cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Publikasi Pendidikan
ISSN : 20882092     EISSN : 25486721     DOI : -
Core Subject : Education,
Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods and instructional media. Publish 3 times in one year, in the last week of February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019)" : 9 Documents clear
ANALISIS KARAKTER “KREATIVITAS” SISWA KELAS VIII SMPN 08 KOTA JAMBI Monalisa, Prita; Sukarni, Weni
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.214 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9014

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter siswa, khususnya karakter kreativitas siswa kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan instrumen penilaian tes berupa angket dengan variable karakter kreativitas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII E SMPN 08 Kota Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 59 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jumlah sampel sama dengan populasi. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa angket kreativitas siswa kelas VIII C rata-rata tergolong dalam kategori ?Tidak Baik? dengan 58,1 % pernyataan dijawab tidak baik oleh siswa dan 35,5 % pernyataan dijawab dengan baik oleh siswa. Sedangkan hasil penelitian pada kelas VIII E rata-rata tergolong dalam kategori ?Baik? dengan 60,7 % pernyataan dijawab baik oleh siswa dan 32,1 %, dijawab tidak baik oleh siswa. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kreativitas siswa kelas VIII C lebih rendah dari kelas VIII E. Kata kunci: Karakter, Kreativitas Siswa, Pendidikan ABSTRACTThis study was intended to analyze the character of students, the special characteristics of creativity of class VIII students of  SMPN 08 Jambi City. This study uses descriptive quantitative research methods. While the type of research used is observation with the assessment instrument in the form of a questionnaire with character variables of creativity. The subjects of this study were students of class VIII C and VIII E of SMPN 08 Jambi City, with a total number of respondents as many as 59 respondents. The sampling technique uses total sampling, namely the number of samples equal to the population. Class VIII C on average falls into the category of "Not Good" with 58.1% of statements answered not well by students and 35.5% of statements answered well by students. While the results of research in class VIII E are categorized as "Good" on average with 60.7% of statements answered well by students and 32.1% of statements answered not well by students. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the level of creativity of class VIII C students is lower than class VIII E. Keywords: Character, Student Creativity, Education
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN (NON-TES) PENELITIAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS LANCANG KUNING Marwa, Marwa; Herlinawati, Herlinawati
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.809 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9669

Abstract

ABSTRAK Penguasaan metodologi penelitian merupakan hal penting bagi mahasiswa dimana mereka dituntut untuk mampu melakukan penelitian sebagai bagian dari kegiatan akademik. Beragam metode penelitian mempunyai cara berbeda dalam teknik pengumpulan data. Salah satunya adalah metode survei yang banyak digunakan peneliti dimana angket atau kuesioner selalu dipakai sebagai teknik pengumpulan data. Namun, berdasarkan fakta yang ditemukan banyak mahasiswa peneliti yang belum memahami secara jelas bagaimana merancang, menggunakan, dan menganalisa angket dengan benar. Hal ini menjadi permasalahan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru bahwa mereka masih belum memahami secara jelas teknis pembuatan angket yang layak untuk dipakai sebagai instrumen pengumpulan data penelitian dan bagaimana mengolah data yang diperoleh dari angket. Oleh karena itu, tim pelaksana pengabdian merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta memperkaya pengetahuan mahasiswa melalui pelatihan/workshop untuk mengatasi permasalahan ini. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari yang berlangsung selama 4,5 jam dan dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, mahasiswa diberikan topik dan materi pembuatan angket beserta contohnya. Selanjutnya, pada sesi kedua peserta diberikan penugasan membuat angket dibimbing langsung oleh tim pelaksana pengabdian. Penyelesaian tugas pelatihan dilanjutkan diluar sesi selama dua minggu dengan bimbingan online via grup WhatsApp. Dengan adanya kegiatan ini, dapat dilihat bahwa peserta pelatihan memahami langkah-langkah pembuatan instrumen angket dan dapat menyelesaikan tugas-tugas pelatihan yang diberikan kepada mereka. Mahasiswa mampu membuat angket penelitian sendiri dan dapat digunakan untuk kepentingan pengumpulan data untuk penyelesaian tugas akhir mereka. Kata kunci: Pelatihan, pembuatan angket, FKIP, Prodi Bahasa Inggris ABSTRACT Research methodology is a pivotal thing to students-researchers since they are required to conduct a lot of scientific research in academic settings. Different research methods result to different ways of data collection techniques. In fact, survey design has been frequently used along with the questionnaire as the common instrument to collect data. However, many students-researchers have not fully understood how to construct/design, use and analyze a questionnaire well. This similar case happened to the English students in the Faculty of Education and Teachers Training in Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Therefore, the outreach program team from the faculty intended to solve the problem by conducting a workshop in order to upgrade the students-researchers? knowledge and understanding of how to construct and analyze a questionnaire. The workshop was done in one day within the duration of 4.5 hours with two sessions. In the first session, the presenters gave the students the workshop topic and materials in terms of how to design and analyze a questionnaire. In the second session, the students were guided to construct a questionnaire and it then was continued with two weeks? task completion. The presenters also facilitated the students with the online discussion via WhapsApp group. As a matter of fact, the students-researchers gradually understand and know how to construct a questionnaire. They could construct their own research instruments for the sake of their data collection to complete the thesis writing. Keywords: Workshop, Questionnaire, Faculty of Education and Teachers Training, English Students
MENGIDENTIFIKASI KARAKTER “MENGHARGAI PRESTASI” PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 5 MUARO JAMBI Sutomo, Wenny; Milyani, Vetty
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.629 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9000

