cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
fsd@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Imajinasi
ISSN : 16933990     EISSN : 2550102X     DOI : 10.26858
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Imajinasi FSD UNM diterbitkan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Artikel dikelola dengan proses Double Blind Peer Review dengan akses terbuka atau dapat didowload secara fullpaper. Jurnal Imajinasi menerbitkan artikel pada bidang Seni, Pendidikan Seni dan Desain, diterbitkan dua kali dalam setahun. Kami menerima naskah melalui online system. Penulis dapat mengunggah file naskah (teks, gambar, dan informasi tambahan, termasuk video) dan memeriksa proses peninjauan naskah yang telah dikirimkan.
Arjuna Subject : -
Articles 62 Documents
SENI INSTALASI: SUATU KAJIAN TERHADAP PERSEPSI DAN APRESIASI SENI MASYARAKAT Rapi, Muhammad
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 5 (2005)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v3i5.9522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan apresiasi terhadap seni instalasi (kontermporer) masyarakat seni di Makassar, yang mencakup eksistensi  seni instalasi, prospek seni instalasi dan perbedaan persepsi dan apresiasi masyarakat seni di Makassar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah para anggota masyarakat seni yang ada di Makassar. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; eksistensi/keperiadaan seni instalasi di kota Makassar ditanggapi secara beragam oleh masyarakat seni berdasarkan profesinya. Dari berbagai pandangan (persepsi dan apresiasi) yang dikemukakan, ada yang pro, ada yang kontra dan ada yang skeptis/netral. Tentang prospek seni instalasi di Makassar, dapat dikembangkan, diaplikasikan dalam pengajaran dan pendidikan seni. Unsur-unsur pelaku dan pemerhati seni di Makassar menunjukkan persepsi dan apresiasi yang berbeda-beda.
PERANCANGAN MEDIA INFORMASI PENGENALAN PERAHU PINISI DI KABUPATEN BULUKUMBA Ramdani, Astuti; Djirong, Agussalim
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.394 KB) | DOI: 10.26858/i.v3i1.14183

Abstract

Perancangan ini berangkat dari permasalahan kurangnya minat masyarakat khususnya remaja mengenai warisan budaya yaitu perahu Pinisi yang terdapat di kabupaten Bulukumba disebabkan oleh informasi yang tersedia kurang menarik minat audiens juga terhadap teks yang monoton, sehingga warisan budaya ini khususnya mengenai makna filosofis dalam ritual pembutannya akan jarang dikenal oleh bangsa sendiri. Hal inilah yang mendasari perancangan media informasi ini. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan media informasi yang inovatif, komunikatif serta menarik dengan informasi yang padat dan jelas namun tidak begitu panjang agar audiens tidak merasa bosan. Materi disusun berdasarkan data yang diperoleh dari buku dan fasilitas internet (Studi pustaka), hasil wawancara langsung dari panrita lopi, Observasi pada lokasi pembuatan perhu di Bonto Bahari serta Dokumentasi. Yang kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis 5W+1H. Dalam perancangan media informasi hal yang dilakukan dalam konsep perancangan yaitu, menyusun materi/pokok bahasan, memuat brainstorming dan mind mapping, membuat storyline, membuat storyboard, membuat sketsa, dan implementasi digital. Sebagai penunjang media utama, maka dibuatlah media pendukung agar dapat lebih membantu penyebaran informasi.
PERANCANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI LUKIS BAHAN PEWARNA ALAM MATA PELAJARAN SENI LUKIS PADA SISWA KELAS X.I DI SMAN 2 ENREKANG Aisyah, Siti; Subiantoro, Benny; Yunus, Pangeran Paita
JURNAL IMAJINASI Vol 2, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.079 KB) | DOI: 10.26858/i.v2i2.9551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran seni lukis bahan pewarna alam (kesumba) dalam mata pelajaran melukis untuk siswa kelas X.I di SMAN 2 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan prosedur meliputi tahap: analisis kebutuhan, perancangan produk awal, pengembangan produk awal, validasi, revisi untuk penyempurnaan produk akhir. Tahap analisis dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang media ajar yang digunakan di SMAN 2 Enrekang, tahap peracangan produk awal dilakukan mencari referensi materi dan referensi pembelajaran yang menarik dan merancang desain modul menggunakan softwere computer (Corel Drow X7), validasi kemudian dilakukan oleh parah ahli terhadap modul pembelajaran yang telah dihasilkan sementara (produk awal), pada tahap refisi didapatkan dari berbagai masukan dosen pembimbing, dosen penguji dan ahli materi dan ahli media. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket validasi. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul Melukis Menggunakan Bahan Pewarna Alam (Kesumba) yaitu modul lengkap (Self Contained), berukuran 17.5 cm x 25 cm dengan ketebalan kertas sampul 260gr dan isi modul menggunakan kertas MP 100gr disajikan secara portrait berisi 73 halaman awal (sampul depan belakang, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, peta materi dan pendahuluan). Modul memuat materi menjadi empat bagian, yaitu materi I berisi pengertian seni, seni lukis, dan bahan pewarna alam (kesumba), materi II berisi pengenalan alat dan bahan membuat pewarna alam (kesumba), materi III berisi cara melukis menggunakan bahan pewarna alam (kesumba) dan materi IV berisi hasil melukis menggunakan bahan pewarna alam (kesumba). Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X.I di SMAN 2 Enrekang setuju menggunakan modul Melukis Menggunakan Bahan Pewarna Alam (Kesumba).
DESAIN DAN PERWAJAHAN MAJALAH KURVA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Hardiansyah, Hardiansyah; Arifin, Irfan; Aswar, Aswar
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1376.655 KB) | DOI: 10.26858/i.v1i2.9919

