cover
Contact Name
Yayan Hendayana
Contact Email
yayan_ha.feb@uia.ac.id
Phone
+628129463769
Journal Mail Official
kinerja.feb@uia.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam As-Syafi’iyah. Jl. Raya Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta 13070
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26863286     DOI : 10.34005
Core Subject : Economy, Science,
An objective of the KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business. The KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis invites manuscripts in the areas : Marketing Management, Finance Management, Strategic Management, Operation Management, Human Resource Management, E-business, Knowledge Management, Management Information System, International Business, Business Economics, Business Ethics and Sustainable, and Entrepreneurship.
Articles 32 Documents
PENGARUH REKRUTMEN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. ANGKASA PURA II Sukatmajaya, Ahmad; N., Catur Fery
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.445

Abstract

PT. Angkasa Pura II adalah salah perusahaan yang berada dibawah kementerian perhubungan.Perusahaan ini berkedudukan di Jakarta dan mempunyai tugas utama mengatur kegiatan yangberhubungan dengan penerbangan. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Rekruitmen DanPelatihanTerhadap Kinerja Pegawai Pada PT Angkasa Pura II”. Penelitian ini menggunakan dataprimer. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada para pegawai, yangkemudian dari jawaban kuesioner tersebut diolah dan dilakukan pengujian statistik dengan alatuji regresi, korelasi, dan uji F menggunakan program SPSS versi 20. Setelah dilakukan pengujiandiperoleh persamaan regresi Y = 33,106 + 0,219 (X1)+ 0,405 (X2) dan dapat diketahui Nilai a =33,106 artinya jika tidak ada kenaikan dari variabel rekrutmen dan pelatihan maka kinerjapegawai adalah 33,106. Nilai b1 = 0,219, artinya setiap perubahan rekrutmen (X1) senilai 1 satuanakan meningkatkan kinerja pegawai sebesar 0,219. Nilai b2 = 0,405, artinya setiap perubahanpelatihan (X2) senilai 1 satuan akan meningkatkan kinerja pegawai sebesar 0,405. Dari hasilperhitungan koefisien korelasi berganda r = 0,373 artinya terdapat pengaruh korelasi yang rendahantara X1,X2 terhadap Y. Dari hasil perhitungan analisis korelasi dapat dilihat bahwa nilai R =0,373 atau 37,3% hal ini menunjukan adanya korelasi yang rendah antara seleksi dan pelatihanterhadap kinerja pegawai. Dari hasil perhitungan analisis determinasi (r2) = 0,139 artinyakontribusi rekrutmen (X1) dan pelatihan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) sebesar 13,9%,sedangkan sisanya sebesar 86,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalampenelitian ini. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, Ha diterima dan Ho ditolak karena tingkatsignifikasi 0,090 < 0,05 dan Fhitung 2,593 > Ftabel 3,29 artinya bahwa rekrutmen dan pelatihansecara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN DI PT. DUTA LASERINDO METAL chusnah, Chusnah; Hidayati, Retno
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.446

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya para pakar dan praktisi yang kurangperhatiannya terhadap budaya organisasi dan komunikasi padahal budaya organisasi dankomunikasi internal dapat di gunakan sebagai salah satu alat manajemen untuk meningkatkanproduktifitas. Objek penelitian dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. DutaLaserindo Metal sejumlah 40 karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan baik primerataupun sekunder yaitu kuesioner, observasi, data kepustakaan dan dokumen. Metode analisa datayang digunakan adalah korelasi sederhana dan berganda serta regresi sederhana dan berganda.Melalui uji hipotesa yang pertama, yaitu Uji T diketahui nitai T hitung > T tabel (5,781 > 2,024) dansignifikansi 0,000 < 0,05 artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi internal(X1) dengan produktifitas kerja karyawan (Y). Kedua, yaitu Uji T diketahui nilai T hitung > T tabel(7,667 > 2,024) dan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antarabudaya organisasi (X2) dengan produktifitas kerja karyawan (Y). Ketiga, yaitu nilai F hitung =36,841 > F tabel = 3,25 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya bahwa terdapat pengaruhsignifikan antara komunikasi internal dan budaya organisasi secara simultan terhadapproduktifitas kerja karyawan di PT Duta Laserindo Metal.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Susu Dancow Balita ) Herawati, Heny
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.447