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan karakter peserta didik, terutama karakter menghargai prestasi peserta didik kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII E SMP N 5 Muaro Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 45 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa angket karakter menghargai prestasi peserta didik digolongkan dalam kategori ?sangat baik?. Pada kelas VIII A, terdapat 16,7 % pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 83,3 % pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Sedangkan pada kelas VIII E, terdapat 25,9 % pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 74,1 % pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik SMP N 5 Muaro Jambi, khususnya kelas VIII A dan VIII E, telah memiliki sikap yang sangat baik dalam menghargai prestasi. Kata Kunci: Karakter, Menghargai Prestasi, Peserta Didik, Pendidikan ABSTRACTThis study aims to identify the character of students, especially the character of respecting the achievements of class VIII students of SMP N 5 Muaro Jambi. The approach used in this study is a quantitative approach. While the type of research used is the type of survey research with research instruments in the form of questionnaires. The subjects of this study were students of class VIII A and VIII E SMP N 5 Muaro Jambi, with a total number of respondents as many as 45 respondents. The data analysis technique used is descriptive statistical. The results of the study indicate that character questionnaires value achievement classified in the category of "very good". In class VIII A, there were 16.7% statements that were answered well by students, and there were 83.3% statements that were answered very well by students. Whereas in class VIII E, there were 25.9% of statements answered well by students, and there were 74.1% statements that were answered very well by students. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the students of SMP N 5 Muaro Jambi, especially classes VIII A and VIII E, have had a very good attitude in respecting achievement. Keywords: Character, Respect for Achievement, Students, Education
MELATIH KEMANDIRIAN ANAK MELALUI RUTINITAS SEHARI-HARI Sitanggang, Rachel Risda; Nuriyanti, Nuriyanti
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.596 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9015

Abstract

ABSTRAKArtikel ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah yaitu meningkatkan kemandirian melalui kebiasaan atau rutinitas sehari-hari dari siswa-siswi kelas VII.1 dan VII.2 di SMP Nomennsen Kota Jambi. penelitian ini dilakkuan dengan cara deskriptif kuantitatif dan datanya diolah dengan metode statistika. Data yang diambil adalah 40 siswa dan dikumpulkan dengan angket atau kusioner. Hasil menunjukkan bahwa meningkatkan kemandirian melalui rutinitas atau kebiasaan sehari-hari merupakan cara praktis yang dapat dilakukan guru dan orang tua kepada anaknya, karena itu dapat membentuk kepribadian dan kemampuan anak menjadi lebih baik dan cepat. Kepribadian dan kemampuan anak yang baik akan berpengaruh terhadap mutu dan kualitas lulusan pendidikan di Indonesia, dimana kualitas yang baik adalah modal penting untuk dapat bersaing dengan lulusan dari negara lain. Kata kunci: Kemandirian, Rutinitas, Kemandirian Anak ABSTRACTThis article is a research that aims to solve the problem of increasing independence through daily habits or routines of students of class VII.1 and VII.2 in NOMENNSEN Middle School, Jambi City. this study was conducted in a quantitative descriptive way and the data was processed by statistical methods. The data taken was 40 students and collected by questionnaire or questionnaire. The results show that increasing independence through routine or daily habits is a practical way that teachers and parents can do to their children, because it can shape the personality and ability of children to be better and faster. Good children's personality and abilities will influence the quality and quality of education graduates in Indonesia, where good quality is an important capital to be able to compete with graduates from other countries. Keywords: Independence, Routines, Independence of Children 
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL Setianto, Yudi
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9267

