cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 80 Documents
STRATEGI SOUND BRACKETING DRILL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Qomariyah, Nurul Nurul
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v2i2.6

Abstract

ABSTRAKArtikel ini membahas tentang penggunaan strategi sound bracketing drill untuk meningkatkankemahiran berbahasa Arab siswa kelas XB TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan SlemanTahun Pelajaran 2013/2014. Bahan artikel ini diambil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atauClassroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuanterhadap 35 siswa. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi soundbracketing drill dapat meningkatkan kemahiran siswa berbicara bahasa Arab. Hal tersebut dapatdilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa di dalam kelas. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswadi dalam kelas adalah 69, setelah siklus I menjadi 76 dan setelah siklus II, nilai rata-rata siswa didalam kelas mengalami kenaikan menjadi 83.Kata kunci : strategi, sound bracketing drill, kemahiran berbicara, bahasa Arab.
RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN KORBAN BULLYING PADA SISWA SMA Syah, Muhammad Erwan
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v7i2.102

Abstract

Bullying merupakan tindakan menyakiti orang lain secara fisik maupun mental serta dilakukan secara berulang. Kasus bullying merupakan salah satu masalah yang masih menjadi perhatian khusus di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Padahal ada pendekatan lain yang lebih efektif dalam mengubah perilaku anak agar lebih bersahabat ketika di kelas maupun di sekolah. Pendekatan tersebut adalah pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT). Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan korban bullying pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan konseling rational emotive behavior therapy. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang menjadi korban bullying di sekolah. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan selama satu bulan. Mulai 30 Agustus sampai 30 Oktober 2016. Jenis dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang bersifat kolaboratif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan kuesioner kecemasan korban bullying sebelum (pretest), sesudah (posttest), tindakan dan tindak lanjut (follow up). Analisis kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari wawancara, observasi selama terapi, dan tindak lanjut. Program konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) terbukti efektif dan memiliki pengaruh dalam menurunkan kecemasan pada korban bullying, yang ditandai dengan menurunnya skor kecemasan. Selain itu, membuat siswa merasa bahwa dirinya tidak sendiri atau tidak terisolasi, kepercayaan diri meningkat, memiliki peran terhadap orang lain dan dapat mengamati serta mengikuti instruksi yang diberikan oleh peneliti. Selain itu, ada pengaruh positif terhadap korban bullying untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KOMPETENSI DASAR PERBEDAAN DAN KESETARAAN MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION Herdi, Herdi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v9i2.29

Abstract

Abstrak :   Masih rendahnya prestasi belajar sosiologi diperlukan cara untuk meningkatkannya antara lain                   dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas K D perbedaan dan kesetaraan menggunakan                    metode student teams achievement division (STAD).    Penelitian Tindakan Kelas dengan metode observasi dan evaluasi dengan tekhnik pengumpulan   data  menggunakan  deskriptif kualitatif dan kuantitatif, di kelas XI IIS3 SMA Muhammadiyah 2   Yogyakarta, tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode student teams achievement division (STAD) untuk mata pelajaran sosiologi dapat memberi motivasi siswa untuk belajar dengan intensif, karena siswa tertantang untuk berkompetisi dengan siswa yang lainnya baik secara individu maupun secara kelompok dalam keanggotannya. Kuis dalan metode student teams achievement division (STAD) menyenangkan untuk siswa, karena dengan menggunakan kuis dapat mengukur keberhasilan belajarnya secara langsung, situasi belajar yang menyenangkan akan mempermudah pemahaman.Berdasarkan motivasi dan situasi belajar yang menyenangkan  pembelajaran dengan penggunaan  metode student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan pra-siklus 28% , setelah  pembelajaran menggunakan metode student teams achievement division (STAD) dengan dua kali siklus/empat pertemuan, khususnya pada KD perbedaan dan kesetaraan meningkat menjadi 75%.Kata Kunci : Hasil belajar sosiologi, perbedaan dan kesetaraan, metode STAD
PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN STRATEGI TEAM QUIZ SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO Sagino, Sagino
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v7i2.93

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan strategi team quiz untuk meningkatkan prestasibelajar IPS siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian inimerupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif sedangkan untuk data aktivitasdan prestasi siswa dengan deskripsi kuantitatif.. Penerapan strategi team quiz dapatmeningkatkan prestasi siswa di kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswapada aspek partisipasi dalam kelompok sebesar 10%, kemampuan bekerja sama sebesar12% dan aspek kemampuan menjawab sebesar 15%. Prestasi belajar siswa mengalamipeningkatan, hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai dari nilai rata-rata pada prapenelitian sebesar 55 dengan ketuntasan 16%, siklus I nilai rata-rata adalah 63 denganketuntasan 28% dan siklus II nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 59.Kata kunci: Cooperative Learning, Team Quiz, Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Perawironegoro, Djamaluddin
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v8i1.303

