cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
endo@petra.ac.id
Editorial Address
Institute of Research and Community Outreach Petra Christian University Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya 60236 Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perhotelan
ISSN : 02166283     EISSN : 26859408     DOI : 10.9744
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Perhotelan adalah jurnal ilmiah Jurusan Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra, yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September. Artikel dalam jurnal merupakan kajian ilmu di bidang yang menunjang manajemen dan operasional industri perhotelan. Artikel yang dikirim adalah artikel yang tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau publikasi umum lain.
Articles 63 Documents
ANALISIS FAKTOR BRAND CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA HOTEL SHERATON SURABAYA Graciella, Claudion; Hutama, Erica Dea; Andreani, Fransisca
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 6, No 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.6.2.72-78

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor baru yang dapat terbentuk dari Brand Citizenship Behavior (BCB) di Hotel Sheraton Surabaya. BCB adalah perilaku karyawan yang mencerminkan merek organisasinya. Karena perilaku karyawan mencerminkan merek organisasinya, maka sangatlah penting untuk membentuk perilaku karyawan.  Penelitian ini bertujuan mereduksi 7 faktor BCB (helping behavior, brand consideration, brand enthusiasm, sportsmanship, brand endorsement, self-development, brand advancement) dengan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor baru yang terbentuk adalah helping behavior, brand enthusiasm, self-development, dan brand loyalty
PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM Sampurno, Nadya Valentina; Ciakrawinata, Christy Pratiwi; Jokom, Regina
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 5, No 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.5.1.36-44

Abstract

Penggunaan selebriti endorser di Instagram sebagai alat pemasaran hotel menjadi semakin populer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik selebriti endorser di Instagram terhadap minat beli melalui kesadaran merek hotel. Penelitian ini melibatkan sebanyak 304 pengikut dari tiga selebriti endorser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik selebriti endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kesadaran merek. Akan tetapi, pengaruh langsung dari karakteristik selebriti endorser terhadap minat beli lebih besar dibandingkan jika harus melalui kesadaran merek terlebih dahulu
PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI KASUS DEPARTEMEN FRONT OFFICE SURABAYA PLAZA HOTEL Kosasih, Natalia; Budiani, Sri
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 3, No 2 (2007): SEPTEMBER 2007
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.3.2.80-88

Abstract

At the era of the global competition, knowledge management hopefully could provide sufficiently significant contributions to human resources, particularly among the hospitality world. This research is aimed at measuring the influence of knowledge management on the performance of the employees using case studies on the front office department at the Surabaya Plaza Hotel. The outcome of this research reveals that knowledge management indirectly affects the employee’s performance, personal knowledge significantly affects job procedure, and the most dominant element of influencing the employee’s performance is technology. Abstract in Bahasa Indonesia : Pada era persaingan bebas saat ini diharapkan knowledge management dapat memberikan kontribusi yang baik bagi sumber daya manusia khususnya pada dunia hospitality. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh dari knowledge management terhadap kinerja karyawan dengan studi kasus pada departemen front office di Surabaya Plaza Hotel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa knowledge management secara tidak langsung mempengaruhi kinerja karyawan, ada pengaruh yang signifikan antara personal knowledge terhadap job procedure, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan adalah technology. Kata kunci: knowledge management, kinerja karyawan, Surabaya Plaza Hotel.
IMPLEMENTASI YIELD MANAGEMENT DI HOTEL SKALA KECIL DAN MENENGAH DI SURABAYA: INVESTIGASI MENGENAI HAMBATAN DAN FAKTOR KEBERHASILAN Fitriyono, Hendra; Thio, Sienny; Thio, Sienny
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 2, No 1 (2006): MARCH 2006
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.2.1.

Abstract

The changing competitive market make every hotel increasing their respons to the environment. Yield management offers a concept to every hotel so that hotels could have a good position in the changing environment. This qualitative research reveals that there are obstacles faced by small hotels in Surabaya to implement yield management. On the other hand, yield management could be implemented in medium hotels as they have adequate and supportive resources. Abstract in Bahasa Indonesia : Kondisi persaingan yang terus berubah mengharuskan setiap hotel untuk meningkatkan responsnya terhadap lingkungan. Yield management menawarkan sebuah konsep agar setiap hotel mampu menempatkan dirinya pada posisi yang terbaik dalam kondisi yang terus berubah. Melalui penelitian kualitatif ini terungkap bahwa terdapat sejumlah kendala yang menyebabkan hotel skala kecil di Surabaya belum mengimplementasikan yield management, tetapi tidak demikian halnya dengan hotel skala menengah, dimana hotel ini mempunyai sumberdaya yang mendukung sehingga yield management bisa diimplementasikan. Kata kunci: yield management, hotel skala kecil, hotel skala menengah, proyeksi revenue
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN ORGANIK DI SURABAYA Thio, Sienny
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 4, No 1 (2008): MARCH 2008
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.4.1.18-27