Abstract

Perancangan media cetak berupa majalah ini bertujuan untuk menghasilkan majalah desain komunikasi visual yang kreatif dan komunikatif, sehingga mampu meningkatkan daya tarik pembaca terhadap visual majalah (1). Memberikan informasi yang komprehensif dan informatif secara visual kepada masyarakat khususnya target audiens tentang program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar (2). Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan cara kajian literatur, pengambilan data visual, dan wawancara narasumber. Selanjutnya tahapan perancangan dimulai dari pembuatan nama majalah, cover majalah, pembuatan thumbnails, dummy, layout majalah, dan evaluasi. Perancangan ini dibuat berdasarkan fakta penciptaan seperti peminat pembaca majalah di Makassar mencapai 26,8 persen atau 281.104 orang di Makassar yang suka membaca majalah. Berdasarkan hal itu, maka perlu ada antisipasi untuk mengembalikan eksistensi media cetak di masyarakat (data SUSENAS) (1). Dari 100 mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, sekitar 95 persen mahasiswa yang menyukai dan menginginkan majalah berkonsep vektor (kuesioner) (2). Pengetahuan bidang desain komunikasi visual masih sangat minim di masyarakat khususnya Makassar (3).
PENDIDIKAN SENI RUPA DI SMU (STUDI TENTANG OPINI GURU DAN SISWA SMU NEGERI 1 SUNGGUMINASA) Priyanggoko, Sumardi; Sakti, Sri Marhaen
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 3 (2004)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v1i3.143

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan opini guru dan siswa tentang keperiadaan pendidikan seni rupa di SMU Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Populasinya adalah guru dan siswa kelas I dengan jumlah sampel 7 orang guru dan 11 orang siswa yang diambil dari 5 kelas. Data dikumpulkan melalui teknik observasi Analisis datanya dilakukan secara deskriftif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keperiadaan pendidikan seni rupa di SMU Negeri 1 Sungguminasa menurut responden: (1) pendidikan seni rupa penting dan perlu bagi siswa dengan alasan bahwa selain menjadi tuntutan kurikulum nasional juga bermanfaat untuk pengembangan bakat dan keterampilan, membantu mengembangkan fungsi-fungsi jiwa, memenuhi kebutuhan yang bersifat individual, sosial, dan kultural, serta menunjang mata pelajaran lain. Di sisi lain, responden juga berpendapat bahwa materi kurikulum belum sesuai dengan kemajuan perkembangan teknologi dewasa ini sehingga perlu disesuaikan dengan perkembangan Ipteks. Kata kunci : pendidikan, seni rupa, opini, guru, siswa.
ANYAMAN TRADISIONAL SERAT LONTAR (TANTANGAN, POTENSI DAN PENGEMBANGANNYA) Alimuddin, Alimuddin
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 4 (2004)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v1i4.221

