cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 207 Documents
PENINGKATAN KERJASAMA PADA MATERI PERUBAHAN BENDA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD Wati, Ida
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kerja sama siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 32 siswa. Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur  perencanaan, melakukan tindakan, observasi, refleksi. Hasil pembahasan diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama siswa pada materi perubahan benda. Kata Kunci: Hasil Belajar; Kerjasama; Tipe STAD
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS DESKRIPTIF MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL OTENTIK Soenoewati, Does Ichnatun Dwi
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menulis dianggap ketrampilan berbahasa yang mudah. Namun, menulis teks deskriptif berbahasa Inggris tidak hanya merangkai kata, frase, atau kalimat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswauntuk menulis teks deskriptif berbahasa Inggris melalui media visual otentik. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VII/E SMP Negeri 3 Semarang semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 20 siswa (62,5%) bisa menulis teks deskriptif berbahasa Inggris dengan lebih bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus selama 4 pertemuan. Pada tindakan pertama, siswa mendeskripsikan orang tertentu. Pada tindakan ke dua, siswa mendeskripsikan benda dan tempat tertentu. Penelitian kualitatif dengan metode analisa data triangulasi sumber data menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan jumlah siswa mencapai KKM, dari hanya 5 siswa (15,63%), menjadi15 (46,88%) pada Siklus I dan 26 siswa (81%) pada Siklus II. Simpulannya, pembelajaran melalui media visual otentik dapat meningkatkan kompetensi siswa untuk menulis teks deskriptif berbahasa Inggris dengan lebih bervariasi. Kata Kunci: Menulis Teks Deskriptif Berbahasa Inggris; Media Visual Otentik
PENGANTAR EDITOR -, Dewan Penyunting
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan pendidikan menjadi isue penting manakala diarahkan dengan tujuan utamanya adalah pengembangan sumber daya manusia Indonesia kompeten mengadapi pusaran arus global. Era masuknya penerapan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dan pelaksanaan APEC tidak bisa dihindari dan dielakan begitu saja, tetapi  sebagai bangsa besar  justru harus menghadapi dengan strategi dan proses pengembangan SDM yang tepat dan efektif. Pembangunan pendidikan secara makro dalam mengantarkan masyarakat cerdas dan terdidik pada galibnya tidak bisa optimal, manakalah tidak diimbangi oleh pembangunan pendidikan secara mikro.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUKUR BESARAN DASAR FISIKA MELALUI METODE STAD -, Casmuti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMPN 1 Bojong Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 40 siswa, terdiri dari 20 siswa putri dan 20 siswa putra. Prosedur tindakan kelas ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada kompetensi mengukur Besaran Dasar Fisika meningkat, yaitu nilai rata-rata yang menghasilkan 67 atau lebih, dan siswa yang mendapat nilai 67 atau lebih minimalh 85% dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh prosentase siswa yang tuntas belajar menunjukkan adanya peningkatan. Siklus I nilai rata-rata kelas 72,75, siswa yang memperoleh nilai ?67. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 79,75 siswa yang memperoleh nilai ?67 sebanyak 34 anak dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%. Simpulan penelitian penerapan metode STAD dapat meningkatkan kemampuan mengukur Besaran Dasar Fisika.Kata Kunci: Besaran Dasar Fisika, Metode Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL CERITA DIRI MELALUI METODE IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) Ningtiyanti, Sri Utami
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal cerita diri siswa melalui penerapan metode IOC (Inside Outside Circle). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD yang berjumlah 23 siswa. Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, melakukan tindakan, observasi, refleksi. Kesimpulan penelitian adalah Pertama, melalui penerapan metode IOC (Inside Outside Circle) dapat meningkatkan kemampuan mengenal cerita diri pada siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil tes tertulis dan tes praktik yang meningkat dan telah memenuhi indikator kinerja. Kedua, melalui penerapan metode IOC dapat meningkatkan ketertarikan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, peningkatan ketertarikan dan keaktifan siswa dilihat dari hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dan telah mencapai kategori aktif. Kata Kunci: Aktivitas Siswa; Mengenal Cerita Diri; Metode IOC (Inside Outside Circle)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI Werdiningsih, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 27 siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, melaksanakan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,17 dengan kriteria tinggi. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 4,0 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran penjumlahan pecahan dapat meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan pecahan. Kata Kunci: Hasil Belajar; Menghitung Penjumlahan Pecahan; Metode Demonstrasi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI KEBERSAMAAN DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI METODE INKUIRI -, Sumarni
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Wuluh Kecamatan Siwalan Pekalongan pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui metode inkuiri pada semester gasal tahun 2010/2011, yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus dilakukan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada akhir siklus 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar 65, ketuntasan belajar klasikal 67%. Siklus II rata-rata tes hasil 78,3 dan ketuntasan belajar klasikal 93,33%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn dan sebaiknya digunakan dalam pembelajaran pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila. Kata Kunci: Metode Inkuiri, PKn, Meningkatkan Kualitas.
PENGGUNAAN METODE DRILL PADA MATERI AJAR PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN -, Sutarmiyati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Terbukti dari peningkatan pada nilai rata-rata ulangan pada setiap siklus yaitu pra siklus 64,19; siklus I 71,84; dan siklus II 90,19 diikuti juga peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase nilai setiap siklus yaitu pra siklus 24%; siklus I 51%; dan siklus II 96%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Kata Kunci: Metode Drill, Bermain Kartu, Prestasi Belajar
PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK -, Mami
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Subjek penelitiannya adalah seluruh guru kelas berjumlah 6 guru terdiri dari 3 guru laki-laki dan 3 guru perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah teknik  non tes. Sesuai dengan materi pembinaan yaitu tentang kemampuan melaksanakan pembelajaran maka alat pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi atau evaluasi dengan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik bagi guru dapat ditingkatkan. Dari rata-rata nilai pada kondisi awal yang hanya 60  dapat ditingkatkan menjadi 76 (26,67 %) di akhir siklus I dan menjadi sekitar 89,33 (17,54 %) akhir siklus II, dan dari kondisi awal samapai dengan akhir siklus II nilai supervisi meningkat 29,33 point (48,88 %).Kata Kunci: Supervisi Akademik; Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH DENGAN METODE MAKE A MATCH -, Sutirto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perkalian bilangan cacah pada siswa melalui penerapan metode Make a Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) melalui penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian bilangan cacah pada siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil tes formatif siswa yang meningkat dan telah memenuhi indikator kinerja, dan (2) melalui penerapan metode Make a Match dapat mendorong siswa lebih senang belajar Matematika, keberhasilan tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran yang meningkat dan telah mencapai kategori aktif. Kata Kunci: : Kemampuan Menghitung; Metode Make a Match; Perkalian Bilangan Cacah

Page 1 of 21 | Total Record : 207