cover
Contact Name
Husnaini Jamil
Contact Email
husnainijamil22@gmail.com
Phone
+6285363792004
Journal Mail Official
jurnalnaskhiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin, No. 20, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
NASKHI
ISSN : 25275747     EISSN : 27163369     DOI : https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
Core Subject : Education,
Jurnal Naskhi adalah Jurnal pengkajian pendidikan dan Bahasa Arab untuk manampung dan menyebarluaskan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian dosen internal IAI Muhammadiyah Sinjai maupun peneliti/ dosen dari eksternal IAI Muhammadiyah Sinjai. Di Samping itu, dapat pula memuat artikel hasil karya oleh mahasiswa. Tulisan-tulisan memuat materi pada bidang Pendidikan Agama Islam, juga artikel jurnal hasil kajian pendidikan dan keagamaan secara umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Takdir, Takdir
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.65

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab sangatlah dibutuhkan suatu metode dan pendekatan yang baru agar pembelajaran bahasa Arab terasa lebih menyenangkan. Sebagian besar siswa merasa bahwa pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang terkesan membosankan karena selalu diperhadapakan dengan sederet hafalan, terlebih lagi pada pembahasan Nahwu dirasa sulit oleh siswa dalam mempelajarinya. Maka kehadiran Quantum dalam pembelajaran bahasa Arab dapat memberikan nuansa baru yang lebih aplikatif, komunikatif tanpa mengurangi esesnsi dari materi pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Dalam tataran aplikatif, model pembelajaran Quantum menekankan pada kemampuan guru untuk mengkaitkan materi pelajaran yang sedang diajarkan dengan pengalaman, peristiwa, perasaan dan pikiran yang pernah atau sedang dialami siswa. Setelah keterkaitan tersebut tercipta, maka guru akan mampu membawa dunia murid masuk kedunianya, dan disaat itulah waktu yang tepat untuk memberikan informasi baru yang akan masuk pada dunia siswa. Teknik ini akan membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi pelajaran.
METODE GRAMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Kusnadi, Kusnadi
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.66

Abstract

Metode merupakan salah satu alat untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Selain itu juga, metode juga sebagai pelicin jalan pengajaran menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada metode gramatikal ini, guru tidaklah mengajarkan kemahiran berbahasa, tetapi terfokus pada pembelajaran gramatika (Nahw sharaf). Dalam pengajarannya, guru berasumsi bahwa ramatika atau kaidah-kaidah bahasa lebih penting dibandingkan dengan kemahiran berbahasa. Ciri utama yang dimiliki metode ini. Pertama, menitik beratkan keterampilan membaca, menulis, dan terjemah. Tetapi kurang memperhatikan keterampilan membaca. Kedua, menggunakan bahasa ibu peserta didik sebagai bahasa pengatar dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, metode ini menggunakan penerjemahan sebagai strategi utama dalam mengajar. Ketiga, memperhatikan sisi gramatikal sebagai sarana pembelajaran bahasa asing. Keempat, guru sering kali memfokuskan analisis gramatika atau tata bahasa pada kalimat-kalimat bahasa yang dipelajari. Metode gramatika dan terjemah sangat menekankan pembelajaran pada kosakata dan tata bahasa. Keterampilan membaca dan menulis adalah keterampilan yang diutamakan dalam pembelajaran. Bahasa tulisan lebih diutamakan daripada bahasa lisan karena itulah kemudian para peserta didik mempelajarinya. Bahan pelajaran bahasa disusun berdasarkan urutan tata bahasa pada bahasa sasaran (bahasa arab).
PENDEKATAN DAN METODE AUDIO LINGUAL Sardiyana, Sardiyana
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.67

Abstract

Bahasa ialah suatu realitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tumbuh kembangnya manusia pengguna bahasa itu. Realitas bahasa dalam kehidupan ini semakin menambah kuatnya eksistensi manusia sebagai makhluk berbudaya dan beragama. Berbicara mengenai bahasa, kita akan mengenal adanya bahasa kedua atau bahasa asing selain bahasa ibu. Tujuan utama pembelajaran bahasa asing adalah kemampuan pelajar dalam menggunakan bahasa itu baik lisan maupun tulis. Kemampuan menggunakan bahasa dalam dunia pengajaran bahasa disebut keterampilan berbahasa. pendekatan teori yang mendasari pengajaran bahasa, yaitu teori tata bahasa tradisional dan struktural. Metode audiolingual adalah metode mendasarkan diri kepada pendekatan struktural dalam pengajaran bahasa. Sebagai implikasinya metode ini menekankan penelaahan dan pendeskripsian suatu bahasa yang akan dipelajari dengan memulainya dari sistem bunyi (fonologi), kemudian sistem pembentukan kata (morfologi), dan sistem pembentukan kalimat (sintaksis).Langkah-langkah pembelajaran metedo Audio Lingual yaitu pelajar harus menyimak, kemudian berbicara, lalu membaca, dan akhirnya menulis, tata bahasa harus disajikan dalam bentuk pola-pola kalimat atau dialog-dialog dengan topik-topik situasi-situasi sehari-hari, latihan (drill/al-tadribat) harus mengikuti operant-conditioning, semua unsur tata bahasa harus disajikan dari yang mudah kepada yang sukar atau bertahap (graded exercise/tadarruj/al-tadrib), kemungkinan-kemungkinan untuk membuat kesalahan dalam memberi respon harus dihindarkan, sebab penguatan positif dianggap lebih efektif dari pada penguatan negatif.
تطوير كتاب متن الأجرومية بالمدخل القرآني والاتصالي بالتطبيق على معهد مفتاح العلوم الشرعية سومطرى الغربية Jamil, Husnaini
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.68