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susuDancow Balita”, bertujuan untuk mengetahui baik secara parsial maupun secara simultanpengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu Dancow Balita. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatoryresearch). Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Datasekunder yang didapat berupa dokumentasi waktu penelitian, dokumen perusahaan, sejarahperusahaan dan data sekunder lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Populasi di penelitian ini adalah pembeli susu Dancow di Giant Pondok Gede sebanyak 71 orangdan sampel yang digunakan sebanyak 61 orang Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitudengan analisis data deskriptif, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dengananalisis uji F (simultan), dan uji t (parsial).. Berdasarkan hasil yang di dapat dalam penelitian inidapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusanpembelian susu Dancow dengan t hitung sebesar 3,747 dengan nilai signifikasi sebesar 0,00. Hargaberpengaruh positf dan signfikan terhadap keputusan pembelian susu Dancow dengan t hitung 3,448dan nilai signifikansi 0,01. rDancow dengan t hitung 3,081 dan nilai signifikansi 0,03. Promosiberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu Dancow dengan t hitung3,146 dengan nilai signifikansi 0,03. Bauran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen susu Dancow dengan nilai f hitung117,333 dengan nilai signifikansi 0,00. Koefesien determinasi R 2 sebesar 0,893 dapat diartikan89,3% keputusan pembelian susu Dancow dipengaruhi oleh produk, harga, distribusi danpromosi, sedangkan sisanya sebesar 10,7 % dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) Waskito, Meindro; Nuraini, Duwi Lina
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan pembiayaanmudharabah, musyarakah dan dana pihak ketiga terhadap profitabilitas (ROA), studikasus Bank Umum Syariah di Indonesia (Bank Mega Syariah, Bank Panin Dubai Syariah,Bank Muamalat Indonesia Tbk, Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank SyariahMandiri). Penelitian ini menggunakan sampel 6 perusahaan dengan tahun penelitian2008-2016. Sumber data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan (neraca dan labarugi). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Pengujianmenggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, ujiheteroskedestisitas, dan uji autokorelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ;(1) Variabel pertumbuhan pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif signifikanterhadap profitabilitas (ROA), (2) Variabel pertumbuhan pembiyaan musyarakahberpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA), (3) Variabelpertumbuhan dana pihak ketiga mempengaruhi profitabilitas (ROA). Uji simultan (uji F)menunjukkan variable pertumbuhan pembiayaan mudharabah, musyarakah dan danapihak ketiga mempengaruhi profitabilitas (ROA) secara positif signifikan secarasimultan. Uji Determinasi (R2) sebesar 0,9376 atau 93,76% pada level of significant 5%.Sisanya sekitar 6,24% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian ini.
ANALISIS INDEX ALTMAN Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris Perusahaan Properti dan Real Estate Sub Sektor Perhotelan Tahun 2012-2017) Dunggio, Maryam; Mufidah, Nur Aufa
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Index Altman dalam memprediksi kondisi financialdistress pada perusahaan properti dan real estate tahun 2102-2017. Metode penelitian yangdigunakan adalah Altman Z-score. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara sekunderyaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh setiapperusahaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2012terdapat 2 perusahaan yang mengalami zona aman dan 8 perusahaan mengalami financial distress,tahun 2013 terdapat 2 perusahaan mengalami zona aman dan 1 perusahaan grey area dan 7perusahaan financial distress, tahun 2014 terdapat 2 perusahaan zona aman dan 8 perusahaanfinancial distress, tahun 2015 terdapat 2 perusahaan mengalami zona aman dan 8 perusahaanfinancial distress, tahun 2016 terdapat 2 perusahaan zona aman, 1 grey area dan 7 financialdistress, tahun 2017 terdapat 2 zona grey area dan 8 mengalami financial distress
ANALISIS PENGARUH SANKSI PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI N, Elly Soraya; Fakhrana, Intan
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.473

