cover
Contact Name
Irawan
Contact Email
irawan@persmapi.org
Phone
+6282116590682
Journal Mail Official
ariprayoga@madrasah.id
Editorial Address
Komp. Permata Biru Blok i No. 33 Cinunuk, Cileunyi Bandung, 40624 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management
ISSN : 26567032     EISSN : 26567032     DOI : https://doi.org/10.32940/mjiem
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management fokus menerbitkan hasil-hasil penelitian dalam bidang pengelolaan lembaga pendidikan Islam diberbagai jenis dan jenjang, termasuk di lembaga pendidikan umum yang memiliki visi keislaman. Bidang ini mencakup bidang ilmu manajemen perguruan tinggi Islam, pesantren, madrasah, sekolah Islam, diniyah, raudatul athfal, taman pendidikan al-Qur’an, ma’had aly, majelis taklim, baik yang berada dalam wewenang Kementerian Agama maupun Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan lembaga pendidikan Islam lainnya di seluruh dunia. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management erat hubungannya dengan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam akan tetapi juga menyambut baik naskah yang berhubungan dengan disiplin ilmu lain, khususnya menyangkut penggunaan dan pemanfaatan sistem dan teknologi informasi digital serta media sosial dalam pengelolaan pembelajaran Sains Kealaman, Kejuruan atau Vokasional, Matematika, Ilmu Sosial dan Humaniora, sepanjang proses diselenggarakan di lembaga pendidikan Islam. Kiriman naskah yang berhubungan dengan manajemen tetapi tidak ada relevansinya dengan pendidikan Islam dan pendidikan umum yang memiliki visi keislaman, tidak akan kami pertimbangkan untuk dipublikasikan. Para penulis yang masih ragu dan hendak menanyakan tentang kemungkinan naskahnya diterima silakan menghubungi pemimpin redaksi (Editor-in-Chief) sebelum mengirim naskah. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management menerima dan menerbitkan jenis-jenis naskah atau artikel, sebagai berikut: Naskah penelitian empiris; Naskah ini merupakan ringkasan laporan penelitian empiris yang didukung oleh data yang akurat, berbasis pada teori dan literatur yang relevan serta dikaji secara kritis. Naskah harus mencakup penjelasan tentang metodologi dan prosedur penelitian yang digunakan, teknik analisis yang dilakukan dan simpulan yang dicapai, menarik implikasi bagi teori dan praktik pengelolaan pendidikan Islam, serta menunjukkan kemungkinan penelitian lanjutan bisa dilakukan di masa depan. Naskah yang termasuk dalam kategori akan kami prioritaskan untuk diterbitkan. Makalah kelungguhan; Makalah ini berupa esai analitis, interpretatif atau persuasif mengenai asal-usul, sifat dan kemungkinan menunjukkan cara mengidentifikasi masalah, tantangan atau peluang, baik yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh praktik pengelolaan pendidikan Islam di seluruh dunia. Pembahasannya dapat berhubungan dengan masalah-masalah ekonomi, sosial, politik, budaya dan agama yang sedang aktual (trending topic). Makalah yang masuk dalam kategori ini terutama berupaya mendialogkan dan mempromosikan secara informatif tentang situasi dan kondisi pengelolaan pendidikan Islam Indonesia kepada dunia. Makalah teoretis; Makalah ini membahas sifat-sifat dasar dan akademis teori-teori tentang pemikiran, penelitian dan praktik pengelolaan pendidikan Islam diberbagai belahan dunia. Makalah yang masuk dalam kategori ini dapat ditulis dari perspektif historis, teologis, sosiologis, antropologis, psikologis, atau filosofis tertentu. Ulasan yang kritis disertai dengan analisis literatur yang primer atau berbasis pada penelitian terdahulu mengenai tema tertentu yang relevan dengan pengelolaan pendidikan Islam secara universal masuk dalam kategori ini. Makalah yang ditulis secara cermat dan argumentatif ini meskipun memiliki sudut pandang yang berbeda dengan arus utama pemikiran dan praktik pendidikan Islam pada umumnya, akan kami sambut baik. Makalah Kritik; Tulisan ini dapat berupa artikel yang harus mengandung pendapat atau informasi yang berhubungan dengan naskah, makalah dan artikel yang diterbitkan sebelumnya, atau menginformasikan hal-hal yang amat penting bagi para pelaku dan pengelola profesional lembaga pendidikan Islam dan pendidikan umum yang memiliki visi dan misi keislaman. Artikel ini merupakan sebagian dari visi Madrasa: Journal of Islamic Educational Management agar para pembaca yang berprofesi sebagai penyelia dan pengelola/pimpinan/manajer pendidikan mendapat kesempatan mengungkapkan pandangannya secara rasional mengenai masalah-masalah yang relevan dengan pengelolaan pendidikan berperspektif Islam. Kiriman tulisan untuk kategori ini dibatasi hingga 2000 kata.
Arjuna Subject : Ilmu Sosial - Hukum
Articles 15 Documents
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH Nurdiana, Mia; Prayoga, Ari
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.084 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.2

