cover
Contact Name
Rusyda Fauzana
Contact Email
rusyda@uin-suska.ac.id
Phone
+6285355991278
Journal Mail Official
jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id
Editorial Address
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
ISSN : 26544709     EISSN : 26544938     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2
IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna mengangkat tulisan/karya ilmiah di bidang manajemen dakwah dengan fokus tema meliputi Manajemen Dakwah Lembaga, Manajemen Haji, Manajemen Umrah/Perjalanan Islami, Manajemen Zakat dan Wakaf, dan Strategi Dakwah. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian manajemen dakwah.
Articles 24 Documents
DOA SEBAGAI KOMUNIKASI TRANSEDENTAL DALAM PRESPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM Rahim, Umar Abdur
Idarotuna Vol 2, No 1 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v2i1.8189

Abstract

Kajian ini fokus pada kajian hakikat doa sebagai sebuah sarana komunikasi transedental antara manusia dengan Tuhannya, yaitu seorang muslim dengan Allah Swt. Argumennya adalah bahwa di samping sebuah ibadah yang memiliki syariat berupa tata cara yang telah diberikan tuntunannya, doa juga sesungguhnya memiliki esensi komunikasi. Yaitu komunikasi antara manusia dengan Tuhannya yang justru sangat berperan penting pada sampainya pesan dan terkabulnya atau diijabahnyadoa yang dipanjatkan.Pendekatan dalam kajian ini menggunakan kajian kepustakaan, dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari literature, buku-buku serta sumber yang relevan dan mendukung.Hasil menunjukkan bahwa hakikat doa dalam ajaran dan prespektif komunikasi Islam, sesungguhnya bukanlah hanya sekedar ritual keagaaman saja, akan tetapi doa juga sesungguhnya memiliki esensi sebagai sarana komunikasi. Yaitu komunikasi antara manusia dengan Tuhannya yang justru sangat berperan penting pada sampainya pesan dan terkabulnya sebuah doa. 
PENDISTRIBUSIAN ZAKAT BERBASIS EKONOMI PADA DOMPET DHUAFA PROVINSI RIAU Hamidah, Hamidah; Romli, Syahril
Idarotuna Vol 1, No 2 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i2.7027

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan kesenjangan sosial yang terjadi di Provinsi Riau yaitu untuk memutuskan rantai kemiskinan di masyarakat yang berdampak pada ekonomi mustahik khususnya. Untuk itu, Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Riau sebagai penghimpun dana zakat, dituntut untuk professional dan inovatif dalam mendistribusikan dana zakat secara produktif seperti adanya program dibidang ekonomi yang berbentuk pemberdayaan, hal ini diharapkan dapat mempercepat upaya pengentasan kemiskinan di masyarakat. Mereka yang awalnya mustahik pada akhirnya berubah menjadi muzaki. Penelitian ini dilakukan  di Dompet Dhuafa Riau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendistribusian zakat berbasis ekonomi yang dilakukan di Dompet Dhuafa Riau.Informan penelitian ini berjumlah tujuh orang.Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Dompet Dhuafa Riau telah mendistribusikan dana zakat secra produktif melelui program yang ada pada bidang ekonomi. Adapun program-program itu diantaranya: Desa Berdaya, Institute Kemandirian, dan UMKM. Penelitian ini juga menemukan bahwa Dompet Dhuafa Riau menjadikan program desa berdaya sebagai program unggulan.Hal ini karena program tersebut berhasil memberikan kontribusi ekonomi kepada mustahik.Disamping itu, lembaga zakat lain seperti Baznas Provinsi Riau juga tertarik untuk berpartisipasi dalam program desa berdaya yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa Riau.Sehingga, Dompet Dhuafa Riau menjadikan program desa berdaya sebagai program unggulan dibidang ekonomi.
STRATEGI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PEKANBARU DALAM MENYAMPAIKAN PROGRAM SIARAN DAKWAH Rosidi, Imron; Zain, Rizal
Idarotuna Vol 1, No 2 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i2.7022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peran radio sebagai media informasi dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah di tanah air khususnya di Pekanbaru.Penelitian ini dilakukan di Radio Republik Indonesia (RRI) Pekanbaru.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi RRI dalam menyampaikan program siaran dakwah terhadap pemirsa dikarenakan RRI merupakan Radio bersifat media publik (milik pemerintah).Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh RRI Pekanbaru dalam menyampaikan program siaran dakwah.Metodologi dalam penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan beserta pegawai strukturalRRI Pekanbaru sedangkan objeknya adalah strategi yang digunakan RRI Pekanbaru dalam menyampaikan program siaran dakwah. Informan dalam penlitian ini berjumlah 8 orang diantaranya satu orang Pimpinan, dua orang Penyiar, dua orang Da’i, dua orang Pemirsa dan satu Tokoh agama. Penelitian ini disusun dengan menggunakan kerangka pikir yang sistematis dengan menggunakan Model Deduktif. Adapun hasilpenelitian ini adalah RRI menggunakan tiga strategi yaitu pertama Srategi Perencanaandengan menetapkan tema dan topik yang ingin disampaikan, menetapkan penyiar serta menentukan jadwalnya, kedua adalah Strategi Pelaksanaanyaitu ceramah yang disampaikan oleh Da’i dengan memakai narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara penyiar dan narasumber, ketiga adalah Strategi Penilaian dengan menetapkan standar keberhasilan penyiar dan melakukan tahap koreksi terhadap program siaran dalam penyampaian dakwah.
UPAYA IKMI KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA DAKWAH Rosidi, Imron; Yusuf, Muhammad
Idarotuna Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i1.6068

