cover
Contact Name
Ahmad Rosidi
Contact Email
a.rossydi@gmail.com
Phone
+6287840262676
Journal Mail Official
airmanjournal.poltekbangmks@gmail.com
Editorial Address
Jalan Salodong No. 1 Kel. Untia Kec. Biringkanaya Politeknik Penerbangan Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
ISSN : 26220105     EISSN : 27161196     DOI : https://doi.org/10.46509/ajtkt
AIRMAN, journal of technic and safety transportation is an International Journal that is published twice a year in the months of July and December. The aim of this journal is to promote a principled approach to research on aircraft technology, airport operational and management, transportation technology, infrastructure and facilities, information and communication technology, safety and security of transportation, human resources development, and innovative teaching and learning.
Articles 20 Documents
RANCANGAN ALAT KHUSUS PELEPAS FRONT ACCESSORY SUPPORT ENGINE JT8D-15 DI PROGRAM STUDI TEKNIK PESAWAT UDARA SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA Gede Suarna Apkara, Dewa Ngakan; Esti riyanti, Lilis
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.22

Abstract

Engine JT8D-15 merupakan gas turbine engine dengan tipe turbofan. sebagai media praktik taruna dalam melakukan pengecekan dan perawatan. Dikarenakan tidak adanya alat pelepas front accessory support untuk engine JT8D-15 di Hangar 01 Program Studi Teknik Pesawat Udara maka penulis membuat alat pelepas front accessory support untuk engine JT8D-15. Gambaran umum untuk melepas front accessory support pada engine JT8D-15 dengan metode penarikan memanfaatkan beban yang diaplikasikan oleh palu luncur. Pertama adalah memastikan bahwa rancangan alat mampu digunakan dalam pelepasan front accessory support engine JT8D-15, dilanjutkan dengan pemilihan material yang sesuai dalam perancangan. Tahapan ketiga dilakukan pemilihan ulir silinder dan poros palu luncur. Sehingga didapat dimensi rancangan yang diinginkan. Dan yang terakhir, memastikan bahwa sambungan las dapat menahan tegangan gunting yang terjadi pada rancangan alat khusus. Hasil rancangan ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan praktik taruna pada praktik gasturbine engine saat pelepasan front accessory support engine JT8D-15. Dari hasil perancangan didapat rancangan yang kuat dan dapat melepas front accessory support engine JT8D-15.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM) DI ATKP MAKASSAR Nur, Mulyadi; Sabur, Fatmawati
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1433.478 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.21

Abstract

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) adalah sebuah unit kegiatan yang berfungsi mengelola semua kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dalam kaitan dengan peningkatan kualitas dosen tersebut. Pada saat ini data-data penelitian maupun pengabdian masih dikelola secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft excel maupun word. Hal ini mengakibatkan membutuhkan waktu yang tidak sebentar pada saat melakukan manipulasi terhadap data untuk menyusun laporan. Disamping itu dengan model pencatatan seperti ini juga dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan-kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Tujuan penelitian ini adalah Membangun sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dapat dimanfaatkan untuk memperlancar kinerja Pusat PPM dalam mengorganisir hasil kegiatan PPM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu serangkaian kegiatan atau proses untuk mengungkapkan proses-proses informasi secara mendalam yang digunakan sebagai dasar dalam perancangan sistem informasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (a) sistem informasi ini dapat dijadikan sistem yang memonitoring kegiatan penelitian dan pengabdian serta serapan dana penelitian. (b) dapat mengolah data penelitian dengan lebih efisien dan bisa diakses dimana dan kapan saja karena dirancang dengan menggunakan framework yang responsive
OPTIMALISASI PERAWATAN FRESH WATER GENERATOR GUNA MEMPERTAHANKAN PRODUKSI AIR TAWAR DI KAPAL PGN FSRU LAMPUNG S Wulandari , Rr.Retno; Prayogo, Darul; Suhartini; Fauzi, M. Fariz
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.382 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.19

Abstract

FWG (Fresh water generator) dapat menghasilkan air tawar yang dapat digunakan untuk minum, memasak, mencuci dan bahkan menjalankan mesin penting lainnya yang menggunakan air tawar sebagai media pendingin. Pada FWG Air tawar umumnya dihasilkan menggunakan metode evaporasi.Jadi air tawar tersebut dihasilkan oleh penguapan air laut dengan menggunakan panas dari salah satu sumber panas. Jadi dalam rangka untuk menghasilkan air bersih di 70 derajat kita perlu mengurangi tekanan atmosfer, yang dilakukan dengan menciptakan vakum di dalam ruang di mana penguapan berlangsung. Juga, sebagai akibat dari vakum pendinginan dari air laut menguap pada suhu yang lebih rendah, Air akan didinginkan dan dikumpulkan kemudian dipindahkan ke tangki. Pada saat ini kebanyakan Kapal menggunakan metode,reverse osmosis yaitu salah satu metode yang digunakan di deck untuk menghasilkan air tawar. Umumnya ini digunakan pada kapal penumpang dimana ada kebutuhan besar untuk memproduksi air segar.
PERANCANGAN SISTEM NAVIGASI TERESTRIAL UNTUK PESAWAT UDARA WING IN SURFACE EFFECT 8 PENUMPANG (WISE-8) Prabowo, Achmad Setiyo
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (835.263 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.20