Abstract

The application of management functions in scout extracurricular activities in these three schools differs according to the policies of the madrasa head and the madrasa/school culture so that the output is different. This study aims to describe management functions in three madrasas/schools, starting from planning, organizing, actuating and controlling extracurricular. The research method used is qualitative. The results of the study indicate that (1) Planning includes activities to determine extracurricular goals, extracurricular goals, activities schedule and extracurricular coaches; (2) Organizing includes division of tasks, cooperation built with external parties and grouping of students; 3) Mobilization includes the implementation of extracurricular activities, participation of students and the assessment system of students; 4) Controlling is carried out with oral and written reporting.
PRAKTIK KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR ISLAM Haeruman, Andri
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.093 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.219

Abstract

Kepala Sekolah Dasar (SD) Islam Ta?allamul Huda yaitu Indra Gautama merangkap jabatan sebagai guru seni. Hal tersebut terjadi karena beliau adalah seorang praktisi seni bidang musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kepala sekolah dalam memfasilitasi minat bakat siswa pada bidang seni musik di SD Islam Ta?allumul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan kepala sekolah dan siswa, obervasi fasilitator dalam pelaksanaan pembinaan, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, inovator maupun motivator dalam memfasilitasi minat siswa pada bidang seni musik sudah dilaksanakan dengan baik.
STAFFING DAN FENOMENA RANGKAP JABATAN DI SEKOLAH ISLAM Nurmalasari, Inten; Prayoga, Ari; Irawan, Irawan
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.542 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.111

Abstract

Some programs of Junior High School (SMP Muslimin 5 Kota bandung) were not implemented optimally because the position of teachers qualifications and competencies were not suitable for the mandate. In addition, double positions was unavoidable. This article aims to uncover the staffing process and the raising of double position phenomena in SMP Muslimini 5 Kota Bandung, West Java. The results showed that staffing had an impact on the raising of double positions. Double positions cannot be avoided because of the demands of fulfilling teaching hours, avoiding job vacancies and learning, inequality of competencies and potential teachers and the need for promotion and regeneration. Double or multiple positions have not optimized the potential SMP Muslimin 5 Bandung as an Islamic education institution (Islamic school). Positions related to the implementation of Islamic religious education have not attracted the interest of the teachers who wish to promote such as being the supervisor of the Madrasah Science Competition and Islamic religious extracurricular coaches.
MANAJEMEN `USTāż DAN `USTāżAH DI PESANTREN MODERN Ulfa, Maria; Irawan, Irawan
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.234 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.1

