction. the transmission shaft uses S30C carbon steel with a strong tensile strength of 48 kg / mm2 to be used as a transmission shaft, besides that the S30C carbon steel is relatively cheap compared to other carbon steels. knife for peeler and cutter onion using mild steel with tensile strength 37 kg / mm2, so the sharpness of the knife is maintained.
ANALISA PENGARUH PEMASANGAN POMPA CENTRIFUGAL SECARA TUNGGAL,SERI DAN PARALEL TERHADAP HEAD (KETINGGIAN) Sujatmiko, Sujatmiko
Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Teknik Mesin
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.967 KB)

Abstract

Pompa Centrifugal salahsatu jenis pompa yang sering digunakan untuk memindahkan fluida secara aliran paksa, dengan kecepatan tinggi oleh putaran Impeler. Penelitian ini untuk mengetahui besar tekanan yang dihasilkan oleh ketiga pemasangan pompa secara tunggal, seri dan paralel. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam Malang, pengujian ini dilakukan dengan mengubah kedudukan Valve pada Instalasi perpipaan. Hasil yang didapat menunjukkan dari pompa tunggal bahwa semakin besar variasi bukaan Valve maka akan semakin besar pula Head yang dihasilkan dimana bukaan Valve 900 dan head 17,21 m. Untuk pompa seri bukaan Valve 900 dan Head 70,18 m. Untuk Pompa Paralel bukaan Valve 900 dan Headnya menurun 46,4 m.

Page 1 of 14 | Total Record : 136