cover
Contact Name
Subaidi
Contact Email
subaidi@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
subaidi@unisnu.ac.id
Editorial Address
JL. Taman Siswa No.09 Tahuna Jepara Jawa Tengah 59427
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 23391979     EISSN : 25492632     DOI : https://doi.org/10.3400/intelegensia
Core Subject : Education,
Jurnal Intelegensia is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every Juni Desember and Desember. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. Jurnal Intelegensia is an information media and scientific knowledge mainly publishes research articles in the field of Islamic Education Management manuscripts from the following areas with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: Islamic studies Islamic education and institutional management Islamic curriculum management and learning resources Islamic facilities and finance management Islamic education psychology Islamic education management information systems and technology Islamic education leadership Islamic counseling management Islamic education planning Islamic education evaluation
Articles 54 Documents
AKULTURASI BUDAYA DALAM SYAIR SHALAWAT AHBABUL MUSTHAFA SURAKARTA Khoiriyah, Khoiriyah
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v3i1.1335

Abstract

AbstakTulisan ini mengkaji fenomena akulturasi yang dimanfaatkan para pendakwah untuk menyiarkan agama Islam lewat simbol-simbol kultural yang selaras dengan kemampuan penangkapan dan pemahaman masyarakat yang akan dimasukinya dalam pengakuan dunia Islam. Kemampuan ini didakwahkan oleh tokoh karismatik Habib Syeikh Bin Abdul Qadir Assegaf dengan majelis Ahbabul Musthafa lewat lantunan syair-syair shalawat yang dipandu dengan musik tradisional maupun modern. Fenomena seni shalawat Ahbabul musthafa Surakarta merupakan kesenian yang mengintegrasikan tradisi pembacaan syair dalam shalawat (Arab dan Islam) dan syair Jawa/Indonesia dengan iringan musik di wilayah eks karesidenan Surakarta dan sekitarnya. Majelis ini berkembang dalam suatu komunitas budaya masyarakat yang merupakan ekspresi dari hidup dan kehidupannya, serta menjadi sumber inspirasi bagi tegaknya kehidupan spiritual, moral dan sosial.Dalam konteks ini, tradisi shalawatan yang dipentaskan menjadi salah satu implementasi ajaran agama yang tidak hanya terbatas pada bentuk ritus berupa aksi sosial kemasyarakatan yang sekaligus bersifat keagamaan dan mengandung unsur pendidikan, moral, spiritual, dakwah dan budaya kesenian (hiburan). Kata Kunci: akulturasi budaya, syair shalawat Ahbabul Musthafa. 
PESANTREN PUSAT COMMUNITY DEVELOPMENT (Mengkaji Ulang BPPM Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati) Subaidi, Subaidi; Laila, Azzah Nor
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v4i1.1357

Abstract

Abstrak:Pesantren sebagai icon pendidikan berbasis islam di Indonesia. Pesantren terlahir dari kesadaran akan pentingnya dakwah islamiyah, mensosialisasikan dan memajukan pendidikan Islam. Norma dan nilai-nilai Islam ditransmisikan dan ditanamkan melalui pengajaran. Namun secara sosial, pesantren tidak hanya berperan dalam penyebaran dan pengembangan agama Islam. Akan tetapi pesantren mampu menjadi wadah pemberdayaan masyarakat. Sebagai wujud dinamisme dan profesionalisme pesantren dalam usaha turut menjawab dan menyelesaikan problem sosial, menuju terciptanya masyarakat sejahtera dan beradab.Keywords : Pesantren, PP. Maslakul Huda,  BPPM.
IMPLEMENTASI METODE ROUND TABLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA N MLONGGO JEPARA Nurmala, Alfia
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v8i1.1273

Abstract

AbstractThis research was conducted to find out the application of the round table method in learning English in SMA N Mlonggo Jepara. Besides, this research also aimed to find out the improvement in how active students during English learning process by using the round table method. This research was a classroom action research (CAR), which is research conducted in the classroom. The class action research model used in this study was the CAR model according to Kemmis and Mc Taggart which consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. This study implements the Round Table method in English learning material Introduction in SMA Negeri 1 Mlonggo Jepara. The population of this study was class X IPS. Meanwhile, for the sample the researcher took class X IPS 1 as the sample. To analyze the data researchers used quantitative descriptive analysis techniques. The results showed that the round table cooperative learning method can improve the learning outcomes of Jepara 1 Mlonggo High School students in learning English "Introduction" material. This method can also increase student activity in following the teaching and learning process. Each cycle has increased, in the first cycle the average class obtained was 60.83 and the classical completeness achieved 30.5%. In the second cycle has increased. The class average increased by 26.67, the average class in the first cycle was 87.5. The increase in classical completeness from cycle I to cycle II reached 52.8%, classical completeness in cycle II reached 83.3%.Keywords: Learning Method; Cooperative Learning; Classroom Action Research; Round Table
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR UNTUK TERWUJUDNYA MENTAL SEHAT Djasadi, Djasadi
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v2i2.1330

