cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2013)" : 5 Documents clear
PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Hafid, Hasaruddin
Publikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v3i1.1604

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang sifatnya abstrak dan bernalar deduktif, serta dalam memahaminya memerlukan pemikiran yang tinggi. Siswa SD yang masih berada dalam taraf  berpikir konkret dan dalam mengambil suatu kesimpulan masih menggunakan cara berpikir induktif. Dari kedua hal yang tidak sejalan itu diperlukan jembatan penghubung (metode), yang dapat menghubungkan keduanya. Salah satu metode yang telah berhasil menghubungkan kedua keadaan di atas adalah dengan melalui pembelajaran kooperatif, namun diperlukan pemaduan dengan model-model pembelajaran lainnya. Model pembelajaran tersebut antara lain adalah model pembelajaran perubahan konseptual. Model pembelajaran konseptual berakar dari teori pemrosesan informasi dan dalam ide-ide mengenai pergeseran paradigma. Pembelajaran inovativ yang difasilitasi dengan nuansa kooperatif mengkomunikasikan kebutuhan siswa untuk belajar berinteraksi sosial secara afektif dan psikomotor dengan sesama teman di sekolah. Oleh sebab itu, pembelajaran kooperatif sangat perlu diimplementasikan karena disamping dapat memberikan kemudahan belajar, juga memfasilitasi siswa untuk memahami makna learning to live together.Kata kunci: pembelajaran inovativ
KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES IPA MAHASISWA PGSD UPP PAREPARE (IPA PROCESS SKIL ABILITY BY THE STUDENTS OF PGSD UPP PAREPARE) Sappe, Azis
Publikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.14 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v3i1.1598

Abstract

Penelitian penguasaan keterampilan proses IPA mahasiswa PGSD UPP Parepare bertujuan memperoleh informasi tentang keterampilan proses IPA yang kurang dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa PGSD UPP Parepare. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sasaran mahasiswa PGSD UPP Parepare kelas C4 berjumlah 56 orang. Menggunakan sampel populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan. Sedangkan dokumentasi dimaksudkan adalah menilai laporan hasil kegiatan mahasiswa yang tertuang dalam lembar kegiatan mahasiswa.     Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif berupa tabulasi, analisis, presentase dan frekuensi kumulatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:1) Kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa PGSD UPP Parepare tersebar pada rentang 1,50 sampai dengan 3,63 dari 4,00 yang merupakan nilai tertinggi yang mungkin dicapai. 2) Keterampilan proses IPA yang sukar dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa adalah keterampilan proses IPA terpadu, rata-rata penguasaan mahasiswa adalah 1,84. 3) Keterampilan proses IPA yang pada umumnya dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa adalalah pengamatan, rata-rata penguasaan mahasiswa adalah 3,02 sedangkan keterampilan proses IPA lainnya penguasaan di bawah 3,00. Berkaitan dengan hasil penelitian ini disarankan agar dosen IPA dapat memperbaiki strategi pembelajaran agar aspek kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa dapat lebih ditingkatkan, sebagai salah satu bekal mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang berkualitas di sekolah dasar pada masa yang akan datang.Kata kunci : Kemampuan, Keterampilan Proses IPA
HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERSEPSI LULUSAN SMU TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) Nurhaedah, Nurhaedah; Arfandi, Anas
Publikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.942 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v3i1.1605

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) Mendapatkan gambaran mengenai persepsi mahasiswa terhadap profesi guru. 2) memahami sejauhmana minat mahasiswa untuk menjadi guru SD. 3) menjelaskan hubungan antara persepsi terhadap profesi guru dengan minat mahasiswa menjadi guru SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik pengambilan data dengan cara menyebarkan koesioner dan wawancara sebagai data primer pada Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa PGSD UNM lulusan SMU terhadap profesi guru masuk kategori Sangat Baik 56,94% dan 43,06% pada kategori Baik; 2) Minat mahasiswa PGSD UNM lulusan SMU untuk menjadi guru masuk kategori Sangat Baik 52,78% dan 45,83% pada kategori Baik. Namun demikian, terdapat 1,39% mahasiswa yang masih Ragu untuk menjadi guru; dan 3) Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap profesi guru dengan minat menjadi guru SD memiliki korelasi positif sebesar 0,670 yang berarti 67% minat menjadi guru SD berasal dari persepsi mereka terhadap profesi guru, sedangkan sisanya 33% bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain.Kata kunci: persepsi terhadap profesi guru, minat menjadi guru SD
PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD SEMESTER III UPP MAKASSAR FIP UNM Pagarra, Hamzah
Publikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v3i1.1601

Abstract

Masalah dalam penelitian ini menyorot tentang apakah pembelajaran kooperatif model group investigation  dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM? Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation  dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, model desain penelitian Kemmis berdasarkan siklus-siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM yang memprogram Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif model group investigasi dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM.Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model group investigasi.
IBM ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR YANG STUDI LANJUT DI PGSD UPP PAREPARE Tuken, Ritha
Publikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.879 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v3i1.1608

Abstract

Media sebagai alat telah membuka jalan untuk mencapai fungsi tujuan pembelajaran. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa kegiatan pembelajaran dengan bantuan media meningkatkan kualitas kegiatan belajar siswa dalam jangka waktu tertentu. Itu berarti, kegiatan belajar siswa dengan bantuan media dan proses akan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Akhirnya, dapat dipahami bahwa media adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, gurulah yang mempergunakannya untuk pembelajaran siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengambil bagian dalam membangun penggunaan media pembelajaran kepada para guru yang mengikuti studi lanjut di PGSD UPP Parepare. Tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal jika pemilihan strategi dan metode yang tepat. Harap dicatat bahwa agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran dapat memilih satu atau lebih metode.Kata-kata kunci: Alat Bantu, Guru Sekolah Dasar, Sumber Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5