Abstract

Abstrak Menggali potensi untuk menguat nilai terhadap kerajinan anyaman tradisional serat lontar di Sulawesi Selatan, yang kini masih sederet kelemahan dan tantangan yang melekat padanya di tengah era kompetitif suvenir. Karena itu, diperlukan pengembangan pada subjek dan objek. Pengembangan subjek melalui pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan objek melalui karya anyaman dengan kreasi dan inovasi berbagai aspek yang berpihak pada tuntutan selera pasar. Bahasan terhadap kelemahan, potensi dan pengembangan untuk mengiringi menjadi produk suvenir andalan. Penting dilakukan sorotan terhadap tantangan, potensi dan pengembangannya agar ke depan ada solusi pada kerajinan anyam tradisional ini untuk diharapkan mampu berkompetitif di era kesejagatan. Kata Kunci: anyaman, serat lontar, suvenir, subjek dan  objek.
PERANCANGAN BRAND IDENTITY JALANGKOTE LAHALEDE Tai, Ronal Edy; Said, Abdul Azis; Alimuddin, Alimuddin
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.441 KB) | DOI: 10.26858/i.v1i2.13746

Abstract

Perancangan ini bertujuan menciptakan sebuah brand identity atau merek yang memudahkan pengembangan produk, menambah nilai jual serta menjadi investasi masa depan usaha kuliner Jalangkote Lahalede. Memperkenalkan identitas baru dari usaha kuliner Jalangkote Lahalede kepada masyarakat khususnya target audiens. Merancang Media Komunikasi Visual yang aktraktif dan beridentitas serta Menciptakan differensiasi yang jelas, mengapa merek dari usaha kuliner Jalangkote Lahalede berbeda dibandingkan dengan usaha kuliner sejenis di pasaran. Melalui Perancangan Brand Identity Jalangkote Lahalede, penulis menggunakan metode perancangan yang yakni merupakan tahapan atau proses desain secara ilmiah, logis, sistematis, dan prosedural. Penelitian diawali dengan kegiatan observasi langsung pada internal perusahaan, terkhusus data mengenai produk jalangkote kemudian dilanjutkan sesi wawancara pemilik perusahaan mengenai asal usul sampai visi misi perusahaan Jalangkote Lahalede. Penelitian selanjutnya dengan melakukan riset dokumentasi mengenai karakteristik kebudayaan setempat yakni Suku Bugis, berfokus pada benda-benda budaya yang khas. Analisa kompetitor sejenis dan target audiens juga menjadi fokus penulis selama proses perancangan berlangsung untuk menghadirkan positioning dan differensiasi dalam proses pengenalan merek. Selanjutnya Bentuk perancangan menerapkan proses stilasi untuk membangun desain yang terintegrasi dengan memenuhi prinsip-prinsip desain diantaranya memiliki kesatuan/unity dan irama/ritme, dilanjutkan dengan penerapan gaya desain yang mengadopsi gaya desain formal/statis tapi tetap terlihat dinamis. Hasil perancangan mencakup beberapa hal yakni penciptaan brandmark, brandname beserta tagline yang saling berkaitan dan berkesinambungan dalam strategi pengenalan merek/brand identity Jalangkote Lahalede di Kota Parepare. Pengadaan Media Komunikasi Visual yang tidak lepas dari kekuatan visual dari bentuk dan eksistensi karakter khas produk dan budaya Suku Bugis serta fungsi praktis dan simbolik pada media utama maupun pendukung.
PERANCANGAN WEBSITE ENSIKLOPEDIA DIGITAL KARAENG PATTINGALLOANG Nurdiawan, Handi; Cahyadi, Dian; Aswar, Aswar
JURNAL IMAJINASI Vol 2, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.386 KB) | DOI: 10.26858/i.v2i2.9547