Abstract

ABSTRAKArtikel yang berupa gagasan dengan judul ?Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pahlawan Nasional, berawal dari temuan di lapangan, bahwa pembelajaran sejarah bersifat kognitif-oriented , kurang memperhatikan makna didaktis dan afektif. Artikel ini berusaha menemukan solusi agar terjadi perubahan paradigma dalam menyusun dan mengembangkan materi  sejarah. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitik.Pengembangan karakter siswa sebenarnya dapat efektif dengan materi sejarah. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam materi sejarah dapat dilakukan melalui keteladanan para Pahlawan Nasional. Para pahlawan tersebut telah teruji integritasnya, sehingga pemerintah memberi penghargaan yang tinggi terkait perjuangan, sikap, pemikiran, dan karakternya. Untuk itu, dalam mengembangkan karakter siswa dapat dilakukan melalui isnpirasi dari  pahlawan nasional.Kata Kunci: Materi Sejarah, Pendidikan Karakter, Pahlawan Nasional ABSTRACTAn article, which is an idea entitled ?Character Education through a National Hero Role Model?,begins with a finding in the field, that a History learning tends to be cognitive-oriented as well as inattentive in didactic and affective meanings. This article tries to find out a solution in order that a change of paradigm in compiling and developing a History lesson happens. This process of writing uses qualitative descriptive analytic method.Developing students? character actually can be effective with History lesson. The integration of character education in History lesson can be done by National Heroes role model. Those National Heroes have had proven integrity as a result the government handed award for their struggle, attitude, thoughts and character. For that reason, to develop the students? character can be done through the inspiration from the national hero.Keywords: History Materials, Character Education, National Hero
SIKAP NASIONALISME DI SMPN 1 MUARO JAMBI Sardjo, Sardjo; Setiawan, Lois Kusumawati
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.677 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9001

Abstract

ABSTRAK            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana gambaran sikap nasionalisme atau semangat kebangsaan yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP N 1 Muaro Jambi kelas VIII A dan VIII B. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan di analisis menggunakan dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil dari data angket diolah menggunakan software atau aplikasi SPSS. Data kuantitatif yang berbentuk angka-angka kemudian dijumlahkan atau dikelompokan sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan. Bentuk instrumen yang digunakan adalah skala likert. Penelitian ini mengungkap bagaimana karakter siswa-siswi di SMP N 1 Muaro Jambi khususnya pada kelas VIII A dan VIII B, sehingga dapat diamati secara mendalam apakah mereka memiliki sikap nasionalisme atau semangat kebangsaan. Berdasarkan kesimpulan, semangat kebangsaat atau nasionalisme yang dimiliki oleh siswa-siswi di SMP N 1 Muaro Jambi khususnya kelas VIII A dan VIII B cenderung baik, hal tersebut dibuktikan dengan tingginya nilai rata-rata yang didapatkan yaitu pada kelas VIII A didapat nilai rata-ratanya sebesar 84,0667 dan pada kelas VIII B nilai rata-ratanya sebesar 84,0333  Kata kunci: Pendidikan, nasionalisme, siswa. ABSTRACT            The purpose of this study was to assess how the nationalism or nationalist attitude of Muaro Jambi Middle School 1 class VIII A and VIII B. depicted the research data in the form of quantitative data and analyzed using descriptive statistics. The results of the questionnaire data are processed using SPSS software or applications. Quantitative data in the form of numbers are then summed or grouped according to the form of the instrument used. The form of the instrument used uses a Likert scale. This research reveals how the character of students in Muaro Jambi Middle School 1 especially in class VIII A and VIII B, so that it can be observed in depth whether they have an attitude of nationalism or nationalism. Based on the conclusions, the nationalistic spirit or nationalism possessed by students in Muaro Jambi Middle School 1, especially class VIII A and VIII B tends to be good, this is evidenced by the high average values obtained, namely in grade VIII A the average value is obtained amounting to 84.0667 and in class VIII B the average value is 84.0333. Keywords: Education, nationalism, Student.
STUDI KARAKTERISASI BERSAHABAT/KOMUNIKATIF PADA SISWA SMPN 18 KOTA JAMBI Hanum, Azizah; Meilinda, Ayu
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.529 KB) | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.9016

