cover
Contact Name
Selma Intan Praditya Sari Himawan
Contact Email
selma.intan@uai.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.alazhar.sosial@gmail.com
Editorial Address
jurnal.alazhar.sosial@gmail.com
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial
ISSN : 27455939     EISSN : 27455920     DOI : http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.460
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial merupakan jurnal ilmiah untuk bidang Sosial yang diterbitkan setiap bulan Februari dan Agustus. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial dikelola LPPM Universitas Al Azhar Indonesia sejak tahun 2020. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial mempublikasikan artikel penelitian dan hasil review yang berhubungan dengan bidang Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional.
Articles 11 Documents
Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV Shambodo, Yoedo
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.464

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi khalayak mahasiswa pendatang Universitas Gajah Mada (UGM) terhadap siaran berita televisi lokal Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Penelitian menggunakan metode survey dengan penarikan sampel nonprobabilita. Variabel penelitian adalah faktor fungsional, personal dan situasional sebagai variabel independent dan persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM sebagai variabel dependent. Metode pengolahan data pada analisis bivariat menggunakan uji T dan Anova, kemudian pada analisis multivariat menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara umum faktor fungsional tidak mempengaruhi khalayak mahasiswa pendatang terhadap siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Faktor personal, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM. Sedangkan faktor situasional mempunyai nilai yang paling tinggi diantara faktor yang lain dengan memberikan kontribusi sebesar 84,9% terhadap persepsi khalayak mahasiswa pendatang pendatang terhadap Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Khalayak sebagai subjek persepsi menentukan dulu apa yang akan diperhatikannya, sehingga persepsi khalayak terhadap suatu informasi tidaklah sama. Namun, program berita Jogja TV yang berbasis budaya mampu menyajikan informasi aktual dan penting sebagai wujud pemenuhan kebutuhan khalayak mengenai informasi seputar daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Keragaman bahasa merupakan wahana variasi penyajian program berita Jogja TV untuk mengakomodir konsumennya yang beragam, termasuk bagi mahasiswa pendatang yang mayoritas masih berasal dari suku Jawa.Abstract - This study aims to determine what factors influence the perception of the audience of Gajah Mada University (UGM) immigrant students of the local television news broadcast of Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. The study used a survey method with non-probability sampling. Research variables are functional, personal, and situational factors as independent variables and audience perceptions of UGM immigrant students as dependent variables. The data processing method for bivariate analysis used the T and Anova test, then the multivariate analysis used multiple linear regression analysis. The results of the study in general, the functional factors did not affect the audience of immigrants to the Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV broadcast. Personal factors have a positive and significant influence on the audience perceptions of UGM immigrant students. While the situational factor has the highest value among other factors by contributing 84.9% to the audience perception of immigrant students towards Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. The audience as the subject of perception first determines what it will pay attention to so that the audience's perception of information is not the same. However, the culture-based Jogja TV news program can provide actual and important information as a form of meeting the needs of the public regarding information about the Yogyakarta area and its surroundings. Language diversity is a vehicle for variations in the presentation of the Jogja TV news program to accommodate its diverse consumers, including for immigrant students, the majority of whom are still Javanese.Keyword - Audience Perception, Imigrant Students, Local TV, Jogja TV 
Pengaruh Antara Electronic Word of Mouth, Citra Objek Wisata, dan Wisata Halal terhadap Travel Intention melalui Attitude toward Destination (Studi Kasus pada Pengambil Keputusan untuk Wisata Jadetabek) Fadlullah, Fadlan; Nurlatifah, Hanny
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i1.455