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa ilmu nahwu adalah alat utama yang dibutuhkan santri dalam memahami kitab-kitab klasik berbahasa Arab yang memuat teks-teks kajian keagamaan. Kitab pertama yang menjadi rujukan santri adalah Kitab Matan Ajrumiyyah karya Ibn Ajurrum, namun sebagai sebuah rujukan pertama, kitab ini memiliki beberapa kekurangan, seperti tampilan fisik kitab yang tidak relevan dengan situasi dan kondisi santri zaman sekarang, bahasa yang digunakan, dan tidak dilengkapinya kitab dengan berbagai komponen penunjang pengetahuan lainnya. Karena itulah, peneliti mencoba mengembangkannya dengan memanfaatkan pendekatan qur’ani dan komunikatif. Terdapat 3 tujuan dalam penelitian ini, 1) mengetahui proses pengembangan kitab Matan Ajrumiyyah dengan 2 pendekatan di atas, 2) mengetahui karakteristik kitab Matan Ajrumiyyah setelah dikembangkan, dan 3) mengetahui tingkat efektifitas dari kitab yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, dan soal latihan. Berdasarkan angket, maka produk ini layak untuk digunakan dengan persentase 85,29 % santri menyukai produk ini. Karakteristik yang dimiliki produk ini, di antaranya: mencakup semua komponen buku ajar yang baik, menggunakan bahasa yang komunikatif, contoh berasal dari ayat Alqur’an, memiliki tampilan yang menarik. Setelah diuji coba, buku ini mampu memberikan efek positif pada pemahaman santri terhadap materi ilmu nahwu yang terbukti dengan hasil uji t 2,07 < 3,71 > 2,840.
العلاقة بين الكفاءة اللغوية العربية وفهم مادة التفسير لطلبة كلية أصول الدين بجامعة علاء الدين الإسلامية الحكومية مكاسار Agung, Nur
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.69

Abstract

اللّغة مبدأ من المبادئ الهامّة في بناء الحضارة الإنسانية وتطويرها. فلذلك يعلّم الله أوّل الناس الذي طلبه لبناء الحضارة في الأرض أي آدم عليه السّلام،اللغة على وجه خاصّ. وقال بعض المفسّرين، فإن اللغة التي يعلّمها الله إلى النبي آدم هي اللغة العربية. اللغة العربية لا يمكن انتفصل من الإسلام. ولذلك فإن تعلّم اللغة العربية في إندونيسيا كاد مؤكدا أن أهدافها دراسة تعاليم الإسلام وتعميقها من خلال الكتب العربية في مجال التفسير والحديث والفقه والعقيدة والتصوّف وغيرها. كانت جامعة علاء الدين الإسلامية الحكومية مكاسار لديها أقسام متنوعة، منها قسم تفسير القرآن. وفيه، كانت الطلبة تلزم عليهم تعلّم اللغة العربية، وخاصة للطلبة في المستوى الأولى إلى المستوى السادسة، لأن اللغة العربية لها مكانة هامّة للمفسّر. ولكن الطلبة في المستوى الخامسة عددهم 21 طالبا، و إنما 5 طلاب يعتبرون متعمّقين باللغة العربية.فلذلك يريد الباحث أن يعرف الكفاءة اللغوية العربية للطلبة فيه و كفاءتهم في فهم مادة التفسير وكيف علاقة كفاءة اللغة العربية وفهم مادة التفسير لهم. ومدخل هذا البحث مدخل الكمي بمنهج العلاقة (product moment ).
FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PENGEMBANGAN MAHARAH KITABAH Rahmat Linur; Mahfuz Rizqi Mubarak
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 April 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v2i1.154

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan peran facebook sebagai media alternatif dalam pengembangan kemampuan Maharah Kitabah para pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengungkapkan berbagaimacam fenomena yang terjadi khususnya pada aspek penggunaan media sosial facebook dalam menunjang pengembangan kemampuan Maharah Kitabah. Peneliti juga menggunakan pendekatan literatur dan pernyataan dari beberapa ahli untuk memperkuat hasil penelitian, Dalam penelitian ini, Peneliti menyimpulkan bahwa facebook dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pengembangan Maharah Kitabah. Fitur kolom status memungkinkan para pengguna untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat mereka menggunakan tulisan bahasa Arab. hal ini dapat menumbukan kepercayaan diri mereka untuk berbahasa Arab secara aktif. Fitur komentar yang tersedia di setiap status facebook bermanfaat bagi pengguna lainnya untuk memberikan respon berbentuk pertanyaan, evaluasi, atau bahkan pujian. Di sisi lain, beberapa grup/kelompok belajar bahasa Arab yang tersedia di facebook mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan maharah lainnya seperti Maharah Istima’, Maharah Kalam, dan Maharah Qira’ah.
REORIENTASI PENGAJARAN BAHASA ARAB Ramli, Ramli
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 April 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v2i1.250

