cover
Contact Name
M. Miftakul Amin, S. Kom., M. Eng.
Contact Email
M. Miftakul Amin, S. Kom., M. Eng.
Phone
-
Journal Mail Official
mmiftakulamin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jupiter
ISSN : 20852029     EISSN : -     DOI : -
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Komputer, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang bertujuan menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang teknologi. Ruang lingkup Jurnal JUPITER meliputi bidang Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Komputer Kendali.
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN MAHASISWA SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID Darlies, Meiyi; Agustin, Maria; P.S, M. Suryawan
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 7, No 1 (2015): Jupiter April 2015
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3432644

Abstract

Proses pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden Mahasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya  masih menerapkan sistem manual yaitu para pemilih harus mencoblos.  Panitia penyelenggara akan sangat sibuk dalam proses tersebut. Proses perhitungan suara dimana memakan waktu yang cukup lama dan beresiko terjadi kesalahan dalam menghitung rekapitulasi  jumlah suara. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mempermudah proses pemilihan Presiden Mahasiswa. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat proses pemilihan tersebut. Pemilih akan memberikan hak suaranya secara online melalui smartphone yang menggunakan system operasi android. Kemudian hasil suara dari pemilih akan disimpan dan ditampilkan oleh admin/ panitia untuk kemudian dipublikasikan.Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat proses Pemilihan Presiden Mahasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya.
IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN LOKASI ATM BARU Putra, Apriansyah; Pratama, M.Fadli
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 8, No 1 (2016): Jupiter April 2016
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3429249

Abstract

Proses dalam penentuan lokasi baru memiliki beragam persoalan antara lain sulit dalam menentukan lokasi ATM serta hasil keputusan yang cenderung subjektif. Oleh karena itu perlunya suatu pengembangan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengambil keputusan menentukan calon lokasi mana yang sesuai dengan kriteria yang diminta seperti jumlah penduduk, jarak dengan bank, jarak dengan ATM pesaing dan sebaginya. Pengambilan keputusan yang menggunakan metode Simple Additive Weighting dipandang sesuai karena dapat menentukan nilai bobot dari tiap kriteria yang kemudian akan dilakukan proses perankingan yang akan menyeleksi calon lokasi terbaik. Produk sistem pendukung keputusan ini mencakup proses pemilihan calon lokasi, penambahan data lokasi, kecamatan, proses perhitungan dan perankingan menggunakan metode SAW serta pembuatan laporan untuk lokasi mana saja yang dipilih menjadi lokasi ATM baru yang semua proses tersebut terintegrasi sebagai suatu sistem pendukung keputusan pada Bank untuk wilayah kota Palembang
DESAIN PERANGKAT LUNAK SMS DENGAN TRANSLASI TEXT AKSARA BALI Negara, Ida Bagus Kade Dwi Suta; Wirastuti, NMAE Dewi; Pramaita, Nyoman
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 10, No 2 (2018): Jupiter Oktober 2018
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3406880

Abstract

Sebagian besar masyarakat Bali mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Bali, akan tetapi hanya sedikit orang Bali yang mampu dan mengerti tata penulisan Aksara Bali. Hal ini terjadi karena tata cara penulisan Aksara Bali aturannya cukup kompleks. Diperlukan cara-cara yang inovatif untuk menarik minat masyarakat dalam mempelajari Aksara Bali, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini membahas desain perangkat lunak SMS dengan translasi text Aksara Bali. Dalam pembuatan desain perangkat lunak ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: pengumpulan data dan literatur, identifikasi permasalahan, desain dan perancangan sistem, serta implementasi dan pengujian. Hasil desain translasi text Aksara Bali pada perangkat lunak SMS berupa: perancangan proses translasi text Aksara Bali, perancangan proses pegiriman SMS, dan perancangan proses penerimaan SMS. Sedangkan desain antar muka translasi text Aksara Bali pada perangkat lunak SMS berupa desain antarmuka pengiriman dan penerimaan SMS.
PENENTUAN JARAK PADA APLIKASI E-TOURISM BERBASIS ANDROID SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PARIWISATA LAMPUNG Herlina, Herlina; Karnila, Sri; Kurniawan, Rio; -, Yulmaini; Eka Yusendra, M. Ariza
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 8, No 2 (2016): Jupiter Oktober 2016
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3427029

