cover
Contact Name
Muhammad Nur Hadi
Contact Email
muallim@yudharta.ac.id
Phone
+62811375545
Journal Mail Official
nurhadi@yudharta.ac.id
Editorial Address
Jl. Yudharta No 7 Sengonagung Purwosari Pasuruan
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mu'allim
ISSN : 26558939     EISSN : 26558912     DOI : https://doi.org/10.35891/mu'allim.v2i1
Jurnal Mu’allim merupakan jurnal ilmiah yang memuat materi keislaman, kebudayaan, sosiologi keagamaan, Filsafat, dan Ekonomi Syariah. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli. Redaksi menerima, menyeleksi, dan mengedit naskah tanpa merubah konteks masalah setiap kontribusi tulisan ilmiah yang berupa artikel, hasil penelitian, refrensi buku, dan belum pernah diterbitkan dimedia lain.Tulisan yang dimuat tidak mencerminkan pendapat redaksi.
Articles 39 Documents
STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN M Dayat

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mencari konsumen karena calon siswa atau muridnya berlomba lomba dengan sendirinya untuk mendaftarkan diri sebagai konsumen pada lembaga pendidikan tersebut hal ini disebabkan minimnya penyedia jasa pendidikan pada saat itu, namun sekarang prinsip itu sudah tidak bisa di pakai lagi dan harus dihilangkan sebab dengan semakin bercokolnya lembaga pendidikan atau jasa yang sama membuat persaingan dalam dunia jasa pendidikan semakin ketat dan tak terelakkan lagi, sehingga konsumen dihadapkan pada sebuah pilihan-pilihan yang mungkin lebih baik dan lebih bisa memberikan kepuasan terhadap apa yang menjadi harapannya dibandingkan penyedia jasa pendidikan yang satunya. Dari latar belakang itulah kemudian menempatkan konsumen jasa pendidikan dimasa sekarang ini sebagai raja yang bisa memilih dan menentukan jasa pendidikan mana yang mereka sukai dan minati untuk memenuhi kebutuhannya. Suatu kenyataan bahwa tidak sedikit lembaga pendidikan khususnya swasta merasakan kesulitan yang cukup berat untuk mencari calon siswa, sehingga tak sedikit sebuah lembaga pendidikan mengalami kemerosotan jumlah pendaftarnya dari tahun ke tahun bahkan tak sedikit pula lembaga pendidikan yang harus tutup karena kekurangan siswa sebab tidak mampu lagi menutupi biaya operasionalnya tiap bulan.Nah agar dapat bertahan dan tidak mengalami kemerosotan jumlah konsumen suatu lembaga pendidikan maka pengelolah jasa pendidikan harus dapat dan mampu melakukan strategi –strategi dalam memasarkan jasa pendidikan agar dapat merebut calon konsumen.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN Maghfiroh, Nuril Wilda; Kirom, Askhabul; ., Munif

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat keberhasilan proses belajar di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : kemampuan guru, kemampuan siswa, metode mengajar, materi, sarana dan prasarana, motivasi, alat evaluasi, serta lingkungan, yang semuanya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yakni menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu yaitu pre-experimental design dengan menggunakan pola one group pretest–posttest yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Dengan demikian dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan terlaksana dengan melalui beberapa tahap yaitu pembuatan akun guru dan siswa, pembuatan group class, dan disertai dengan panduan cara penggunaan serta praktek penugasan. (2) media Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji T Paired Test yang menunjukkan nilai signifikan 0.000, karena signifikan < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan media edmodo adalah ada pengaruh.
PENGARUH KENAIKAN SUKU BUNGA BI DAN INFLASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH Sukamto

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/muallim.v2i2.2275

Abstract

Absract: The reality of the increase in world oil prices has prompted the Indonesian government to adopt a policy of increasing the price of fuel oil (BBM) which has caused the Indonesian economy to experience a drastic decline. The increase in fuel prices will be followed by an increase in the price of goods and services. This has caused the inflation rate in Indonesia to decline and further complicate the economic conditions of the people. Since the inflation rate has increased due to the government's policy of raising fuel prices, one of the steps taken by Bank Indonesia to control the inflation rate is to raise interest rates. However, in Islamic law, to avoid operating a bank with an interest system, Islam introduces the principles of muamalat as an alternative to banking in the form of Islamic banking business activities. The approach used by the author in this study is a quantitative approach with descriptive and regional methods by comparing one variable with another. So the appropriate collection technique is library research is to collect articles, journals, books and so on. The results showed that there was an influence between the increase in BI interest rates and inflation on the financial performance of syari'ah banks and there were several factors that influenced the increase in interest rates, among others: the need for funds, competition, government policies, etc. Several factors that influence inflation include: money supply, gross domestic product, exchange rates and interest rates.
REVITALISASI MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENINGKATKANHUBUNGAN TERHADAP MASYARAKAT Rumina