Abstract

The target of managing `ust?? (Islamic Educators) at the Ummul Quro Al-Islami, Modern Islamic Boarding School (PMUQI) is not clearly defined. Teachers who teach are often not in accordance with postgraduate qualifications. Teacher salaries are often deducted. This study aims to reveal the processes of recruitment, selection, placement, training, assessment and salary/compensation of educators in PMUQI Bogor, West Java, Indonesia. The research method used is a qualitative method. The results of the study show that (1) the recruitment of educators always considers the increase in the number of santri and the number of classes each year, prioritizing alumni; (2) selection is done by collecting administrative files and interviews. There is no test in the selection of teaching staff; (3) placement non test is adjusted to educational qualifications and the ability of educators; (4) training and development are carried out in Islamic boarding schools and madrasas; (5) performance appraisal is carried out by establishing an Honorary Board of Teachers (HBT) and giving performance assessment report cards from foundations and pesantren, (6) giving salary to educators based on length of service, structural positions, teaching hours and educational qualifications.
PENINGKATAN KINERJA GURU MADRASAH MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERVARIASI Nurmala, Ela
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.023 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.217

Abstract

Based on the results of the Competency Knowledge Test (UPK) specifically regarding writing skills in class XI religious (IIK)-1 state madrasa aliyah (MAN) 2 Sumedang, it turns out that from the total of 34 students only 15 people or 42.86% whose value exceeds the specified Minimum Completion Criteria (KKM) value limit that is 78. This shows that learning achievement in English, especially writing skills in class IIK-1 is still low. The facts above show that students' learning achievement in English subjects is still low. One way out is to change the learning model by applying the Picture Word Inductive Model Strategy learning model to English subjects. This study aims to describe the application of the Picture Word Inductive Model Strategy in improving learning activities and Educator Performance and learning outcomes of English Class XI Religious (IIK) -1 MAN 2 Sumedang Students Even Semester Academic Year 2016/2017. From the results of the research conducted in March, May 2017 with 2 cycles there are the following findings: The increase in the performance value of educators from cycle 1 to cycle 2 increased by 10 points while from cycle 2 to cycle 3 increased by 8 points. Furthermore, in terms of categories also increased from C in cycle 1, B to cycle 2 and A in cycle 3. The increase in this activity value from cycle 1 to cycle 2 increased by 9.99 points while from cycle 2 to cycle 3 increased by 7.53 points . Furthermore, in terms of categories also increased from C in cycle 1, B in cycles 2 and A in cycle 384 to 82.54 on average cycle 2 learning achievement. An increase in learning achievement from cycle 1 to cycle 2 increased by 9.99 points while from cycle 2 to cycle 3 increased by 7.53 points. Furthermore, in terms of categories also increased from C in cycle 1, B in cycles 2 and A to cycle 3. Based on the findings in the research above, it can be concluded that: the increase in learning achievement from cycle 1 to cycle 2 increased by 9.99 point while from cycle 2 to cycle 3 increased by 7.53 points. Furthermore, in terms of categories also increased from C in cycle 1, B in cycles 2 and A in cycle 317
TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH ISLAM Paramudita, Alfiyan; Ridwan, iwan
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.234 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.91

Abstract

Academic supervision carried out by the headmaster is done only once in a semester. The lack of implementation of guidance of school principals on educators in the preparation of design of learning implementation, mastery and delivery of teaching materials. This study aims to uncover the processes of planning, implementing, and evaluating the academic supervision at Al-Aqsha Jatinangor Junior High School plus, West Java, Indonesia. The research method used is qualitative. The results of the study show that (1) Academic supervision in Al-Aqsa Junior High School plus is planned using individual and group techniques carried out within one year; (2) implementation of academic supervision with individual techniques monitored through surveillance cameras that have been installed in each class. Individual supervision of 46 educators involved 4 senior teachers namely Apit Miftahudin, Oih Baihaqi, Apip Hadi Susanto, and Saidiman; (3) supervision evaluation is carried out at the end of semester meeting together with the entire academic community of the Al-Aqsa Junior High School plus. Focus on follow-up training on academic supervision results at the Al-Aqsa Junior High School plus regarding instrument learning devices;
TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA PONDOK PESANTREN Hijaz, Muhammad Ihsan Alhusaeni; Wahyuni, Anisa; Hidayat, Wahyu
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.104 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.220

