cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2012)" : 5 Documents clear
ARNOLD GESELL DAN MODEL PEMATANGAN Bachtiar, Muhammad Yusri
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.089 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1593

Abstract

Arnold Gesell adalah psikolog dan dokter anak pionir di bidang perkembangan anak. Pertumbuhan dan perkembangan menurut Gesell dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, anak adalah produk dari lingkungannya. Kedua adalah perkembangan anak berasal dari dalam, yaitu dari aksi gen-gen tubuhnya. Kedua proses di atas disebut ?kematangan?Kata Kunci: Arnold Gesell, Pertumbuhan dan perkembangan, dan Kematangan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 PAREPARE Pada, Amir
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.309 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1589

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini  adalah bagaimana proses penerapan metode diskusi tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar di SMP Negeri 2 Parepare. Tujuan yang akan dicapai adalah mengetahui bagaimana partisipasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi tipe jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam Penulisan ini menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang diperoleh dianalisis melalui proses deskripsi yang lebih mendalam sehingga diperoleh sebuah gambaran nyata mengenai hasil dari penanganan masalah yang terjadi. Hasil Penulisan ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi danhasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS masih kurang sebelum penerapan metode diskusi Tipe Jigsaw. Selanjutnya  hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan metode diskusi tipe jigsaw meningkat. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode diskusi tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPS di SMP Negeri 2 ParepareKata kunci: Penerapan metode diskusi Tipe Jigsaw, Hasil Belajar dan Pembelajaran IPS 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIMETRI PUTAR DAN LIPAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SD NEGERI 83 PAREPARE Maryam. M, St.
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.748 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1594

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana meningkatkan aktivitas proses pembelajaran tentang simetri putar dan lipat bangun datar melalui Pendekatan Matematika Realistik di kelas V SD Negeri 83 Parepare dan Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang simetri putar dan lipat bangun datar melalui pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 83 Parepare. jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 83 Parepare. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Proses penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa tentang simetri lipat dan putar bangun datar di kelas V SD Negeri 83 Parepare.Kata kunci: hasil belajar, simetri putar, pendekatan matematika realistik
HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD INPRES 6/86 BIRU KABUPATEN BONE Nurdin, Makmur
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.214 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a)Bagaimana gambaran pemberian motivasi orang tua murid SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone?, b) Bagaimana gambaran hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone?, c) apakah ada hubungan antara pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone? Hasil penelitian mengenai pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone, disimpulkan sebagai berikut: Secara umum tingkat pemberian motivasi orang tua murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dalam kategori cukup baik. Secara umum tingkat pemberian motivasi orang tua murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dalam kategori cukup baik. Ada hubungan positif antara pemberian motivasi orang tua dan hasil belajar murid di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone.      Kata Kunci:    Motivasi, orang tua, murid dan hasil belajar
PENERAPAN QUANTUM TEACHING DI SD TIMBUSENG MAKASSAR IBM QUANTUM TEACHING ON TIMBUSENG ELEMENTARY TEACHERS MAKASSAR Idrus, Nur Abidah
Publikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2012)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.725 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v2i3.1597

Abstract

Belajar mengajar di sekolah merupakan serangkaian kegiatanyang secara sadar telah terencana. Dengan adanya perencanaan yang baik akan mendukung keberhasilan pengajaran. Usaha perencanaan pengajaran diupayakan agar peserta didik memiliki kemampuan maksimal dan meningkatkan motivasi, tantangan dan kepuasan sehingga mampu memenuhi harapan baik oleh guru sebagai pembawa materi maupun peserta didik sebagai penggarap ilmu pengetahuan.Kata Kunci: Pelatihan, Pembelajaran inovatif, Quantum Teaching.

Page 1 of 1 | Total Record : 5