Abstract

The aim of this paper is to examine consumers’ perception in Surabaya toward organic food. This paper used quantitative descriptive method with 400 respondents using judgemental sampling techinique. Consumers’ perception toward organic food is reffered to the perception toward health, quality, price, friendly environment, and also food safety. The findings show that consumers in Surabaya have the highest perception that organic food is good for health because it can keep and increase body immune and also have higher nutrition.
KOMPARASI PERSEPSI KEPUASAN TAMU SECARA LISAN DAN TERTULIS KETIKA MENGINAP DI HOTEL BINTANG EMPAT Pakpahan, Dian Tiur Ulina; Kusumah, A.H.G; Rosita, Rosita
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 5, No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.5.2.94-101

Abstract

Kepuasan akan terjadi ketika harapan yang terbentuk sesuai dan/atau melebihi kenyataan yang diterima. Begitu pun sebaliknya, ketika harapan yang terbentuk tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima akan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kepuasan dan ketidakpuasan tamu secara tertulis dan lisan pada hotel bintang empat di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa ulasan online dan data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber. Dalam penelitian ini, ulasan online yang terkumpul berasal dari situs TripAdvisor dan Google Review dengan jumlah 104 ulasan dari lima hotel bintang empat yang ada di Bandar Lampung. Sedangkan narasumber terdiri dari 14 orang dengan kriteria sudah pernah menginap minimal di salah satu hotel bintang empat di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kepuasan dan ketidakpuasan tamu jika disampaikan secara tertulis dan lisan. Elemen yang bisa memberikan kepuasan dan ketidakpuasan untuk tamu lebih banyak ditemukan saat disampaikan secara lisan. Ketika menyampaikan melalui tulisan, tamu cenderung menyampaikannya secara singkat, tetapi ketika menyam­paikan kepuasan dan ketidakpuasannya secara lisan, tamu dirasa lebih detail menyampaikan keseluruhan pengalamannya. Namun, ketika menyampaikan secara lisan, tamu cenderung lebih sering menyampaikan kepuasan dibandingkan ketidakpuasan. Untuk itu, diharapkan untuk pihak manajemen hotel bintang empat di Bandar Lampung agar secara berkala melakukan survei secara langsung kepada tamu yang sedang menginap untuk mengetahui kepuasan dan ketidakpuasan yang dirasakan sehingga bisa mempertahankan elemen yang sudah baik dan memperbaiki elemen yang dianggap masih kurang
ANALYSIS OF THE CUSTOMERS PREFERENCES IN DETERMINING A SUITABLE MENU A CASE STUDY OF RIVER SIDE ORIENTAL CUISINE RESTAURANT Rosalin, Gita; Soetanto, Tjia Ivone
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 2, No 2 (2006): SEPTEMBER 2006
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.2.2.

Abstract

Customers' preferences play an important role in determining a menu. A menu will not be a good means to increase the profitability if the foods in it do not reflect the customers' wants and needs. River Side Oriental Cuisine restaurant in Laren, the Netherlands is a new restaurant that will be combining Thai, Malaysian Chinese, and Japanese cuisine. By distributing questionnaires and doing an observation, the customers' preferences analyzed to determine a suitable menu, considering the factors, i.e. food habits and preferences, nutritional requirements, and food characteristics.
PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN SECURITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GOPAY PADA GENERASI X DI SURABAYA Kumala, Debby Cynthia; Pranata, Joshua Wilson; Thio, Sienny
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 6, No 1 (2020): MARCH 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.6.1.19-29

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dimensi perceived usefulness, perceived ease of use, trust, dan security memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan GoPay pada generasi X Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi perceived usefulness, perceived ease of use, trust, dan security secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi GoPay untuk pembelian makanan dan minuman pada generasi X Surabaya. Dari empat dimensi tersebut, perceived ease of use menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat generasi X untuk menggunakan aplikasi GoPay untuk bertransaksi makanan dan minuman
UNDERSTANDING HOSPITALITY ACTIVITIES: SOCIAL PRIVATE AND COMMERCIAL DOMAIN Thio, Sienny
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 1, No 1 (2005): MARCH 2005
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.1.1.

Abstract

Hospitality is commonly defined as something related to the friendliness, kindness and hospitableness. But, there are still some debates regarding to the exact definition of hospitality. Therefore, the understanding of hospitality provision can be more sharpened by acknowledging the hospitality activities into 3 (three) domains which are social, private/domestic, and commercial. The manner of the private and social domains can inform commercial hospitality practice. When applied appropriately, it could lead to an improvement in commercial operation.
THE IMPORTANCE OF CUSTOMER SATISFACTION AND SUPREME SERVICE PROVISION IN THE HOTEL INDUSTRY: A CASE STUDY OF SURABAYA PLAZA HOTEL Anshori, Yusak; Langner, Viviane
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol 3, No 1 (2007): MARCH 2007
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/jmp.3.1.18-25

Abstract

Surabaya Plaza Hotel (SPH) is very well accepted by its present clientele, but nonetheless the guests have a few factors of complaint. The overall image of SPH is highly positive. SPH also provides superior quality and services. Providing the guests with satisfactory services and experiences is a key to success in the hotel industry. In order to reach a supreme level of customer satisfaction, the guests' opinions and ideas should be employed on ongoing processes of total quality management.