cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
ISSN : -     EISSN : 27227502     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 447 Documents
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DWI AGISTA, NINDA; HAKIM, LUQMAN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini menghasilkan lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dengan mengetahui respon pada peserta didik di SMK Negeri 1 Lamongan dan SMK Muhammadiyah Lamongan serta bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan. Model pengembangan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4-D (Four D Models), yakni define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sebatas pada tahap develop saja. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket terbuka dan angket tertutup. Hasil pengembangan memperlihatkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis lembar kegiatan peserta didik yang didapatkan dari penilaian para ahli diperoleh dengan rata-rata kelayakan sebesar 80,25% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap kelayakan LKPD akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach didapatkan persentase sebesar 88,88% dengan kriteria sangat memahami. Dengan demikian, lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar pendukung dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Akuntansi Perbankan Syariah, Scientific Approach.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI PERBANKAN BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI KOMITMEN DAN KONTIJENSI KELAS XI PERBANKAN DI SMK NEGERI 10 SURABAYA NOVIA SUMAENY, ROSSA; , SUSANTI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam mata pelajaran akuntansi perbankan pada materi komitmen dan kontijensi peserta didik seringkali dianggap materi yang cukup sulit. Ditinjau dengan bahan ajar kurang memadahi dan belum kontekstual, sehingga peserta didik diperlukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk memahami materi komitmen dan kontijensi. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis kontekstual, dimana materi dapat diterapkan dalam konteks nyata. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar akuntansi perbankan berbasis kontekstual sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 pada materi komitmen dan kontijensi kelas XI Perbankan di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun penelitian ini hanya pada tahap develop saja. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas XI Perbankan di SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil validasi pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual ini dari ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar sebesar 86,25% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 91,42% dengan kriteria sangat layak, dan ahli grafis sebesar 81,87% dengan kriteria sangat layak. Maka perolehan rata-rata persentase secara keseluruhan dari para ahli sebesar 86,51% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,62% dengan kriteria sangat baik.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH QHOTIMAH, CHUSNUL; HAKIM, LUQMAN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH Nama : Chusnul Qhotimah NIM : 14080304078 Program studi : S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan : Pendidikan Ekonomi Fakultas : Ekonomi NamaLembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr. Luqman Hakim, S.Pd., M.SA. Di dalam kurikulum 2013 pembelajaran masih didukung dengan penggunaan bahan ajar, tanpa adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum maka proses belajar di kelas menjadi kurang maksimal. LKPD merupakan bahan ajar yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, selain itu LKPD juga dapat membuat peserta didik bekerja secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, 2) kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 81,53% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 84,61% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 86,78% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci :Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH AYUNDA SARI, RIZKY; HAKIM, LUQMAN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan berbasis pendekatan saintifik guna membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Produk Syariah kelas XI Perbankan Syariah dengan kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4P (Perencanaan, Pendefinisian, Pengembangan dan Penyebaran) yang merupakan adaptasi dari model 4D, akan tetapi peneitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan LKPD ini adalah lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis serta angket respon peserta didik. Lembar telaah ahli digunakan untuk memeroleh data kualitatif berupa komentar dan saran dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil validasi kelayakan dari LKPD ini menurut para ahli adalah sebesar 86,29% dengan kategori sangat layak, sedangkan angket respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa LKPD yang dihasilkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Produk Syariah kelas XI semester genap. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Produk Syariah, Saintifik
