cover
Contact Name
Dora Bernadisman
Contact Email
dorabernadisman@stmikmbanten.ac.id
Phone
+6221-87717489
Journal Mail Official
jurnalvisualika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Klp. Dua Wetan No.17, RT.3/RW.4, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730.
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal VISUALIKA
ISSN : 23552468     EISSN : 2745584X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal VISUALIKA diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Muhammadiyah Jakarta Prodi Sistem Informasi. Jurnal VISUALIKA merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pengembangan Artificial Intelligence, Software Engineering, Software Development, Expert System, Network System, dan Knowledge Management System. Diterbitkan secara berkala dua kali setahun. Setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal VISUALIKA melalui proses penilaian oleh peer reviewer. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
Articles 14 Documents
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI LINGKUNGAN “AYO BERSIH-BERSIH” BERBASIS ANDROID Hapsari, Ratih; Sutisna, Moch. Arief; Bernadisman, Dora
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tidak dapat dipungkiri sekarang slogan tentang kebersihan lingkungan hanya sekedar ucapan.Kesadaran tentang membuang sampah pada tempat yang tersedia masih kurang.Sedangkan dampak dari pembuangan sampah yang sembarangan dapat merusak lingkungan dan ekosistem sekitar yang lama-kelamaan keadaan tersebut dapat berbalik menyerang manusia.Untuk menjadikan membuang sampah pada tempatnya tersebut sebagai kebiasaan, harus ditanamkan kesadaran tentang kebersihan lingkungan sejak masih anak-anak. Dalam skripsi ini, penulis memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang di masyarakat sebagai media pembelajaran mengenai kebersihan lingkungan dengan game pada platform android. Penelitian ini menghasilkan game yang bernama Ayo Bersih-Bersih. Game ini merupakan aplikasi permainan dengan latar lingkungan sekitar yang penuh dengan macam-macam sampah dan pemain diharuskan memasukkan sampah tersebut pada tempat sampah berdasarkan kategori sampah 60rganic, anorganik, dan sampah berbahaya.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN DAN STOK BARANG PADA PT. LIXIL ALUMINIUM INDONESIA MENGGUNAKAN VB.NET Pratama, Yudi Surya; Sutisna, Moch. Arief; Dwiatmodjo, Himawan
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi inventory merupakan sebuah sistem untuk pengelolahan bahan baku material pada PT Lixil Aluminium Indonesia. Sistem informasi inventory sudah banyak dikembangkan dan digunakan di perusahaan-perusahaan besar dengan berbagai macam-macam tekhnologi dan sistem ,tetapi pada tugas akhir ini di ambil asumsi permasalahan pada suatu perusahaan yang belum tersedianya sistem informasi inventory . Ada 2 bagian proses utama yang terdapat pada perusahaan ini yaitu proses pembelian bahan material dari supplier dan proses pendistribusian kepada departement produksi. Alat pengemban yang digunakan peneliti yaitu VB.Net dan notepad sebagai aplikasi interface dan MySql server sebagai basis datanya .Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode waterfall dimana tiap tahap nantinya akan diselesaikan secara terurut dari mulai analisa dan perancangan sistem, analisa kebutuhan perangkat lunak, pengkodean, pengujian dan pemliharaan sistem. Dan dapat diperbaiki jika terjadi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membangun aplikasi sistem informasi stok barang pada PT Lixil Alumunium Indonesia yang nantinya dapat mengkaji semua data barang dan melakukan transaksi keluar masuk barang dari sebuah inventory. Yang nantinya akan mempermudah karyawan untuk mendapatkan data yang valid dan akurat dari semua transaksi yang ada.
SISTEM INFORMASI QUALITY CONTROL BERBASIS WEB PADA PT. DJABESMEN LTD Sunandar, Nanda; Dwiatmodjo, Himawan; Nurfauziah, Habibah
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Djabesmen merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang infrastruktur yang di beberapa divisinya masih menggunakan Pengolahan data secara manual, yaitu menggunakan kertas belum terkomputerisasi. Salah satu divisi PT. Djabesmen yaitu divisi Quality Control. Pada divisi Quality Control banyaknya data yang harus di input secara manual, mengakibatkan lambatnya pengolahan data sehingga dirasakan kurang efisien lagi untuk digunkan.Melihat kondisi di atas, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan memberikan solusi melalui pengkajian berbagai teori dan observasi dilapangan dalam rangka membuat aplikasi pengolahan data berbasis web. Metodologi penelitian yang digunakan dalam membangun sistem informasi perencanaan kebutuhan material konsumen yaitu menggunakan metode waterfall yang megacu pada metode SDLC (System Development Life Cycle), terdiri dari Requirement Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Maintenance. Hasil pembuatan aplikasi pengolahan data yaitu sistem informasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP. Database Management System (DBMS) yang digunakan dalam sistem ini adalah MySQL. Hasil pengujan dari aplikasi ini yaitu terbentuknya rancangan pengembangan program yang dapat menampilkan data hasil pengecekan, diagram hasil pengecekan, dan dapat mencetak laporan untuk mempermudah kerja admin Quality Control.