Abstract

Pesawat udara Wing in Surface Effect (WiSE) adalah pesawat udara yang melakukan terbang cruise hanya beberapa meter di atas permukaan air laut, dengan memanfaatkan surface effect. WiSE-8 ini merupakan suatu sarana transportasi yang nantinya akan dioperasikan di perairan laut pada beberapa daerah di Indonesia. Mengacu pada aturan sistem transportasi udara yang diterbitkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan aturan sistem transportasi laut dari International Maritime Organization (IMO), maka peralatan penunjang yang wajib tersedia adalah radio komunikasi dan peralatan navigasi pada rentang frekuensi yang telah ditentukan. Salah satu sistem navigasi yang akan digunakan WiSE adalah sistem navigasi berbasis satelit yaitu sistem Global Positioning System (GPS). Saat ini sistem GPS masih bisa dipakai secara bebas hanya diperlukan sebuah alat penerima (receiver) GPS. Apabila suatu saat penggunaannya akan dibatasi maka akan hilang juga kebebasan penggunaan sistem GPS. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada penerapan sistem navigasi yang akan digunakan oleh WiSE-8 berbasis peralatan navigasi terestrial. Sistem navigasi terestrial untuk WiSE-8 yaitu dengan menggunakan sistem Directional Finder (DF). Sistem ini memberikan informasi berupa relatif bearing terhadap suatu stasiun radio pemancar di darat, dengan tingkat akurasi sistem ini adalah 1o. Sehingga tingkat kesalahan estimasi posisi terkecil pada rute Dumai-Batam dengan menggunakan 2 sinyal sebesar radius 1,4037 NM. Tingkat kesalahan estimasi posisi akan semakin besar apabila target hanya menerima satu buah sinyal pancaran.
PERANCANGAN APLIKASI NOTIFIKASI JADWAL PENERBANGAN BERBASIS MOBILE Sinaga, Ucok; Sabur, Fatmawati
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1013.199 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan sistem informasi jadwal penerbangan yang memberikan informasi waktu yang sesungguhnya berdasarkan keberadaan pesawat dalam penerbangan kepada pengguna, dan menghasilkan sebuah sistem informasi jadwal penerbangan yang real time sehingga dapat memberikan informasi waktu kadatangan pesawat secara tepat.                     Dalam perancangan pengembangan sistem informasi jadwal penerbangan menggunakan UML Univ (data flow diagram) dan perancangan aplikasinya menggunakan teknologi mobile dengan pemanfaatan web services/API untuk mengakses informasi jadwal penerbangan dan informasi cuaca. Jadwal pererbangan berupa file json yang diperoleh dari website FIDS bandara hasanuddin Makassar, sedangkan informasi cuaca bandara asal dan bandara tujuan penumpang diperoleh dari API Open Wheater.
PENGARUH INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK TARUNA DALAM SIMU LASI KEHIDUPAN KAPAL DI KAMPUS BP2IP TANGERANG Ika Setiyaningsih, Untari Ratna
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.654 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara intelegensi terhadap prestasi akademik taruna dalam simulasi kehidupan kapal di kampus BP2IP Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatf dengan sampel Taruna BP2IP Tangerang  dengan teknik pengambilan sampel acak (sampling). Pengumpulan data dengan menggunakan survei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menun jukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan intelegensi terhadap prestasi akademik Taruna dalam simulasi kehidupan kapal di Kampus BP2IP Tangerang
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PADA SIMPANG DEPOK KOTA DEPOK Widyawan, Sony; Rukman
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.366 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.16

