cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)
ISSN : 23375752     EISSN : 27209660     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), published thrice a year (January, Mei, and September), is a peer-reviewed journal that is managed by the Department of Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya. JUPE aims to help researchers publish their work for a wider audience. We consider original research articles and review articles in any research areas of (but is not limited to) economics and business education, such as economics education, entrepreneurship education, economics learning strategies, educational economics, classroom action research, development of learning materials, teaching models, learning instruction, and learning media.
Arjuna Subject : -
Articles 244 Documents
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN SIKAP BERWIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNESA OKTAFIANI CORNELIA BURNAMA, NANDA; FITRAYATI, DHIAH
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n3.p%p

Abstract

Abstrak Pengkajian data memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial orangtua terhadap intensi berwirausaha , pengaruh sikap berwirausaha terhadap intensi berwirausaha serta pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan sikap berwirausaha pada niat berwirausaha. Jenis pengkajian data adalah kuantitatif dengan obyek penelitian mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi 2016 unesa. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket pada 178 mahasiswa. Proses telaah menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil dari pengkajian ini menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orangtua berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha mahasiswa. Sedangkan variabel sikap berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha. Secara simultan, kedua variabel ini juga dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi berwirausaha. Kata kunci : Status Sosial Ekonomi Orangtua , Sikap Berwirausaha , Intensi Berwirausaha Abstract This study aims to determine the effect of parental social status on entrepreneurial intentions, the influence of entrepreneurial attitudes on entrepreneurial intentions and the influence of parental socioeconomic status and entrepreneurial attitudes on entrepreneurial intentions. This type of research is a quantitative study with the object of research students majoring in economic education in 2016 Unesa. Data was collected by distributing questionnaires to 178 students. Data processing in this study uses multiple linear regression analysis test. The results of this study indicate that the parents socioeconomic status variable has a negative and significant effect on the student entrepreneurship intention variable. While the entrepreneurship attitude variable has a positive and significant effect on entrepreneurship intention variables. Simultaneously, these two variables are also stated to have a significant influence on entrepreneurial intentions. Keywords: Parents Socio-Economic Status, Entrepreneurial Attitude, Entrepreneurial Intention
HUBUNGAN KERJA PARUH WAKTU DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN 2015 YURIA LINGGASARI, LOVENDA; YONISA KURNIAWAN, RIZA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n3.p%p

Abstract

Abstrak Kebutuhan semakin kompleks seiring berkembangnya zaman. Banyaknya biaya hidup yang dibutuhkan saat jauh dari orang tua membuat mahasiswa mencari kerja paruh waktu dengan tujuan untuk mendapatkan sumber dana tambahan demi memenuhi kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang hubungan antara kerja paruh waktu dengan prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015. Metode yang digunakan yaitu penelitian sensus dengan teknik pengambilan sample jenuh terhadap 56 mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan teknik analisis korelasi Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara kerja paruh waktu dan prestasi akademik dengan ditunjukkan pada Uji-T yaitu 0,013 < 0,05. Selain itu dengan analisis korelasi Karl Pearson menunjukkan angka 0,330 yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup tinggi. Kata Kunci: kerja paruh waktu, prestasi akademik Abstract Human needs more complicated in this era. Students who study aboard start to get part time job for some money to fulfill their needs because high cost of living when they aboard. Purpose of this study is to describe the relationship between parttime work and academic achievement from 2015-enrollment-year student State University of Surabaya Economic Education Department. In this study used census research with saturated samples on 56 part time jobber. While for analyze data using Karl Pearson correlation analysis. The results showed that there was a significant relationship between part-time work and academic achievement as shown in the T-Test of 0.013 <0.05. In addition, the Karl Pearson correlation analysis shows a number of 0.330 which indicates a fairly high relationship. Keywords: part time work, academic achievement
PENGARUH NILAI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 SURABAYA BURHAN SIDQI, MOCH; RACHMAWATI, LUCKY
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n3.p%p

