cover
Contact Name
Prananda Anugrah
Contact Email
jurnalbelantika@gmail.com
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
jurnalbelantika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembawan 2, 4B/23 Sawojajar 2 Malang, Jawa Timur-65145, Indonesia
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Belantika Pendidikan
Published by Kayon Media
ISSN : -     EISSN : 27209601     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational Education Economics Education Primary Education Physics Education Business and Management Education Sport Education Language Teaching Arabic Language Teaching Fine Art Teaching Accounting Economics Sciences History Education Civic (law, constitution) Education Education in general
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI KOOPERATIF STAD Jahidin, Jahidin
Belantika Pendidikan Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.076 KB)

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran terus digalakkan melalui upaya pembelajaran yang inovatif. Implementasi pembelajaran inovatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah penggunaan strategi pembelajaran untuk mendorong siswa menjadi pusat belajar dan self-regulated learning. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian quasi eksperimen pretest-posttest nonequivalent control group design dengan unit perlakuan 3x2 faktorial. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan penguasaan konsep biologi siswa pada ketiga strategi pembelajaran, akan tetapi tidak menunjukkan adanya perbedaan keterampilan metakognisi.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN (KOOPERATIF MODEL STAD DAN KONVENSIONAL) TERHADAP PEROLEHAN BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS IX YANG MEMILIKI TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNITIF YANG BERBEDA Pasaribu, Marungkil
Belantika Pendidikan Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.775 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara kelompok belajar yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif model STAD dan strategi pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada siswa. Eksperimen menggunakan rancangan factorial 2 x 4 dengan versi disain faktorial non equivalen control group. Berdasarkan analisis data ditemukan ada perbedaan yang signifikan pada perolehan belajar IPA fisika antara kelas yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif dengan model STAD dan kelas yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran konvensional.
PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER DAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA DENGAN TEKNIK PATHWAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK KIMIA Muntari, Muntari
Belantika Pendidikan Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.767 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan secara kooperatif model LT dan melalui pembelajaran langsung terhadap pemahaman konseptual dan algoritmik siswa, Penelitian menerapkan eksperimen semu (quasi experiment) di mana rancangan pretest-posttest nonequivalent control group digunakan dengan teknik pengukuran dua faktor versi 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan dalam pemahaman konseptual antara kelompok siswa yang belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dan kelompok siswa yang belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung (F = 2,177, p = 0,142 0,05).
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DIPADU DENGAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA Fathiyah, Fathiyah
Belantika Pendidikan Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.273 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) yang dipadu strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa pada saat penerapan pembelajaran masalah dipadu peta konsep meningkat dari 83,16% pada siklus I menjadi 97,27% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada saat membuat peta konsep meningkat dari 63,17% pada siklus I menjadi 92,00% pada siklus II. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis meningkat dari 2,58 pada siklus I menjadi 3,3 pada siklus II.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN LEARNING CYCLE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BONTANG Solihin, Imam
Belantika Pendidikan Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.987 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini mengunakan desain eksperimen faktorial 2 × 2. Populasi penelitian yang berjumlah 132 siswa dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas 66 siswa yang terbagi dalam dua kelompok kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E, mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran, pemahaman konsep dan keterampilan proses serta sikap ilmiah siswa, tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model inkuiri terbuka dan LC 5E dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5