cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Articles 239 Documents
MELACAK KEMBALI HAKIKAT TEKS SASTRA Sayuti, Suminto A
Diksi Vol 13, No 5: DIKSI MEI 1997
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v13i5.7075

Abstract

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN TOKOH FRIEDRICH MERGEL DALAM NOVELLE DIE JUDENBUCHE KARYA ANNETE VON DRÖSTE HULSHOFF Haryati, Isti
Diksi Vol 23, No 1: DIKSI MARET 2015
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v23i1.6622

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan kepribadian tokohFriedrich Mergel sebagai dampak lingkungan dalam NovelleDie Judenbuche karya Annetevon Dröste Hulshoff.Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakanpendekatan psikologis. hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kepribadianFriedrich dipengaruhi oleh tiga hal yaitu seleksi alam, praktik budaya berupa kontrolsosial, dansejarah seseorang atas penguatan (reinforcement) yang diterima. Perkembangankepribadian Friedrich terbagi dalam beberapa fase kehidupan Friedrich, yakni pada masakecil Friedrich, saat kematian ayahnya, saat Friedrich diadopsi Simon Semmler, ketikaterlibat atas kematian Brandis, saat pembunuhan terhadap Aaron, serta saat Friedrichkembali dan bunuh diri. Dalam keenam fase tersebut, ketiga faktor yangmembentukkepribadian seseorang, yakni seleksi alam, praktik budaya berupa kontrol sosial, danpenguatan (reinforcement) pada diri Friedrich, saling memberikan pengaruh dan berkaitansatu sama lain.Kata kunci: perkembangan kepribadian, psikologisastra, Novelle Die Judenbuche
PERANAN SKRIPSI DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN BAHASA -, G Suharto
Diksi Vol 10, No 4: DIKSI MEI 1996
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v10i4.7082

Abstract

PENERAPAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMP Pujiono, Setyawan
Diksi Vol 2, No 22: DIKSI SEPTEMBER 2014
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v2i22.3186

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadapkualitas pembelajaran keterampilan menulis argumentasi di sekolah. Pembenahantersebut dapat dimulai dari pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu,upaya tindakan ini akan mencoba meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaranketerampilan menulis argumentasi dengan strategi pramenulis cubing. Kegiatan penelitianini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta.Prosedur dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melaksanakanpenelitian yang terarah dan teratur dalam prosesnya yang panjang dan kompleks, makapeneliti membagi pelaksanaan penelitian ini dalam siklus dan dilanjutkan denganpengamatan, refleksi dan pelaporan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategipramenulis cubing ternyata mampu meningkatkan kemampuam siswa dalam menulisargumentasi. Hasil pembahasan tim peneliti dalam proses pembelajaran dan produk tulisansiswa, ternyata strategi cubing dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Haltesebut dapat dilihat pada pemaparan argumentasi berikut ini. Subjek penelitian berjumlah34 siswa, sedangkan dua siswa tidak mengikuti ujian akhir karena sakit. Hasil evaluasisiklus II (akhir) nilai yang diperoleh siswa antara 60 s.d 70 sejumlah 12 siswa, nilai 71s.d 80 sejumlah 19 siswa , dan nilai yang di atas 81 sejumlah 1 siswa.Keywords: prewriting, cubing, argumen, and strategi
SEKUEL CERPEN "SEPOTONG SENJA UNTUK PACARKU" : SEBUAH PEMBICARAAN -, Nurhadi
Diksi Vol 11, No 2: DIKSI JULI 2004
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v11i2.6961

Abstract

PROBLEMA KONSERVASI BAHASA JAWA MENGHADAPI ERA GLOBALISASI INFORMASI -, Suwarna
Diksi Vol 9, No 4: DIKSI 1996
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v9i4.7098

Abstract

INCORPORATING ACTIVE-READING HABIT IN ENGLISH CLASSES OTHER THAN ENGLISH DEPARTMENT CLASSES Sutrisno, Adi
Diksi Vol 12, No 2: DIKSI JULI 2005
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v12i2.5262

Abstract

Kemampuan membaca teks berbahasa Inggris secarakritis sangat diperlukan oleh mahasiswa karena kemampuantersebut menjadi prasarat penting bagi mahasiswa untuk menggalipengetahuan lebih dalam, yang pada umumnya masih ditulis dalambahasa Inggris. Saat ini ketrampilan membaca teks bahasa Inggrissecara kritis lazimnya hanya diberikan kepada mahasiswa JurusanSastra dan Bahasa Inggris. Dengan melihat kebutuhan yang sama,mahasiswa Jurusan non Sastra dan Bahasa Inggris pun perlu diberibekal ketrampilan membaca kritis. Untuk itu, kelas bahasa Inggrisuntuk jurusan non Sastra dan Bahasa Inggris perlu diarahkan untukmenguasai ketrampilan membaca kritis dengan memperkenalkan?active reading habit? kepada para mahasiswanya. Artikel inimengulas tentang apa yang dimaksud dengan ?active reading habit?dan bagaimana mencangkokkannya dalam kelas bahasa Inggris untukmahasiswa jurusan Non Sastra dan Bahasa Inggris.Kata kunci: Teaching English to Students Other than EnglishDepartment, active-reading habit, reading skills.A. Introduction
TEKS POP STUDI GENDER Purbani, Widyastuti
Diksi Vol 15, No 5: DIKSI 1998
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v15i5.6983

Abstract

PENGGUNAAN WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI Hidayati, Sari
Diksi Vol 24, No 1: DIKSI MARET 2016
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v24i1.11500

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan menulis esai dengan memberikan Written Corrective Feedbackpada 11 peserta sesi IETLS Writing pelatihan IELTS Preparation Program kerjasama PusatPengembangan Bahasa (P2B) UNY dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)Departemen Keuangan Republik Indonesia. Instrumen penelitian untuk mengumpulkandata berupa panduan observasi, materi tes, dan panduan catatan lapangan. Data yangdiperoleh berupa catatan hasil observasi, catatan lapangan, dan hasil karya teks yangdihasilkan mahasiswa. Selain data tersebut, terdapat pula data kuantitatif yang diperolehdari hasil skor rerata pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa denganmemberikan written corrective feedback untuk meningkatkan kemampuan mahasiswamenulis esai dicapai peningkatan dalam keterlibatan peserta dalam proses pembelajarannamun hasil pembelajaran yang diukur melalui pre-test dan post-test menunjukkan nilairerata post-test mengalami penurunan. Meskipun mengalami penurunan skor, peserta masihberada di level yang sama sebagaimana yang terefleksikan pada hasil pre-test sebelumnyayakni level modest users.Kata Kunci: written corrective feedback, foreign language writing, penelitian tindakankelas
PENGGUNAAN STRATEGI REPRESENTASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA FIKSI Pratiwi, Yuni
Diksi Vol 13, No 2: DIKSI JULI 2006
Publisher : Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/diksi.v13i2.6451

Abstract

The use of a representational strategy in the teaching of prose fictionappreciation could give students more chances to use non-linguistic symbols inexpressing the results of their literature appreciation. The use of non-linguisticsymbols has the power of driving away the boredom students experience in usingthe usual appreciation techniques as well as giving them more chances to createand build their personal meaning in social interaction, enhancing their criticalthinking, and empowering them in giving strong argumentation in enjoyablelearning contexts. The non-linguistic symbols are many in kind. They are, amongothers, colored pie charts, sketches, measuring scale figures, and comic pictures.Keywords: visual

Page 1 of 24 | Total Record : 239