cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 116 Documents
PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA Nuraspida, Nuraspida
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.242 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v10i1.25979

Abstract

Hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif tahun pelajaran 2016/2017 sangat rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru sekitar 70% mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk pembelajaran Matematika kelas IV yaitu 60.  Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah ketidaktepatan penggunaan model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan di kelas. Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami konsepsi siswa dan tidak membangkitkan perubahan konseptual siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan  menerapkan metode kooperatif  tipe Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif pada pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 4 Teluk Melano  semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitikan tindakan kelas dengan  menerapkan metode kooperatif  tipe Team assisted Individualization (TAI)  selama 2 siklus penelitian adalah Pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan  nilai diatas KKM pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat dari jumlah yang sebelumnya 10 orang menjadi 14 orang mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II ini terjadi pula penurunan jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM setelah dievaluasi yaitu hanya tinggal 6 orang atau sekitar 30%  dari 20 orang siswa.
PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING IPS BERBASIS SELF REGULATED LEARNING Isyarotullatifah, Isyarotullatifah
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): JULI 2019
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.99 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v11i2.34488

Abstract

Problems found in SMP Negeri 1 Singaraja that is still the lack of learning media used and the results of study IPS students VIII class that many have not completed. This study aims to describe the design of e-learning development in IPS subjects, and also describe product effectiveness e-learning based on self regulated learning on IPS class VIII subjects at SMP Negeri 1 Singaraja. This research is development research and development model which used is Luther model. Data collection methods used were questionnaires and written tests. The results of the study are e-learning of IPS subjects developed valid by: (a) the result of the expert review shows the predicated product is good, (b) individualized trial, small group trials and field trials are showing e-learning predicate with good classification. The effectiveness of using SRL-based e-learning content shows a significant difference between the learners' learning outcomes before learning with the content of e-learning content based on SRL and after learning with the content of e-learning content based on SRL. The learning outcomes based on the mean posttest score were higher than the mean pretest score. The results show that SRL-based e-learning content can improve student learning outcomes.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA TENTANG MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI IPS 5 SMAN 3 KETAPANG MELALUI METODE SIMULASI Yustandar, Agus
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 12, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v12i1.37501

Abstract

Classroom Action Research is based on the fact that students' ability to understand financial statements is still low. Whereas with the mastery of Economics in general students do not have difficulty learning other subjects. This observation took place in January to May 2017, because in those months students have completed general semester examinations and are still at the beginning of the semester so that student conditions can be observed from the beginning. Simulation method is a learning method wherein the teaching and learning process the teacher invites students to group together in completing assignments in class and allows students to find information that is traditionally informed or disguised. From this study it can be concluded that with the motivation in learning simulation learning methods the ability of students to compile financial statements and learning outcomes will be optimal. The more precise the motivation given, the more successful the lesson will be. With high motivation, the intensity of student learning efforts will also be high. So motivation will always determine the intensity of student learning. This will improve student learning achievement.Keywords: Compiling Financial Statements, Simulation Methods
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL KOOPERATIF DEBAT KIMIA BERBASIS ICT SISWA SMAN Chalimawati, Yanthi; Sartika, Rody Putra
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 11, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.416 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v11i1.30039

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 8 Pontianak pada materi reaksi oksidasi dan reduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 8 Pontianak setelah diberikan model pembelaajran kooperatif debat kimia berbasis ICT. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 8 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dengan instrument penelitian mengunakan tes hasil belajar dan observasi langsung menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3,78 pada siklus I, menjadi 7,14 pada siklus II.Kata kunci: Model kooperatif, debat kimia, ICT
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN STRATEGI LITERASI MELALUI WORKSHOP PTK DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK Subhan, Subhan
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 10, No 2 (2018): JULI 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.729 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v10i2.26013

Abstract

Abstrak: Pemahaman guru tentang strategi literasi dalam pembelajaran sangat beragam. Salah satu upaya pengukuran keberhasilan pelaksanaan strategi literasi dalam pembelajaran yaitu melalui workshop  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kompetensi guru mata pelajaran menerapkan strategi literasi dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran melalui workshop penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 3 Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran dalam menyusun RPP meningkat secara kuantitatif dari 90 kategori sangat baik (A) menjadi 96 kategori sangat baik (A). Kompetensi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat secara kuantitatif dan kualitatif, yaitu dari 89 kategori baik (B) menjadi 96 sangat baik (A). Kompetensi guru dalam melakukan penilaian dari aspek daya serap juga terjadi peningkatan secara kuantitatif, yaitu dari 80% kategori baik (B) menjadi 88% kategori baik (B). Dari aspek ketuntasan klasikal, komptensi guru mata pelajaran juga meningkat secara kuantitatif maupun kualitatif, yaitu 63% kategori cukup (C) menjadi 85% kategori baik (B). Kata kunci: strategi literasi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran,  penilaian, workshop penelitian tindakan kelas 
MINAT MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD FKIP UNTAN PONTIANAK Halida, Halida
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.888 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v10i1.25974