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Electronic Word of Mouth, Destination Image, dan Halal Islamic Tourism terhadap Travel Intention melalui Attitude Toward Destination. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah pengambil keputusan memilih paket wisata destinasi halal. Sampel dari penelitian ini adalah  pengambil keputusan yang berniat melakukan perjalanan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir untuk wilayah Jadetabek, sebanyak 103 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Hubungan antara variabel Electronic Word of Mouth, Destination Image, dan Halal Islamic Tourism pada Halal Destination yang memiliki hubungan nyata terhadap variabel Attitude Toward Destination adalah variabel Destination Image.  Hubungan antara variabel Electronic Word Of Mouth, Destination Image, Halal Islamic Tourism, dan Attitude Toward Destination terhadap variabel Travel Intention pada Halal Destination yang memiliki hubungan nyata terhadap variabel Travel Intentio adalah variabel Destination Image.Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth, Destination Image, Halal Islamic Tourism, Attitude Toward Destination, Travel IntentionAbstract: The purpose of this study was to determine the effect of Electronic Word of Mouth, Destination Image, and Halal Islamic Tourism on Travel Intention through the Attitude Toward Destination. Data analysis methods used are descriptive analysis and path analysis. The population in this study is the decision maker to choose halal destination tourism packages. The sample of this research is the decision makers who intend to travel within the past 1 year for the Jadetabek region, as many as 103 respondents using purposive sampling method. The relationship between Electronic Word of Mouth, Destination Image, and Halal Islamic Tourism variables in Halal Destination that have a real relationship with the Attitude Toward Destination variable is the Destination Image variable. The relationship between Electronic Word of Mouth variables, Destination Image, Halal Islamic Tourism, and Attitude Toward Destination to the Travel Intention variable at Halal Destination that has a real relationship to the Travel Intentio variable is the Destination Image variable.Keywords: Electronic Word Of Mouth, Destination Image, Halal Islamic Tourism, Attitude Toward Destination, Travel Intention
Analisis Strategi Penyaluran Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Tingkat Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Pada Periode 2015-2019 Qoyyim, Sarah Hasanah; Widuhung, Sisca Debyola
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.460

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penyaluran Dana ZIS dan Tingkat Inflasi terhadap Pertumbuhan Perekonomian Di Indonesia periode 2015-2019 serta mengetahui strategi yang digunankan BAZNAS dalam menyalurkan dana ZIS sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan laporan bulanan Dana ZIS dan Inflasi selama 5 tahun atau 60 buah sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan menggunakan data panel. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dengan menggunakan bantuan software SPSS 23.Berdasarkan hasil analisis regresi dengan tingkat signifikan 95% maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Dana ZIS memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia, sedangkan variabel Inflasi tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Variabel Dana ZIS dan Inflasi memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, BAZNAS melakukan penyaluran dana ZIS yang akan disalurkan kepada 8 golongan penerima zakat.  Kata Kunci : Dana ZIS, Inflasi, dan Pertumbuhan Perekonomian. Abstract - This study aims to determine the effect of ZIS (Zakat, Infak, and Sedekah) Funds Distribution and Inflation Rate on Economic Growth in Indonesia in theperiod of 2015-2019 and to find out the strategies used by the National Amil Zakat Agency (BAZNAS) in channeling ZIS funds so as to influence economic growth in Indonesia. The sample used in this study is to use the ZIS Fund and Inflation monthly report for 5 years or 60 samples. The research method used in this study is the method of multiple linear regression using panel data. The analysis technique used is regression analysis using SPSS 23 software. Based on the results of regression analysis with a significant level of 95%, the results of this study indicate that the ZIS Fund variable has a significant influence partially on economic growth in Indonesia, while the Inflation variable has no partial effect on economic growth in Indonesia. The ZIS and Inflation Fund variables have a significant simultaneous effect on economic growth in Indonesia. To improve the Indonesian economy, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) distributes ZIS funds which will be distributed to 8 groups of recipients of zakat. This is done so that people who fall into the 8th category of the recipient of zakat can get a decent living and can directly or indirectly contribute to economic growth in Indonesia. Keywords: ZIS Funds, Inflation, and Economic Growth
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Astra International, Tbk Toyota Auto 2000 Bumi Serpong Damai Manik, Cornelia Dumarya
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.470