APLIKASI MONITORING KERJA KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT. ADYAWINSA ATE Mulyanto, Mulyanto; Suyanto, Suyanto; Meliana, Nina
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Monitoring ditujukan untuk memperoleh fakta, data dan informasi tentang pelaksanaan program. Selanjutnya temuan-temuan hasil monitoring adalah informasi untuk proses evaluasi sehingga hasilnya apakah program yang ditetapkan dan dilaksanakan memperoleh hasil yang berkesusuaian atau tidak. Laporan ialah sebuah bentuk dokumen atau penyajian yang berisi tentang fakta suatu keadaan atau kegiatan. Fakta yang disajikan dan dirangkai tersebut berkaitan dengan tanggung jawab yang diberikan kepada orang bersangkutan. Pembuatan aplikasi menggunakan PHP: Hypertext Preprocessor sebagai desain aplikasi dan MySQL sebagai DBMS (Database Management Sistem). Metode penelitian yang dipakai dalam pembuatan aplikasi, meliputi; studi pustaka, observasi dan wawancara. Metodologi pengembangan sistem waterfall yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) tahap, yaitu; analisa kebutuhan sistem, desain sistem, implementasi, pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Berdasarkan penelitian, aplikasi ini untuk melengkapi kekurangan dari proses kerja yang sudah berjalan dan upaya Management untuk me-monitoring pekerja dengan tujuan meminimalisir kesalahan dari tiap-tiap bagian pekerjaan yang ada pada perusahaan.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT PADA STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA Anggraini, Fitri; Suyanto, Suyanto; Nurfauziah, Habibah
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Manajemen surat menyurat pada STMIK Muhammadiyah Jakarta selama ini masih menggunakan pendekatan konvensial, sehingga sering mengalami kendala seperti hilangnya surat, sulit untuk mengola dan mencari data yang lama karena banyaknya jumlah surat, sering tidak sampainya surat kepada yang ditujukan dan kurang efektif dan efisien karena memakan waktu, tenaga, dan biaya. Melihat kondisi diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan untuk membantu pihak manajemen kampus dalam menyelesaikan permasalahan surat menyurat dalam bentuk pembangunan sebuah Sistem Informasi Manajemen Surat Menyurat. Untuk metodologi penelitian yaitu dengan cara wawancara dan studi Pustaka dan dikembangkan menggunakan bahasa PHP dan database MySQL; metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall dengan tahapan: Requirement Analysis, System Design, Implementation, Verification, Operation & Maintenance. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah sistem surat menyurat dan meminimalisasi kesulitan pengolahan data surat sehingga sistem surat menyurat menjadi rapih, teratur, dan terkompeterisasi.
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU MTS AL FALAH CIKAUM SUBANG BERBASIS WEB Setiono, Bambang; Nurfauziah, Habibah; Meliana, Nina
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, peranan dan pemanfaatan teknologi informasi menjadi penting, salah satunya dalam penerimaan siswa baru. Oleh sebab itu, dibutuhkan website yang dapat memberikan pelayanan kepada calon siswa dalam pendaftaran sekolah dengan sistem online. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam pembuatan sistem informasi pendaftaran siswa baru pada MTS Al Falah Cikaum adalah observasi, studi pustaka, dan wawancara, sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. Desain sistem yang akan dibangun menggunakan Sublime Text. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang di gunakan dalam pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di MTS Al Falah Cikaum adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web yang memiliki kemampuan memberikan kemudahan bagi calon siswa, panitia penerimaan siswa baru dan juga orang tua siswa dalam melakukan proses pendaftaran di MTS Al Falah Cikaum.
