cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2016)" : 7 Documents clear
MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR (STUDI KASUS PADA TK TUNAS HARAPAN DI BULUKUMBA) Bachtiar, Muhammad Yusri
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.411 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi objektif proses pembelajaran dalam meningkatan kreativitas anak di TK Tunas Harapan Tahun Ajaran 2014/2015; (2) langkah-langkah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode cerita bergambar dalam meningkatkan kreativitas anak di Tk Tunas Harapan Ajaran 2014/2015; (3) peningkatan kreativitas anak setelah menggunakan metode cerita bergambar di TK Tunas Harapan Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode cerita bergambar. Pembelajaran bercerita melalui buku cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase kreativitas dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II, yakni sebelum tindakan kreativitas anak sebesar 11-22 %, peningkatan kreativitas siklus I mencapai 33% dan peningkatan kreativitas pada siklus II mencapai 100 %. Oleh karena itu, buku cerita bergambar merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini.Kata Kunci: Kreativitas, Cerita Bergambar dan Anak Usia Dini
HAKIKAT IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Rosmalah, Rosmalah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.261 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1797

Abstract

Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Indonesia sendiri tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang berbunyi ?pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia menyebut MBS dengan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah yang diartikan sebagai ?model manajemen yang memberikan otonomi yang lebih besar pada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung warga sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional.Kata kunci: Implementasi MBS
EFEKTIVITAS PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD Muliadi, Muliadi
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1793

Abstract

Salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan belajar Pendidikan Jasmani di sekolah dasar adalah pendekatan pembelajaran, karena dengan pemilihan pendekatan secara tepat dapat menghasilkan proses pembelajaran yang optimal. Tidak semua materi pelajaran cocok menggunakan pendekatan tertentu, dengan kata lain dapat dinyatakan tidak ada sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk semuua materi pembelajaran, sehingga materi tetentu perlu pendekatan dengan tertentu pula yang efektif. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani guru harus dapat memilih suatu pendekatan pembelajaran  secara lunak dan tidak memaksa, sehingga siswa dengan kemauan sendiri ingin melakukan gerak (olahraga). Salah satu pendekatan yang mengarah kepada pemberdayaan dan mendorong siswa untuk senang melakukan gerak adalah pendekatan pembelajaran humanistik. Dan proses pembelajaran dapat dikatakan mengarah kepada pembelajaran humanistik, jika interaksi keterampilan dan interaksi prilaku, serta korektif yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran, siswa terjalin dengan baik. Kata Kunci: Pendekatan Humanistik, Pembelajaan Pendidikan Jasmani
INTERAKSI METODE LATIHAN DAN KECEPATAN REAKSI TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN ATLET TINJU KATEGORI YOUTH Muis, Joni
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.855 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1831

Abstract

Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dan kecepatan reaksi  terhadap kemampuan pukulan atlet tinju kateegori youth Sulawesi Selatan dengan mengontrol kecepatan reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di Aula KODAM VII Wirabuana Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2x3. Sampel terdiri dari 54 atlet menggunakan teknik sampling acak menjadi 6 kelompok, masing-masing terdiri dari 9 atlet. Teknik analisis data adalah dua-arah analisis varians (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji T-tukey pada  tingkat signifikansi ? = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat interaksi antara metode latihan dan kecepatan reaksi terhadap kemampuan pukulan.Kata kunci: latihan woodchoppers, forearm, dumbell, kemampuan pukulan 
PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDISKUSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR PKN DI PGSD UPP BONE FIP UNM Nurdin, Makmur
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.692 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendiskripsikan bagaimana merancang diskusi dengan menerapkan metode debat aktif dalam proses pembelajaran. 2)Untuk mendiskripsikan  pelaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode debat dalam diskusi. 3) Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan  berdiskusi mahasiswa setelah menerapkan metode debat aktif. Subek penelitian adalah mahasiswa kelas D 23 B di PGSD UPP Bone FIP UNM. Fokus penelitian adalah Penerapan Metode Debat Aktif dan Kemampuan berdiskusi mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif . Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan metode debat aktif dalam pembelajaran konsep Dasar PKn menjadikan mahasiswa lebih antusias untuk memberikan pendapat karena adanya pembagian kelompok pro dan kelompok kontra yang menstimulus mahasiswa lebih aktif dalam diskusi. 2) Kegiatan pembelajaran dengan diskusi menggunakan metode debat aktif dapat menciptakan Susana diskusi menjadi aktif dan menyenangkan bagi mahasiswa sedangkan bagi dosen dapat lebih mudah membimbing mahasiswa. 3) Penerapan metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa  kelas D 23 B PGSD UPP Bone.Kata Kunci: Kemampuan Berdiskusi, Metode Debat Aktif
ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENINGKATAN MUTU KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DI MAKASSAR Nurochmah, Andi; Bachtiar, M.
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.909 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1794

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana gambaran analisis kebutuhan  pengawas  sekolah untuk meningkatkan mutu kinerja pengawas sekolah di Kota Makassar?. Tujuan dalam penelitian adalah untuk memperoleh gambaran kebutuhan pengawas sekolah  untuk meningkatkan mutu kinerja pengawas sekolah di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi seluruh pengawas sekolah dan anggota sampel penelitian hanya 45 orang pengawas sekolah dari berbagai tingkatan sekolah, Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh pengawas sekolah rata-rata termasuk sedang atau hanya mempunyai kompetensi cukup yaitu dalam kompetensi kepribadian rata-rata termasuk sedang, kompetensi manajerial rata- rata termasuk kategori baik, kompetensi Supervisi Akademik  terindikasi termasuk kategori sedang, kompetensi evaluasi pendidikan termasuk kategori baik, kemudian kompetensi penelitian dan pengembangan rata-rata termasuk kategori sedang dan kompetensi sosial rata ?rata termasuk kategori sedang. Berdasarkan fakta ini menunjukkan bahwa mutu kinerja pengawas dapat dikembangkan melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan formal khusus kepengawasan.Kata kunci : kebutuhan pengawas,  mutu kinerja, pengawas sekolah
THE MOST DOMINANT LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IN LEARNING SPEAKING ENGLISH OF THE MIDWIFERY STUDENTS Jihad, Adriani
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.796 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i1.1799

Abstract

This research aims: to investigate the most dominant language learning strategies used by successful and unsuccessful students, and to find out the differences of using language learning strategies between successful and unsuccessful students in their speaking.The researcher applied descriptive quantitative method. The population of this research was the fourth semester students of midwifery study program at Universitas Indonesia Timur in academic year 2012/2013. The sample was the fourth semester students of Midwifery Study Program at Universitas Indonesia Timur, class E.11 which consist of 50 students. This research used cluster random sampling technique. This research used 2 kinds of instruments; they were speaking test and questionnaire.The data were collected through speaking tests and SILL questionnaire. The data from speaking test were analyzed by Heaton?s criteria level, whereas the data from questionnaire were analyzed by SPSS 17.00 and Likert scale. The result of the descriptive quantitative data through speaking test showed that (1) the most dominantly used language learning strategies among the successful students is affective strategies and the most frequently used language learning strategies among unsuccessful students choose metacognitive strategy, (2)there is a difference in using language learning strategies between successful students and unsuccessful students. The six language learning strategies usually employed by the students in speaking; the successful students employ all kinds of language learning strategies while the unsuccessful students only employ four kinds of language learning strategies.Keywords:Learning Strategies and English Speaking

Page 1 of 1 | Total Record : 7