Abstract

Program ini menghasilkan sistem informasigeografis pariwisata berbasis android sehingga menjadi sebuah interface yang membantu Dinas Pariwisata Provinsi Lampung untuk menginformasikan objek wisata dan jarak terdekat dengan fasilitas ? fasilitasnya. System informasi geografis ini mampu menjadi salah satu media pengenalan objek wisata dan berdampak terhadap peningkatan animo dan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Provinsi Lampung. Pada proses penghitungan rute terpendek terdapat dua macam proses yaitu proses pemberian label dan proses pemberian node sehingga memberikan informasi jarak terdekat dari titik pencari informasi. Aplikasi ini disebut dengan E-tourism mobile berbasiskan system operasi android dapat dijalankan melalui smartphone oleh para wisatawan, E-Tourisme ini difasilitasi dengan fungsi pemilihan tempat wisata, penjadwalan kegiatan wisata, memberikan pengguna untuk memberikan rating dan komentar bagus untuk suatu tempat wisata dan estimasi waktu serta rute yang akan ditempuh untuk menuju ke tempat wisata
MODEL SOCIAL MEDIA CONTENT MARKETING UNTUK PENGRAJIN DI KOTA KUDUS Wijayanti, Esti
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 10, No 1 (2018): Jupiter April 2018
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3408509

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini berkembang semakin pesat. Informasi untuk para penjual dan pembeli dapat bertransaksi dengan mengunakan internet. Perkembangan teknologi ini membuat pasar local khususnya mau tidak mau harus dapat mengikuti perubahan trend tekonlogi dan mengimbangi untuk menunjang kemajuan usaha sebagai sarana prasarana. Social media content marketing adalah sistem yang untuk membantu mempermudah pengusaha dalam  memasarkan product yang dimilikinya. Sosial Media Content Marketing (SMCM) memiliki peran penting dalam memasarkan barang produksi karena merupakan media untuk konsumen untuk mendapatkan informasi, pebisnis cenderung menggunakan media pemasaran social untuk memasarkan tentang produk mereka kepada konsumen. Melalui social platform media, mereka terlibat dengan konsumen mereka dan membangun interaksi aktif antara mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk pengusaha untuk memiliki konten pemasaran yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk mengunjungi halaman mereka, dan mengikuti berita pembaruan dan akhirnya mengulangi pembelian.
SISTEM KENDALI OTOMATIS BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE(SMS) GATEWAY Mirza, Yulian
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 7, No 2 (2015): Jupiter Oktober 2015
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3430057

Abstract

Pengandalian rumah tinggal jarak jauh menggunakan jalur Sistem Short Message Service (SMS) Gateway adalah merupakan fokus permasalahan pada makalah ini, yaitu untuk mengontrol tirai dan lampu secara  otomatis menggunakan sensor LDR, mikrokontroler ATMega8535 sebagai pengendali utama ,dan sms gateway untuk sarana pengirim data kepada handphone pemilik rumah. Penelitian ini menggunakan metode ekspriment di laboratorium yaitu melakukan simulasi sistem kendali dengan menggunakan program codevision untuk perintah sistem kendali utama. Terjadinya Membuka dan menutupnya tirai,  hidup dan matinya lampu disebabkan oleh perubahan intensitas cahaya diluar ruangan yang terdeteksi oleh sensor LDR, Perubahan Intensistas cahaya ini menyebabkan sistem kendali utama akan membalik keadaan dari kondisi sistem.
PENGEMBANGAN LAYANAN AKSES NILAI AKADEMIK BERBASIS WEB SERVICES Amin, M. Miftakul
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 9, No 1 (2017): Jupiter April 2017
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3411848