Abstract

Masalah transportasi merupakan salah satu masalah yang dihadapi di Kota Depok terutama pada persimpangan. Permasalahan kemacetan dan konflik lalu lintas sering terjadi pada simpang bersinyal terutama pada simpang empat bersinyal Depok Kota Depok yang mana salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi konflik pada simpang Depok adalah dengan melakukan pengaturan pada simpang.. Metode yang digunakan dalam analisis kinerja simpang adalah menggunakan perhitungan pada MKJI, sedangkan analisis konflik lalu lintas untuk mengetahui tingkat keseriusan konflik lalu lintas adalah dengan menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) yang dibandingkan dengan konflik pada Vissim 10. Rekomendai yang dilakukan adalah dengan menggunakan pemilihan skema menggunakan 3 fase dan 3,5 fase yang selanjutnya dilakukan perbandingan dengan 3 fase (eksisting) dan dipilih skenario yang paling tepat. Dari skema rekomendasi yang telah dilakukan dengan menggunakan software PTV Vissim 10 didapatkan skema yang paling tepat yaitu menggunakan pengaturan 3 fase. Hasil dari simulasi 3 fase ternyata efektif mengurangi jumlah terjadinya konflik lalu lintas dan tingkat pelayanan masih dalam kondisi baik
PENGARUH PERGERAKAN PESAWAT KOMERSIAL TERHADAP PERGERAKAN PENUMPANG DI BANDARA BLIMBINGSARI BANYUWANGI Sabur, Fatmawati
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1055.547 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.15

Abstract

Kebutuhan sarana transportasi umum merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang terus berkembang sejalan dengan makin meningkatnya taraf kehidupan ekonomi masyarakat. Hal ini dilihat dari peranannya membantu mempercepat pergerakan informasi, barang, penumpang, khususnya dalam sector pariwisata dalam hal ini menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dari ketiga jenis transportasi yang ada yaitu darat,laut, udara maka transportasi udara merupakan pilihan tepat untuk efektivitas dan efisiensi waktu, karena dapat menjadi solusi dari problematika jarak tempuh jauh dalam waktu, karena dapat menjadi solusi dari problematika jarak tempuh dalam waktu relative singkat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat frekuensi penerbangan dan volume pergerakan penumpang pesawat terbang di Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dalam bentuk studi kasus terhadap pelayanan lalu lintas udara, menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif melalui kajian data pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat komersil di bandar udara Blimbingsari Banyuwangi. Dalam penelitian ini analisis deskriptif berisi tentang data pergerakan pesawat komersial dan penumpang pesawat terbang yang terjadi di Bandara Banyuwangi kurun waktu 2013-2018. Hasil analisis desktiptif dari penelitian dapat diketahui dari pengamatan terhadap data yang diperoleh selama penelitian.
RANCANGAN ANTENA PENERIMA AUTOMATIC DEPENDENT SURVEILLANCE BROADCAST DENGAN FREKUENSI 1090 MHZ MENGGUANAKAN RTL820T Azis, Abdul; Setiawan, Rio
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.992 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.14

Abstract

Pembelajaran dan pengenalan alat navigasi ADS-B ini sangat penting untuk menambah wawasan bagi taruna(i) ATKP Makassar tentang bagaimana cara kerja dan tampilan ADS-B ini pada monitor. Tujuan perancangan ini adalah untuk menghasilkan rancangan yang dapat menampilkan ADS-B secara real sebagai media untuk menambah wawasan bahwa bukan hanya sekedar RADAR yang dapat memantau posisi pesawat tetapi ada peralatan lainnya yang dapat memantau posisi pesawat yang di sebut dengan ADS-B. Dimana perancangan ini dibuat menggunakan aplikasi RTL1090 dan Virtual Radar Server yang di install pada PC/Leptop dan juga menggunakan modul RTL820T berbentuk USB sebagai Receiver nya. Hasil dari rancangan ini adalah taruna dapat mempeljari tampilan ADS-B pada monitor PC/Leptop yang di sediakan di ruang kelas atau laboratorium walaupun tidak sesempurana aslinya tetapi rancangan ini menampilkan sistem pengawasan yang tidak jauh beda dengan yang aslinya
DAMPAK PARKING STAND DOUBLE NOSE-INTERHADAP PELAYANAN LALU LINTAS UDARA DI PERUM LPPNPI CABANG MADYA DENPASAR Irfan
jurnal Vol 1 No 2 (2019): AIRMAN: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi
Publisher : Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.509 KB) | DOI: 10.46509/ajtkt.v1i2.13

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak parking stand double nose-in guna  meningkatkan kelancaran pergerakan pesawat udara. Metode yang dilakukan melalui deskriptif kualitatif yang bersumber dari data pergerakan pesawat schedule dan unscheduled.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tidak adanya parking stand double nose-in serta south apron digunakan sebagai passenger terminal apron dapat memuat keseluruhan jumlah traffic arrival maupun departure. Dengan demikian parking stand pada north apron dan south apron dapat sesuai dengan standar sehingga berdampak positif pada keselamatan dan kelancaran lalu lintas udara. Oleh karena itu direkomendasikan agar north apron dan south apron sebagai passenger terminal apron sehingga keteraturan pergerakan pesawat dapat ter capai.

Page 1 of 2 | Total Record : 20