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Srpong Damai. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan service berkala pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai, dalam waktu 5 ( lima ) tahun yaitu sebanyak 624 pelanggan. Metode penarikan sampel menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 86 responden. Metode analisis dalam pengolahan data adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji-t), dan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, bahwa terdapat pengaruh hubungan positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,602 sehingga adanya hubungan antara citra merek terhadap  keputusan pembelian, dari hasil regresi lienar sederhana dapat dilihat persamaan yang bernilai y=16.546+0,583X. Yang memiliki arti bahwa variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dari hasil uji determinasi sebesar 0,362. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 36,2% Keputusan Pembelian konsumen terhadap pembelian mobil Toyota Yaris dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti. Hasil t hitung adalah 6,907 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9886. Oleh karena itu t-hitung lebih kecil daripada t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha≠0 diterima. Ini menunjukkan bahwa antara pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian terdapat pengaruh yang signifikan.Kata Kunci : Citra merek, Keputusan Pembelian. Abstract - This research was conducted on PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 branch of Bumi Serpong Damai. The research model used is the method of observation, interviews, questionnaires and literature studies conducted systematically based on research objectives. This research method using quantitative method, associative with population in this research is customer who do periodical service on PT. Astra International Tbk-Toyota Auto 2000 branch Bumi Serpong Damai, within 5 (five) years as many as 624 customers. Sampling method using Slovin formula obtained as many as 86 respondents. Method of analysis in data processing is test of validity and reliability, simple linear regression test, coefficient of determination, hypothesis test (t- test), and Pearson product moment correlation test to find out how much the influence of the brand image of Toyota Yaris car purchase decision. Based on the results of research and discussion obtained the results, that there is influence positive relationship between the brand image to purchase decision of 0.602 so that the relationship between the brand image of the purchase decision, from the results of simple lienar regression can be seen the equation y = 16,546 + 0,583X. Which means that brand image variables have a positive effect on consumer purchasing decisions, from the test determination of 0.362. This shows that 36,2% Consumer purchasing decision on Toyota Yaris car purchase is influenced by variation from three independent variables, namely the superiority of brand association, the strength of brand association, uniqueness of brand association, the remaining cages of 63,8% influenced by the variables others not examined. Result t count is 6,907 bigger than t table that is 1,9886. Therefore t-count is smaller than t-table, then H0 is rejected and Ha ≠ 0 is accepted. This shows that between the influence of brand image to purchase decision there is a significant influence.Keywords : Brand image, Purchase Decision.
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude dan Brand Trust Pada Bakeri Modern (Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand Sahputra, Ardani; Nurlatifah, Hanny
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i1.456

Abstract

Abstract : The purpose of this study was to determine the influence of knowledge, religiosity, and halal against the decision of choosing through attitude and brand trust on the 3 top brand modern bakeries. The sample used was the one who bought the product at one of the three bakeries in the last two months of 100 respondents using purposive sampling method. Data analysis method used is descriptive analysis, correspondence analysis, and path analysis. The results found that (1) knowledge, religiosity, and halal are not significantly influence the attitude of the modern bakery. (2) in the modern bakery Bakeri 1, knowledge significantly influence brand trust, while religiosity and halal are not significantly influence brand trust. In modern bakery Bakeri 2, knowledge and religiosity does not significantly affect brand trust, while halal significantly influence brand trust. In modern bakery Bakeri 3, knowledge and religiusias significantly influence brand trust, while halal not significantly influence brand trust. (3) In the modern bakery Bakeri 1, halal significantly influence the decision to choose, whereas knowledge, religiosity, attitude, and brand trust did not significantly influence the decision to choose. In modern bakery Bakeri 2, attitude, and brand trust significantly influence the decision to choose, whereas knowledge, religiosity, and halal are not significantly influence the decision to choose. In modern bakery Bakeri 3, knowledge significantly influence the decision to choose, while religiosity, halal, attitude, and brand trust did not significantly influence the decision to choose.Keywords: Knowledge, religiosity, Halal, Attitude, Brand Trust, Decision of Choosing, Brand Positioning
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Cabang Ciputat Farida, Syarifah Ida; Fauzi, Muhammad Makna
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.461