Abstract

Fenomena pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dewasa ini cukup memprihatinkan. Jumlah peminat bahasa Arab dari tahun ke tahun semakin mengalami kemunduran. Motivasi dan minat siswa belajar bahasa arab juga sangat rendah, termasuk mahasiswa jurusan bahasa arab. Hal ini disebabkan karena orientasi dan prospek bahasa Arab yang kurang menjanjikan. Oleh karena itu, para pemerhati bahasa arab harus segera mengambil langkah untuk melakukakan reorientasi pengajaran bahasa arab. Siswa dan mahasiswa bahasa arab tidak boleh lagi diarahkan semata-mata untuk menjadi guru dan dosen bahasa Arab, tetapi juga harus diarahkan untuk menjadi penerjemah dan peneliti dalam bidang bahasa Arab. Lembaga penerjemahan dan penelitian bahasa Arab harus segera dihidupkan demi untuk menampung lulusan bahasa Arab setelah menyelesaikan studynya di perguruan tinggi. Dengan orientasi yang jelas serta prospek yang menjanjikan, bahasa Arab akan banyak diminati oleh mahasiswa. ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Nowadays, the phenomena of the Arabic teaching and learning are very apprehensive. The number of the Arabic applicants decreases year after year. The motivation and the interest of the students to study Arabic is also very low and weak, including the students of the Arabic department itself. It is caused by the orientation and the prospect of the Arabic department which are thought not to be good and promising. So that, the Arabic observers should do reorientation of the Arabic teaching and learning. The students should be aimed not only to be Arabic teachers and lecturers but also to be translators and researchers in Arabic field. The translation and research institution should be established as soon as possible because this institution can accommodate the Arabic alumni later after they finished their study at the university. With the definite orientation and promising prospect, the Arabic department will attract many students.
PENINGKATAN KEMAMPUAN DEBAT BAHASA ARAB MAHASISWA MELALUI METODE SUGGESTOPEDIA Agung, Nur
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 April 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v2i1.288

Abstract

Dewasa ini, pembelajaran bahasa Arab telah mengalami pergeseran tujuan yang cukup signifikan. Jika beberapa dekade lalu, pembelajaran bahasa Arab berorientasi pada pemahaman teori bahasa, di era sekarang bahasa Arab lebih memprioritaskan pada penguasaan keterampilan bahasa sebagai alat komunikasi. Debat berbahasa Arab merupakan salah satu metode untuk melatih kemampuan bicara seorang penutur asing, banyak cara yang dilakukan untuk melatih kemampuan ini, salah satunya adalah dengan menerapkan Metode Suggestopedia. Metode ini memberikan kesempatan kepada penutur asing untuk berani mengungkapkan gagasannya dalam bahasa Arab karena didukung oleh kondisi yang kondusif. Penelitin ini berusaha untuk menemukan seberapa besar peningkatan kemampuan debat bahasa Arab yang didapat oleh mahasiswa setelah menggunakan Metode Suggestopedia sebagai metode pembelajarannya.
EKSISTENSI METODE QAWAID TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA REVOLUSI 4.0 Jamil, Husnaini; Sardiyanah, Sardiyanah
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 April 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v2i1.289

Abstract

Perubahan zaman di era revolusi industri memberikan pengaruh pada berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Berbagai penyesuaian dilakukan, salah satunya adalah dengan menghadirkan metode-metode pembelajaran terbaru yang diharapkan mampu mengimbangi perubahan yang tidak terbendung. Namun, di tengah-tengah peralihan tersebut, dalam pembelajaran bahasa Arab penggunaan metode klasik masih tetap dipertahankan berdasarkan fungsinya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik, salah satu metode tersebut adalah metode qawa’id tarjamah yang berhasil eksis hingga era revolusi industri ini.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Takdir, Takdir
Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 April 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v2i1.290

Abstract

Pengajaran bahasa Arab di Indonesia sering kali menghadapi problem linguistik dan nonlinguistic yang harus segera dituntaskan. Problem linguistik, seperti fonetik, morfologi, dan struktur, sedangkan problem non-linguistik, antara lain, motivasi belajar, sarana belajar, metode pengajaran, waktu belajar, dan lingkungan pembelajaran. Persoalan pembelajaran bahasa sangat bervariasi sesuai dengan usia pelajar dan lingkungan tempat belajar. Artikel ini mengungkap problematika pengajaran bahasa Arab di Indonesia sekaligus bagaimana cara mengatasinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10