Abstract

AbstrakPembelajaran Pendidikan Agama Islamdi SD yang dilaksanakan selama ini hanya mementingkan pengajaran Pendidikan Agama Islam agar para siswa dapat berdoa, sholat dan membaca al-Quran. Pembelajaran PAI yang memadai adalah pembelajaran yang membentuk pribadi beriman, taat menjalankan ibadah dan berakhakul karimah. Materi yang disampaikan meliputi: aqidah akhlak, Al Quran Hadits, Fiqh, Tarikh Islam yang dapat menciptakan standar kompetensi-standar kompetensi lintas kurikulum PAI SD, rumpun pelajaran, mata pelajaran dan persatuan jenjang pendidikan. Metode yang digunakan: ceramah, tanya jawab, diskusi, keteladanan, pembiasaan, nasehat, memberi perhatian, hukuman dan hadiah yang dapat mengantarkan dan membentuk siswa yang sedang mengalami perkembangan intelektual / matang bersekolah. Pendidik yang tepat melaksanakan pembelajaran PAI adalah pendidik yang memenuhi standar kualifikasi akademik dan standar kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional sesuai bidang tugas dan pekerjaannya.Kata kunci: pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar, mental sehat.
METODE PENELITIAN GABUNGAN KUANTITATIF KUALITATIF/MIXED METHODS SUATU PENDEKATAN ALTERNATIF Mustaqim, Mustaqim
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v4i1.1351

Abstract

Abstrak:Penelitian ini membicarakan penggabungan dua pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif atau mixed methods.  Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dan Pendekatan Kualitatif bias dilihat dari desain, tujuan, teknik, instrument, data, sampel, analisis data, hubungan dengan responden, usulan desain/proposal, kapan penelitian dianggap selesai, dan juga kepercayaan terhadap hasil penelitian. Dalam metode gabungan atau mix methods terdapat beberapa jenis. Diantaranya adalah, rancangan multimetode dengan arah induktif, rancangan dengan arah deduktif, the exploratory design, the explanatory design, the triangulation design, metode sequential explanatory, metode sequential exploratory, dan metode kombinasi model Concurrent Embedded.
URGENSI KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 Subhi, Imam
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v8i1.1267

Abstract

AbstractIn online learning the teacher becomes a strategic position that can support the effectiveness of learning, therefore teachers must have reliable competence in order to be able to be active and innovative in managing distance learning. Therefore this article will discuss competencies such as what should be owned by a teacher so that online learning can run well even though it will not be the same as the quality of learning face to face.Keywords. Teacher competence, online learning
MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHASSUS (Evaluasi Pembelajaran Qiroatul Kutab di MA.Matholiul Huda Bugel Jepara) Subaidi, Subaidi; Hamid, Abd.
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v3i2.1342

Abstract

AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran tahassus berupa evaluasi Pembelajaran Qiroatul Kutab di Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Jepara. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Memperoleh gambaran tentang relevansi program Qiroatul Kitab dengan kebutuhan siswa; 2) Mendapatkan gambaran tentang karakteristik input yang terlibat dalam program Qiroatul Kitab; 3) Mendapatkan gambaran tentang proses belajar mengajar Qiroatul Kitab; dan 4) Mengetahui seberapa baik keberhasilan program Qiroatul Kitab diMA Matholi’ul Huda Bugel. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi terlibat dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan: 1) adanya Evaluasi Konteks, 2) adanya evaluasi input, yang meliputi guru, siswa, dan ketersedian fasilitas belajar yang dibutuhkan dalam pelaksanan program Qiroatul Kitab cukup, 3) adanya evaluasi proses, berupa Persiapanmengajar guru, Penilaian terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti program Qiroatul Kitab, Penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar secara umum, Pelaksanaan penilaian proses pembelajaran termasuk cukup baik, dan hambatan dalam pelaksanaan program Qiroatul Kitab yaitu masalah guru kurang menguasai iptek dalam penggunaan media pembelajaran, siswa banyak dari madrasah umum yang dasarnya kurang memahami ilmu keagamaan, dan sumber belajar kurang. 4) adanya evaluasi produk berupa Hasilbelajar siswa mata pelajaran Qiroatul Kitab dinilai cukup. Dapat diketahui dari penilaian terhadap penguasaan, kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa termasuk kategori cukup baik. Ini membutuhkan keseriusan semua pihak madrasah agar mendorong orang tua mau berpartisipasi dalam memotivasi belajar siswa di rumah pada mata pelajaran keagamaan khususnnya Qiroatul Kitab yang selama ini dirasa kurang.Kata kunci: manajemen pembelajaran, mapel tahassus, Madrasah Aliyah.
STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI DI SD NASIMA SEMARANG Syukur, Fatah
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v4i2.1363

