cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Nalar Pendidikan
ISSN : 23390794     EISSN : 24770515     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini belum pernah diterbitkan dimedia cetak. Format penulisan artikel yang diterima sesuai dengan draft pedoman penulisan dan gaya selingkung jurnal nalar pendidikan LPM Penalaran UNM.
Arjuna Subject : -
Articles 114 Documents
PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM PERMAINAN KARTU JACK DAN JACKY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MAKASSAR Henny, Agussari
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jnp.v8i1.13507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Interaktif melalui permainan kartu Jack dan Jacky dalam meningkatkan kemampuan kosakata pada kata kerja (Irregular verbs) pokok bahasan Simple Past Tense dan untuk Mengetahui perubahan perilaku dan sikap pada siswa kelas X PS 2 Semester ganjil SMK Neg 7 Makassar. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dengan memberikan evaluasi sebagai bahan penilaian hasil kerja siswa pada Pretes dan postes. Data non tes di ambil dari pengamatan, angket, dokumen serta jurnal pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kosakata siswa dapat meningkat pada kata kerja tidak beraturan pokok bahasan simple past tense dengan menggunakan kartu Jack and Jacky. Begitu pula pada perilaku dan sikap menunjukkan perubahan yang positif.
FULL DAY SCHOOL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ERA GLOBALISASI Amelia, Zaza Yulianti; Dhita, Aulia Novemy
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.63 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v8i1.11103

Abstract

Globalisasi merupakan suatu penanda perkembangan zaman yang mengubah tatanan hidup masyarakat dunia dalam berbagai bidang, salah satunya budaya. Peserta didik sebagai bagian dari tatanan ini ikut membantu berbagai kebermanfaatan diiringi dengan berbagai negatif yang meresahkan masyarakat, sehingga pendidikan sesuai dasar peradaban sangat penting. Dalam hal ini, perlu adanya suatu sistem pembelajaran yang mampu mendorong peningkatan pendidikan yang berkarakter peserta didik dalam menyesuaikan diri akan memperbaiki zaman namun masih sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Sistem pembelajaran itu adalah Sekolah Sehari Penuh  yang dicanangkan oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI Hasnah, Hasnah
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.147 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v3i2.1993

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan pendekatan kontekstual pada materi geometri untuk meningkatkan hasil belajar murid, dan untuk meningkatkan hasil belajar geometri melalui pendekatan kontekstual pada murid kelas VI B SD Negeri Limbung Putera. Subjek penelitian ini adalah murid kelas VI B sebanyak 27 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar geometri murid kelas VI B SD Negeri Limbung Putera, yaitu pada siklus pertama berada pada kategori cukup, sementara aktivitas belajar murid berada pada kategori cukup baik, kemudian hasil belajar murid pada siklus I ketuntasan klasikal hanya 20 siswa (74%). Pada siklus II meningkat menjadi nilai ketuntasan klasikal 93%, melebihi standar klasikal hanya 85%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar geometri murid kelas VI B SD Negeri Limbung Putera.Kata Kunci: Penerapan, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Fajar, Fitri
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.795 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v2i2.1972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model siklus. Fokus penelitian adalah pendekatan kontekstual dan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kota Makassar. Penguasaan penggunaan kosakata bahasa Inggris melalui pendekatan kontekstual pada siklus pertama dalam kategori baik tetapi belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, kemudian siklus kedua dalam kategori baik sekali dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang ditetapkan karena tuntas belajarnya mencapai 100 persen. Ditinjau dari aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan kontekstual, siswa semakin aktif ditinjau dari segi keaktifan mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru tentang kosakata.Kata Kunci : Hasil belajar, Pendekatan Kontekstual, Penggunaan Kosa Kata
PENGARUH TURN-BASED STRATEGY GAME TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN ORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Syarif, Akhmad Saputra; Aprianti, Riswa Endang; M, Ulfah Hani
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.709 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v5i1.3279