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan media yang tidak diikuti oleh upaya serius lembaga-lembaga dakwah di Indonesia dalam memanfaatkan kemajuan media tersebut. Penyampaian dakwah semestinya tidak hanya dengan metode ceramah tatap muka, namun juga  dikemas dengan memanfaatkan penggunaan media. Penelitian ini menemukan bahwa upaya IKMI Kota Pekanbaru dalam pengembangan media dakwah adalah dengan menggunakan beberapa media yaitu Pertama: Pengembangan media auditif (radio), Kedua: Pengembangan media visual (buletin dan buku) dan Ketiga: Pengembangan media baru internet (facebook dan website). Namun pada saat ini IKMI Kota Pekanbaru lebih fokus menggunakan media radio dan buletin untuk pengembangan dakwah. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki IKMI dalam menggunakan media-media lain, seperti internet. Kata kunci: Upaya, IKMI Kota Pekanbaru, Media Dakwah.
Jejak-Jejak Dakwah Budaya: Konversi Agama Massal di Asia Tenggara abad XV-XVII Amrun, Jarir; Khairiyah, Khairiyah
Idarotuna Vol 2, No 2 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v2i2.9554

Abstract

Artikel ini membahas tentang jejak-jejak dakwah dalam konteks konversi agama di nusantara abad XV, XVI dan XVII. Ia dianggap salah satu bentuk rivalitas antar-agama di nusantara yang lembut. Jutaan manusia di nusantara beralih ke agama Islam tanpa perang, tanpa merusak bangunan candi dan tradisi yang ada. Ini menarik dikaji, ternyata pola dakwah yang dilakukan para ulama terdahulu dengan pendekatan kebudayaan dianggap pola yang ideal. Kebudayaan merupakan ruang lapang untuk dialog antar-umat beragama. Wali Songo dan ulama nusantara terdahulu, telah membuktikan bahwa rivalitas beragama itu tidak harus saling membenci dan merendah yang lain.
AKTIFITAS BISNIS PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI DAKWAH Rohayati, Rohayati
Idarotuna Vol 2, No 1 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v2i1.8188

Abstract

Perbankan syariah menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menghidari riba dengan konsep murabahah, perkembangan perbankan syariah begitu masif di awal tahun 2010 sampai saat ini. Selain menjalankan aktifitas dibidang lending dan funding, perbankan syariah juga menjalankan aktifitas komunikasi dakwah yang dapat dilihat dari konsep islami yang menjadi ciri khasnya. Branding islami inilah yang secara tidak langsung menjalankan fungsi komunikasi dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktifitas bisnis yang dilakukan oleh perbankan syariah ditinjau dari perspektif komunikasi dakwah. Komunikasi dakwah terlihat dari berbagai aktifitas bisnis yang dilakukan, seperti akad kredit, monitoring dan promosi produk perbankan. Perbankan syariah diharapkan dapat lebih mengkomunikasikan dakwah islami melalui kegiatan- kegiatan bisnis yang dijalankan.
STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU Artis, Artis
Idarotuna Vol 1, No 2 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i2.7026