Abstract

Sampai saat ini, manusia masih menjadi media yang paling efektif dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik. Oleh karena keefektifan tersebut, pengetahuan, skill, dan sikap yang dimiliki oleh para pendidik dapat dikembangkan agar tujuan pendidikan yang diharapkan terwujud sesuai sasaran. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi kegiatan pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan Islam. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia di sekolah/madrasah Islam merupakan suatu kebutuhan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengembangan tersebut adalah pengembangan profesionalisme dan profesionalitas. Adapun kegiatan tersebut dilakukan melalui pembelajaran, pendidikan, pengembangan, dan pelatihan. 
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING Suparsih, Suparsih
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v7i1.84

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswadengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing (discovery learning). Penelitianini merupakan Classroom ActionResearch, yaitu suatu proses pangkajian masalahpembelajaran melalui refleksi diri dalam upaya memecahkan masalah dengan caramelakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata yang dikembangkanoleh Kemmis dan Mc Tanggarts yang terdiri dari tiga komponen,yaitu: a) perencanaan(planning), b) tindakan (acting) dan pengamatan (observing), c) refleksi (reflecting).Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran,tes tertulis, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi,metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis datadengan menggunakan: analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan, dan triangulasi), analisis data kuantitatif (analisis hasil observasi, analisishasil tes, dan data catatan lapangan). Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan modelpembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan kemampuankomunikasi matematis siswa dilihat dari nilai rata-rata persentase keseluruhan indikatorkemampuan komunikasi pada pra tindakan 65,99, kemudian meningkat menjadi 72,80pada siklus I dan meningkat menjadi 83,43 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi padanilai siswa yang mencapai KKM ,dari pra tindakan sebesar 18,75% menjadi 65,625%pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,375 pada siklus II untuk siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016-2017.Kata kunci: Komunikasi Matematis, Penemuan terbimbing
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ASPEK AT-TARÄ€KIB DENGAN STRATEGI DRILL BERBASIS ACCELERATED LEARNING Awaliyah, Helmy Fauzi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v8i2.261

Abstract

This research is based on the fact that the low Arabic values of the At-Tarākib aspect of the 11th grade students of Accounting Muhammadiyah 2 Yogyakarta. This is due to several factors, including inappropriate learning models and strategies. This research is a classroom action research (CAR) consisting of two cycles. This aims to determine the improvement of learning achievement in Arabic aspects of At-Tarākib. The results showed that learning with the Drill-based Accelerated Learning strategy could improve the achievement of learning Arabic in the aspect of At Tarākib. In first cycle the average value of pre-test score was 48 and post-test score 70, so the increase was 22. The meaning of students' understanding of the material increased. Some students are able to make material concept maps and can make sentences according to the material. In the second cycle the pre-test score was 66 and the post-test score was 84, so the increase was 24. The average post-test increase from the first cycle in the second cycle was 14. Its meaning, most students were able to make concept maps about the material and were able make sentences according to the material.
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Nurul Hidayah, Asykar
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v2i2.11

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengajarkan kepada anak didik tentang bagaimana menanamkan sikap saling menghormati, toleransi dan menghargai antara sesama dalam nuansa pluralisme. Pendidikan semacam ini diperlukan agar setiap perbedaan dapat dikelola dengan baik dan pada tahap selanjutnya tidak menimbulkan konflik yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Bagaimanapun, nilai-nilai multikultural juga telah menjadi watak hakiki agama Islam. Hal ini terlihat jelas di pelbagai ajaran dalam al-Qur’an maupun Sunnah Nabi Muhammad s.a.w. yang tidak membedakan manusia pada bidang ilmu. Karena itu, penanaman nilai-nilai inti dari pendidikan multikultural, seperti: demokrasi, humanisme dan pluralisme atau nilai-nilai keberagamaan yang inklusif pada diri anak didik merupakan suatu tuntutan yang tidak dapat dihindarkan lagi.Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pluralisme, Toleransi dan Universalitas Islam
PEMBELAJARAN ACTIVE READING BERBANTUAN KAMUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION Ahmad, Luluk Maftuhah
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v8i1.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pembelajaran active reading berbantuan kamus. Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research ini meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflection). Penelitian ini menerapkan dua siklus. Setiap siklus yang diterapkan pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran active reading berbantuan kamus untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I  yang mencapai ketuntasan 9 orang  dengan prosentase 27,27,%. Sedangkan siklus II yang mencapai ketuntasan 24 orang dengan prosentase 81,81%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran active reading berbantuan kamus  dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks hortatory exposition pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penerapan metode pembelajaraan kooperatif Jigsaw menggunakan media engine stand pada siswa SMK Muhammadiyah Cangkringan Saryanto, Saryanto
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v10i1.37

Abstract

Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang bahan bakar konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Padahal di sekolah sudah terdapat media engine stand yang memadai dan representative. Guru yang mengajar di kelas sudah berpengalaman dalam materi bahan bakar konvensional. penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai praktek sistem bahan bakar konvensional pada siswa smk kelas xii jurusan tenik kendaraan ringan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data yang bermanfaat bagi peneliti. Penerapan metode kooperatif Jig Show dapat meningkat kemampuan pemahaman tentang materi praktik bahan bakar konvensional. Hasil rata-rata prasiklus sebesar 71,86, siklus I rata-rata skor test sebesar 73,62, sedangkan pada siklus II rata-rata skor tes sebesar 75,05. Peningkatan terjadi setiap siklus.