cover
Contact Name
Rusmala Dewi
Contact Email
lppm@pancabhakti.ac.id
Phone
+6281363808080
Journal Mail Official
lppm@pancabhakti.ac.id
Editorial Address
Alamat Redaksi: Program Studi Keperawatan Panca Bhakti Bandar Lampung Jl.ZA. Pagar Alam No.14 Kel.Gedong Meneng, Kec.Raja Basa Bandar Lampung 35145 Telp (0721)786864, Fax (0721) 786864 Email: lppm@pancabhakti.ac.id
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung (JKPBL)
ISSN : 23380020     EISSN : 26158604     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung (JKPBL) is a scientific journal of STIKES Panca Bhakti Lampung, which emphasizes on the delivery of scientific research results and literature review in the field of health in general. Jurnal Kesehatan (p-ISSN: 2338-0020 and e-ISSN: 2615-8604). JKPBL is issued three times a year in April and Oktober. Scope of articles published in JEP is consist of a broad range of topic in the field of heath including Nursing, midwifery, and hospital administration.
Articles 43 Documents
ANALISIS KEPUASAN SELF MONITORING BLOOD GLUCOSE DENGAN THE GLUCOSE MONITORING SATISFACTION SURVEY Chloranita, Shanty
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 8 No 1 (2020): JKPBL Vol VIII No. 1 2020
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.044 KB)

Abstract

Kepuasan self monitoring blood glucose merupakan faktor penting dalam meningkatkan diabetes outcome pasien diabetes tipe 2. Penerapan evidence based nursing bertujuan mengidentifikasi kepuasan self monitoring blood glucose pada pasien diabetes tipe 2. Metode perumusan masalah yang digunakan dengan pendekatan problem (P) intervention (I) comparison (C) outcome (O), dan penelusuran literatur dengan sampel penelitian 51 pasien diabetes tipe 2 Alat ukur yang digunakan the glucose monitoring satisfaction survey (GMSS). Analisis menunjukkan rerata responden dalam penelitian ini 65 % responden dengan total skor 49.4.Kesimpulan the glucose monitoring satisfaction surveydapat diterapkan.
APLIKASI MODEL KONSERVASI LEVIN PADA PASIEN KANKER PARU DENGAN EFULSI PLEURA DI RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS JAKARTA Damayanti, Dewi
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.804 KB)

Abstract

Latar belakang :Angka kasus baru kanker paru meningkat lima kali lipat pada satu decade terakir. Kanker dengan efusi pleura memiliki prognosis buruk dengan harapan hidup yang rendah.Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif dengan pendekatan case study tunggal (instrumental) dalam studi kasus ini hanya membahas satu kasus tunggal yang diilustrasikan kemudian menggeneralisasikan.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang asuhan keperawatan pada pasien kanker paru dengan efulsi pleura dengan mengunakan pendekatan Konservasi Levin.Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta, periode April sampai dengan Mai 2017.Hasil :Tropicogenosis yang diidentifikasi pada Ny. At dengan ca Paru diantaranya adalah :Gangguan Pola Nafas Tidak Efektif, Nyeri Kronis, Defisit Nutrisi dan Ansietas. Hasil penerapan hipotesis/intervensi terhadap tropikognosis menunjukan bahwa hipotesis mendukung peningkatan kesejahteraan dan kenyamanan pasien ca tiroid dengan efusi pleura . Rekomendasi : Model Konservasi Levin efektif bila diterapkan pada pasien ca paru dengan efusi pleura.
KISAH HIDUP PENDERITA KANKER LEHER RAHIM YANG MENGALAMI KEKAMBUHAN Fitri, Feni Elda
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 7 No 1 (2019): JKPBL Vol VII No. 1 2019
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyintas kanker leher rahim masih mengalami ketakutan sepanjang hidupnya. Salah satu sumber ketakutan adalah kemungkinan mengalami kekambuhan walaupun sudah dinyatakan sembuh. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kisah penyintas kanker leher rahim yang mengalami kekambuhan dengan menggunakan pendekatan kualitatif ?life history?. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada dua penyintas kanker, analisa dengan menceritakan kembali kisah penyintas dalam bentuk tema. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyintas kanker leher rahim saat mengalami kekambuhan menerima kondisi kekambuhannya dengan berbagai proses kehidupan yang dialami yaitu terpenuhinya rasa aman setelah terapi dinyatakan selesai, mengalami tanda gejala awal dan tanda gejala lanjutan, menjalani terapi kembali ke pelayanan kesehatan atau alternatif, penolakan terhadap kondisi kekambuhan, mengurangi hubungan dengan masyarakat dan keluarga terdekat, memperoleh dukungan saat mengalami kekambuhan, sampai menerima kondisi kekambuhan. Oleh karena itu pentingnya pemahaman tenaga kesehatan khususnya perawat untuk mengetahui kisah hidup penyintas kanker leher rahim dengan kekambuhan sehingga dapat memberikan tindakan dan dukungan yang tepat pada setiap periode kekambuhan yang dilalui dalam meningkatkan kualitas hidupnya.
HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN PENDERITA STROKE DALAM MENGHINDARI FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIUBAH DENGAN KEJADIAN STROKE BERULANG DI RUMAH SAKIT DR.H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG Pujiarto, Pujiarto
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 5 No 2 (2017)
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.061 KB)

