cover
Contact Name
Tutut Suryaningsih
Contact Email
tututsuryaningsih@gmail.com
Phone
+6281259900456
Journal Mail Official
tutut@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/about/editorialTeam
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 25025767     EISSN : 25486187     DOI : -
Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic problems that arise in society. Jupeko contains Research, Conceptual Idea, Study of Education and Teaching, Small and Medium Enterprises and Cooperative, and Business. Jupeko is a journal that is managed by economic education program STKIP PGRI Tulungagung. Journal has been indexed by Google Scholar.Jupeko in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO) PGRI Jawa Timur
Articles 64 Documents
FAKTOR PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS HOME INDUSTRI KRUPUK TERUNG & BLUNYO DI DESA JUNGANYAR KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN MARIATUN, IKA LIS
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 02 (2016): JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v1i02.50

Abstract

Abstrak Faktor produksi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dalam sebuah industri. Tujuan penelitian ini adalah menguji faktor produktivitas yang meningkatkan produktivitas home industri di Desa Junganyar Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linear berganda dan spss 21. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh home industri krupuk terung dan blunyo yang berjumlah 20 home industri. Berdasarkan analisa data modal, bahan baku, pemasaran berpengaruh positif terhadap produktivitas krupuk terung dan blunyo, sedangkan tenaga kerja berpengaruh negatif. Faktor yang meningkatkan produktivitas krupuk terung dan blunyo adalah modal, bahan baku, pemasaran sebesar 9,81% yang dapat dilihat pada koefisien determinasi atau nilai R square 9,81, sedangkan sisanya 1,9% dipengaruhi faktor lain.Kata Kunci : Modal , bahan baku, tenaga kerja , pemasaran , produktivitas . Abstract : Production factors are essential to increase productivity in an industry . The purpose of this study was to examine the factors that increase the productivity of industrial productivity home in the village of Junganyar District of Socah Bangkalan . This research is a quantitative study using multiple linear regression formula and SPSS 21. Data collection techniques using questionnaires for primary data and documentation for secondary data . While the population of this research is all home industry eggplant chips and blunyo totaling 20 home industry . Based on data analysis of capital , raw materials , marketing positive effect on productivity and blunyo eggplant chips , while the negative effect of labor . Factors that increase the productivity of eggplant chips and blunyo is capital , raw materials , marketing of 9.81 %, which can be seen in the coefficient of determination or R square value of 9.81 , while the remaining 1.9 % influenced by other factors .Keyword :Capital, raw material, labor, marketing, productivity.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IIS DI SMAN 1 KAMAL Ruski, Ruski
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 1, Nomor 1, 2016
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v1i1.22

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dengan mencari kartu pasangan yang telah dimiliki. Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran yang dinyatakan dengan skor atau nilai. Guna mengetahui sejauh mana signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap prestasi belajar siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yang mengacu pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X – IIS di SMAN 1 Kamal. Dan yang menjadi sampel adalah kelas  yang berjumlah 36 siswa dimana kelas tersebut akan dijadikan kelas eksperimen. Design yang digunakan  dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design, dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dna sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tes awal sebelum pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tes akhir setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa variabel bebas yaitu pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (X) mempunyai pengaruh  yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y), diperoleh  (16,074 ≥ 1,688) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05), sehingga  diterima dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Prestasi Belajar Siswa
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (Eq) TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS XII Ma DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Anasrullah, Mohammad
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 1, Nomor 1, 2016
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v1i1.24

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa kelas XII MA Darul Hikmah Tulungagung. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru yang berjumlah 63, selanjutnya dilakukan sampling 80% dengan simple random sampling sehingga mengasilkan sampel sejumlah 50. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan pada siswa kelas XII MA Darul Hikmah Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 menunjukkan nilai p value sebesar 0,008 lebih kecil dari pada α=0,05, sehingga menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa kelas XII MA Darul Hikmah Tulungagung. Hasil analisis data juga menunjukkan persamaan regresi linier sederhana Y (motivasi siswa melanjutkan pendidikan) = 2,662 + 0,454X (kecerdasan emosional siswa) dengan penjelasan konstanta sebesar 2,662 menyatakan bahwa jika variabel independen (kecerdasan emosional siswa) sebesar 0 (nol), maka nilai variabel dependen (motivasi siswa melanjutkan pendidikan) sebesar 2,662. Koefisien regresi dari X (kecerdasan emosional siswa) sebesar 0,454 menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan variabel X(kecerdasan emosional), maka hal ini akan berpengaruh pada peningkatan variabel Y (motivasi siswa melanjutkan pendidikan) sebesar 0,454, dan sebaliknya apabila terjadi penurunan satu satuan variabel X(kecerdasan emosional siswa), maka variabel Y (motivasi siswa melanjutkan pendidikan) mengalami penurunan sebesar 0,454 dengan ketentuan variabel lain adalah tetap/tidak berubah. Adapun Koefisien determinasi (R²) menunjukkan nilai adjusted R2 adalah 0.722, hal ini berarti 72.2% variabel motivasi melanjutkan pendidikan siswa MA Darul Hikmah dapat dijelaskan oleh variabel independen kecerdasan emosional, sedangkan sisanya (100%-72.2 = 27,8%) dipengaruhi oleh faktor lain.         Kata Kunci : Kecerdasan emosional, Motivasi melanjutkan pendidikan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IIS DI SMAN 1 KAMAL Ruski, Ruski
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 1, Nomor 1, 2016
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v1i1.33