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai matematika terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negaeri 17 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Variabel tersebut adalah variabel nilai matematika dan variabel hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini untuk mengetahui variabel nilai matematika terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negari 17 Surabaya. Karena data yang akan diambil adalah Pengambilan data dalam penelitian ini adalah nilai rapor matematika dan nilai ulangan dan rapor mata pelajaran ekonomi pada smester ganjil 2017-2018.Dari penelitian ini diharapkan mendapatkan gambaran tentang ada tidaknya pengaruh nilai matematika terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Dari hasil uji regresi linier sederhana diketahui bahwa nilai matematika mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajr ekonomi siswa Kelas Xiis 1,2,dan 3. Dengan demikian berarti apabila nilai matematika siswa itu baik, maka hasil belajar ekonomi peserta didik akan mendapatkan hasil belajar yang baik, begitu juga sebaliknya apabila nilai matematika kurang baik maka akan mendapatkan hasil belajar ekonomi yang kurang baik. Kata Kunci: Pengaruh,”Nilai Matematika,”Hasil Belajar Ekonomi. ABSTRACT The study aims to determine the effect of mathematical values on the value of economic subjects in class X of the IIS SMA Negaeri 17 Surabaya. This research is a type of explanatory research that aims to analyze the relationships between one variable with other variables or how a variable affects other variables. These variables are mathematical value variables and learning outcomes of economic subjects.To find out the mathematical value variable on the results of learning economic subjects. This research approach uses a quantitative approach. The population used is all students of class X IPS Negari 17 Surabaya High School. Retrieval of data in this study are math report scores and test scores and report cards on economic subjects in the odd semester 2017-2018.From this research, it is expected to get a picture of the influence of mathematical values on the results of learning economic subjects. Keywords: influence,” mathematical value,” economic learning outcomes.
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning dan Berpikir Kritis pada Materi Ekonomi Kelas XI EKA PUTRI, CYNTHIA; FITRAYATI, DHIAH
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n3.p%p

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dan Berfikir Kritis untuk menganalisis (1) kelayakan dari pengembangan LKPD, (2) efektifitas dari pengembangan LKPD, (3) respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD. Jenis pengembangan mengaplikasikan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan memilih model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari define, desain, development, dan dissemination. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan hingga tahap yang ke ketiga yaitu Develop hingga pada tahap mengetahui kelayakan dan efektivitas pengembangan LKPD. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi kelayakan LKPD dari kegiatan pretest dan posttest, dan hasil respon siswa terhadap penerapan LKPD yang telah dilakukan. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil validasi kelayakan materi bernilai sebesar 83%, sedangkan untuk rata-rata hasil validasi kelayakan kegrafikan bernilai nilai sebesar 93%, dan rata-rata hasil validasi kelayakan Bahasa bernilai sebesar 80%. (2) hasil efektivitas yang yang dilhat dari kegiatan pretest dan posttest memperoleh hasil ketuntasan dari 8% naik menjadi 81% dengan hasil N-Gain sebesar 0,81 yang termasuk dalam kategori tinggi (3) berdasarkan angket respon siswa yang sudah diberikan menunjukkan presentase sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dan Berfikir Kritis pada Materi Ekonomi Kelas XI sangat layak digunakan. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning, dan Berpikir Kritis Abstract The purpose of the research Development Of LKPD On Problem Based Learning And Critical Thinking are to analyze (1) The feasibility of developing LKPD (2) The effectiveness of developing LKPD (3) Students’ response to the development of LKPD. The type of development applies Research and Development (R&D) by choosing Thiagarajan’s 4-D development model which consisted of defining, designing, developing, and disseminating. This research development carried out to the third step that Develop until knowing the feasibility and effectiveness of developing LKPD . Data collection was obtained from the results of validation of feasibility of development LKPD from the the pre-test and post-test activities, and the results of students’ responses to the application of development LKPD that had been carried out. This results showed that (1) the average results of the material validation is 83%, while, for the average results of the graph validation is 93%, and for the average results of Language validation is 80% (2) for the effectiveness result seen from the pre-test and post-test activities obtained completeness results from 8% up to 81% with the result of N-Gain is 0,81 which is included in the high category (3) based on the questionnaire responses of students who have been given show a percentage of 84%. It showed that the Development LKPD Based on Provlem Based Learning and Critical Thinking on class XI Economic materiah are very feasible to be used. Keywords: Student Activities Sheet Based (LKPD), Problem Based Learning, Critical Thinking, and Student Respons’.
Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi HENDRA ANGGRYAWAN, IRFAN
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n3.p%p

