cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019)" : 8 Documents clear
PENDAMPINGAN KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH KERTAS DI SD GMIT ENDE 4 Sariyyah, Nining
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.236 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.7512

Abstract

Isu tentang sampah merupakan hal yang harus ditangani secara serius. Mengingat banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah, perlu dilakukan berbagai upaya-upaya dalam pengelolaannya. Salah satunya melalui proses daur ulang menjadi berbagai jenis karya kerajinan tangan. Upaya ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa program studi PGSD Universitas Flores. Program ini juga secara rutin disosialisasikan ke sekolah dasar yang ada di kabupaten Ende, salah satunya di SD GMIT Ende 4.
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 28 KOTA PAREPARE Pasinggi, Yonathan Saba'; Thuken, Rita
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.018 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.8445

Abstract

This study aims to determine the use of a PMRI (Realistic Mathematics Education Indonesia) on mathematics learning can enhance students' understanding of the sum of fractions in grade V SDN 28 Kota Parepare. This study uses kualitiatif approach, this type of research is action research class that is located in SDN 28 Kota Parepare. Site selection based on the consideration of researchers looked at the implementation of a realistic approach to learning mathematics in primary schools has not been applied. TOD study procedures that (1) Perrencanaan, (2) Implementation, (3) observation, (4) reflection. Data collection techniques used in this study include (1) observation, (2) documentation, (3) interviews, (4) tests. Data analysis is an effort to improve student learning outcomes with the implementation of realistic mathematics approach. The results on initial tests showed that students' ability to understand the subject matter is still lacking in that category, after learning showed a significant increase with the evaluation results on the cycle I was on a qualifying well (B), continued research on the cycle II because researchers are not satisfied with the results obtained in cycle I, the evaluation results on the second cycle showed a significant increase in the category of very good results. This shows that the application of realistic mathematics approach can improve learning outcomes of students in the SDN 28 Kota Parepare.
PELATIHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN INSTRUMEN ASESMEN KPS BAGI GURU IPA Diella, Dea; Ardiansyah, Ryan
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.972 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.6855

Abstract

Tujuan dari diadakannya Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS bagi guru IPA SMP adalah untuk melatihkan pembuatan lembar kegiatan peserta didik (LKPD), mengenalkan KPS dan mengintegrasikannya pada LKPD yang dibuat oleh guru-guru IPA. Selain itu, teknik pembuatan instrumen untuk mengases atau menilai KPS pun dilatihkan pada guru-guru IPA. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan adalah pelatihan dan mini workshop. Pelatihan dilakukan di awal kegiatan sebagai pendahuluan yang kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan workshop penyusunan LKPD KPS dan instrumen (soal) penilaian KPS. Capaian atau hasil dari kegiatan dibahas secara deskriptif yang menampilkan profil kemampuan meyusun LKPD dan instrumen asesmen KPS. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kemampuan mengintegrasikan jenis KPS ke dalam LKPD adalah sebagai berikut (1) observasi 88.9%; (2) klasifikasi 22.2%;(3) interpretasi 100%), (4) prediksi 55.5%, (5)komunikasi 88.9 %; (6)merumuskan masalah 88.9%; (7) hipotesis 100%, (8) merencanakan percobaan 100%, (9) menggunakan alat bahan 100%; (10) menerapkan konsep 88.9%. Untuk kemampuan menyusun instrumen asesmen KPS capaiannya lebih rendah yakni (1) observasi 44.4%; (2) klasifikasi 44.4%;(3) interpretasi 55.5%), (4) prediksi 55.5%, (5)komunikasi 55.5%; (6)merumuskan masalah 55.5%; (7) hipotesis 55.5%, (8) merencanakan percobaan 66.7%, (9) menggunakan alat bahan 66.7%; (10) menerapkan konsep 66.7%.
PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Damanik, Bahrudi Efendi
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.419 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.7739

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, dan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang. Metode yang digunakan adalah metode sampling jenuh yaitu teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data yang telah didistribusikan kemudian diproses menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (2,390> 1,991), lingkungan belajar parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (4,229> 1,991). , dan hasil penelitian dan lingkungan belajar secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, Fhitung> Ftabel (25,872> 2,720).
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD DI KABUPATEN GOWA Bahar, Bahar; Risnawati, Risnawati
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.758 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.8446

