cover
Contact Name
Lilis Satriah
Contact Email
lilis.satriah@uinsgd.ac.id
Phone
+628172315449
Journal Mail Official
jurnal.irsyad@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
ISSN : 20864116     EISSN : 20864116     DOI : https://doi.org/10.15575/irsyad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Bimbingan dan Konseling Islam meliputi bimbingan konseling pendidikan Islam, bimbingan konseling mental Islam, bimbingan konseling karir Islam, bimbingan konseling Keluarga sakinah, bimbingan konseling paska bencana, bimbingan konseling Rohani Islam; penyuluhan Islam: penyuluhan sosial agama, penyuluhan penanggulangan NAPZA, penyuluhan keluarga berencana, penyuluhan remaja; media BKI: e-counseling Islam; training Islam, dan motivasi Islami. Naskah yang masuk ke editor jurnal sebelum dipublikasikan akan melewati penilaian melalui double blind review, artinya baik penulis maupun reviewer tidak saling mengetahui.
Articles 91 Documents
Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Resiliensi Anak Korban Banjir Rachmat, Neneng Ririn Meidina
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.423 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i3.902

Abstract

The research explains about the resilience condition of flood victims before following group counseling, to increase the resilience of flood victim children after following the group in Baleendah. The method used in this research is descriptive by using qualitative approach. The technique of collecting data is done through observation, direct interview with children of flood victim, mentors/ school counselors of Rescue and headmaster of Rescue, clarify the data and the result of this research describes that group counseling services done by Rescue school in Baleendah evacuation, have an effective result and very influential on resilience condition of the children in the place. Penelitian ini mengungkapkan tentang kondisi resiliensi anak korban banjir sebelum mengikuti konseling kelompok, konseling kelompok dalam meningkatkan resiliensi pada anak korban banjir, kondisi resiliensi anak korban banjir setelah mengikuti konseling kelompok di Baleendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara langsung dengan anak korban banjir, pembimbing/ konselor sekolah Rescue dan kepala sekolah Rescue, mengklarifikasi data dan menarik kesimpulan serta dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok yang dilakukan Sekolah Rescue di pengungsian Baleendah, memiliki hasil yang efektif dan sangat berpengaruh terhadap kondisi resiliensi anak-anak korban banjir di tempat pengungsian.
Bimbingan PrasekolahProgram After School Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Fauziah, Ashri Nurul; Fajar, Dadang Ahmad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.521 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v6i4.905

Abstract

The purpose of performance of this research areto know the process of implementation guidance of the preschool through the program before and after school in improving emotional intelligence. Both to find out the results of the process of the implementation of the guidance of preschool through the program before and after school in improving emotional intelligence. The methods used in this study i.e., descriptive methods with qualitative approach, i.e. describe systematically and accurately about the phenomenon that is being investigated. While the technique was taken in data collection i.e. observation, interview and documentation. The results of the program before and after school child's emotional intelligence against even the son became sensitive to the feelings of others and being able to work together, to resolve the conflict with friends, happy to share, learn responsible, communicative, relationship a good friend, cheerful, and able to listen to others. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan prasekolah melalui program after school dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak, untuk mengetahui hasil dari proses pelaksanaan bimbingan prasekolah melalui program after school dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai fenomena yang sedang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari program after school terhadap kecerdasan emosional anak yaitu anak menjadi peka terhadap perasaan orang lain, mampu bekerja sama, dapat menyelesaikan konflik dengan teman, senang berbagi, belajar bertanggung jawab, komunikatif, membina hubungan yang baik dengan teman, ceria, dan mampu mendengarkan orang lain.
Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Terhadap Aktualisasi diri Siswa Mulyati, Dede Sri
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.741 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.876