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/muallim.v2i2.2277

Abstract

Education is a shared responsibility between the family, government and community, for that the implementation of education requires good relations and cooperation between the three components. Starting from the existence of cases in the field and efforts to improve the quality of education programs in schools, the principal has a very strategic position. Principals can maximize the use of existing resources at schools to solve problems that arise and try as much as possible to utilize the resources available in the community around the school, therefore the need for management revitalization in improving relations with the community, thus solving problems can be overcome as well as possible. The techniques carried out are group meetings, face-to-face meetings, observation and participation, say in paper, the use of other communication media such as TV and telephone radio, planning, organizing, mobilizing, coordinating and controlling school and community relations activities. and schools that are able to make contact relations with their communities will be able to last a long time, instead can move forward. Even though in the beginning the school did not have many facilities, but its managerial ability to approach benefactors is influential people, people who love education and are accompanied by appealing and rational appeal for power, the school can last a long time.
PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM KELUARGA BEDA AGAMA DI DESA KAYUKEBEK KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN Misbah, M Islahuddin; Yusuf, Achmad; Wijaya, Yusuf

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keragaman agama di Indonesia merupakan sunnatullah yang harus disyukuri. Selain itu keragaman agama terkadang menjadi sebuah permasalahan, seperti yang terjadi pada saat bom Gereja di Surabaya yang menimbulkan korban banyak. Masyarakat Indonesia perlu ditanamkan pendidikan toleransi beragama sejak dini. Pendidikan toleransi beragama sendiri adalah proses usaha seseorang dalam membangun kesadaran untuk menerima, menghormati, menghargai pandangan, keyakinan, perilaku dan praktik keagamaan orang lain yang berbeda dengan pendirian sendiri dalam rangka membangun kehidupan bersama dan hubungan sosial yang lebih baik. Dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, pendidikan toleransi beragama merupakan solusi terbaik untuk menyelamatkan konflik yang terjadi karena perbedaan pandangan, keyakinan, perilaku dan praktik keagamaan dengan anggota keluarga ataupun orang lain. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan toleransi dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan itu meliputi menghormati, menghargai, tolong-menolong, bekerjasama, persamaan, keadilan, kebebasan dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pendidikan toleransi dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan itu menggunakan metode nasehat, keteladanan, pembiasaan, latihan, dan hukuman. Semua pelaksanaan pendidikan toleransi di keluarga beda agama tersebut di dalamnya sudah ada beberapa nilai pendidikan toleransi beragama seperti di atas.
IMPLEMENTASI GERAKAN SHALAT FARDLU SEBAGAI MOTIVASI ASPEK KESEHATAN Kosim, Nur; Hadi, Muhammad Nur

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Shalat fardu adalah salah satu bentuk ibadah utama yang diperintah oleh agama yang harus dilaksanakan secara kontinyu (istqomah) oleh seorang hambah. Selain itu shalat tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi ternyata gerakan-gerakan shalat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian dengan hasil analisis data yang di pakai di lapangan, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan implemenasi gerakan shalat Fardlu sebagai aspek motivasi kesehatan siswa telah dilakukan oleh kepala sekolah dan dewan guru. Mereka melakukan musyawarah sebelum ajaran baru dimulai. Hasil musyawarah adalah kegiatan shalat Dhuhur di laksanakan pagi hari shalat dhuha dan sebelum pulang anak-anak melakukan shalat dhuhur dengan berjamaah. (2) Implementasi gerakan shalat Fardlu sebagai motivasi aspek kesehatan siswa diaksanakan seelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Saat waktunya shalat Dhuhur, baik guru maupun siswa melaksanakan shalah Dhuhur berjamaah. Selain itu, saat menjelaskan materi kurikulum Fikih tentang shalat, guru juga memaparkan pentingnya gerakan shalat bagi kesehatan manusia. Hal ini memberikan semangat siswa untuk rajin melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah di Madrasah. (3) Faktor pendukung implementasi gerakan shalat sebagai motivasi aspek kesehatan adalah sumber daya manusia baik guru maupun siswa semangat dalam melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah. Sarana dan prasana berupa mushallah sangat mendukung kegiatan tersebut.
PENGARUH STATUS MAHASISWA MENIKAH TERHADAP INDEKS PRESTASI KOMULATIF (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN) Hidayatul Mahfiroh; Askhabul Kirom