Abstract

ABSTRAK. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dengan mencari kartu pasangan yang telah dimiliki. Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran yang dinyatakan dengan skor atau nilai. Guna mengetahui sejauh mana signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap prestasi belajar siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yang mengacu pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X – IIS di SMAN 1 Kamal. Dan yang menjadi sampel adalah kelas  yang berjumlah 36 siswa dimana kelas tersebut akan dijadikan kelas eksperimen. Design yang digunakan  dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design, dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dna sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tes awal sebelum pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tes akhir setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa variabel bebas yaitu pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (X) mempunyai pengaruh  yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y), diperoleh  (16,074 ≥ 1,688) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05), sehingga  diterima dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Prestasi Belajar Siswa
SCHOOL BASED MANAGEMENT; KEEFEKTIFAN KURIKULUM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MADIUN Rosy, Brillian
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v3i1.635

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui: (1) Implementasi School Based Management; (2) Pelaksanaan kurikulum pembelajaran ekonomi; dan (3)Implementasi School Based Management terhadapkeefektifan kurikulum pembelajaran ekonomidi SMA Negeri 3 Madiun. Penelitianini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 3 Madiun sebelum penerapan kurikulum 2013 yaitu pada bulan September 2012.Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi maupun dokumentasi. Analisa data melaui proses sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, kemudian menyimpulkan.Hasil penelitian secara keseluruhan menyimpulkan bahwa keefektifan kurikulum mata pelajaran ekonomi dalam rangka Implementasi School Based Management dapat digambarkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) antara pendidik dan siswa yang saling berinteraksi, yang membahas tentang pembelajaran ekonomi dengan segenap komponen kurikulum yang telah disesuaikan dengan karakteristik siswa, dengan tujuan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan memahami, menghayati serta mengamalkan ilmu ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat dan mendapatkan hasil berupa penilaian kognitif diatas standar kriteria ketuntasan minimal (KKM)terutama pada mata pelajaran ekonomi.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KOPERASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Widiawati, Hestin Sri; Prastyaningtyas, Efa Wahyu
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): JUPEKO
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v2i2.361

Abstract

Akuntansi koperasi adalah mata kuliah program studi pendidikan ekonomi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa buku ajar yang dimiliki mahasiswa masih kurang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar yang berbentuk cetak. Ketidakpahaman mahasiswa terhadap penyajian materi pada buku teks mengakibatkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar mandiri. Dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa maka diperlukan  pengembangan bahan ajar yang berupa LKM. LKM yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKM yang berbasis problem based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui hasil pengembangan LKM mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi  Universitas Nusantara Kediri, 2. Mengetahui kelayakan LKM yang telah dikembangkan untuk mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning, 3. Menetahui respon mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap LKM yang telah dikembangkanModel yang digunakan dalam pengembangan perangkat pebelajaran ini adalah Model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan Model 4-D, yang terdiri dari: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (Perancangan), (3) Tahap develop (pengembangan) dan (4) tahap disseminate (penyebaran). Untuk mendukung pengembangan bahan ajar dalam tahap define (pendefinisian) dilakukan analisis RPP dan buku teks, mereview literatur, serta wawancara mahasiswa dan teman sejawat. Pada tahap design (perancangan) dilakukan perancangan lembar kerja mahasiswa. Untuk mendukung pengembangan LKM dalam tahap design (perancangan) dikembangkan draf awal  yang berupa: (1) lembar validasi LKM, (2) lembar validasi evaluasi, (3) lembar observasi LKM, (4) Lembar observasi aktifitas mahasiswa, (5) angket penilaian mahasiswa dalam uji keterbacaan dan (6) angket respon mahasiswa.            Data yang sudah dihasilkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, menggunakan tabel distribusi persentase tunggal dan t-test tanpa kelompok kontrol (menggunakan nilai tes awal dan tes akhir) untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran yang sudah disampaikan.Kata kunci: lembar kerja mahasiswa, akuntansi koperasi, problem based learning.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA Syamiya, Estu Niana; Fitri, Vira Amanda
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v4i1.1027