Abstract

Gangguan pembuluh darah otak akan mengakibatkan sel otak mengalami kerusakan yang irreversible , sehingga penderita yang sudah pernah mengalami serangan stroke diharapkan patuh untuk mencegah faktor risiko stroke supaya terhindar dari serangan stroke berulang dan tidak terjadi kerusakan otak yang lebih luas. Kepatuhan ini sangat diperlukan agar tidak terjadi kematian sel otak yang lebih luas. Kepatuhan adalah tingkat perilaku penderita dalam mengambil suatu tindakan untuk pengobatan seperti diet, kebiasaan hidup sehat, dan ketepatan berobat. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi hubungan kepatuhan penderita stroke dalam menghindari faktor risiko yang dapat diubah (menontrol tekanan darah dan merokok) dengan kejadian stroke berulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional populasi adalah seluruh pasien stroke yang dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUAM) Propinsi Lampung pada bulan Agustus 2017, Jumlah sampel sebanyak 30 tehnik pengambilan sample adalah consecutive sampling. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan mengontrol tekanan darah (p=0,022) dengan kejadian stroke berulang, dan tidak ada hubungan kebiasaan merokok (p=0,355) dengan kejadian stroke berulang. Penelitian ini menyarankan Faktor resiko yang di punyai harus ditanggulangi dengan baik, karena penanganan yang tepat dari faktor resiko tersebut sangat penting untuk pencegahan. Pada kelompok resiko tinggi setelah setelah terjadi serangan stroke seharusnya menjadi target penanganan secara kontinyu untuk mencegah terjadinya stroke berulang.
PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG INISIASI MENYUSU DINI Fatriani, Rully
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 6 No 2 (2018): JKPBL Vol VI No. 2 2018
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.906 KB)

Abstract

Kelas ibu hamil adalah sarana belajar bersama bagi ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan tindakan ibu. Salah satu materi kelas ibu hamil adalah Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang IMD. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan desain control group pretest-posttest terhadap 52 ibu hamil yang terbagi dua kelompok yaitu mengikuti kelas ibu hamil dan tidak mengikuti kelas ibu hamil dengan menggunakan simple random sampling. Wawancara dilakukan untuk mengukur pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang IMD. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang IMD dengan kategori baik dari 30,8 % menjadi 100 % setelah mengikuti kelas ibu hamil. Terdapat pengaruh kelas ibu hamil terhadap perubahan sikap ibu hamil tentang IMD (nilai p = 0,034). Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam pelaksanaan IMD. Kepada bidan diharapkan mengoptimalkan pelaksanaan kelas ibu hamil untuk meningkatkan keberhasilan IMD. Pemegang kebijakan diharapkan meningkatkan perhatian terhadap pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah kerja dengan cakupan IMD rendah.
HUBUNGAN STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI BPM WIRAHAYU PANJANG BANDAR LAMPUNG Fitriani, Arie
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.194 KB)