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan bagaimana karakter bersahabat/ komunikatif pada siswa SMPN 18 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran angket di SMPN 18 Kota Jambi namun hanya pada dua sampel saja yaitu untuk kelas VII D dan VII H. Kemudian data tersebut dioalah dengan menggunakan program SPSS untuk dicari analisis statistik deskriptif dan klasifikasi sikap melalui rentang. Sehingga hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada kelas VII D masing-masing memiliki persentasi 50 % baik untuk siswa yang dikategorikan baik dan sangat baik. Sementara untuk di kelas VII H siswa lebih dominan berada di kategori baik dengan persentasi 80,6 % sedangkan siswa yang termasuk klasifikasi sikap sangat baik hanya 19,4  %. Kata kunci: pendidikan karakter, bersahabat, komunikatif,  ABSTRACTThis study aims to analyze and describe how friendly / communicative the students of Jambi City Middle School 18. This study uses descriptive quantitative research methods. In this study, questionnaires were distributed at Jambi City Junior High School 18, but only in two samples, for classes VII D and VII H. Then the data was analyzed using the SPSS program to find descriptive statistical analysis and classification of attitudes through ranges. So the results of the study obtained that in class VII D each had a percentage of 50% good for students who were categorized as good and very good. While for class VII H students are more dominant in the good category with a percentage of 80.6% while students who are categorized as very good attitude are only 19.4%.Keyword : character education, friendly, communicative
KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK Kartika, Chlara Sinta Duri; Kadir, Abdul; Yudhiarti, Ndaru Putri; Istiqamah, Septina Nur; Shafira, Firda; Purwandari, Eny
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.8726

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan pendidikan seksual anak-anak masih diabaikan, pendidikan seks untuk anak-anak dilihat sebagai sesuatu yang negatif dan masih sulit untuk disampaikan kepada anak-anak. Orang tua memiliki peran penting dalam pendidikan seksual anak-anak karena orang tua adalah guru pertama untuk anak. Maka itulah alasannya, perlu ada upaya untuk memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang fungsi organ seksual mereka. Untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif, maka dilakukan survei terhadap 80 orang tua, di salah satu sekolah dasar di Sragen. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode fenimenologi. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan kuesioner terbuka. Kata kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan, Seksualitas Anak ABSTRACT.The fulfillment of children sexual education is still ignore,the sex education for children is watched as something negative and still dificult to be educated to children.The parents has an important role for the children sexual education because the parents is the first teacher for the children. So that is the reason, there should have an effort to give an explaination to the children about the function of their sexual organs.To get komperhensive understanding, it was done survey towards 80 parents, in one of Elementary school in Sragen.This reseach used kualitatif approach with fenimenology methode. To get the data the researcher used open questionair. Keyword: Parent's role, Education, Children sexuality
DESKRIPSI SIKAP KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA Hastirani, Rahma Julia; Nurhafizah, Nurhafizah
Publikasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Prodi PGSD FIP UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/publikan.v9i2.8999

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran sikap kemandirian terhadap mata pelajaran IPA, yaitu fisika pada materi pesawat sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu total sampling. Hal yang diamati dalam penelitian ini adalah sikap kemandirian siswa kelas VIII SMPN 09 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi berupa angket karakter kemandirian terhadap mata pelajaran IPA yang sudah di validasi oleh validator ahli. Angket sikap ini dilakukan dengan menggunakan pengukuran skala likert. Penilaian skala likert adalah sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Hasil penelitian  yang dilakukan mengenai sikap kemandirian siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMPN 09 Muaro Jambi. Deskripsi sikap kemandirian siswa berada pada kategori sangat baik. Dilihat dari statistik deskriptif mulai dari mean, modus, median, skor minimum dan skor maksimum yang telah dilihat dan dibandingkan dari dua kelas yang berbeda yaitu kelas VIII B dan VIII C dengan jumlah siswa 53 orang. Kata kunci: Sikap Kemandirian, Materi Pesawat Sederhana ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze the description of the attitude of independence towards natural science subjects, namely physics in simple aircraft matter. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. This study uses sampling techniques, namely total sampling. The thing observed in this study is the attitude of the independence of class VIII Muaro Jambi SMPN 09 towards science subjects. The instrument used in this study is the observation sheet in the form of a character questionnaire of independence for science subjects that have been validated by expert validators. This attitude questionnaire is done using the Likert scale measurement. Likert scale assessments are strongly agree (SS), agree (S), disagree (TS), and strongly disagree (STS). The results of the research were conducted on the attitude of students' independence towards science subjects at Muaro Jambi Middle School 09. The description of students' independence attitude is in a very good category. Viewed from descriptive statistics starting from the mean, mode, median, minimum score and maximum score that has been seen and compared from two different classes namely class VIII B and VIII C with a total of 53 students. Keywords: Attitude Of Independence, Simple Aircraft Matter

Page 1 of 1 | Total Record : 9