Abstract

Abstrak Pendidikan di Indonesia sangat diperhatikan perkembangannya. Hasil belajar seseorang bisa dipengaruhi oleh motivasinya dalam belajar serta fasilitas yang menunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar serta fasilitas saat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Sebanyak 79 orang siswa dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh motivasi belajar. (2) hasil belajar dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh motivasi belajar. (3) fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh signitifikan dan positif pada hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Fasilitas belajar, motivasi belajar   Abstract In Indonesia education is one of the factors that has been considered in its development. There are several factors that affect learning outcomes, namely learning facilities and learning motivation. This study aims to determine the effect of learning facilities and learning motivation on student learning outcomes in economic subjects. The method in this research is multiple linear regression analysis. The sample used in this study were 79 students. The results showed that (1) learning facilities has a positive and significant effect on learning outcomes. (2) learning motivation has a positive and significant effect on learning outcomes. (3) learning facilities and learning motivation have a positive and signitificant effect on learning outcomes. Keywoard : Learning facilities, learning motivation, learning outcomes
ANALISIS PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS INTRANET DWI ERMAWATI, YUNITA; YONISA KURNIAWAN, RIZA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n2.p%p

Abstract

Dalam pendidikan terdapat proses belajar, proses belajar tersebut terdapat peran guru dan siswa aktif untuk mencapai suatu tujuan yaitu keberhasilan belajar. Keberhasilan pada proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar. Hasil belajar dapat ditunjukkan melalui evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Kegiatan evaluasi pembelajaran diperlukannya konsep yang baik dan terarah sehingga mengukur hasil belajar siswa akan baik. Alat evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan, pengumpulan data, dan informasi yang memiliki banyak dimensi dalam rancangan program pembelajaran bersifat sistematis dan berkelanjutan yang dibuat oleh guru digunakan sebagai pertimbangan dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan, maupun menyusun program pembelajaran mengenai keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran. Alat evaluasi pembelajaran biasanya hanya berbentuk kertas (paper test). Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil penelitian terdahulu terkait pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis intranet. Metode yang digunakan adalah telaah pustaka (literature review) yaitu menjelaskan temuan-temuan terdahulu yang kemudian dianalisis dan disimpulkan sesuai pada tujuan penelitian. Hasil telaah penelitian terdahulu menunjukkan alat evaluasi pembelajaran berbasis intranet yang dikembangkan di kategorikan sangat layak, respon peserta didik menarik dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar yang didapatkan melalui uji kelayakan kepada para ahli dan uji coba kepada peserta didik. Kata Kunci : Alat evaluasi pembelajaran, Hasil belajar, Telaah pustaka
HUBUNGAN EFIKASI DIRI, GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 KEDAMEAN DWI ANGGRAINI, KUMALA; SOESATYO, YOYOK
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n2.p%p

Abstract

Abstrak Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, dan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, dan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean. Kata Kunci: Efikasi Diri, Gaya Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar.
Pengaruh Model Group Investigation dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Bangil WAHID, ABDURRAHMAN
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n2.p%p

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Bangil. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini menggunakan kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 1 Bangil. Teknik penelitian data yang digunakan adalah tes pilihan ganda guna mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik lalu data yang diperoleh dianalisis dengan uji T (Mann Whiteney test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan oleh perolehan uji t dengan taraf signifikansi 0,028 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dengan metode Problem Solving memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Bangil dan kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dari kelas kontrol yang dibuktikan dengan peringkat rata-rata (mean rank) kelas eksperimen sebesar 34,57 dan kelas kontrol sebesar 25,28. Kata Kunci: Group investigation, Problem solving, Kemampuan Berpikir Kritis
PERMASALAHAN YANG DIHADAPI PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI DI SENTRA PKL JALAN BENTENG PANCASILA KOTA MOJOKERTO PRIGIONILA, RIZKY; RACHMAWATI, LUCKY
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n2.p%p