Abstract

Tata kelola pemeliharaan sarana dan prasarana Pondok Pesantren Alquran Al-Ghozaliyyah Citamiang Kota Sukabumi memiliki perbedaan perawatan dalam satu lingkungan, ada sebagian sarana dan prasarana yang terawat dan bersih namun ada beberapa sarana dan prasarana yang kebersihannya tidak terlalu diperhatikan. Hal ini terjadi karena minimnya pengawasan terhadap perawatan serta kebersihan di Pondok Pesantren. Perawatan sarana dan prasarana dilakukan dalam tiga tahap yaitu secara terus menerus, berkala dan darurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perawatan secara berkala tidak dilakukan pengawasan secara menyeluruh, yang diperhatikan hanya sarana dan prasarana yang terlihat atau dikunjungi oleh orang banyak  contohnya rumah kyai. Kesadaran dalam diri santri perlu ditingkatkan. Santri harus memiliki sense of belonging (rasa saling memiliki) terhadap sarana dan prasarana yang ada di Pondok Pesantren. Hukuman juga perlu diberikan kepada santri yang merusak atau mengotori sarana dan prasarana Pondok Pesantren. Hukuman yang diberikan harus memiliki unsur edukatif agar santri yang melanggar juga mendapatkan pelajaran atas apa yang telah dilakukan.
TATA KELOLA HUBUNGAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DI MADRASAH Fahruriza, Okta; Muflihin, Muhammad Hizbul
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.804 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.85

Abstract

Tujuan hubungan masyarakat (humas) di lembaga pendidikan ialah menciptakan citra lembaga yang terpecaya dimata masyarakat. Namun masih terdapat lembaga pendidikan keagamaan islam yang belum memiliki wakil kepala madrasah bidang humas. Humas madrasah dapat berupaya membangun komunikasi dengan masyarakat melalui media offline maupun online. Salah satu bentuk media online yang lazim digunakan saat ini adalah website. Tampilan menu pada website dirancang untuk menyasar pencari informasi yang diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yakni public internal dan public eksternal. Penelitian ini merupakan studi multikasus dengan tujuan untuk mengungkap tata kelola humas madrasah berbasis website berdasarkan teori klasifikasi sasaran penerima informasi, dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis dengan tampilan menu website sebagai sumbernya. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1 dari 5 subjek hanya menampilkan informasi yang menyasar eksternal public saja. Sedangkan 4 lainnya menampilkan menu dengan sasaran internal dan eksternal public.
IMPLEMENTASI SUPERVISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI Sholihin, Ahmad Iing; Supiana, Supiana; Hermawan, A. Heris
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.231 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.159

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkap pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Analisis dilakukan dengan reduksi dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilakukan dengan perencanaan program semester dan program tahunan. Kunjungan kelas dilakukan untuk mengevaluasi metode dalam proses pembelajaran. Tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala madrasah hanya dilakukan pada saat rapat rutinan. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan berkelanjutan sebagai pembinaan kepala madrasah dalam mengembangkan kualitas pembelajaran.
KIAI PONDOK PESANTREN MAHASISWA Prayoga, Ari; Mukarromah, Ima Siti
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.937 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.72

Abstract

The success of pondok pesantren depends on the expertise, depth of knowledge, authority, managerial, and skills of the kiai as a Central figure in pesantren. This study aims to reveal the role, function, and leadership characteristics of scholars in the Pondok Pesantren Universal Al-Islami Bandung (PPMU) or Ma'had Universal Al-Islamy. This study uses qualitative methods through a case study approach with single-case design. The results of the study show that (1) the leadership role of kiai as an architecture, educator, manager, administrator, entrepreneur, climator, Agent of Social Control and Relationship is implemented in the agenda and internal program of pesantren institutions; (2) the leadership function is carried out by internalizing the vision and mission of the institution, the team building of pesantren human resources, the decision making organization and external control conflict of the pesantren through activities with the civitas, the entire pesantren community and around; (3) leadership characteristics that arise according to the implementation of its function roles are religious charismatic, intellectual, trustworthy and social humanist. 

Page 1 of 2 | Total Record : 15