Abstract

Interest in reading is not something to be born just like that in a person, but something that belongs to someone for granted, but is something that can be developed. The general objective of this study was to determine the interest in reading students of PG-PAUD FKIP Untan. The results obtained from the research that is done on aspects of the feeling of pleasure with reading activities, students who receive a lower category, namely 11, 26%, being 33.52% and the category is quite high at 36, 54%. Higher category obtained a percentage of 18.68%. That means a low student interest in reading for pleasure with the feelings aspects of the activity of reading. For the aspects of awareness of the importance of reading, students who receive lower categories, namely 9.07%, 12.64%, and the category was quite high at 36.95%. For high category obtained percentage of 41.35%. Judging from the above data, the percentage of these were included in the analysis. Aspects aspects of attention to the activities of students obtained reading books that fall within the low at 7.56%, currently 27.05%, and the category is quite high at 50.13%. Judging from the percentages then being included in the analysis. It can be concluded that the interests of students Prodi PG-PAUD FKIP Untan still low. It is strongly advised Prodi PG-PAUD students in general and students of PG-PAUD force in 2013 specifically to continue to increase interest in reading by way penchant frequently visit the campus library and local libraries to read anything what.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Wasilah, Lili
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 12, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v12i1.39232

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif model thimk fair share terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XII MIA 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan menggunakan teknik penelitian observasi langsung dan teknik pengukuran data yang diperoleh  meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa. Adapun Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa ? 65, ketuntasan belajar secara klasikal ? 75  %, dengan ketuntasan individu sebesar 61 (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat yang diukur dengan melihat lembar hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 57,4 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 70%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share   dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XII MIA 2  SMA Negeri 1 Menjalin Kabupaten Landak . Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Think Pair Share,  Pembelajaran Biologi
ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM Noor, Fu ad Arif
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 11, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v11i1.30040

Abstract

Abstract Level of education, amount of incentive and the level of competence of teachers/caretakers three significantly influenced by the status of civil servant teachers/PNS on the quality of children's ideal, the status of civil servants/PNS for early childhood education programs/PAUD should have the qualifications and competence yangt accordance with minimum service standards so that it has a higher chance to create quality children's ideal , Level of education, amount of incentive and the level of competence of teachers/caretakers three significantly influenced by the status of volunteer teachers to the quality of children's ideal, voluntary status for early childhood education programs/PAUD should have the qualifications and competence yangt accordance with minimum service standards so that it has a higher chance to create quality children's ideal , but almost all providers of early childhood education conducted by both the foundations and the community pay less attention to the qualifications and competence His nurse, so it looks only at who has the time to become caretakers. It has alarming effects, seen from the perspective of educational administration, the ideal child's success into question, and generation like what 20 years to come. There is some education that shall be given to early childhood include: grateful, tauhid (with mengadzankan), physical education (strong physical), health, and intelligence. Keywords: Analysis, Policy, Education, PAUDI.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SD Suharti, Suharti
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 10, No 2 (2018): JULI 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.75 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v10i2.26016

Abstract

Abstrak : Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Biasanya yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran tuntas dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas IV SDN 22 Penjalaan Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. Untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya di SDN 22 Penjalaan Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tuntas. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan prestasi serta motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dapat meningkat. Setelah melalu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran tuntas terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terlihat dengan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66,67%), siklus II (75,56%), siklus III (86,67%).  
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT Astini, Rini
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.247 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v10i1.25983

Abstract

Motivasi dan Prestasi Belajar siswa/siswi kelas VII A SMP Negeri 3 Sukadana sangatlah rendah khususnya pada mata pelajaran Matematika. hal ini didtemukan saat pelaksanaan team theacing yang berkesimpulan bahwa masalah utama pada saat pelaksanaan pelajaran Matematika adalah semagat belajar dan kemampuan siswa masih sangat kuraan  saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi kurangnya motivasi siswa dalam pelajaran matematika maka perlu usaha peningkatan motivasi dengan memberi variasi model pembelajaran yang bersifat  Cooperative Learning  yang menarik atau menyenangkan, yang melibatkan siswa, yang dapat meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran  Teams Games Tournament (TGT).  Setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament  (TGT) selama 2 siklus penelitian tindakan kelas yaitu berupa peningkatan prestasi belajar dan motivasi siswa  Pada siklus I dengan materi Operasi Hitung Bilangan Bulat rata-rata hasil nilai siswa 62,78. Pada siklus II dengan materi persegi rata-rata hasil nilai siswa 68,33.

Page 1 of 12 | Total Record : 116