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan zakat berbasis pemberdayaan masyarakat miskin yang diterapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru dengan tujuan agar strategi pengelolaan tersebut dapat diketahui.Informan penelitian ini berjumlah 10 orang.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan metode di atas dapat ditemukan bahwa strategi pengelolaan zakat berbasis pemberdayaan masyarakat miskin pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru dilakukan tahapan perencanaan, pengidentifikasian, pendistribusian, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan dibentuk dengan cara menyusun program kerja yang berpihak pada masyarakat miskin. Pengidentifikasian dilakukan dengan cara pengumpulan data muzakki dan mustahik terutama orang-orang miskin. Pendistribusian disalurkan dengan cara menyalurkan ke sektor produktif dengan tujuan agar masyarakat miskin menjadi berdaya. Pengawasan dilakukan dengan cara menjamin tercapainya pengentasan kemiskinan sesuai rencana. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan cara penilaian dalam mengawasi proses agar tidak terjadi penyimpangan. Cara tersebut terkoordinir dengan sistematis, meski masih ada hal-hal yang harus dibenahi. Namun, secara keseluruhan  strategi pengelolaan zakat berbasis pemberdayaan masyarakat miskin telah berjalan sesuai dengan ketentuan syari’at agama Islam, Undang-Undang (UU) zakat dan ilmu dalam pengelolaan zakat.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DAKWAH DALAM MANAJEMEN PEMASARAN DI BANK BNI SYARIAH PEKANBARU Romli, Syahril; Arwan, Arwan; Irham, Muhammad
Idarotuna Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i1.6075

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan perbankan syariah sebagai lembaga ekonomi syariah dalam mengimplementasikan nilai-nilai dakwah dalam aktivitasnya. Terutama aktivitas manajemen pemasaran belum diimplementasikan secara maksimal. Implementasi nilai-nilai dakwah adalah penerapan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan al-hadits. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Kepala bagian Pemasaran Bank BNI Syariah Pekanbaru dan beberapa orang karyawannya serta ditambah beberapa orang Nasabah. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis secara deskriptif kulaitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru telah mengacu kepada nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam aktivitas manajemen pemasaran syariah berdasarkan konsep keteladanan dari sifat Rasulullah SAW yaitu shiddiq, fathanah, amanah, tabligh dan istiqamah. Kelima nilai tersebut telah diimplementasikan dalam setiap aktivitas manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru, baik dalam proses pemilihan produk, penentuan harga, distribusi maupun proses promosi. Keywords: Impementasi Nilai-nilai Dakwah, Manajemen Pemasaran
STRATEGI DAKWAH BERBASIS SOCIAL NETWORK (TINJAUAN MAJELIS DAKWAH AL-BAHJAH CIREBON) Artis, Artis; Syahputra, Zoko
Idarotuna Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v1i1.6063

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dakwah berbasis social network yang merupakan fenomena baru dalam dunia dakwah di era modernisasi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik perbandingan tetap (constant comparative method). Penelitian ini menemukan bahwa strategi dakwah Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network telah tersistem dengan baik. Juru dakwah (da’i) dalam kegiatan ini adalah Abuya Yahya Zainul Ma’arif sebagai da’i utama dan didukung oleh da’i lainnya di Tim Dakwah Al-Bahjah. Pemetaan kondisi umat (mad’u) di social network dilakukan melakukan pengklasifikasian terhadap pengguna sosial media kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Perumusan materi dakwah (maddah) meliputi akidah, ibadah dan muammalah yang termaktub didalam Al-Qur’an, Hadits maupun Ijma’ ulama. Ditambah dengan materi-materi fenomenal atau tranding topic yang berkembang. Penyampaian materi dakwah (mawdu’) lebih cenderung menggunakan metode bil-qalam dan metode bil-lisan yang sesuai untuk dakwah berbasis social network. Keywords: Strategi Dakwah, Social Network, Majlis Dakwah al-bahjah
KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI SMP ISLAM ASHOFA PEKANBARU) Suriani, Julis
Idarotuna Vol 2, No 1 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v2i1.8190

Abstract

Kualitas hasil pendidikan sangat tergantung dari proses pelaksanaan pembelajaran, karena itu komunikasi instruksional atau komunikasi pendidikan sebagai dasar pengetauhuan tentang pentingnya komunikasi dalam proses belajar mengajar atau pendidikan menjadi sangat penting. Sumber data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, angket, dokumentasi setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan metode kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh melalui angket penulis menganalisanya dengan metode kualitatif deskriptif presentase yaitu menganalisa data secara apa adanya berdasarkan hasil penelitian kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan diberi interpetasi dari frekuensi jawaban yang diberikan responden. Dari hasil penelitian menunjukkan guru-guru SMP Islam As-Shofa Pekanbaru didalam melakukan implementasi komunikasi instruksional dengan siswa mereka melibatkan media-media komunikasi instruksional,dan juga pengajaran yang senantiasa membelajarkan anak didik dengan tujuan mengubah pola pikir dan tingkah laku siswa kearah yang lebih baik

Page 1 of 3 | Total Record : 24