Abstract

Turn-Based Strategy Game ini diharapkan dapat melatih mahasiswa mengembangkan kemampuan manajerialnya dengan menempatkan mahasiswa pada kondisi ? kondisi yang menuntut mahasiswa  untuk bekerja secara efektif.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan game clash of clan. Clash of clan merupakan sebuah game strategi yang bercerita tentang pertarungan antar clan dimasalalu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas ?Turn-Based Strategy Game? menjadi solusi peningkatan manajerial mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar . Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar yang berusia 18-22 tahun sebanyak 30 orang. Hasil dari penelitian ini yakni tidak ada pengaruh Turn-Based Strategy game terhadap kemampuan manajemen organisasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNM.Kata kunci:Kemampuan, Manajemen organisasi, Turn-Based Strategy Game
KAJIAN SISTEM SEKOLAH SEHARI PENUH (FULL DAY SCHOOL) DI SMAN 11 MAKASSAR Irayasa, Kadek; Maddatuang, Maddatuang; Suprapta, Suprapta; Farid, A.M. Miftah; Alfian, Ian; Rahman, Rahman
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Nalar Pendidikan
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.655 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i1.9392

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem full day school di SMAN 11 Makassar. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru, dan peserta didik. Teknik sampling yaitu purposive sampling, snowball sampling, dan insidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan uji keabsahan data. Hasil penelitian yaitu implementasi full day school di SMAN 11 Makassar melebihi ketetapkan waktu dalam Permendikbud No 23 Tahun 2017. Pelaksanaan full day school terdiri dari kegiatan harian, mingguan, insidental, dan tahunan. Faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana, kurangnya inovasi pembelajaran, latar belakang peserta didik, jumlah guru dan siswa belum sebanding, sekolah belum bekerjasama lembaga pendidikan, dan kelelahan. Faktor pendukung yaitu sarana proyektor tiap guru, dan sarana laboratorium fisika, kimia, biologi, komputer, dan bahasa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING SMP NEGERI 2 BARAKA, KABUPATEN ENREKANG Iqram, Wal
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.933 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v2i1.1953

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Baraka Kabupaten Enrekang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIA pada semester Ganjil tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Dengan menggunakan Tes Hasil Belajar, Observasi, dan Angket Respon Siswa. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 61,48 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,36. Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 72,14 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,10. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing pada pembelajaran matematika, maka hasil belajar matematika siswa meningkat dan perubahan sikap siswa dalam belajar menjadi lebih baik setiap pertemuan.Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Pembelajaran, Pendekatan Problem Posing.
PERAN STATUS SOSIOEKONOMI ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DALAM BELAJAR Ridha, A. Ahmad
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.853 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v2i1.5923

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar ditinjau dari status sosioekonomi orangtua, dan 2) Hubungan antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 241 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner status sosioekonomi orangtua, skala penyesuaian diri, dan skala motivasi intrinsik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik dalam belajar antar tingkat pendidikan ayah; 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat pendidikan ibu; 3) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat penghasilan orangtua; 4) Terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Penyesuaian Diri, Status Sosioekonomi
HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAJENG Arfah, Arfah
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.689 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v6i2.7088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan komunikasi matematikS dan kemampuan pemahaman matematika siswa SMAN 1 Bajeng. Komunikasi matematis adalah proses interaksi sosial yang melibatkan proses pertukaran dan refleksi informasi, ide, dan pemahaman secara matematis dari seseorang kepada orang lain. Pemahaman konseptual matematika adalah pengetahuan yang melibatkan pemahaman konsep-konsep yang paling bawah dan mendasar di samping algoritma yang dijalankan dalam matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika diuji menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika siswa kelas X SMAN 1 Bajeng.  Kata kunci : Komunikasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Tes Tertulis
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI Hartani, Hartani
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.089 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v3i2.1999

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan hasil belajar membaca puisi melalui metode demonstrasi murid kelas V SD Inpres Bontoma?rinra, Kecamatan Bontonompo. Dalam penelitian tindakan kelas ini, digunakan dua siklus. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan, dua kali petemuan tatap muka dan satu kali pertemuan untuk tes siklus. Penelitian pada siklus II diperoleh melalui hasil observasi terhadap guru dan murid. Fokus pengamatan adalah aktivitas guru dan murid dalam proses membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi berdasarkan rancangan pembelajaran dari hasil refleksi tindakan siklus I. Berdasarkan data dari siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar membaca puisi rata-rata dikategorikan Kurang (SK). Sedangkan, hasil belajar mengapresiasi puisi siklus II secara umum murid rata-rata 83%.Kata kunci: Demonstrasi, Metode, Puisi.

Page 1 of 12 | Total Record : 114