Abstract

Hospitalisasi dapat menimbulkan kecemasan pada anak prasekolah. Kecemasan anak prasekolah dapat disebabkan oleh petugas kesehatan, lingkungan baru, dan keluarga yang menyertainya saat dirawat di rumah sakit. Layanan perawatan atraumatik bertujuan untuk meminimalkan kecemasan pada anak atau orang tua saat dirawat di rumah sakit. Perawatan atraumatik adalah filosofi pemberian perawatan yang meminimalkan atau menghilangkan stres fisik dan psikologis bagi anak-anak dan keluarga mereka di lingkungan perawatan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah atraumatic care dengan tingkat kecemasan anak prasekolah saat dirawat di Rumah Sakit Abdul Moeloek di Provinsi Lampung. Desain penelitiannya adalah intervensi dengan pendekatan metode eksperimen. Jumlah sampel yang didapat adalah 2 responden. Penelitian dilakukan di Ruang Rawat Inap Kemuning Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Hasil statistik kecemasan menunjukkan bahwa perawatan atraumatik dapat meminimalkan atau menghilangkan stres fisik dan psikologis pada anak-anak prasekolah saat dirawat di rumah sakit abdul moeloek provinsi lampung dan jika perawatan atraumatik diberikan secara lebih baik, maka semakin kecil risiko kecemasan yang dialami anak usia prasekolah saat dirawat di rumah sakit. Peningkatan layanan perawatan atraumatik perlu dilakukan untuk mengurangi kecemasan pada anak prasekolah saat dirawat di rumah sakit.
PENURUNAN GEJALA BABY BLUES MELALUI TERAPI MUSIK KLASIK MOZART PADA IBU POST PARTUM Santi, Fitri Nuriya
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 7 No 2 (2019): JKPBL Vol VII No. 2 2019
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.582 KB)

Abstract

Kelahiran seorang bayi  menegaskan suatu status baru bagi seorang perempuan, yaitu menjadi seorang ibu. Adanya status baru ini menuntut ibu untuk melakukan berbagai penyesuaian yang dapat mengakibatkan stress baik secara fisik maupun psikologis. Baby blues merupakan masalah psikologis yang sering muncul pada ibu postpartum. Gejala dari baby blues ini mengakibatkan perasaan yang tidak nyaman bagi ibu dan dapat berlanjut menjadi gangguan psikologis yang lebih berat. Oleh karna itu perlu penanganan yang baik untuk menurunkan gejala baby blues pada ibu postpartum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa efektifitas terapi musik klasik mozartuntuk mengurangi gejala baby blues pada ibu Post partum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus, yaitu memberikan gambaran terhadap suatu masalah. Instrument untuk menilai gejala baby blues pada penelitian ini menggunakan Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diberikan penerapan terapi musik klasik mozart pada kedua responden terjadi penurunan terhadap gejala baby blues. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan terapi musik klasik mozart pada kedua responden efektif untuk menurunkan gejala baby blues. Penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan profesi keperawatan dalam menerapkan intervensi terapi musik klasik mozart untuk menurunkan gejala baby blues pada ibu postpartum.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN AROMATERAPI UNTUK MENURUNKAN KERUSAKAN KELANJAR LUDAH PADA PASIEN KANKER TIROID YANG MENJALANI TERAPI RADIOACTIF IODINE DI RUMAH SAKIT KANKER DARMAIS JAKARTA Damayanti, Dewi
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 5 No 2 (2017)
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.417 KB)

