cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
khairuddin@staff.uma.ac.id
Phone
+6281377116720
Journal Mail Official
jurnalp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.M. Yamin SH No 225 Medan, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Published by Mata Pena Madani
ISSN : 27215393     EISSN : 27215385     DOI : -
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional di seluruh konteks pendidikan 2) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang psikologi 3) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang kesehatan. Mengutamakan hasil-hasil penelitian lintas disiplin ilmu dan temuan-temuan terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan. J-P3K terbit tiga kali dalam setahun yaitu April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang Saragih, Adelin Australiati
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.739 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang anak tunagrahita kategori sedang yang belum mampu memakai pakaian khususnya pakaian berkancing secara mandiri . Orang di sekitar anak yaitu orang tua dan guru terbiasa untuk memberikan bantuan saat melihat anak tidak bisa melakukannya. Hal ini menyebabkan anak kurang mampu mengembangkan keterampilan bina diri secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan single subject design dengan desain A-B. Adapun metode yang digunakan untuk mengajarkan berpakaian pada anak tunagrahita yaitu dengan intervensi modifikasi perilaku backward chaining yang melibatkan empat langkah sederhana memakai pakaian berkancing. Keberhasilan dari pemberian metode ini dilihat dari perubahan perilaku yang ditunjukkan anak sebelum diberikan intervensi(fase baseline) dengan saat dijalankannya/ setelah intervensi (fase treatment dan follow up). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode backward chaining dapat meningkatkan keterampilan berpakaian anak tunagrahita kategori sedang. Orang tua dan guru dari anak tunagrahita juga memberikan kesempatan pada anak untuk memakai pakaian secara mandiri dengan dibantu oleh pemberian petunjuk (prompt) dan penguatan positif.
Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Harahap, Dinda Permatasari
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.793 KB)

Abstract

Kemampuan literasi menjadi komponen penting dalam perkembangan anak. Kemampuan literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca dan menulis. Tingkat literasi siswa Sekolah Dasar di Indonesia masih tergolong dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan oleh masih ditemukannya siswa Sekolah Dasar yang belum bisa membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak metode silabel dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Sekolah Dasar yang berusia 9 tahun. Partisipan mengalami kesulitan belajar terutama kesulitan membaca. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca partisipan yakni metode silabel. Metode silabel merupakan metode yang menggunakan suku kata untuk mengajarkan siswa belajar membaca. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama tiga bulan. Peneliti memberikan pelatihan membaca dengan metode silabel yang dilakukan selama 11 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode silabel dapat meningkatkan kemampuan membaca pastisipan. Partisipan mampu mengenali huruf, melafalkan huruf, menulis huruf, serta membaca kata dengan baik.
Stres Kerja ditinjau dari Job Satisfaction pada Karyawan PT. SumatraSarana Sekar Sakti Medan Fredy, Fredy; Pasaribu, Ina Evita Sari; Elvinawanty, Rianda
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.53 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara job satisfaction dengan stres kerja. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para karyawan PT. SumatraSarana Sekar Sakti Medan sebanyak 106 karyawan yang dipilih dengan metode teknik nonprobability yaitu sampel jenuh atau sering disebut total sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur stres kerja dan job satisfaction. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Produck Moment melalui bantuan SPSS 20 for windows. Hasil data analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0.197 dengan p sebesar 0.021 (p < 0.05). Ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara job satisfaction dengan stres kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel job satisfaction terhadap stres kerja adalah sebesar 3.9% dan selebihnya 96.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara job satisfaction dengan stres kerja, dapat diterima.
Dukungan Sosial dan Subjective Well Being Siswa Sekolah Singosari Delitua Nugraha, M. Fadli
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.485 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran dukungan sosial dan subjective well being siswa yang ada di sekolah Singosari Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Populasi seluruh siswa kelas 12 dan sampelnya sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala jenis likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hail penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dukungan sosial siswa rendah. Terlihat dari hasil empiris dari dukungan emosional hanya 2 siswa yang tinggi dan 30 siswa sedang dan 68 siswa rendah. Dukungan penghargaan tidak memiliki siswa yang tinggi dan sendang ada 24 siswa, rendah ada 76 siswa. Dukungan instrumental ada 6 siswa tinggi, 19 siswa sedang dan 75 rendah. Kemudian dukungan informatif ada 4 siswa tinggi, 31 sedang dan 65 rendah. Kemudian siswa yang indikator kebahagiaannya tinggi ada 3, sedang 26 dan rendah 71 siswa. Indikator kepuasan hidup ada 2, sedang 32 dan rendah 66 siswa.
Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together) Di Mts Pp. Nurul FalahTanjung Marulak Kec. Sei Kanan Tanjung, Siti Maryam
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.536 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII MTs, terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis tindakan dalam penelitian ini berdasarkan siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus dilakukan sekali pertemuan dan diakhir pertemuan diadakan tes untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui: (1) Minat dan hasil belajar SKI siswa sebelum menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together dan (2) Minat dan hasil belajar SKI siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) materi perkembangan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah. Hasil penelitian Tindakan kelas ini dapat dikemukakan bahwa minat belajar pra tindakan dari 30 siswa minat belajar yang tinggi terdapat 5 siswa (16,7%), Minat belajar yang kategori sedang sebanyak 8 siswa (26,7%) dan 17 siswa (56,7%) memiliki minat belajar rendah. pada siklus I minat belajar yang tinggi 12 atau 40% siswa, minat belajar yang Sedang sebanyak 7 atau 23,3% siswa, dan 11 atau 36,7% siswa memiliki minat rendah, Sedangkan pada siklus II minat belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan, 24 atau 80% siswa memiliki minat yang tinggi, kategori sedang 6 atau 20% siswa. Sedangkan hasil belajar pada pra tindakan dari 30 siswa 20 atau 66,7% siswa belum mencapai batas ketuntasan dan hanya 10 atau 33,3% siswa. Siklus I 18 atau 60% siswa yang tuntas, 12 atau 40% siswa yang tidak tuntas. Sedangkan siklus II 26 atau 86,7% siswa yang tuntas, 13,3% siswa yang tidak tuntas.
Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan Widyastari, Dewinta; Atrizka, Diny; Ramadhani, Beby; Damanik, Devi S
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.924 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan asumsi semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki siswa-siswi, maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dimiliki siswa-siswi dan sebaliknya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan sebanyak 127 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur prokrastinasi akademik dan kontrol diri. Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefesien korelasi sebesar -0.698 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Artinya ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 48.7 persen dan selebihnya 51.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik, dapat diterima.
Gambaran Psychological Capital dan Work Engagement Fachrian, Arif
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.272 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiric gambaran Psychological Capital dan Work Engagement pada karyawan Yayasan Medan Plus Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling dan didapatkan sebanyak 48 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala Psychological Capital dan skala Work Engagement. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan dari 48 orang. Hasil penelitian menunjukan dari 48 orang yang memiliki self efficacy dalam kategori tinggi sebanyak 31 orang, sedang 16 orang dan rendah 1 orang. Optimism dalam kategori tinggi sebanyak 30 orang, sedang 18 orang dan rendah 0 orang. Hope dalam kategori tinngi sebanyak 25 orang, sedang 20 orang dan rendah 3 orang. Resiliency dalam kategori tinggi sebanyak 35 orang, sedang 11 orang dan rendah 2 orang. Work Engagement dari 48 orang yang memiliki Vigor dalam kategori tinggi sebanyak 40 orang, sedang 8 orang dan rendah 0 orang. Absorption yang memiliki kategori tinggi sebanyak 38 orang, sedang7 orang dan rendah 3 orang. Dedication dalam kategori tinggi sebanyak 40 orang, sedang 5 orang dan rendah 3 orang.
Daya Tahan Terhadap Stres Pada Anak Jalanan Hafni, Merri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.73 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang bertujuan menggambarkan bagaimana daya tahan stress pada anak jalanan. Pada penelitian ini ada beberapa hal yang ingin diteliti :stressor, faktor yang mempengaruhi dan cara memperbesar daya tahan terhadap stress pada responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi gambarAnalisis data menggunakan model analisis interaktif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 3 orang dengan karakteristik antara lain usia dari 13-17 tahun, bekerja sebagai anak jalanan ± 3 tahun dan berdomisili di kota Medan. Hasil penelitian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak jalanan memiliki kesulitan ekonomi taraf bawah, pernah ditangkap oleh Pamong Praja, memiliki daya tahan stress dalam mengatasi masalah terburuk yang mereka hadapi sampai sekarang, dengan mengabaikan stressor, mencoba menerimanya sehinga mereka dapat melakukan penyesuain diri.
Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Oktariani, Oktariani; Ekadiansyah, Evri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.264 KB)

