cover
Contact Name
NURUL KUSUMA DEWI
Contact Email
kusuma.dewi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KUMARA CENDEKIA
ISSN : 2338008X     EISSN : 2716084X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 190 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK/RA CEMARA DUA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016 Wulansari, Twenty Eka Catur; Hafidah, Ruli; Pudyaningtyas, Adriani Rahma
Kumara Cendekia Vol 6, No 1 (2018): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v6i1.35002

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan melalui permainan tebak kata pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 dari prasiklus ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal anak dalam membaca permulaan pada prasiklus adalah sebesar 3 anak atau 25% yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 7 anak atau 58,33% mencapai ketuntasan dalam membaca permulaan. Pada siklus II ketuntasan klasikal pada kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 10 anak atau 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016Kata kunci: membaca permulaan, permainan tebak kata
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH KADIPIRO 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 Asmodilasti, Adisti; Kartono, Kartono; Astuti, MG Dwiji
Kumara Cendekia Vol 3, No 4 (2015): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v3i4.34576

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anakkhususnya kemampuan berbicara dengan menggunakan metode bercerita pada anakkelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dariempat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahaprefleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakartayang berjumlah 25 anak. Sumber data berasal dari anak dan wali kelas. Teknik pengumpulandata dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes (unjuk kerja). Validitasdata menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data secara deskriptifkomparatif. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak ditandai dengan meningkatnyaketuntasan klasikal anak dari siklus I dan siklus II. Siklus I hasil kemampuan berbahasa lisananak mencapai 40% menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut, dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuanberbahasa lisan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta.Kata kunci : Kemampuan berbahasa lisan, metode bercerita
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 21 PREMULUNG SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Rahayu, Nurul Sri; Kamsiyati, Siti; Djaelani, Djaelani
Kumara Cendekia Vol 3, No 3 (2015): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v3i3.34558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaanmelalui media kartu kata pada anak kelompok B TK Aisyiyah 21 Premulung Surakarta tahunpelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah 21Premulung Surakarta yang berjumlah 19 anak didik. Penelitian tindakan kelas inidilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis yang digunakan adalah teknikdeskriptif komperatif dan analisis kritis serta analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukanbahwa media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anakkelompok B TK Aisyiyah 21 Premulung Surakarta.Kata Kunci : Membaca Permulaan, Media Kartu Kata
UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MIND MAP PADA ANAK KELOMPOK A1 TKIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 Wijayanti, Ani; Mulyono, Hadi; Syamsudin, Muhammad Munif
Kumara Cendekia Vol 3, No 1 (2015): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v3i1.34359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris melalui Mind Map pada anak kelompok A1 TKIT Nur Hidayah tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap kali pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan obsevasi dan refleksi. Hasil menunjukan dari pratindakan persentase ketuntasan kosakata bahasa Inggris sebanyak 3 anak atau 23%, siklus I meningkat sebanyak 7 anak atau 54%, dan pada siklus II meningkat sebanyak 11 anak atau 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui Mind Map pada anak kelompok A1 TKIT Nur Hidayah Tahun Ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Kosakata Bahasa Inggris,Mind Map
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP POLA MELALUI MEDIA REALIA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Aisyah, Ahma Nur; wahyuningsih, siti; nurjanah, novita eka
Kumara Cendekia Vol 7, No 4 (2019): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v7i4.32824