Abstract

Karaeng Pattingalloang merupakan sosok seorang raja   yang dikenal memiliki   jiwa intelektual tinggi di kalangan bangsawan eropa pada pertengahan abad ke-XVII dikarenakan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan khususnya ilmu-ilmu barat yang dimana pada masa itu sangat jarang sekali ditemukan sosok raja seperti beliau di belahan bumi nusantara. Perkembangan teknologi pada masa kini membuat arus pertukaran informasi begitu cepat dan cenderung dinamis mudah berubah. Media pemberi informasi yang tadinya berbentuk buku cetak konvensional kini beralih ke teknologi digital. Perubahan-perubahan inilah yang melatarbelakangi perancangan website ensiklopedia digital ini. Pada perancangan website ensiklopedia digital Karaeng Pattingalloang tujuan utamanya adalah untuk memberikan alternatif baru media pemberi informasi khususnya yang membahas tentang sejarah kepada masyarakat. Fokus utama penelitian adalah dimulai dengan mengelompokkan data yang diperoleh dari hasil observasi lapangan, wawancara, studi pustaka dan sumber-sumber lainnya, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan ilustrasi, logo website lalu kemudian merancang website sebagai media utama.
PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK BAGI SISWA KELAS IV SD INPRES PACCERAKKANG KOTA MAKASSAR maulida, ummul
JURNAL IMAJINASI Vol 4, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.27 KB) | DOI: 10.26858/i.v4i1.13114

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil karya gambar bentuk siswa  kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Jenis penelitian ini adalah survei dengan analisis deskriptif  kualitatif. Sampel penelitian ini adalah guru dan siswa, yakni 1 orang guru kelas dan 33 orang siswa kelas IV C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan RPP, ketetapan unsur atau komponen RPP dapat dikategorikan sudah baik karena sudah tercantum pada RPP, dari segi penulisannya RPP ketepatan kata pada penulisan dan kerangka RPP sudah sesuai dengan standar proses pendidikan dasar dan menengah dengan RPP yang dibuat oleh guru, dapat diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran SBDP di SD Inpres Paccerakkang sudah baik. Hal ini juga terlihat dalam setiap indikator, dimana guru telah melakukan pembelajaran sesuai tahapan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan bahwa kegiatan belajar berhubungan dengan kegiatan siswa dalam mempelajari bahan yang disampaikan guru. Sedangkan kegiatan mengajar berhubungan dengan cara guru menjelaskan bahan kepada siswa. Dari hasil observasi dapat disimpulkan cara guru menilai pembelajaran tematik, yakni penilaian di kelas mengikuti aturan penilaian mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa kemampuan menggambar siswa kelas IV C belum semuanya baik, maka cara penilaian tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis, kemampuan menggambar bentuk memiliki beberapa aspek yaitu, kesuaian objek, komposisi, teknik, dan kerapian merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam menggambar bentuk. Penguasaan terhadap keempat aspek  kemampuan tersebut adalah persyarat untuk mendapatkan hasil karya dan nilai baik dalam menggambar bentuk, penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar hasil  belajar dari mata pelajaran, penilaian dilakukan secara terus-menerus selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil/karya kerja siswa dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam mengambil keputusan.
PEMBELAJARAN PAUD: MENGENAL HURUF DAN ANGKA MELALUI KOMIK EDUKASI Sabri, Herinanda; Djirong, Agussalim; Arifin, Irfan
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.06 KB) | DOI: 10.26858/i.v1i1.9884

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk menjadi media pembelajaran baru bagi anak-anak PAUD dengan menyajikan tampilan ilustrasi yang dibuat berbeda dari media pembelajaran pada umumnya, perancangan media pembelajan ini juga di lengkapi dengan media pendukung agar anak-anak dapat bermain sambil belajar, perancangan ini juga di lengkapi dengan beberapa merchandise.Dalam perancangan media pembelajaran buku komik ini metode pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi pada PAUD yang disertai study pustaka. Perancangan komik juga disesuaikan dengan kurikulum yang ada di PAUD dengan menggunakan strategi komunikasi, konsep kreatif, strategi visual, dan strategi media yakni dirancang dengan menggunakan teknik fotografi sebagai ilustrasi cerita, dengan menggunakan action figure sebagai tokoh dalam cerita. Selain itu media pendukung pada perancangan ini berupa papan puzzle, serta dilengkapi juga beberapa merchandise seperti totebag, tumbler, dan gantungan kunci. Perancangan ini juga menggunakan exbanner sebagai media promosi. Secara keseluruhan perancangan ini menghasilkan buku komik edukasi sebagai media utama, dengan media pendukung berupa papan puzzle yang bertujuan agar anak-anak dapat belajar sambil bermain. Buku komik edukasi ini juga dilengkapi dengan merchandise sebagai media publikasi seperti totebage, tumbler (tempat minum), gantungan kunci. Dan menggunakan media promosi berupa banner.