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui pelaksanaan konseling kognitif perilaku di SMA Al-Amanah; tingkat aktualisasi diri siswa di SMA Al-Amanah Ciwidey; dan pengaruh penerapan konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa kelas XII IPA SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh data, metode yang dilakukan ialah observasi lapangan, wawancara, dan penyebaran angket. Dalam penelitian ini terdapat hipotesis yaitu terdapat pengaruh antara konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa. Dari hasil penyebaran angket pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Al-Amanah Ciwidey, dilakukan uji regresi untuk mengetahui pengaruh menggunakan pengujian uji-t signifikansi 0,05 (α=5%). Dari hasil output SPSS Version 20 diperoleh Pv 0,012 artinya Pv < α, atau 0,012 lebih kecil dari nilai 0,05 maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konseling kognitif perilaku dan aktualisasi diri. Sedangkan, untuk mengetahui besarnya pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri menggunakan koefisien determinasi. Diketahui besarnya pada kolom R Square atau r2=0,100, atau koefisien determinasi dalam penelitian ini bila diubah menjadi persentase adalah 10%, dan sisanya 100% - 10% = 90% di pengaruhi oleh variabel lain selain layanan konseling kognitif perilaku.
Peran Pembinaan Rohani terhadap Disiplin Prajurit Ramdhan, Asep Muhamad; Sambas, Syukriadi
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.035 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know the process and role of spiritual guidance to soldier discipline in carrying out the main task of TNI. In this study used descriptive method with a qualitative approach, in order to easily understand the phenomenon of the real spiritual guidance of Islam given to soldiers. The steps undertaken in this research include observation, interviews, and last search for various documents of coaching which is then analyzed. The results of the research found the spiritual guidance provided by the coach to the soldiers can play a role in establishing and maintaining the discipline of soldiers to carry out basic tasks of the TNI. This can be seen from the decrease in the level of discipline violations, either mild or heavy and the low level of divorce of soldiers. Keywords: spiritual guidance; army discipline; main duty of Indonesian Army Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan peran dari pembinaan rohani terhadap disiplin prajurit dalam menjalankan tugas pokok TNI. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, agar mudah memahami fenomena secara nyata tentang pembinaan rohani Islam yang diberikan kepada prajurit. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, dan terakhir mencari berbagai dokumen pembinaan yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan rohani yang diberikan pembina kepada para prajurit dapat berperan dalam membangun dan menjaga disiplin prajurit untuk menjalankan tugas pokok TNI. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya tingkat pelanggaran kedisiplinan baik yang bersifat ringan ataupun berat dan tingkat perceraian prajurit yang rendah. Kata Kunci : pembinaan rohani; disiplin prajurit; tugas pokok TNI
Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Azhar, Ajeng Nuraliyah; Kusnawan, Aep; Miharja, Sugandi
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.811 KB)

Abstract

This study aims to determine the implementation, evaluation, and follow-up of group guidance services in improving student learning discipline in SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. This research uses descriptive method, because the researcher trying to describe the subject or object of research as it is, the problems and the object of research in class XI SMAN 1 Tambun Utara.Digambarkan plainly and actual, it can be described from the current phenomena status at the time.Teknik data collection used is observation and interview. The findings show that despite the limitations of religious knowledge and some obstacles, the counselor strives to play a role in the effort to tackle students who violate school rules based on group guidance approaches in collaboration with religious teachers and homeroom teachers. And also insert religious approaches any material presented by the tutor can successfully cope with some cases and reduce the case of undisciplined students in SMAN 1 Tambun Utara especially class XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, karna peneliti berusaha menggambarkan subjek atau objek penelitian apa adanya, permasalahan dan objek penelitian di kelas XI SMAN 1 Tambun Utara. Digambarkan secara gamblang dan aktual, hal tersebut dapat kita gambarkan dari status fenomena yang ada pada waktu sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa meskipun dengan keterbatasan pengetahuan agama dan terdapat beberapa hambatan, namun pembimbing berusaha untuk melakukan perannya dalam upaya menanggulangi siswa yang melanggar aturan sekolah berbasis pendekatan bimbingan kelompok dengan bekerja sama dengan guru agama dan wali kelas. Dan juga menyisipkan pendekatn agama di setiap materi yang di sampaikan oleh pembimbing dapat berhasil menanggulangi beberapa kasus dan mengurangi kasus siswa yang tidak disiplin di SMAN 1 Tambun Utara khususnya kelas XI.
Pengaruh Bimbingan dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Septiani, Maya Nadia
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.775 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.877

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku menghambur-hamburkan uang dengan memebeli barang yang tidak sesuai kebutuhan atau sesuai kebutuhan tetapi membelinya secara berlebihan. Remaja merupakan salah satu sasaran penjualan yang tentunya tidak sedikit yang tergiur oleh produk tersebut dan terjerumus kedalam perilaku konsumtif. Bimbingan dan konseling individu dilakukan untuk membantu remaja mengurangi periaku konsumtif yang sudah diketahui banyak menimbulkan dampak negatif. Bagi dirinya, kehidupan ekonomi keluarganya maupun kehiduannya dalam bergaul. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumtif remaja dan pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap perilaku konsumtif remaja. Metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini adalah metode kuantitatif. Semua data yang dihasilkan nanti berupa angka-angka berdasarkan pada penghitungan menggunakan SPSS (Statistical Package for the social sciences). nilai perilaku konsumtif 50% subjek berada diatas 4,00 sedangkan 50% lagi berada di bawah 4,00. Berdasarkan perhitunga menggunakan SPSS, nilai KD yang diperoleh adalah 0.566 x 100% = 56.60% , dapat ditafsirkan bahwa variabel X (Bimbingan dan Konseling Individu) memiliki pengaruh sebesar 56.60% terhadap variabel Y (Perilaku Konsumtif) dan 64.40% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X.
Layanan Bimbingan Konseling Keluarga Untuk Meminimalisasi Angka Perceraian Purnamasari, Intan Asti
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 1 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.333 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i1.884