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis : 1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang ada di PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Cabang Ciputat 2) untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan yang ada di PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Cabang Ciputat 2) seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Cabang Ciputat.        Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dijabarkan dalam analisa deskriptif dan verifikatif dan dilakukan di PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Ciputat dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian kuantitatif ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden : 1) Kondisi gaya kepemimpinan pada indikator yang paling dominan diperoleh dengan skor sebesar 4,28 pada indikator liberal dan kharismatik 2) Kondisi kinerja karyawan pada indikator yang paling dominan diperoleh skor sebesar 4,34 pada indikator disiplin 3) Terdapat adanya pengaruh yang kuat dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Cabang Ciputat sebesar  0,7821. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sebesar 61,16%.Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan dan Kinerja KaryawanAbstract - The research objective was to study and analyze: 1) To determine the form of leadership style in PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery, Ciputat Branch 2) To determine the level of performance of employees at PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Ciputat Branch 2) How big is the influence of style leadership on employee performance at PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Ciputat Branch. The research conducted is quantitative research described in descriptive and verification analysis and carried out at PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Ciputat with a total sample of 50 people. The sampling technique used is saturated sampling technique. The data analysis method used to test the hypothesis of this quantitative research is simple linear regression analysis. The results showed that the respondents: 1) The condition of the leadership style on the most dominant indicator was obtained with a score of 4.28 on the liberal and charismatic indicators 2) The condition of the employee's performance on the most dominant indicator obtained a score of 4.34 on the discipline indicator 3) There were there is a strong influence of leadership style on employee performance at PT Sarimelati Kencana Pizza Hut Delivery Ciputat Branch of 0.7821. 4) There is a significant influence of leadership style on employee performance by 61.16%.Keywords: Leadership Style, Employee Performance
Analisis Pengaruh Brand Trust, Product Factor, dan Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Melalui Purchase Decision di Matahari Departement Store Irwinsyah, Harfian; Nurlatifah, Hanny
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i1.457

Abstract

Abstrak - Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merk, faktor produk, dan promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian studi kasus Matahari Departement Store. Metode analisis yang data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Sampel pada penelitian ini merupakan orang yang pernah melakukan pembelian produk secara offline di Matahari Departement Store dalam kurun waktu 3 bulan terakhir di wilayah JABODETABEK. Dari hasil penelitian menggunakan analisis jalur pada variabel – variabel tersebut. Kepercayaan merk memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor produk memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap  keputusan pembelian, kepercayaan merek memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, faktor produk memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, keputusan penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen.Kata Kunci - Kepercayaan Merk, Faktor Produk, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, dan Loyalitas Konsumen.Abstract - The purpose of this study is to determine the effect of brand trust, product factors, and sales promotions on customer loyalty through the purchasing decision of the Matahari Department Store Store case study. The data analysis method used is descriptive analysis and path analysis. The sample in this study were people who had purchased products offline at the Matahari Department Store in the past 3 months in the Greater Jakarta area. From the results of the study using path analysis on these variables. Brand trust has a significant relationship to purchasing decisions, product factors have a significant relationship to purchasing decisions, sales promotion has a significant relationship to purchasing decisions, brand trust has a significant relationship to customer loyalty, product factors have a significant relationship to customer loyalty, sales promotion has a significant relationship on customer loyalty, sales decisions have a significant relationship to customer loyalty.Keywords - Brand Trust, Product Factor, Sales Promotion, Purchase Decision, and Customer Loyalty
Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)” Asri, Rahman
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.462

