cover
Contact Name
Mochamad Rizqi Adhi Pratama
Contact Email
rizqi.adhi@unw.ac.id
Phone
+628976267469
Journal Mail Official
dwijalokaunw@gmail.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 186, Ungaran
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
ISSN : 27161242     EISSN : 27224651     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November annually.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS XTP-3 SMK NEGERI 2 SRAGEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Yulianti, Febti Lita
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.423 KB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi, dan perubahan perilaku peserta didik dengan Strategi Think-Talk-Write pada peserta didik kelas X TP-3 SMK Negeri 2 Sragen.PTK ini dilakukan dua siklus. Terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan, semangat, kecepatan, kreatif, dan disiplin. Nilai karakter kerja sama, komunikatif, dan percaya diri terlihat baik. Hasil siklus I : 78,67, dengan ketuntasan: 71,87%. Siklus II : 90,1 dengan ketuntasan 90,62 % .Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan Keterampilan peserta didik dalam materi menulis teks eksposisi.Kata Kunci: Penggunaan, Strategi Think-Talk-Write , Teks Eksposisi
ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM LAGU ANAK KARYA A.T. MAHMUD Mahmudi, Mahmudi; Listyarini, Ikha; Untari, Mei Fita Asri
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.37 KB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia yang begitu cepat, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, di antaranya pada bidang pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang pendidikan telah melupakan pendidikan karakter. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus kriminal, asisula dan kekerasan yang dilakukan di dalam dunia pendidikan. Salah satu pembentukan karakter pada anak akan dapat terakomodasi melalui pendidikan musik. A. T. Mahmud merupakan salah satu dari sekian pencipta lagu anak ? anak pada saat itu.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai karakter dalam lagu anak karya A. T. Mahmud. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumtasi. nilai karakter yang terdapat dalam lagu anak karya A.T Mahmud diantaranya: nilai religius, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, kerja keras, jujur, disiplin, komunikatif, kreatif. Nilai karakter yang paling banyak yaitu menghargai prestasi terdapat dalam 3 lagu.Kata Kunci: karakter, lagu anak, A.T. Mahmud
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Saputri, Ujiwati Kukuh
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1258.116 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, perubahan perilaku peserta didik dan seberapa banyak peningkatan kemampuan berhitung pada peseta didik Kelompok B TK Pamekar Siwi Guntur Demak. PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Terjadi perilaku belajar yang signifikan . hasil siklus 1 prosentase keberhasilan atau ketuntasan hanya 58,83% dan ketuntasan semakin meningkat pada siklus 2 sekitar 79%. Kata Kunci; berhitung, penambahan, siskranaPENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN EXPLORER SCHOOL ENVIROMENT (ESE) BAGI SISWA KELAS X IPS 2 SMA N 1 WELERI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Umaroh, Siti
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.826 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: a) mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019, b) mengetahui besarnya peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019, c) mengetahui perubahan perilaku siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah belajar menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE. Penelitian ini menggunakan desain PTK meliputi dua siklus dengan masing ? masing 2 pertemuan @ 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) yang meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: a) Proses pembelajaran keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE pada siklus II sudah berjalan dengan baik, kondusif, menarik, menyenangkan, b) keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri mengalami peningkatan pada pra siklus yang tuntas 16 siswa, pada siklus I ada 27 siswa, siklus II yang tuntas menjadi 32 siswa, c) perilaku siswa setelah melaksanakan pembelajaran menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE mengalami perubahan dari perilaku yang kurang baik menjadi baik meliputi kerja sama dan tanggung jawab.Kata Kunci: Problem Based Learning, Explorer School Enviroment
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUNJUNGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Rosyada, Sabila Aulia; Asropah, Asropah; Murywantobroto, Murywantobroto
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.063 KB)

