cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2016)" : 5 Documents clear
MAKNA KOMPETENSI EMOSI BAGI MANAJER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN Hamid, Andi Nasrawati
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.013 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1903

Abstract

Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini bertujuan untuk memahami makna kompetensi emosi bagi manajer dalam melakukan proses pengambilan keputusan di ruang lingkup organisasi. Keterlibatan emosi tidak dapat dihindari ketika individu menghadapi kondisi pengambilan keputusan, oleh karena itu dibutuhkan keterampilan yang berbasis potensi emosi dan berdampak pada pencapaian kinerja yang tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang mendalam untuk mengumpulkan data dari responden. Pengumpulan responden dengan menggunakan teknik ?snow-ball? dan pemilihan responden menggunakan purposive sampling. Penelitian kualitatif fenomenologi ini terdiri dari empat proses yang dilalui yaitu epoche, phenomenological reduction, imaginative variation, dan synthesis of meaning. Proses analisis dan interpretasi data meliputi: bracketing, horizonalizing, meaning units untuk mendapatkan deskripsi tekstural; imaginative variation untuk mendapatkan deskripsi struktural; dan memadukan deskripsi tekstural dan struktural menjadi suatu makna yang universal dan mewakili responden secara keseluruhan. Validitas hasil penelitian dengan menggunakan intersubjective validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman emosi merupakan sejumlah perasaan yang telah dialami manager dalam mengambil keputusan. Emosi yang dialami berupa: senang, kecewa, marah, dan cemas, yang ditimbulkan oleh adanya intervensi lingkungan, kondisi yang pasti dan ketidakpastian, serta terbatasnya kemampuan dalam menghadapi masalah dan adanya masalah pribadi yang dihadapi oleh manager. Sejumlah perasaan ini dimaknai sebagai sumber motivasi ataupun sebagai sumber stressor yang akan mempengaruhi cara atau strategi manager dalam mengambil keputusan. Kompetensi emosi menjadi sumber strategi manager dalam mengelolah emosi ketika melakukan proses pengambilan keputusan. Adapun bentuk kompetensi emosi manager dalam melakukan proses pengambilan keputusan yaitu: memahami emosi diri, mengendalikan emosi, memiliki motivasi, berempati, memiliki keterampilan sosial.Keyword: Pengalaman emosi, kompetensi emosi, manager, pengambilan keputusan 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KEC. BACUKIKI KOTA PAREPARE Nurjanah, Nurjanah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.072 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1899

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil blajar IPA tentang gaya dengan menerapkan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran IPA mengenai gaya. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare, sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki ? laki dan 7 siswi perempuan. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dan dikategorikan kurang, namun pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai dan dikategorikan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare.Kata Kunci: hasil belajar, metode inquiry
PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TAQWA ANAK DI SEKOLAH DASAR Arif K., Muh.
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.886 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1904

Abstract

Peranan pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap taqwa pada anak di sekolah dasar, pada dasarnya diperlukan kesadaran, penghayatan serta pengalaman dari beberapa unsur yang bertalian dengan isi pendidikan agama Islam mengandung keimanan, amaliah, ilmiah, dam pendidikan tentang akhlakul karimah sebagai wujud akibat dari pendidikan agama Islam dengan berfokus unsur-unsur obyek kajian tersebut di atas. Pendidikan dalam arti umum mencakup segala usaha dan perbuatan dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuannya, kecakapannya serta keterampilannya kepada generasi muda untuk memungkinkan melakukan fungsi hidupnya dalam pergaulan bersama, dengan sebaik-baiknya. ?Pendidikan nasional berdasarkan pada Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadapa Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa?.Kata kunci: Pendidikan agama Islam, peran dan sikap taqwa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PEMBELAJARAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS III SDN 44 PAREPARE Pasinggi, Yonathan Saba?
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.649 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa soal cerita operasi hitung campuran di kelas III, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa soal cerita operasi hitung campuran di kelas III melalui penerapan model kooperatif tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif jenisnya  PTK Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil evaluasi pada masing-masing siklus sebagai berikut. Siklus I berada pada kualifikasi cukup (C), penelitian dilanjutkan pada siklus ke II hasilnya baru berada pada kategori B sehingga melanjutkan  ke siklus III dan hasilnya berada pada kategori sangat baik (SB), sehingga penelitian dihentikan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran, Model Kooperatif Tipe STAD
PENGARUHTEKNIK MIND MIPPINGTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM BILINGUAL PGSD FIP UNM Nurhaedah, Nurhaedah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.959 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i2.1898

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaProgram Bilingual PGSD FIP UNM sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan sampel kelompok (cluster sample) yaitu mahasiswa Bilingual kelas BC.1.1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca pemahaman. Hasil penelitian yang telah dikemukakan pada bagian pembahasan membuktikan bahwa penggunaan teknik mind mapping sangat membantu mahasiswa untuk memahami isi bacaan dengan mengorganisasikan ide yang mereka dapatkan dalam bacaan dalam bentuk mind mapping. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan yang berbahasaInggris.Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan nilai yang diperoleh mahasiswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan.Kata Kunci: membaca pemahaman, metode Mind Mapping

Page 1 of 1 | Total Record : 5