Abstract

Abstrak - Perkembangan dunia perfilman saat ini sudah berkembang pesat, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai tema film telah diproduksi sebagai sarana hiburan maupun penyampaian pesan bagi khalayaknya. Penelitian ini bertujuan mendeksipsikan pesan (message) yang disampaikan dalam sebuah film dengan menganalisis isi (content analysis) secara kualitatif dalan paparan cerita film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari INI (NKCTHI)” yang bergenre drama keluarga yang telah mendeskripsikan tentang kedudukan dan peran seorang lelaki, suami dan ayah dalam sebuah keluarga yang digugat oleh anak-anaknya sesuai perkembangan jaman mereka. Pesan cerita film NKCTHI ini menggugat dominasi laki-laki sebagai suami dan sekaligus ayah dalam latar belakang masyarakat yang masih patriarki, dimana otoritas dan pusat kekuasaan masih dominan pada laki-laki.       Kata Kunci– film, analisis isi, kualitatif, komunikasi massa, mediaAbstract – Expanded growth in film industry all over the worlds, include Indonesia to released many theme and variant genre of movies for entertaintment and delivered messages for target audiences. The Objective of this study to describe about story message from family drama movie “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. This qualitative study used content analysis method with description about role and position a man as husband and father in traditional society with patriarchy, when a man handled authority and power dominantly, who sued by his lovely children in family.Keywords – film, content analysis, qualitative, mass communication, media
Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience terhadap Purchase Intention melalui Online Shopping Habits (Studi Kasus Pembelian Tiket Bioskop pada Aplikasi Gotix) Rahman, Hifdzur; Nurlatifah, Hanny
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i1.458

Abstract

Abstrak -  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience melalui Online Shopping Habits terhadap Purchase Intention tiket bioskop menggunakan Gotix. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Crosstab, dan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang mempunyai aplikasi gojek dan mengetahui kegunaan Gotix sebagai aplikasi penjualan tiket bioskop. Sampel dari penelitian ini adalah  orang yang mempunyai aplikasi gojek dan mengetahui kegunaan Gotix sebagai aplikasi penjualan tiket bioskop yang berdomisili di Jakarta, sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Hubungan antara variabel Perceived Ease of Use, Trust, dan Online Convenience yang memiliki hubungan nyata terhadap variabel Online Shopping Habits adalah variabel Online Convenience.  Hubungan antara variabel Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience melalui Online Shopping Habits yang memiliki hubungan nyata terhadap variabel Purchase Intention  adalah variabel Online Convenience, dan Online Shopping Habits.Kata Kunci: Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience, Online Shopping Habits, Purchase Intention Abstract - The purpose of this study was to study the Effect of Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience through Online Shopping Habits on Intentions Purchasing cinema tickets using Gotix. Data analysis method used is descriptive analysis using Crosstab, and path analysis. The population in this study are people who have a motorcycle taxi application and know the uses of Gotix as a cinema ticket sales application. The sample of this study is people who have a motorcycle taxi application and know the use of Gotix as a theater ticket sales application in the Jakarta area, as many as 100 respondents using purposive sampling method. The relationship between Perception of Ease of Use, Trust, and Online Convenience variables that have a real relationship to the Online Shopping Habits variable is the Online Convenience variable. The relationship between variables Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience through Online Shopping Habits that have a real relationship to the variable, Purchase Intentions are Online Convenience variables, and Online Shopping Habits.Keywords: Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience, Online Shopping Habits, Purchase Intention
Pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Governance Bisnis Syariah terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia Syurmita, Syurmita; Fircarina, Miranda Junisar
Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaiss.v1i2.463

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian dilakukan terhadap Bank umum syariah yang tercatat di Otoritas Jasa Keuangan(OJK). Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa zakat berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan. Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi dan kinerja perusahaan, namun pengaruh Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap reputasi dan kinerja perusahaan tidak ditemukan dalam penelitian ini. Abstract - This study aims to examine the effect of Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) and Good Governance Business Sharia (GGBS) on the Reputation and Performance of Sharia Commercial Banks in Indonesia. The study was conducted on Islamic commercial banks registered at the Financial Services Authority (OJK). Data analysis techniques using multiple linear regression analysis. Data obtained from annual reports of Islamic banks published on the official website of each company. The results show that zakat has a significant positive effect on company performance, but does not have a significant effect on the company's reputation. Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) has a significant positive effect on company reputation and performance, however but the effect of Good Corporate Syariah Business (GGBS) on company reputation and performance is not found in this study.Keywords - Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Good Governance Business Sharia (GGBS), Reputation, Performance.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020