Abstract

Application of the Contextual Teaching and Learning Model in Learning to Write Persuasive Texts in Students of Class VIII of SMP Negeri 1 Tunjungan in the 2018/2019 Academic Year. Thesis. Faculty of Language and Arts Education, University of PGRI Semarang. Advisor 1 Dr. Asropah, M.Pd. and Pembing II Drs. Murywantobroto, M.Hum. July 2019. The purpose of this study was to describe the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in learning to write persuasive texts in grade VIII students of SMP Negeri 1 Tunjungan in the 2018/2019 academic year. Data collection methods used in this study were technical tests and non-tests. The test technique is in the form of writing persuasion texts in writing according to the theme, structure, language rules and correlations between paragraphs. Whereas the nontest technique is in the form of an observation sheet of learning activities of teachers and students and questionnaires. The approach used is descriptive qualitative. The population in this study were all students of class VIII. The sample in this study was class VIII B, amounting to 31 participants. The technique of presenting the results of the data analysis was done qualitatively by analyzing the application of the Contextual Teaching and Learning model in learning to write persuasive texts to students of class VIII of SMP Negeri 1 Tunjungan. The results obtained in learning to write persuasion text using the Contextual teaching and Learning model can be applied in learning to write persuasion text in class VIII of SMP Negeri 1 Tunjungan in the 2018/2019 school year. The ability of students to write persuasion texts gets good grades. Students can write persuasion texts by analogizing the themes that have been determined. Thus, students can pour ideas freely. This can be seen from the average value of students reaching 88, the highest value of 100, and the lowest value of 76.Keywords: application, Contextual Teaaching and Learning model, writing persuasion texts
INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN Sriyati, Sriyati
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.936 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif memandang obyek sebagai sesuatu yang dinamis, hasil kontruksi pemikiran dan interprestasi terhadap gejala yang dinamis, serta utuh (holistic) karena setiap aspek dari obyek itu mempunyai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Subyek ( nara sumber ) penelitian adalah guru Matematika kelas IX, siswa kelas IX dan Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Randublatung sejak bulan Februari 2010 sampai dengan Mei 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN terjadi didalam kelas dan diluar kelas. Pada saat proses pembelajaran Matematika didalam kelas maka terjadilah interaksi antara guru dan siswa yang sangat baik , akrab penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat siswa selalu mengerjakan soal dibuku tulis dan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis. Interaksi antara siswa dan guru dapat terjadi diluar kelas ketika siswa masih mengalami kesulitan belajar didalam kelas Hal ini terlihat guru memberikan penjelasan kesiswa dikantor guru pada siswa yang belum paham konsep maupun soal yang berkaitan dengan konsep maka tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN sangat baik , akrab, kekeluargaan, tidak ada permusuhan diantara siswa,sehingga diantara siswa mampu menyelesaikan kesulitan belajar baik mengenai konsep yang baru dikenalnya, maupun mengenai soal prediksi UN 2010. Hal ini dapat dilihat pada saat siswa didalam kelas berdiskusi dengan baik saling menghormati sedang diluar kelas siswa membentuk kelompok belajar dengan teman sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.Kata Kunci: interakasi, pembelajaran Matematika
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI ALTERNATIF MENGATASI PERMASALAHAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 2 SRAGEN KABUPATEN SRAGEN Ernawati, Setyo Budi
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.402 KB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar,  prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia .PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-rata pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata ?rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play).Kata Kunci: Bermain Peran (Role Play), motivasi belajar  Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar,  prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia . PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-ratapelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata ?rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play)..
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DENGAN METODE BRIDGE CONCEPT KELAS X TPM 1 SMK N 1 BLORA Prihatini, Lestari
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1294.264 KB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar fisika pada materi momentum dan impuls bagi peserta didik kelas XTPM1 SMKN 1 Blora melalui penerapan teknik bridge concept pada pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XPM1 SMKN 1 Blora. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran awal diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi momentum dan impuls. Namun kenyataannya peserta didik kurang aktif, motivasi belajar rendah, dan hasil belajar siswa masih rendah. Pada kondisi awal peserta didik yang tuntas mengikuti pembelajaran sesuai KKM 76, hanya 7 peserta (22%), sedangkan yang belum tuntas 25 peserta (78%). Pada siklus I didapat hasil dari 32 peserta didik yaitu 22 peserta tuntas (69%) dan 10 peserta belum tuntas (31%). Pada siklus II di dapat hasil dari 32 peserta didik yaitu 29 peserta tuntas (91%) dan 3 peserta didik belum tuntas (9%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan teknik bridge concept pada pembelajaran fisika materi momentum dan impuls dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XTPM1 SMKN 1 Blora.Kata Kunci: hasil belajar fisika, momentum dan impuls, bridge concept
OPTIMALISASI HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN BATERAI OTOMOTIF MENGGUNAKAN MOBEL DISCO TEK COCA COLA BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI TKR 1 SMK NEGERI 5 KENDAL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Waluyo, Teguh
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.144 KB)

Abstract

Masalah penelitian belum optimalnya hasil belajar, dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimanakah proses pengoptimalan hasil belajar?, 2) seberapa besar pengoptimalan hasil belajar?,3) bagaimanakah prubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola? Adapun tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan proses pengoptimalan hasil belajar, 2) mendeskripsikan besarnya pengoptimalan hasil belajar.3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola. Penelitian ini menggunakan desain PTK meliputi dua siklus dengan kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tiap siklus 2 pertemuan @ 6 jam pelajaran (6 x 45 menit). Berdasarkan tindakan yang dilakukan disimpulkan bahwa: 1) proses pengoptimalan dari kurang menarik dan kurang menyenangkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, 2) Besarnya pengoptimalan pengetahuan menjadi 86,96% dan keterampilan menjadi 91,30 % 3) penggunaan Mobel Disco Tek Coca Cola dapat merubah perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 setelah belajar menjadi disiplin, mampu bekerja sama dan bertanggung jawab.Kata Kunci: Mobel Dsico Tek Coca Cola, Sitem Pengisian Baterai Otomotif
KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Nuzulia, Nurin
BASIC Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.913 KB)

Abstract

            This research aims to find out the effectiveness of picture media in learning to write persuasive texts in grade VIII students of SMP N 3 Mranggen in the 2018/2019 school year. The method used in this study is the posttest-only control design method with quantitative descriptive approach aimed to measure the improvement in writing persuasion texts in class VIII students at SMP N 3 Mranggen using image media in the form of normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. Besides using nontes techniques in the form of documentation and student observation sheets during the learning process in class. The results obtained in this study are (1) the results of the normality test analysis; (2) homogeneity test analysis results; (3) the results of the hypothesis test analysis. Keywords: effectiveness, image media, writing persuasion textsKEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2020 2020