Abstract

Research conducted in the Office of Religious Affairs (KUA) Cileunyi this program to counseling the family aims to find out how the program and the process of implementation of family counseling to minimize the rate of divorce and know what are the supporting factors and inhibitors in the implementation of family counseling counseling program and how the results of implementation of the family counseling counseling program. The method used in this research is using qualitative methods by collecting data from interviews with KUA and observations made to the implementation. So the result of this research is known that family counseling program can not minimize the divorce rate because in prove with the data of divorce rate in Sub Cileunyi which every month counted increase. Penelitian yang dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) Cileunyi ini terhadap program bimbingan konseling keluarga bertujuan untuk mengetahui bagaimana program dan proses pelaksanaan bimbingan konseling keluarga untuk meminimalisasi angka perceraian serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program bimbingan konseling keluarga dan bagaimana hasil dari pelaksanaan program bimbingan konseling keluarga tersebut. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara dengan pihak KUA serta hasil observasi yang dilakukan terhadap pelaksanaanya. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa program bimbingan konseling keluarga belum bisa meminimalisasi angka perceraian karena di buktikan dengan adanya data angka perceraian di Kecamatan Cileunyi yang setiap bulannya terhitung meningkat.
Proses Bimbingan Sosial dalam Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak Halimah, Neng Helmi Siti; Muttaqin, Zaenal
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.161 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine the process of social guidance in the handling of sexual violence in children conducted by UPT P2TP2A; to know UPT-P2TP2A supporting and inhibiting factor for social guidance in handling child sexual abuse cases; to know the change of counselee after following social guidance in handling of sexual violence in child according to counselor. This research uses descriptive method with qualitative approach. The reason is to describe what it is about the process of social guidance in the handling of sexual violence perpetrated by UPT-P2TP2A in children. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Sources of data used in this study using two types of data, the first is the primary data that is Head UPT-P2TP2A, UPT-P2TP2A staff and Counselor who handles social guidance process. And second is secondary data that is book study, article, scientific paper (Journal), thesis and other information related to research problem. The results of this study indicate that social guidance conducted UPT P2TP2A for children experiencing sexual violence that there are some stages of guidance for children who have sexual violence that is the stage of introduction, stages of work and the final stage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bimbingan sosial dalam penanganan Kekerasan seksual pada anak yang dilakukan oleh UPT P2TP2A; untuk mengetahui faktor pedukung dan penghambat UPT-P2TP2A untuk melakukan bimbingan sosial dalam penanganan kasus kekerasan seksual pada anak; untuk mengetahui perubahan konseli setelah mengikuti bimbingan sosial dalam penanganan kekerasan seksual pada anak menurut konselor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alasannya untuk mendeskripsikan apa adanya mengenai proses bimbingan sosial dalam penanganan kekerasan seksual yang dilakukan oleh UPT-P2TP2A pada anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data, yang pertama adalah data primer yaitu Kepala UPT-P2TP2A, staff UPT-P2TP2A dan Konselor yang menangani proses bimbingan sosial. Dan yang kedua adalah data sekunder yaitu studi buku, artikel, karya ilmiah (Jurnal), skripsi dan informasi lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan sosial yang dilakukan UPT P2TP2A bagi anak yang mengalami kekerasan seksual bahwa ada beberapa tahapan bimbingan bagi anak yang memiliki kekerasan seksual yaitu tahapan perkenalan, tahapan kerja dan tahapan akhir.
Bimbingan Keagamaan di Daerah Pesisir Inayah, Ineu; Zanah, Mu'minatul; Tajiri, Hajir
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.731 KB)