Abstract

AbstrakPenelitian ini mengkaji strategi pemasaran jasa pendidikan di SD Nasima Semarang. Sekolah yang berbasis nasional dan agama ini berdiri tahun 1994. Keberhasilan manajemen sekolah dalam pemasaran jasa pendidikan di sekolah ini telah membuahkan hasil, antara lain; minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke SD Nasima selalu meningkat berasal dari berbagai daerah di Semarang dan dukungan orang tua dan masyarakat kepada lembaga ini juga semakin meningkat. Ada dua strategi market yang dijalankan, yakni: pemasaran internal dan pemasaran eksternal. Pada pemasaran internal, strategi yang dijalankan adalah pemberian kebijakan penerimaan langsung bagi alumni TK Nasima, pemberian diskon, perenting class dan mengoptimalkan peran walikelas, guru dan wali murid. Sedangkan pemasaran eksternal, strateginya adalah menjalin kemitraan dengan TK-TK di wilayah market Nasima, penyebaran brosur, pemuatan informasi tentang sekolah Nasima, pemasangan spanduk, baliho yang strategis, menggelar pameran pendidikan, free trial class dan open house. Model pendidikan SD Nasima memiliki peluang cukup besar, karena banyak kalangan menengah yang sadar agama membutuhkan pendidikan Islam yang berkualitas bagus. Di sisi lain tantangannya adalah penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas baik dan penuh inovasi. Dalam hal ini SD Nasima adalah pendidikan yang pertama di Semarang menyelenggarakan full day school.Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Jasa Pendidikan
FUNDRAISING WAKAF DAN KEMANDIRIAN PESANTREN (Strategi Nazhir Wakaf Pesantren dalam Menggalang Sumber Daya Wakaf) Huda, Miftahul
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v7i1.402

Abstract

Secara umum metode penggalangan dana/daya nazhir pesantren dilakukan berdasarkan jenis sumber daya atau dana wakaf yang digalang oleh nazhir wakaf pesantren adalah menjadi tiga kategori utama, yakni menggalang dana/daya wakaf yang tersedia atau wakif baru, menciptakan dana baru (earned income) dan mengkapitalisasi atau mencipatakan dana dari sumber daya wakaf non finansial. Kata-kata Kunci: Wakaf, Kemandirian Pesantren dan Nazhir wakaf.
MANAJEMEN SUPERVISI TEMAN SEJAWAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MA NU BANAT KUDUS Hadi, Abdul Hadi; Barowi, Barowi; Nasuka, Moh; Munasir, Munasir
INTELEGENSIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : PASCASARJANA UNISNU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3400/intelegensia.v7i2.1279

Abstract

Abstract Purpose of this research is to know planning, implementation, evaluation, and factors which influence peer supervision in improving teacher’s performance on MA NU Banat Kudus. This research is field research by using qualitative approach. The techniques of data collection are observation, interview, and documentation. Then data is analyzed through three steps, data reduction, data presentation, and drawing conclusion or verification. Results of this research are: 1) Planning of peer supervision program held systematically by involving all of school parts. 2) Implementation of peer supervision includes before instructional stage, instructional stage, and evaluation stage. 3) Evaluation of peer supervision includes component of learning evaluation which is summative evaluation, formative evaluation, reporting result of analysis, and remedial program. 4) There are five factors which influence peer supervision in improving teacher performance at MA NU Banat Kudus which are harmonic relation, analysis of needs, strategy and media, evaluation, and revision.Keywords: Teacher Performance; management;  peer supervision

Filter by Year

2014 2020