Abstract

Taxpayer compliance is the fulfillment of obligations undertaken by the taxationof taxpayers in order to contribute to the country's development is expected in itsfulfillment is done on a voluntary basis. The tax is very important for Indonesia becauseof the country's development of tax income for the largest contributing country.The current tax receipts for the State. One of the obstacles that can inhibit theeffectiveness of tax collection is a taxpayer compliance ( tax compliance).This study aimed to test whether the influence of Tax Sanctions against a private PersonTaxpayer Compliance and service quality Fiskus influence against a Person TaxpayerCompliance. This research using a sample on the KPP Pratama Bekasi South in the 2012-2016 sample uses probalility. The research method used is the quantitative methods withmultiple regression analysis techniques and usingthe SPSS statistical test tool version 20.0.The results of this research show that the positive effect of significant tax penalties againstprivate persons the taxpayer compliance. Quality of service significantly influential fiskusagainst taxpayer compliance people person
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN BEBEK KALEYO JATIWARINGIN Ridwan, Muhamad; Rahman, Adika
Kinerja Vol 1 No 01 (2018): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v1i02.474

Abstract

Pada penelitian ini penyusun mengambil judul Pelayanan dan Cita Rasa Terhadap KepuasanKonsumen, dengan menyebar kuisoner kepada 80 responden secara acak dengan metode analisisdata yang menggunakan regresi dan korelasi sederhana, berganda, uji T dan uji F.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yangsahih atau valid, benar dan dapat dipercaya seberapa jauh hubungan antara Pelayanan dengan CitaRasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleyo, Jatiwaringin. Setelahdilakukan pengumpulan dan pengolahan data hasil survey yang diperoleh persamaan regresiberganda : Y= 20,181 + 0,253X 1 + 0,284X 2 , dan dapat diketahui: Nilai a = 12,770, artinya apabilatidak dilakukan faktor Pelayanan (X 1 ) dan Cita Rasa (X 2 ) maka Kepuasan Konsumen sebesar20,181. Nilai b 1 = 0,253 artinya setiap perubahan Pelayanan (X 1 ) senilai 1 satuan akanmeningkatkan Kepuasan Konsumen sebanyak 0,253 bila Cita rasa (X 2 ) konstan dan niali b 2 =0,259, artinya setiap perubahan Cita rasa (X 2 ) senilai 1 satuan akan meningkatkan KepuasanKonsumen sebanyak 0,284 bila Pelayanan (X 1 ) konstan. Dari hasil perhitungan koefisien korelasiberganda r = 0,723, yang menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dan positif. Dengandiperolehnya kd (r 2 ) = 29,2%, dapat dinyatakan bahwa Pelayanan dan Cita rasa dengan KepuasanKonsumen adalah 29,2%, sedangkan sisanya 70,8% dipengaruhi faktor–faktor lain dalam bauranpemasaran. Berdasarkan uji F, Ha diterima dan Ho ditolak karena F hitung = 15,163 > F tabel = 2,72artinya terdapat hubungan antara Pelayanan (X 1 ) dan Cita rasa (X 2 ) terhadap Kepuasan Konsumen(Y).Dengan nilai kd maupun kontribusi yang diberikan Pelayanan dan Cita rasa terhadapKepuasan Konsumen menunjukkan bahwa ketetapan yang dilakukan Rumah Bebek KaleyoJatiwaringin cukup baik, tetapi masih banyak faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkandalam penelitian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain. Hal ini dikarenakanadanya kepuasan konsumen disebabkan oleh banyak faktor dalam bauran pemasaran.
PENGARUH GIRO WAJIB MINIMUM, BI RATE DAN INFLASI TERHADAP LOAN TO DEPOSIT RATIO N, Elly Soraya; Safitri, Rika
Kinerja Vol 1 No 02 (2019): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v2i01.475