Abstract

Literasi merupakan kemampuan seseorang menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Melalui kemampuan literasi, seseorang tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan tetapi juga bisa menggunakan ilmu pengetahuaan dan pengalamannya untuk dijadikan rujukan di masa yang akan datang. Berpikir kritis merupakan proses berpikir intelektual di mana pemikir dengan sengaja menilai kualitas membuat keputusan ketika menggunakan semua keterampilan tersebut secara efektif dalam konteks dan tipe yang tepat.pemikirannya, pemikir menggunakan pemikiran yang reflektif, independen, jernih, dan rasional. Dengan kemampuan literasi yang baik, maka diharapkan kemampuan berpikir kritispun akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir yang dapat diterima akal reflektif yang diarahkan untuk memutuskan apa yang dikerjakan atau diyakini, dalam hal ini tidak sembarangan, tidak membawa ke sembarang kesimpulan tetapi kepada ke kekesimpulan yang terbaik. . Dan hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam literasi, dengan literasi yang dilakukan individu seperti dengan membaca atau menyimak informasi atau cerita, maka individu dapat menemukan cara dalam menyelesaikan masalah, sehingga individu akan melakukan analisis dari permasalahannya tersebut, sehingga pada akhirnya akan membentuk karakter atau pribadi yang kritis.
Efektivitas Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Qomariyah, Laili; Az-zahra, Aning
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.663 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas knowledge sharing dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan one group pretest posttest. Dilakukan dengan melalui 2 tahap, yaitu pertama tahap uji validitas dan reliabilitas skala yang telah diadaptasi. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa 27 aitem memiliki nilai rxy antara 0,831 - 0,388 dan nilai signifikansi disetiap aitem berada pada rentang 0,000 - 0,012. Berdasarkan nilai r tabel (95%), n=41 adalah 0,308 maka skala tersebut dinyatakan valid (nilai r tabel 0,05). Uji hipotesis menggunakan T test related samples dan menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,909 dengan nilai signifikansi 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa antara pretest maupun posttest memiliki korelasi yang sangat kuat (p1,96; taraf signifikansi 95%) dengan nilai singnifikansi sebesar 0,025 (p

Page 1 of 2 | Total Record : 20