Abstract

Penelitian ini menelaah Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa?. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa. (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang dilakukan adalah True-Experimental Design adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah Desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa yang berjumlah 836 Sekolah Dasar. Adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa sebanyak 58 orang yaitu 28 sebagai kelas eksperimen dan 28 sebagai kelas konrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media Puzzle pada mata pelajaran matematika di Taeng-Taeng Kabupaten Gowa memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat sehingga memberikan pengaruh yang signifikan.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KALKULUS INTEGRAL BERBASIS MAPLE Taneo, Astriyani R.; Taneo, Prida N. L.; Daniel, Farida
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.293 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.6924

Abstract

Learning motivation is the process internal to active, guidin and maintaining behaviour from time by time. Calculus integral is one of the subject that important to learn by the students who become a math teacher so need to improve the students learning motivation by improve IPTEK as the tool in teaching and learning process. The purpose of this study is to analyize about learning motivation for students? to learn calculus integral based on maple. Method that used in this study is qualitative description that conducted at STKIP Soe. The participants of this study are the students who are taking the calculus integral course. The technique that used to collecting the data are observation, questionnaire and interview to analyize the data used Miles and Huberman technique. Test validity data used triangulation technique. The result of this study that learning calculus integral use maple aplication in order to able to improve students? learning motivation so student more diligent, strengh in find difficuties, uneasy to deliver the answer from the other friends also students like to do the questions out of that given by the lecturer.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WATANSOPPENG Rusbaena, Rusbaena
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.036 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.7951

Abstract

This study aims to determine the improvement of student?s achievement of Indonesian Language at the grade XI Accounting of SMK Muhammadiyah Watansoppeng through cooperative learning models of the student teams achievement division (STAD) type. This research is a classroom action research which is carried out through four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were class XI Accounting consisting of 15 people, namely 2 men and 13 women. The research procedure was carried out in a number of two cycles. The results of the study were analyzed by descriptive statistical techniques in the form of arithmetic averages and percentages. Based on data analysis, it was concluded that there was an increase in Indonesian language learning outcomes from cycle I to cycle II. In the first cycle the average student learning outcomes were 68.86 and in the second cycle it was 79.09. Similarly, the percentage of student learning completeness experienced an increase from the first cycle of 72.7% and in the second cycle to 100%.
PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN OUTDOOR BAGI ANAK-ANAK USIA DINI DI WILAYAH RW 01 KELURAHAN PEKAYON KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR Dewi, Trie Utari; Handayani, Sri Lestari
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.427 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i1.6418

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan mitra yang diidentifikasi meliputi (1) Umumnya para guru di PAUD lebih banyak memberikan kegiatan di dalam ruangan, (2) Kurangnya inovasi para guru dalam memberikan metode pengajaran melalui permainan, (3) Pengajar di PAUD Rw 01 Kel. Pekayon Kec. Pasar Rebo adalah ibu-ibu PKK dan bukan lulusan dari perguruan tinggi pendidikan anak usia dini, (4) Anak-anak tidak dapat beraktivitas dengan bebas karena terbatas dengan ruang dan media permainan outdoor, (5) Anak-anak menjadi pasif dikarenakan bosan akan kegiatan di dalam ruangan terus menerus, dan (6) Karakter anak yang seharusnya tumbuh sejak dini menjadi terhambat. Adapun solusi yang ditawarkan ialah memberikan pelatihan dan pendampingan pelaksanaan permainan outdoor bagi guru dan siswa PAUD RW 01 Kelurahan Pekayon. Target luaran pengandian ini berupa jasa pelatihan dan pendampingan permainan outdoor bagi siswa dan guru PAUD RW 01 Kelurahan Pekayon yang dilaksanakan selama dua hari. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, simulasi, dan diskusi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberi gambaran dan arahan kepada guru bahwa melakukan penanaman karakter siswa dapat melalui permainan-permainan outdoor yang bersifat edukatif. Permainan-permainan outdoor yang bersifat edukatif memberi kesempatan kepada siswa belajar bekerjasama, kekompakan, toleransi, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, meningkatkan kreativitas, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai, kepemimpinan, kerjasama, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, religius, dan gemar membaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 8