Abstract

The purpose of this research is to analyze the influence of Minimum statutory reserve, BIRate, and Inflation towards Loan to Deposit Ratio. Population in this research used JointVenture Bank in Indonesian Banking Directory during period 2013 through 2017.Purposive sampling method were used as samples determining method and 14 bankselected as the sample of the research. This type of research is descriptive quantitative.Presentation and analysis of research data using descriptive statistical analysis, paneldata regression models, data estimation methods namely Chow Test, classicalassumption analysis using normality test, multicollinearity test and hypothesis test. Thisresult of research show that variable GWM have positive and not significant influence toLDR. Variable BI Rate have negative significant influence to LDR. And variable inflationhave positive significant influence to LDR. The coefficient of determination (R2) is 89%compared to the independent variable on the variable Loan to Deposit Ratio in 2013-2017. While 4% is contributed by other factors.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN CV JERRY MOTOR SPORT Sukamto, Heri; Apriliyani, Yeni
Kinerja Vol 1 No 02 (2019): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v2i01.476

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menganalisis “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensiterhadap Produktivitas Kerja Karyawan di CV Jerry Motor Sport” baik secara parsial maupunsecara simultan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22 For Windows, uji asumsiklasik, uji regresi linear berganda serta uji korelasi berganda untuk menjawab hipotesispenelitian.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dari hasil analisis regresi linearberganda nilai signifikan Motivasi Kerja (X1) dan Kompetensi (X2) lebih kecil dari 0,05 yaitu0,048 dan 0,024, dan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,067 dan 2,392 > 2,052. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa Motivasi Kerja (X1) dan Kompetensi (X2) berpengaruh secara simultanterhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Y).Berdasarkan hasil korelasi berganda nilai F ChangeMotivasi Kerja (X1) dan Kompetensi (X2) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008, sehingga dapatdisimpulkan bahwa Motivasi Kerja (X1) dan Kompetensi (X2) berkorelasi atau terdapathubungan secara bersama -sama terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Y) dengan nilai PearsonCorrelation (R) 0,549 berarti berada di derajat korelasi sedang.Berdasarkan hasil uji t nilaisignifikan Motivasi Kerja (X1) dan Kompetensi (X2) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,048 dan 0,024,dan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,607 dan 2,392 > 2,052. Sehingga dapat disimpulkan bahwaMotivasi kerja (X1) dan Kompetensi (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadapProduktivitas Kerja Karyawan (Y).Hasil koefisien determinasi (KD) R Square sebesar 0,549. Halini berarti besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel Motivasi Kerja (X1) dan Kompetensi(X2) terhadap variabel Produktivitas Kerja Karyawan (Y) adalah 37,8 %.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2017 Waskito, Meindro; Prasetia, Popi Dian
Kinerja Vol 1 No 02 (2019): Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v2i01.478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadapkebijakan dividen pada perusahaan industri makanan dan minuman yang telah dipublikasikanpada periode 2011-2017 pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan adalah datasekunder dari 18 perusahaan yang terdaftar di BEI hanya berjumlah 5 perusahaan yangdigunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel yang dipilih dengan menggunakanpurposive sampling. Untuk menganalisi data, penelitian ini menggunakan metode regresi linierberganda kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t (secara parsial) dan ujiF (secara simultan) dengan tingkat signifikan 0,005.Hasil penelitian ini menunjukan secaraparsial (uji t) bahwa profitabilitas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakandividen, sedangkan likuiditas memiliki pengaruh positifdan signifikanterhadap kebijakandividen. Secara simultan profitabilitas dan likuiditas bersama-sama memiliki pengaruhterhadap kebijakan dividen.Nilai R 2 sebesar 47.3% sedangkan sisanya sekitar 52.7%dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian ini.

Page 1 of 4 | Total Record : 32