cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2016)" : 7 Documents clear
PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK KARTIKA WIRABUANA 1 Sidin, Udin Sidik
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.922 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan strategi scaffolding pada pembelajaran pemrograman web siswa kelas 10 TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Kartika Wirabuana 1. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dalam bentuk pretest posttest design dengan jumlah populasi 74 orang dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan strategi scaffolding dalam pembelajaran berada pada kategori baik. Penerapan strategi scaffolding dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di Jurusan TKJ SMK Kartika Wirabuana 1. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil posttest yang lebih tinggi daripada rata-rata hasil pretest dengan rentangan perbedaan yang cukup tinggi.Kata Kunci : Strategi Scaffolding, Pemrograman Web
PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA PADA LEMBAGA PENDIDIKANDI INDONESIA Bangun, Sabaruddin Yunis
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.161 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2270

Abstract

Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Lembaga Pendidikan harus ditekankan pada olahraga kesehatan dan latihan jasmani untuk meningkatkan derajat sehat dinamis dan kemampuan motorik dan koordinasi yang lebih baik. Agar para siswa selama masa belajar memiliki kualitas hidup yang lebih baik, serta dapat diharapkan dapat berprestasi di bidang akademik dan olahraga sehingga menjadi sumber daya manusia yang bermutu di masa depan. Tujuan tulisan ini adalah sebagai referensi awal peran Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga di lembaga pendidikan Indonesia, dengan pemikiran bersama. Tentunya dalam kerangka membangun kembali pendidikan di Indonesia yang semakin lama semakin terpuruk dari segi pengelolaan. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta konsep pendidikan yang kurang jelas kontribusinya pada kualitas sumber daya manusia dalam pembangunan Indonesia, dalam hal ini kaitannya dengan program-program yang selama ini telah berjalan. Pemerintahan Indonesia harus berbenah diri dulu dengan menjadikan pendidikan jasmani dan olahraga sebagai kebutuhan dan pemerintah tertinggi harus memiliki komitmen yang kuat dan fokus dalam memajukan pendidikan jasmani dan olahraga di tanah air. Pemerintahan adalah kunci utama, pengambil kebijakan dan memajukan pendidikan di tanah air. Pemerintah dan para menteri terkait harus sinergis dan koordinasi yang baik dalam memajukan pendidikan jasmani dan olahraga pada lembaga pendidikan menuju Indonesia berkualitas Internasional.Kata Kunci: Pendidikan Jasmani dan Olahraga
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Bachtiar, Muhammad Yusri
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.314 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2275

Abstract

Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu dari Standar Nasional Pendidikan yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat. Pandangan penting terhadap pendidik  sebagai berikut. (1) Guru yang diharapkan masa kini; (2) Tugas guru sebagai panggilan hidup; (3) Guru yang demokratis; (4) Guru yang professional; (5) Peningkatan kualitas guru.  Mengenai tenaga kependidikan diperlukan adanya pencerahan, pencerahan tersebut dapat dilaksanakan melalui pendekatan sumber daya manusia, antara lain meliputi : (1) kompetensi, (2) sertifikasi, (3) kualifikasi, (4) rekrutmen dan seleksi, (5) pengembangan karier, (6) penilaian kinerja, (7) penghargaan dan perlindungan, dan (8) pemberhentian. Selanjutnya, tulisan ini juga menyoroti pendidik dan tenaga kependidikan dari segi poleksosbud.Kata Kunci: Pendidik, Tenaga Kependidikan, Poleksosbud
KEBERPIHAKAN PENDIDKAN JASMANI, OLAH RAGA DALAM PERSPEKTIF GENDER Divinubun, Siti
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.051 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2271

Abstract

Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah sebuah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Keberpihakan Pendidikan jasmani memperlakukan individu sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik danmentalnya, dan Gender merupakan Hal lain yang perlu dipahami dan dilakukan dengan  kajian untuk dimegerti perbedaan konsep gender dan seks (jenis kelamin). Kesalahan dalam memahami makna gender merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sikap menentang atau sulit bisa menerima analisis gender dalam memcahkan masalah ketidakadilan sosial.Kata kunci : Pendidikan jasmani,olahraga,dan gender
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V SDN KAKATUA KECAMATAN MARISOKOTA MAKASSAR Pagarra, Hamzah
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.171 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2276

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas Va. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranproblem solving dan hasil belajar.Setting penelitian ini adalah SDN Kakatua Makassar, yang bertempat di Jalan Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 28 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkanpada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik.Demikian pula aktivitas belajar siswa pada sisklus I berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik.Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa.Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori cukup.Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategoribaik.Kesimpulan penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar.Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEMS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 206 UJUNG BARU KABUPATEN SOPPENG Muin, Awaluddin
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.377 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2290

Abstract

The problems in this research is the lack of learning outcomes, especially in mathematics subject. The problem in this research is ?How to applicate the open ended problems approach to improve mathematics learning outcomes in V grade 206 Ujung Baru Elementary School Districs Lilirilau, Soppeng??. The purpose of this research is to describe the implementation of open ended problems approach to improve mathematics learning outcomes in V grade 206 Ujung Baru Elementary School Districs Lilirilau, Soppeng. This research use a qualitative descriptive approach with cyclicclassroom action research that includes planning, implementation, observation, and reflection. The focus of this research is the implementation and success of the open ended problems approach in mathematic teaching and learning process and also mathematics learning outcomes of the students class V. Subject in this research is V grade students in 206 Ujung Baru Elementary School totaling 10 students, consist of 7 female students and 3 male students who were active in the second semester of the school year 20015/2016. Data collection techniques in this research were the test, observation, and documentation. Data analysis techniques in this research were 1) data reduction, 2) data description, and 3) and deduction. The data in this research is the activities of teacher and students, and also students learning outcomes in mathematics subject. The result of this research shows the increase of the process and outcomes of mathematics learning in each cycle. The increasing of learning process and results can be seen from the 1? cycle to 2? cycle. Learning process and result 1? cycle is including sufficient qualification and then become better qualified on the 2? cycle. The conclusions of this research is the implementation of open ended problems approach can improve mathematic learning outcomes of the students class V 206 Ujung Baru Elementary School distric Lilirilau, Soppeng.Key Word: open ended problems approach, mathematics learning outcomes
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILLS MAHASISWA FIK UNJ DALAM MEMASARKAN PRODUK-PRODUK OLAHRAGA Widyaningsih, Heni
Publikasi Pendidikan Vol 6, No 3 (2016)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.974 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v6i3.2269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills mahasiswa FIK UNJ setelah menyelesaikan materi pada mata kuliah Kewirausahaan. Pengukuran dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dalam menilai soft skills dengan memasarkan produk-produk olahraga. Data-data yang diperoleh melalui angket yang menjelaskan beberapa variabel yakni performa penjual (mahasiswa FIK UNJ) dengan indikator penilaian etika dan sopan santun serta ketepatan janji kepada masyarakat calon konsumen. Variabel kedua adalah ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan dengan pengenalan dan pemahaman produk olahraga, harga yang ditawarkan dan  sarana promosi. Terakhir variabel ketertarikan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan melalui pengetahuan/pengenalan produk olahraga yang ditawarkan, komunikasi yang efektif dan timing dalam penawaran produk olahraga.Kata Kunci: soft skills, kewirausahaan, produk olahraga

Page 1 of 1 | Total Record : 7