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menikah pada saat masih kuliah memang merupakan suatu fenomena dalam lingkungan kita, meskipun masih dianggap sesuatu yang tidak biasa dan langka. Kekhawatiran yang sering dirasakan adalah kuliah menjadi terbengkalai. Tetapi hal ini memang membutuhkan komitmen yang kuat sehingga tidak mengganggu kuliah, lulus tediri pat waktu dan mencetak Indeks Prestasi Komulatif yang Istimewa. Namun, tidak semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Karena mahasiswa yang berstatus menikah mempunyai tanggung jawab ganda. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif.Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi.Penggunaan metode dokumentasi dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa sebelum dan sesudah menikah di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Hasil perhitungan statistik dalam penelitian ini adalah 3.60 untuk nilai rata-rata indeks prestasi komulatif mahasiswa sebelum menikah dan 3.21 untuk nilai rata-rata indeks prestasi komulatif mahasiswa sesudah menikah di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Kemudian diketahu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.001 yang mana nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pernikahan mempengaruhi nilai Indeks Prestasi Komulatif di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.
PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH8 DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI KELAS X MM SMK AL HIDAYAH WONOREJO PASURUAN Al-Muqtafa, Abdul Khobir; ., Muhammada

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran diperlukan berbagai strategi maupun media untuk meningkatkan belajar siswa dan mengurarangi rasa bosan siswa dalam proses belajar mengajar, dengan media menggunakan media yang menarik dan menyenangkan siswa akan lebih termotivasi dan semangat dalam belajar. Maka dari itu peneliti memberikan judul Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tulis dengan fokus penelitian sebagai berikut : 1). Bagaimana penggunaan Penggunaan Media Macromedia Flash8 2). Bagaimana respon dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah terhadap Penggunaan Media Macromedia Flash8 Dalam pembelaaran BTQ? 3). Bagaimana kelebihan dan kekurangan Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tuli al-quran ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Macromedia Flash8 dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Kelas X MM SMK Al-Hidayah Wonorejo Pasuruan Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Studi kasus. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan media Macromedia mampu mningkatkan hasil proses belajar siswa hal ini dapat dilihat dari respon dan hasil belajar siswa .Nilai respon siswa rata-rata 77%, dan hasil belajar siswa rata-rata 78,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon dan hasil nilai belajar siswa menggunakan media macromedia Flash8 lebih baik.
PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PASAR NONGKOJAJAR KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN Dina Uswatun Khasanah; Ahmad Ma'ruf

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan untuk:(1) mendekan model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan sebagai alternatif mewujudkan nilai-nilai agama Islam dalam mendukung pariwisata Pasuruan. (2) Untuk mendekan nilai-nilai agama Islam terdapat di model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan fokus studi kasus di wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan. Adapun subyek penelitian ini adalah pengurus masjid, wisatawan, dan pedagang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Aan Jaelani yakni sebuah wisata religi yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam yakni halal, dan memuat 5 indikator wisata religi seperti wisata religi yang berkonsep budaya dan terikat dengan sejarah Islam, bentuk bangunan yang unik, dan diperuntukkan bagi muslim dan non muslim. Selain itu, wisata religi ini mampu sebagai alternatif dalam mewujudkan nilai-nilai agama Islam yang tertuang dalam berbagai kegiatan seperti nilai aqidah, ibadah, muamalah, dan mampu mendukung pariwisata Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksana disana. Hal inilah yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung baik sekedar berwisata maupun sambil beribadah.
IMPLEMENTASI ADMINISTRASI DAN PEMBUKUAN PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH Sri Mulyani; Siti Nurul Amaliyah; Avita Badiatus; Ifatur Rohmah; Moch. Fahmi Rizki

Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/mu'allim.v2i1.2198

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of administration and financial bookkeeping in Koperasi Murni Amanah Sejahtera Malang City. This research is a qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. The result of this research is that in the implementation of administrative financing and bookkeeping financing in Koperasi Murni Amanah Sejahtera Malang City prioritizes the principle of prudence because in this case the administration of financing is an inseparable part of the financing activity itself. Implementation of financing administration and bookkeeping carried out at Koperasi Murni Amanah Sejahtera Malang City include the making of a Financing Approval Confirmation Letter (SP3), administration and bookkeeping of financing contracts, administration and bookkeeping of collateral binding, administration and bookkeeping of collateral insurance cover closure, administration and bookkeeping disbursement (Disbursement of Financing).

Page 1 of 4 | Total Record : 39


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue