cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 249 Documents
PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS OSIS MADRASAH ALIYAH KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK FITHROTI, IID
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memanajemen waktu antara berorganisasi dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menganalisis data pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji liniearitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan determinasi. Berdasarkan analisis data menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 27,531 + 0,188 X1 + 0,218 X2. Keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.15 < 0.05 dengan T hitung 2,494, disiplin belajar memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig <0.05 atau 0.39<0.05 dengan T hitung 2,101. Secara bersama-sama keaktifan belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig <0.05 atau 0.028<0.05. Persentase sumbangan keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS sebesar 16,8%. Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar.
PENGEMBANGAN PERMAINAN ULTAKO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TAMAN KUSUMA WARDANI, RUSTIANA; RACHMAWATI, LUCKY
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengembangkan media pembelajaran ultako, mendeskripsikan kelayakan media ultako, mendeskripsikan respon, dan mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Taman.. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media ular tangga dibuat menggunakan aplikasi CorelDraw X7; (2) Kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat nilai 97,91% masuk kriteria sangat baik, kelayakan materi oleh ahli materi mendapat nilai 99,3% masuk kriteria sangat baik, dan kelayakan media oleh ahli media mendapat nilai 90% masuk kriteria sangat baik; (3) Respon siswa mendapat nilai 97% masuk dalam kriteria sanagt baik atau sanagt tertarik; (4) Aktivitas belajar siswa meningkat dari 52,88% menjadi 81,15%, berdasarkan uji T nilai ?=0,000 < ?=0,05 sehingga media efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa. Serta hasil belajar meningkat dari 65,8 menjadi 82,45, berdasarkan uji T nilai ?=0,000 < ?=0,05, sehingga media efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga media ular tangga ekonomi dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan efektif untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: media ular tangga, kelayakan media, aktivitas, hasil belajar siswa
PENGARUH PEMILIHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2014 AMINI, FITRIATUL
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pemilihan program studi pendidikan ekonomi terhadap minat menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi 2014 Universitas Negeri Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik sampling pada penelitian ini yakni nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Total sampel yang digunakan 81 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemilihan program studi pendidikan ekonomi terhadap minat menjadi guru dengan t-hitung sebesar 8.623 dan t-tabel sebesar 1,99045 (8.623>1,99045), dan signifikansinya sebesar 0,000 < probabilitas 0.05, dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan antara pemilihan program studi pendidikan ekonomi terhadap minat menjadi guru Kata Kunci: program studi, minat menjadi guru
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO WAHYU KARTIKA, EVA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan menggunakan Quassi Experimental jenis the matching only pre-test post-test control group design. Subjek penelitan ini adalah kelas XI IIS 4 dan kelas XI IIS 5. Penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan siswa dengan rata-rata keaktifan kelas ekperimen 71,60%, dan kelas kontrol 66,40% dengan nilai dengan signifikasi 0,001, dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,032 dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II juga berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar dengan nilai signifikasi untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hoteling Trace, Roy?s Large Root memliki nilai signifikasi 0,001 dan semuanya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal MojokertoKata Kunci: Jigsaw II, Keaktifan siswa, dan Hasil Belajar
PENGARUH POTENSI DIRI, PRESTASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE FAKULTAS EKONOMI DI PERGURUAN TINGGI FATIMAH, SITI
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh potensi diri, prestasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi baik secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi di dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, kuisioner dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,31 dengan p<.01, Prestasi belajar berpengaruh negative tetapi signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar -0,27 dengan P=0.01, Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,21 dengan P=0.04, sedangkan pengaruh potensi diri, prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjukan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,16 atau 16%. Kata Kunci: potensi diri, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, minat
PENGARUH MINAT BACA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS MA AL-HIDAYAH BANGKALAN HAPSARI, SAYIDATI; RACHMAWATI, LUCKY