Abstract

Terapi Radioactif Iodine merupakan salah satu terapi yang terbukti efektif untuk membasmi sel kanker setelah setelah menjalani oprasi tiroidektomi total. Meskipun cukup aman , terapi radioiodine (Rait) tidak selalu tanpa efek samping. Masalah yang sering terjadi selama pemberian Radioio-Iodine Terapi (Rait) adalah terjadinya penurun atau kerusakan pada kelenjar ludah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan aromatherapi kombinasi citrus lemon dan jahe dalam mengurangi kerusakan kelenjar ludah pasca pemberian terapi iodine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi efek samping yang terjadi pada kelenjar ludah selama dan setelah pemberian terapi radioactif Iodine sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup pasien dengan kanker tiroid yang diukur menggunakan VAS (visual analog scale questionnaire for subjective assessment of salivary dysfunction). Metodologi dan pendekatan adalah penerapanevidence based nursing practice adalah pendekatan model Stetler. Tehnik pengambilan sampel dialakukan dengan tehnik purposif sampling. Data dianalisis dengan mengunkaan test Wilcokson Sign Test.Hasil penelitian ini Kesimpulan signifikasi lebih kecil atau sama dengan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian aromatheraphy kombinasi citrus lemon dan jahe memberikan pengaruh pada penurunan kerusakan kelenjar ludah pada pasien kanker tiroid yang menjalani terapi tadioactifiodine.Rekomendasi Penggunaan Aroma terapi kombinasi Citrus Lemon dan Jahe hendaknya menjadi pilihan terapi non farmakologi yang dapat dilaksanakan oleh perawat sebagai bagian dari tindakan keperawatan untuk mengurangi kerusakan kelenjar ludah selama dan setelah pemberian terapi radioactif Iodine pada pasien kanker tiroid.
PENGARUH TERAPI OKUPASI TERHADAP GEJALA HALUSINASI PENDENGARAN PADA PASIEN HALUSINASI PENDENGARAN RAWAT INAP DI YAYASAN AULIA RAHMA KEMILING BANDAR LAMPUNG Fitri, Niken Yuniar
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 7 No 1 (2019): JKPBL Vol VII No. 1 2019
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.776 KB)

Abstract

Halusinasi adalah pengalaman atau respon yang salah terhadap stimulasi sensorik. Salah satu penatalaksanaan halusinasi adalah terapi okupasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi frekuensi gejala halusinasi pendengaran pada pasien halusinasi pendengaran. Menggunakan desain quasi wxperiment pre-post test without control group. Sejumlah 27 sampel dipilih dengan teknik total sampling, instrument yang valid dan reliabel. Analisis menggunakan dependent t test. Hasil penelitian menunjukan gejala halusinasi menurun setelah diberikan terapi okupasi. (p-value < ? 0,05), frekuensi gejala halusinasi pendengaran yang dialami klien halusinasi pendengaran sebelum diberikan terapi okupasi yang paling banyak dalam katagori sedang (51,9%). Setelah diberikan terapi okupasi gejala halusinasi pendengaran yang paling banyak dalam katagori ringan (44,4%) Terapi okupasi di rekomendasikan untuk mengatasi halusinasi pada klien halusinasi pendengaran.
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN KISTA ENDOMETRIOSIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI COMFORT DAN LOSS & GRIEF Marlinda, Marlinda; Afiyati, Yati; Budiati, Tri
Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung Vol 6 No 2 (2018): JKPBL Vol VI No. 2 2018
Publisher : Akper Panca Bhakti Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.578 KB)

Abstract

Kista endometriosis atau chocolate cyst adalah tumor jinak yang sering terjadi pada sistem reproduksi perempuan saat ini. Perempuan dengan masalah ini akan mengalami gangguan pada kualitas hidup seorang perempuan baik secara fisik, psikospiritual, lingkungan maupun sosiokultural. Resiko lainnya adalah timbulnya keganasan pada sistem reproduksi. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran tentang pelaksanaan praktik penelitisi ners spesialis yaitu pengelolaan kasus klien kista endometriosis dengan pendekatan studi kasus yang menerapkan teori comfort dan loss & grief. Asuhan diberikan untuk mengatasi ketidaknyamanan yang dialami klien baik secara fisik, psikospiritual, lingkungan dan sosiokultural, pada saat penatalaksanaan pembedahan dilakukan pada klien. Pemilihan konsep teori keperawatan comfort yang dielaborasi dengan teori loss & grief dapat saling melengkapi sehingga asuhan yang diberikan dapat lebih maksimal.