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan menggunakan metode ceramah bervariasi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen. Adapun eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang  Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan sistem SPSS independent samples t test menunjukan nilai sebesar  8,469 dimana thitung > ttabel (8,469 > 1,997). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KINERJA LINGKUNGAN, DAN PERSENTASE KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING Sigalingging, Eni Duwita
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 2 (2019): Jupeko
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v4i2.1345

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja lingkungan dan Persentase Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia serta untuk mengetahui profitabilitas sebagai variabel moderating mampu memperkuat hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja lingkungan dan Persentase Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah industri manufaktur sebanyak 142 perusahaan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2014. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 38 perusahaan manufaktur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan uji moderating dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil analisis penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel CSR, Kinerja Lingkungan, dan kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel CSR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel kinerja lingkungan dan kepemilikan manajemen berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas bukan merupakan variabel moderating yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara CSR, Kinerja Lingkungan, dan Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014.
STUDY TENTANG PENINGKATAN KINERJA UKM MELALUI PENDEKATAN FAKTOR INOVASI ORGANISASI, TEKNOLOGI, BUDAYA PERUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL Cahyoadi, Bayu
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 02 (2016): JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v1i02.57

Abstract

ABSTRAKArtikel ini menuliskan gambaran penyelesaian permasalahan Usaha Kecil  dan Menengah (UKM) di Indonesia dalam menghadapi MEA, dimana dibutuhkan suatu permodelan yang baik untuk meningkatkan kinerja UKM tersebut. Permodelan tersebut dikaji dari berbagai sumber untuk dapat dirumuskan dari berbagai proposisi yang melandasi. Sumber-sumber yang dikaji merupakan sumber pustaka dari kajian empiris dan teoritis yang telah diuji keabsahannya.Karya tulis ini secara garis besar menganalisa hubungan berbagai dimensi mengenai inovasi manajemen dan faktor yang mempengaruhinya dalam rangka peningkatan kinerja. Kreativitas karyawan, teknologi, lingkungan eksternal dan budaya organisasi merupakan dimensi yang digunakan dalam peningkatan peran inovasi manajemen yang pada akhirnya dapat mempengaruhi peningkatan kinerja organisasi.Setelah penelusuran pustaka dan pembentukan proposisi, maka secara  teoritis dapat dibuat permodelan peningkatan kinerja UKM dengan disertai scenario bulidings dalam pembuatannya. Permodelan ini disertai penjelasan hubungan berbagai dimensi yang ada pada scenario buildings, berikut berbagai keterbatasan yang dapat diperbaiki untuk penelitian selanjutnya dan implikasi manajerial yang merupakan masukan yang dapat digunakan oleh para manajer UKM demi peningkatan kinerja dan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).Kata kunci: Kreativitas Karyawan, Teknologi, Lingkungan Eksternal, Inovasi Manajemen, Budaya Organisasi, Kinerja UKM
ANALISIS PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KOTA AMBON palilu, aram
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jupeko.v3i2.855

Abstract

Ketersedian infrastruktur transportasi yang tidak memadai dan berkualitas, tentu mempengaruhi produk domestik regional bruto (PDRB) suatu wilayah menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembangunan infrastruktur transportasi, yakni infrastruktur jalan, infrastruktur pelabuhan laut dan infrastruktur bandar udara terhadap PDRB Kota Ambon. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) infrastruktur jalan  angka signifikannya 0,010  dibawah 0,05; artinya variabel bebas tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap PDRB. 2) infrastruktur pelabuhan laut, angka signifikannya 0,309 diatas 0,05; artinya variabel tersebut belum berpengaruh secara signifikan terhadap produk domestik regional bruto. 3) Infrastruktur bandar udara, angka signifikannya 0,093 diatas 0,05; artinya variabel tersebut belum berpengaruh terhadap PDRB. Sedangkan  kontribusi penelitian tersebut merupakan referensi dalam kebijakan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur transportasi dalam upaya meningkatkan PDRB Kota Ambon.