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS MA Al-Hidayah baik secara parsial maupun silmutan. Jenis penelitian ini menggunakan asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup. Analisis yang digunakan yaitu analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada uji t minat baca secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Sedangkan penggunaan gadget secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi. Pada uji f minat baca dan penggunaan gadget secara silmultan bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS MA Al-Hidayah Bangkalan. Dari hasil tersebut peneliti harapkan semua pihak baik orang tua maupun sekolah pada khususnya guru dapat lebih mengawasi, menasehati atau memotivasi dan memberikan fasilitas yang mereka butuhkan dalam menambah minat baca dan penggunaan gadget. Bagi peserta didik sendiri harus bijak dalam penggunaan gadget dan sadar akan pentingnya membaca. Kata Kunci : Minat baca, penggunaan gadget, hasil belajar
ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING DALAM PROSES PEMBELAJARAN CHALIMATUS SADIAH, YULIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dari hasil penelitian terdahulu terkait dengan penerapan metode pembelajaran snowball drilling pada pembelajaran ekonomi. Hal tersebut ditujukan untuk dapat menganalisis dampak dari penerapan pembelajaran snowball drilling pada pembelajaran. Metode yang digunakan yakni telaah pustakan (literature review) yaitu mendeskripsikan dari temuan-temuan yang terdahulu dengan menganalisis dan kemudian disimpulkan. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran snowball drilling dengan memadukan permainan soal dalam proses pembelajaran. Penerapan snowball drilling dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru yakni meliputi penyampaian materi dengan mengacu pada kurikulum 2013, dan pada akhir pembelajaran di tutup dengan adanya evaluasi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan beberapa metode agar terciptanya interaksi antar siswa dengan guru. Hasil dari penelitian menunjukkan, penerapan metode pembelajaran snowball drilling dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar, ditunjukkan pada keberanian siswa dalam menyelesaikan soal yang di sediakan oleh guru dan berdampak pada perolehan hasil belajar siswa yang meningkat.Kata kunci : Snowball Drilling, Proses Pembelajaran, Telaah Pustaka
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA Mundiah, Lailatul
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi mahasiswa untuk menumbuhkan niat berwirausaha memang bukan perkara yang mudah. Mahasiswa dihadapkan dengan berbagai tantangan yang ada untuk menumbuhkan niat berwirausaha. Terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi intensi berwirausaha yaitu pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk asosiatif. Data penelitian menggunakan permodelan persamaan struktural atau Structural Equation Modeling (SEM) yang melibatkan hubungan antar variabel dan juga model indikator secara simultan sebagai representasi sistem yang diteliti untuk mendekati kondisi rill. Kata Kunci:       Intensi Berwirausaha, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KEWIRAUSAHAAN Rukmana, Tiara Yanis
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi mahasiswa perlu di tanamkan sikap kewirausahaan demi menunjang kehidupan dalam bersaing di pangsa pasar kerja dalam era globalisasi. Dengan melihat fenomena yang terjadi di pangsa pasar bahwa semakin banyak persaingan dalam mencari lapangan pekerjaan sedangkan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia mengakibatkan terjadinya pengangguran. Upaya dalam mengentaskan suatu pengangguran ialah melalui berwirausaha, dengan menjadi wirausahawan mampu membuka lapangan pekerjaan baru kepada masyarakat. Akan tetapi, mendirikan suatu usaha harus di dampingi dengan sikap kewirausahaan yang baik dan benar. Dengan memaksimalkan sikap kewirausahaan dapat memaksimalkan pula hal yang ingin dicapai. Berani dalam mengambil keputusan dengan memikirkan seluruh aspek dan dapat meminimalisir kerugian serta keberhasilan diri adalah salah satu contoh dari memiliki sikap kewirausahaan. Dan masih banyak sikap-sikap lain yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui factor apa saja yang dapat mempengarhui sikap kewirausahaan mahasiswa, (2) mengetahui faktor dominan apa yang dapat berpengaruh terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka dengan penganalisisan dari penelitian yang terdahulu sesuai dengan kebutuhan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kewirausahaan terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi sikap kewirausahaan yaitu (1) sikap efikasi diri (2) ulet (3) berani membuat keputusan (4) kreatif (5) kemandirian (6) pendidikan kewirausahaan.
ANALISIS PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI ZULFIANI, NONA; YONISA KURNIAWAN, RIZA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dari suatu pembelajaran. Bahan ajar yang pada umumnya digunakan adalah buku, sedangkan buku tidak dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri. Salah satu jenis bahan ajar berupa modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik untuk memudahkan pemahamannya terhadap materi secara mandiri atau dengan bimbingan yang seminimal mungkin dengan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil penelitian terdahulu terkait pengembangan modul ekonomi. Metode yang digunakan adalah telaah pustaka (literature review) yaitu menjelaskan temuan-temuan terdahulu yang kemudian dianalisis dan disimpulkan sesuai pada tujuan penelitian. Hasil telaah penelitian terdahulu menunjukkan modul ekonomi yang dikembangkan memiliki kategori kelayakan yang sangat layak, respon peserta didik menarik dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar yang didapatkan melalui uji kelayakan kepada para ahli dan uji coba kepada peserta didik. Kata kunci: Pengembangan modul, Bahan Ajar, Telaah Pustaka

Page 1 of 25 | Total Record : 249