SISTEM INFORMASI MEDICAL REIMBURSEMENT PADA PT. PANGANSARI UTAMA BERBASIS WEB Kuswardana, Yosi; Nurfauziah, Habibah; Meliana, Nina
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Pangansari Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industry catering dengan klien terbesarnya PT Freeport Indonesia. Dalam PT Pangansari Utama sendiri terdapat Program Kesehatan Penggantian Rawat Jalan atau yang biasa disebut “ Medical Reimbursement “. Tapi didalam pelaksanaan program tersebut masih terdapat kelemahan diantaranya over limit / batas rawat jalan karyawan yang diberikan setiap tahunnya, serta dalam hal pelaporan untuk identifikasi seberapa banyak karyawan dan keluarga yang sakit masih belum efektif dan efisien. Untuk itu aplikasi Medical Reimbursement ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Dreamweaver CS6 dan Xampp. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metodologi Waterfall, untuk pengumpulan data menggunakan observasi dan studi pustaka. Hasil yang dicapai adalah dapat mengantisipasi kelebihan limit / batas rawat jalan, karena itu mempengaruhi biaya dari perusahaan, lalu dapat mengefisiensi waktu dalam hal pelaporan yang akan dihasilkan. Tidak diperlukan lagi tempat penyimpanan dokumen, karena dokumen telah tersimpan di dalam database. Dalam Aplikasi Medical Reimbursement ini user dapat memberikan informasi sisa / batas rawat jalan kepada karyawan dengan akurat dan tepat serta informasi mengenai total biaya yang sudah dikeluarkan baik itu periode tahun, bulan atau pun mingguan
SISTEM INFORMASI HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SUBANG Nurfadillah, Ai; Satria, Putera; Meliana, Nina
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi berdasarkan olahan data yang diterima melalui input-proses-output kepada user. Informasi tersebut digunakan untuk membantu user dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi juga merupakan sebuah kerangka dimana untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan maka perlu mengkoordinasikan antara sistem komputer dengan manusia. Oleh karena itu, untuk memudahkan penyimpanan nilai siswa, pegawai di SMP Muhammadiyah Subang harus memiliki aplikasi yang bersifat membantu meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa sebagai aplikasi yang mempermudah kinerja pengajar di SMP Muhammadiyah Subang. Penelitian ini dibuat dengan mengumpulkan data-data pada SMP Muhammadiyah Subang dengan metode wawancara dan studi litertur yang mendukung teori penyelesaian masalah serta Unified Modelling Language (UML) untuk perancangan perangkat lunaknya disertai dengan pengujian perangkat lunak. Tahap pembuatan program dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Personal Home Page (PHP) dengan SQL Server sebagai database. Setelah melalui beberapa tahap pengerjaan dari mulai penelitian sampai dengan implementasi, dihasilkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Subang yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan menjadi tujuan dari sekolah untuk menerapkan produktivitas dan efisiensi dari segi waktu.
APLIKASI JASA CUCI MOTOR DAN MOBIL DI PERUSAHAAN TONJONG STEAM MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Adiprakasa, Setya Dias; Sutisna, Moch. Arief; Nurfauziah, Habibah
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam bidang usaha cuci steam motor dan mobil pada perusahaan Tonjong ini masih belum dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Hal inilah yang menjadi masalah bagi bengkel cuci steam, dimana dalam proses pelayanannya kurang efektif dalam pembayaran di kasir, masih menggunakan metode transaksi yang manual, serta laporan penghasilan masih menggunakan catatan pada buku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi jasa cuci di perusahaan Tonjong Steam menggunakan PHP dan MySQL yang dapat mempermudah kegiatan transaksi pembayaran pada kasir dan proses pendataan data transaksi yang telah dilakukan di perusahaan cuci motor dan mobil Tonjong Steam. Penulis menggunakan metode Waterfall yang meliputi tahap analisa sistem, perancangan,desain interface dan implementasi, pengujian. dan pemeliharaan sistem. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah proses transaksi di kasir, mudah digunakan, simpel dan praktis untuk digunakan di tempat cuci motor dan mobil perusahaan Tonjong Steam
ANIMASI 2D “PETUALANGAN RERE MENGENAL KEANEKARAGAMAN KEBUDAYAAN JAWA TENGAH” Husna, Nurul; Sutisna, Moch. Arief; Bernadisman, Dora
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ada dalam memperkenalkan kebudayaan yaitu kurangnya variasi dalam penyampaian atau dalam memperkenalkan kebudayaan terutama kepada anak-anak sehingga menimbulkan rasa bosan dan ketidakmauan anak-anak dalam mengenal kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat animasi 2D sebagai media untuk menyampaikan dan memperkenalkan keanekaraman kebudayaan Jawa Tengah. Tahapan penelitian yang dilakukan oleh penulis sendiri adalah melakukan wawancara, studi pustaka dan kuisioner, untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunaka metode System Waterfall (Suyanto, 2006). Hasil dari penelitian ini berupa animasi 2D petualangan Rere Mengenal Keanekaragaman Kebudayaan Jawa Tengah sebagai media untuk menyampaikan dan memperkenalkan kebudayaan Jawa Tengah.

Page 1 of 2 | Total Record : 14