Abstract

The research is purpose; first, to know the religious condition in seaboard of Muaragembong, Second, to know the implementations of religious guidance in society of muaragembong seaboard, third, to know the result of religious guidance in society of muaragembong seaboard. The research is using descriptive method by qualitative approach, that is systematically describing and accurately about condition of religious and implementation of religious guidance in seaboard of Pantai Bahagia village, Muaragembong subdistrict of Bekasi regency. Technique of collecting data in this research by observation, interview, and literature study. The result of research, the condition of religious is Islam majority, the religious activity that is weekly and monthly study of religious, Friday take pray, pray together, tahlil, aqiqah, reciting of Yasin verse, and commemorating red-letter days of Islam, in addition to that, there are any fisher ceremony in every year who called commonly as sea party, or Nadran (native culture) by religious ritual. The implementation of religious by directly method every day after pray together, one week is mothers and fathers religious study, one month on fourth week is general study of religious, and every one year is the ceremony of fishers. By looked be present the quantity of jama’ah, the quality of people comprehension to Islam, increasingly by result of interview about it, nowdays the society be conviced about their requirement of religious spirituality. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kondisi keagamaan di daerah pesisir muaragembong, mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan di masyarakat daerah pesisir muaragembong, mengetahui hasil bimbingan keagamaan di masyarakat daerah pesisir muaragembong. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis dan akurat tentang kondisi keagamaan dan pelaksanaan bimbingan keagamaan di daerah pesisir desa pantai bahagia kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian, kondisi keagamaan mayoritas beragama islam, kegiatan keagamaan yang ada yaitu pengajian mingguan, pengajian bulanan, sholat jum’at, sholat berjama’ah, tahlilan, aqiqahan, yasinan, dan memperingati hari-hari besar Islam, selain itu juga adanya syukuran para nelayan setiap tahun yang biasa disebut pesta laut atau kebudayaan leluhur (nadran) yang di sertai dengan ritual keagamaan. Pelaksanaan keagamaan dengan metode secara langsung dilaksanakan setiap hari setelah sholat berjama’ah, satu minggu sekali pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak, satu bulan sekali pada minggu ke empat pengajian umum, dan satu tahun sekali untuk syukuran para nelayan. Di lihat dari banyaknya jama’ah yang hadir, secara kualitas pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam semakin meningkat. hasil dari wawancara mengenai hal tersebut, masyarakat kini meyakini akan kebutuhan spiritual keagamaannya.
Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba melalui Terapi Religius di Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Inabah XIV Garut Asror, Aji Khojinatul; Fajar, Dadang Ahmad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.532 KB)

Abstract

The purpose of this research is: first to know the method applied in religious therapy in rehabilitating drug abuse victim in Inabah XIV Garut. Secondly to know the process of the implementation of relascal therapy victims of drug abuse in Inabah XIV Garut. Questions from this study include the first how the concept of religious therapy in rehabilitating victims of drug abuse in Inabah XIV Garut, the second how the implementation of the concept of religus therapy in the reduction of drug abuse victims in Inabah XIV Garut. This research uses a qualitative approach that produces data data obtained from the object of research with descriptive method through interviews, observation and documentation, which then analyzed by describing the primary and secondary data, reducing the data according to the needs of research and concluded to answer the research objectives. The results of the research found that the first concept of religious therapy in Inabah Garut using religious approach or religus therapy and tasawuf practice in rehabilitating victims of drug abusers, the second implementation of the concept of religious therapy in Inabah Garut that is by practicing the practice of worship for worship self-awareness, instilling awareness of servant relationship With the creator and restore the faith of the divine who can open the door of truth and light hidayah, then by observation the effectiveness of religious therapy used in Inabah can be seen and felt by the victims of drug abusers much better than before. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah : pertama untuk mengetahui metode yang diterapkan didalam terapi religius dalam merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba di Inabah XIV Garut. Kedua untuk mengetahui proses pelaksanaan terapi religus korban penyalahgunaan narkoba di Inabah XIV Garut. Pertanyaan dari penelitian ini diantaranya yang pertama bagaimana konsep terapi religius dalam merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba di Inabah XIV Garut, yang kedua bagaimana implementasi konsep terapi religus dalam merahabilitasi korban penyalahgunaan narkoba di Inabah XIV Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data primer maupun sekunder, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian dan disimpulkan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan, pertama bahwa konsep terapi religius di Inabah Garut menggunakan pendekatan keagamaan atau terapi religus dan amalan tasawuf dalam merehabilitasi korban penyalahguna narkoba, kedua implementasi konsep terapi religius di Inabah Garut yaitu dengan menjalankan amalan amalan ibadah untuk penyadaran diri, menanamkan kesadaran hubungan hamba dengan pencipta dan mengembalikan keimanan ilahiat yang bisa membuka pintu kebenaran dan cahaya hidayah, maka dengan dilakukannya observasi efektifitas terapi religius yang digunakan di Inabah dapat terlihat dan dirasakan oleh para korban penyalahguna narkoba yang jauh lebih membaik dari sebelumnya.

Page 1 of 10 | Total Record : 91