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 12 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media realia, anak dapat menemukan pola ABC-ABC, melanjutkan pola AABB-AABB, meniru pola ABB-ABB, dan menyalin pola ABBB-ABBB. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 41,67%, peningkatan kemampuan mengenal konsep pola pada siklus I sebesar 58,33 ditandai dengan anak yang sudah memperhatikan guru dan menyelesaikan tugas dengan media realia. Peningkatan pada siklus II sebesar 83,33%, anak dengan mudah menemukan benda yang hilang pada pola ABC-ABC. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media realia dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola pada anak usia 4-5 tahun.  Kata kunci: Konsep pola, media realia, anak usia 4-5 tahun ABSTRACTThis study aimed to improve the ability to recognize the concept of patterns through real life materials. This type of research is classroom action research carried out for two cycles. Subjects in this study were children aged 4-5 years with a total of 12 children consisting of 7 girls and 5 boys. Data collection techniques in this study used observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis in this study uses comparative descriptive quantitative analysis and interactive model qualitative analysis. The results of this study indicate that through real life materials, children can find ABC-ABC patterns, continue AABB-AABB patterns, imitate ABB-ABB patterns, and copy ABBB-ABBB patterns. The results of this study indicate there is an increase in the ability to recognize the concept of patterns through real life materials, namely the percentage of completeness in pre-action by 41.67%, an increase in the ability to recognize the concept of the pattern in the first cycle of 58.33 marked by children who have paid attention to the teacher and completed the task with the real life materials. Increased in the second cycle of 83.33%, children easily find missing object in the ABC-ABC pattern. The conclusion of this study is that through real life materials can improve the ability to recognize the concept of patterns in children aged 4-5 years. Keywords: Concept of pattern, real life materials, early chilhood
PENERAPAN BERMAIN MUSIKPERKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HUDA KERTEN TAHUN AJARAN 2013/2014 Emilia, Siti; Istiyah, Siti
Kumara Cendekia Vol 2, No 3 (2014): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v2i3.34202

Abstract

Abstrak
EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN Setyaningtyas, Putri; Wahyuningsih, Siti; Syamsuddin, Muhammad Munif
Kumara Cendekia Vol 7, No 3 (2019): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v7i3.36440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true  eksperimen dengan desain between subject design. Sampel penelitian ini sejumlah 42 anak usia 5-6 tahun di TK Islam An-Nahl Cemani, Sukoharjo. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil analisis data menunjukkan, terdapat efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen sudah mampu menghitung 1-20 benda, menjumlah dan mengurangkan benda, mengelompokkan serta menghitung jumlahnya.Kata kunci : brain based learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN FUNGSIONAL PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 Irawan, NIndya; Wahyuningsih, Siti; Hadiyah, Hadiyah
Kumara Cendekia Vol 2, No 2 (2014): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v2i2.34167

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain fungsional pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus meliputi tahap perencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya sehingga dapat disimpulkan melalui bermain fungsional dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Negeri Pembina Surakarta tahun ajaran 2013/2014.
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Aeni, Nur; Amir, Amir; Daryanto, Joko
Kumara Cendekia Vol 3, No 3 (2015): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v3i3.34563

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasankinestetik anak kelompok A TK Al-Huda Kerten Kecamatan Laweyan tahun pelajaran2013/2014 dengan menggunakan permainan tradisional engklek. Penelitian ini dilaksanakandalam dua siklus dan setiap siklusnya merupakan perbaikan yang didasari atas hasil refleksidari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional engklek dapatmeningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok A TK Al-Huda tahun pelajaran2013/2014 dengan perolehan nilai ketuntasan pada prasiklus 6 anak (35,3%), siklus pertamaterdapat 9 anak (52,94%), dan pada siklus kedua terdapat 15 anak (88,24%).Kata kunci : kecerdasan kinestetik, permainan tradisional engklek
PERBANDINGAN ANTARA HASIL TES PEMEROLEHAN LAGU DI TK DENGAN HASIL MENONTON TELEVISI PADA ANAK TK AISYIYAH BATURANCOLOMADU TAHUN AJARAN 2013/ 2014 Dewi, Anita Madiana; Hartono, Hartono; Sadiman, Sadiman
Kumara Cendekia Vol 3, No 4 (2015): Kumara Cendekia
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/kc.v3i4.34581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan pemerolehanlagu anak di TK dengan hasil menonton televisi pada anak kelompok B1 TK AisyiyahBaturan Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Pengambilan data penelitian denganmenggunakan tes unjuk kerja dengan menyanyikan 42 lagu dari hasil pembelajaran di TKdengan 15 lagu dari acara YKS (Yuk Keep Smile) di televisi. Hasil penilaian menunjukkanbahwa pemerolehan lagu anak di TK lebih banyak dibandingkan dengan pemerolehan laguhasil menonton televisi dengan nilai 70,89 untuk pemerolehan lagu di TK dan 44,71 untukpemerolehan lagu dari hasil menonton televisi.Kata kunci :pemerolehan lagu, lagu di TK, hasil menonton televisi

Page 1 of 19 | Total Record : 190