Abstract

Penelitian ini melakukan rancang bangun sistem pengeksesan nilai akademik berbasis dekstop, dengan memanfaatkan web services sebagai penyedia data. Aplikasi yang dikembangkan nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai aplikasi student information center (SIC) sehingga memudahkan dalam memperoleh data nilai akademik. Aplikasi yang dikembangkan dibangun menggunakan library nusoap dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, sedangkan pada sisi client yang mengkonsumsi web services menggunakan bahasa pemrograman microsoft visual basic .Net. Dari penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa web services dapat menjembatani pertukaran data dan informasi di lingkungan yang heterogen, baik di level sistem operasi computer, sistem operasi jaringan, bahasa pemrograman dan basis data.  Dengan adanya aplikasi ini, proses pengaksesan nilai akademik dapat dilakukan dengan lebih efektif.
DESAIN SISTEM PARKIR BERBASIS RFID Agustin, Maria; Mekongga, Ikhthison; Admirani, Ica; Azro, Isnainy
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 11, No 1 (2019): Jupiter April 2019
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3405848

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah sistem montoring parkir. Sistem berfungsi untuk mengontrol palang pintu parkir serta memberi informasi area parkir, apakah parkir sudah penuh atau masih ada parkir yang kosong. Semua sistem dikendalikan oleh mikrokontroler arduino uno. Pada sistem monitoring parkir ini menggunakan sensor RFID ( Radio Frequency Identification). RFID reader berfungsi untuk membaca nomor id yang tersimpan pada RFID tag untuk membuka palang pintu parkir, driver relay sebagai penggerak motor servo untuk membuka dan menutup palang pintu parkir apabila ada mobil atau motor yang mau masuk ke area parkir dengan cara menempelkan RFID reader ke RFID tag, sensor LDR untuk mengetahui apakah area parkir sudah penuh atau masih ada yang kosong, dengan cara sensor mengirimkan data ke mikrokontroler  arduino uno, kemudian mikrokontroler mengirimkan data ke LCD yang berupa tulisan informasi area parkir kosong atau parkir sudah penuh.Kata kunci : Parkir, RFID, Mikrokontroler
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI YANG TERINTEGRASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI Agus, Isnandar; Indera, Indera
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 9, No 2 (2017): Jupiter Oktober 2017
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3409207

Abstract

Sistem informasi dewasa ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan sudah menjadi kebutuhan pokok suatu organisasi baik pemerintah atau swasta. Sistem informasi ini digunakan untuk memperlancar proses bisnis organisasi guna mencapai tujuan dan sasaran dari perencanaan strategis bisnis organisasi tersebut sehingga tercapai tingkat aktivitas dan efisiensi yang tinggi yang akan memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi, demikian juga halnya dengan lembaga pendidikan tinggi Untuk mendapatkan sistem informasi yang diinginkan, maka diperlukan suatu tahapan kegiatan yang dirangkum dalam perencanaan sistem informasi meliputi perencanaan strategis sistem informas, perencanaan strategis teknologi informasi dan perencanaan proyek (Project Plan) yang akan dilakukan. Dilanjutkan dengan studi tentang bagaimana merencanakan sistem infomasi yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis organisasi meliputi analisis rencana strategis bisnis organisasi dengan menggunakan pendekatan strategic framework dan analisis SWOT , dan kemudian perumusan rencana strategis sistem informasi/teknologi informasi dengan menggunakan pendekatan four-stage model of planning yang dikombinasikan dengan pendekatan five forces dari porter. Sebagian jawaban dari kebutuhan opeasional lembaga pendidikan tinggi dalam melayani administrasi akademik dan kemahasiswaan yang efektif, efisien dan memiliki keunggulan kompetitif, maka perencanaan strategis sistem informasi ini dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi masing-masing organisasi dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan tinggi serta dapat memberikan nilai tambahan dan meningkatkan daya saingnya.
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK FARMASI SAMARINDA Harjanto, Arif; Lailly, Nur
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) Vol 9, No 1 (2017): Jupiter April 2017
Publisher : JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3411852

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu fasilitas untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan menggunakan media pembelajaran, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Seorang pendidik diharuskan untuk berfikir kreatif dalam menciptakan media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran tersebut dapat berupa simulasi visual, audio visual (video). Sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mata pelajaran simulasi digital bidang ilmu kefarmasian yang dilaksanakan pada SMK Farmasi Samarinda masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembuatan video pembelajaran, penerapannya serta tingkat kelayakan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan sampel penelitian kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran dilihat dari keseluruhan aspek baik dari aspek materi dan tampilan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 46,3% dan termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 53,6%.