Abstract

Abstrak Program relokasi dilakukan oleh pemerintah sudah berjalan sesuai dengan rencana. Namun saat ini jumlah PKL berkurang disebabkan masih banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh para pedagang sejak awal menempati sentra PKL Jalan Benteng Pancasila. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis ingin meneliti tentang permasalahan yang dihadapi pedagang kaki lima pasca relokasi dan upaya yang dilakukan pedagang dalam mengatasi permasalahan tersebut dalam meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima jalan Benteng Pancasila kota Mojokerto dengan tujuan (1) untuk menjelaskan permasalahan yang dihadapi pedagang kaki lima pasca relokasi di Sentra PKL jalan Benteng Pancasila kota Mojokerto, (2) untuk menjelaskan upaya yang dilakukan pedagang kaki lima dalam menghadapi permasalahan yang ada serta dalam peningkatan pendapatan di Sentra PKL jalan Benteng Pancasila kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pedagang kaki lima di sentra PKL jalan Benteng Pancasila sebanyak 10 informan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Analisa data terdiri dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi pedagang kaki lima pasca relokasi adalah pemasaran, permodalan, sarana prasarana, kurangnya dukungan pemerintah dan teknologi. Permasalahan tersebut berpengaruh terhadap tingkat pendapatan yang diperoleh pedagang. Upaya dari pedagang dalam menghadapi permasalahan yang ada adalah meningkatkan pelayanan dan bekerja sama dengan para pedagang, berjualan di lokasi lain dan mengganti jenis barang dagangan. Kata Kunci: Relokasi, Pedagang Kaki Lima, Pendapatan. Abstract The relocation program carried out by the government has gone according to plan. But now the number of street vendors is decreasing because there are still many problems faced by traders since the beginning of occupying the center of street vendors in the Pancasila Fortress. Based on this, the authors want to examine the problem faced by street vendors after relocation and efforts made by traders in overcoming these problems in increasing the income of street vendors at the Pancasila Fortress in the city of Mojokerto with the aim of (1) to explain the problems faced by street vendors after relocation in the center of the street at the Pancasila Fortress in the city of Mojokerto, (2) to explain the efforts made by street vendors in dealing with existing problems and in increasing revenue in the center of the street at the Pancasila Fortress in the city of Mojokerto. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects of this study were street vendors who were in the PKL center on Pancasila Fortress as many as 10 informants. Determination of informants using the snowbal sampling technique. Data analysis consists of data reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. The results showed that the problems faced by street vendors after relocation were marketing, capital, infrastructure, lack of government support and technology. These problems greatly influence the level of income obtained by traders. Efforts made by traders in dealing with existing problems are to improve service and cooperate with traders, selling in other locations and replacing types of merchandise. Keywords: Relocation, Street Vendor, Income.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa KHASANAH, FARIDATHUL
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 7 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jupe.v7n2.p%p

Abstract

Abstrak Seringnya penggunaan media power point dan papan tulis dalam proses pembelajaran serta belum adanya variasi media pembelajaran yang lebih interaktif membuat peserta didik cenderung merasa bosan dalam pembelajaran di kelas dan kemampuan berpikir kritis siswa juga masih tergolohn rendah, hal tersebut diketahui dari mereka ketika disajikan soal berkemampuan tinggi masih bingung dan mencoba melihat jawaban teman. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan media serta efektifitas media berbasis Lectora Inspire. Model yang digunakan adalah 4D Models menurut Thiagaradjan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang dilakukan secara terbatas. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli evaluasi dan ahli media, serta analisis butir soal. Hasil validasi oleh ahli evaluasi menunjukkan bahwa butir soal yang disajikan pada media pembelajaran berbasis Lectora Inspire telah sesuai dengan indikator penilaian ahli evaluasi, persentase rata-rata hasil validasi oleh ahli media sebesar 92% menunjukkan dalam kategori sangat layak, kemudian pada analisis butir soal terdapat 14 dari 20 soal yang dikatakan valid setelah diujicobakan serta pada efektifitas media adanya perbedaan nilai pretest dan posttest dan 85% siswa mendapat nilai diatas ≥75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire sebagai media pembelajaran sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dikelas untuk membantu dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media pembelajaran, Lectora Inspire.   Abstract The frequent use of power point and blackboard media in the learning process and the absence of more interactive learning media variations make students tend to feel bored in classroom learning and students critical thinking skills are still low, it is known to them when presented with high-ability questions still confused and trying to see a friends answer. The research and development (R & D) research aims to describe the feasibility of the media and the effectiveness of the Lectora Inspire-based media. The model used is 4D Models according to Thiagaradjan which consists of 4 stages, namely Define, Design, Develop and Disseminate which is done in a limited manner. The results of the study were obtained through validation of expert evaluation and media experts, as well as item analysis. The results of the validation by the evaluation expert showed that the items presented on the Lectora Inspire based learning media were in accordance with the expert evaluation evaluation indicators, the average percentage of the validation results by media experts was 92% indicating that in the category there were 14 from 20 questions that were said to be valid after being tested and on media effectiveness there were differences in the values of pretest and posttest and 85% of students scored above siswa ≥75. So it can be concluded that the Lectora Inspire based learning media as a learning media is very feasible to use as an alternative learning media in the classroom to assist in the learning process. Keywords: Research and Development, Learning Media, Lectora Inspire.

Page 1 of 25 | Total Record : 244