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI DI SMK NEGERI MOJOAGUNG VITASARI, DEA; ROHAYATI, SUCI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 87,4% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 78% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata rata sebesar 89,3% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci : Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING SPREADSHEET BERBASIS ANDROID PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO BANGUN PRASETYO, MUHAMMAD; , ROCHMAWATI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning spreadsheet berbasis android pada materi siklus akuntasi perusahaan jasa untuk kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Tujuan dikembangkannya mobile learning spreadsheet yaitu untuk membantu peserta didik agar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai hal baru yang dipelajarinya serta membantu dalam aktivitas belajar Selain itu, penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap mobile learning spreadsheet berbasis android. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Raiser dan Mollenda yang memiliki lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kelayakan mobile learning spreadsheet pada komponen kelayakan isi diperoleh persentase sebesar 80%, komponen kelayakan penyajian sebesar 80% , komponen kelayakan bahasa sebesar 82.86%, dan komponen kelayakan kegrafikan sebesar 80% dengan rata-rata kelayakan menunjukkan persentase sebesar 80.71% yang yang menunjukkan kriteria layak. Hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 87.40% yang menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, Bahan Ajar Mobile Learning Spreadsheet Berbasis Android Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X Akuntansi sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai bahan ajar.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH SEMESTER I KELAS XI PERBANKAN SYARIAH DI SMK NEGERI 2 MOJOKERTO AGUSTIN NUR RAAFI, RIZKHA; HAKIM, LUQMAN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar pada maata pelajarn prodku syariah berbasis saintifik kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto agar mampu mewujudkan peningkatan motivasi belajar, penguasaan konsep materi dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar produk syariah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. Model yang diterapkan merupakan model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Metode penelitian yang diterapkan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa,dan kelayakan kegrafikan dari proses pengembangan memperoleh persentase masing-masing sejumlah 86,4%, 88,4%, 88,5%, 87,6% dengan rata-rata kelayakan 87,7%. Sedangkan respon siswa diperoleh 88,2%. Dengan demikian, buku ajar mata pelajaran produk syariah berbasis saintifik dinyatakan sangat layak digunakan untuk bahan ajar dalam peningkatan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto pada mata pelajaran produk syariah. Kata Kunci: Buku ajar, saintifik, produk syariah.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH PADA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH PUSPITA RATIH, NELLA; HAKIM, LUQMAN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar dengan menggunakan langkah-langkah saintifik pada kegiatan inti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, serta menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran akuntansi perbankan syariah yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan buku ajar oleh para ahli sebesar 85% dengan kategori Sangat Valid. Komponen kelayakan isi menunjukkan hasil sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, komponen kelayakan penyajian sebesar 85% dengan kategori sangat valid, komponen kebahasaan sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa buku ajar dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 76,25% dengan kategori valid. Kata Kunci: Akuntansi Perbankan Syariah, Bahan Ajar, Buku Ajar, Pendekatan Saintifik
PENGEMBANGAN QUICK LEARN MYOB (QLM) BERBASIS ANDROID SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOMBANG FAHMY INTAN BESTHARI, NUR; , ROCHMAWATI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap Quick Learn MYOB berbasis android sebagai bahan ajar pendukung mata pelajaran komputer akuntansi perusahaan jasa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Develop, Implementation dan Evaluation. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan 20 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripstif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan Quick Learn MYOB (QLM) berbasis android sebagai bahan ajar pendukung mata pelajaran komputer akuntansi perusahaan jasa mendapat skor dari ahli materi sebesar 86 % untuk kelayakan materi. Ahli bahasa memberikan skor 79,1 % untuk kelayakan bahasa, dan ahli grafis memberikan skor 96,8 % untuk kelayakan kegrafikan. Rata-rata persentase seluruh validasi para ahli adalah 87,3 % dengan kriteria sangat sesuai. Kemudian hasil rata-rata persentase dari respon peserta didik sebesar 96,6 % dengan kriteria sangat paham.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) ADMINISTRASI PAJAK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DI KELAS XII SMK NEGERI 4 SURABAYA QOMARIYAH, NUR; ROHAYATI, SUCI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) mata pelajaran administrasi pajak berbasis kontekstual materi pajak pertambahan nilai untuk kelas XII dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata atau kegiatan sehari-hari yang lebih aplikatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pengembangan LKPD, menganalisis dan mengetahui kelayakan LKPD, serta menganalisis dan mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis kontekstual yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan dengan tanpa melakukan tahap disseminate. Hasil validasi para ahli untuk kelayakan LKPD secara umum mendapatkan skor sebesar 86%. Validasi materi mendapatkan skor 82,6%. Validasi bahasa mendapatkan skor 87,1%. Validasi grafis mendapatkan skor 88,3%. Dan hasil uji coba terbatas terhadap LKPD mendapatkan skor sebesar 88,4%.

Page 1 of 45 | Total Record : 447