cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
berkala.saintek@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
BERKALA SAINSTEK
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Berkala SAINSTEK (BST) merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian di bidang sains dan teknologi. Secara khusus BST diperuntukan bagi penulis internal mahasiswa Universitas Jember bidang fisika, matematika, biologi, kimia, teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro dan sistem informasi. Namun BST juga menerima artikel dari penulis eksternal sepanjang memenuhi kriteria dan dalam lingkup bidang sains dan teknologi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 1 (2019)" : 6 Documents clear
Hidrolis Kulit Buah Kopi Oleh Kapang Pestalotiopsis sp. VM 9 Serta Pemanfaatan Hidrolisatnya Sebagai Medium Produksi Protein Sel Tunggal Saccharomyces cerevisiae Khofiya, Zunairoh Nidaan; Winarsa, Rudju; Muzakhar, Kahar
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9915

Abstract

Hidrolisis limbah kulit buah kopi oleh enzim ekstraseluler Pestalotiopsis sp. VM 9 telah dilakukan. Hasil hidrolisis menunjukkan bahwa dalam hidrolisat mengandung gula reduksi 392,35μg/ml setelah masa inkubasi hari ke-6. Analisis lanjutan menunjukkan bahwa hidrolisat dapat digunakan sebagai medium pertumbuhan Protein Sel Tunggal (PST) S. cerevisiae dengan tingkat pertumbuhan hingga mencapai kepadatan sel 8,5x10 6 sel/ml selama 72 jam kultivasi. Selama pertumbuhannya S. cerevisiae terbukti mengkonsumsi sumber karbon dari gula reduksi sebanyak 211,91 μg/ml. Kata Kunci: Kulit buah kopi, hidrolisis, produksi PST, Pestalotiopsis sp.
Screening Fitokimia dan Studi Aktivitas Ekstrak Daun Sintok (Cinnamomum sintoc Bl.) Sebagai Antioksidan dan Antihiperlipidemia Kumalasari, Ardine; Handayani, Wuryanti; Siswoyo, Tri Agus
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9916

Abstract

Cinnamomum sintoc Bl. merupakan tanaman yang memiliki kandungan minyak atsiri di kulit batangnya yang digunakan untuk antioksidan, antihiperlipidemia dan lain-lain. Dari penelitian ini, senyawa metabolit sekunder dari daun sintok (kadar air 54,7%±0,69) diekstrak dengan metanol dan dianalisis dengan reagen spesifik. Daun sintok diekstraksi secara maserasi bertingkat dengan meningkatkan kepolaran pelarut, yaitu n-heksana, etil asetat, metanol. Uji antioksidan dan antihiperlipidemia dilakukan pada setiap ekstrak(HS, ES, MS) menggunakan standar asam galat equivalent. Total fenolik dan total flavonoid dihitung menggunakan kurva standar asam galat dan kuersetin, hasil total fenolik dari setiap ekstrak antara lain HS (39,23±2,79 mg AGE/g); ES (110,77±2,37 mg AGE/g); dan MS (283,63±3,96 mg AGE/g). Aktivitas antioksidan pada ekstrak ditentukan dengan kemampuan ekstrak untuk meredam DPPH sedangkan aktivitas antihiperlipidemia ekstrak ditentukan dengan kemampuan ekstrak untuk menghambat kinerja lipase. Potensi ekstrak daun sintok terhadap antioksidan cukup tinggi hanya untuk ekstrak MS, sedangkan potensi terhadap antihiperlipidemia untuk semua jenis ekstrak. Kata Kunci: Cinnamomum sintoc Bl., fitokimia, maserasi, fenolik, antioksidan, antihiperlipidemia.
Isolasi Emas dari Larutan Kompleks Emas Thiourea Hasil Ekstraksi dengan Metode Elektrolisis Nursiah, N.; Haryati, Tanti; Andarini, Novita
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9917

Abstract

Emas merupakan logam mulia dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Metode pemisahan emas dari campurannya yang biasa digunakan yaitu amalgamasi dan sianidasi, namun keduanya menghasilkan limbah yang dapat merugikan lingkungan dan makhluk sekitarnya. Metode isolasi alternatif yang dapat digunakan yakni dengan leaching menggunakan pelarut thiourea dilanjutkan dengan pemisahan kompleks yang terbentuk dengan elektrolisis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu optimum dan luas permukaan katoda optimum menggunakan karbon selama elektrolisis berlangsung. Variasi waktu elektrolisis yang diterapkan sebesar 60; 90; 120; 150; 180; dan 210 detik. Waktu optimum yang diperoleh yaitu pada 150 detik dengan persentase penurunan Au dalam larutan sebesar 98,99% diikuti kenaikan massa katoda sebesar 0,02 mgram. Elektrolisis selanjutnya dilakukan dengan variasi luas permukaan katoda karbon 0,1256; 0,2462; dan 0,5064 cm2 dengan waktu 150 detik. Luas permukaan optimum yang diperoleh pada 0,2462 cm2 dengan hasil penurunan Au dalam larutan sebesar 98,459% dan kenaikan massa katoda 0,020 mgram. Kata Kunci: elektrolisis, emas, leaching, thiourea.
Optimalisasi Adsorpsi Zat Warna Rhodamin B Pada Hemiselulosa Dalam Sistem Dinamis Putri, Sella August; Asnawati, A.; Indarti, Dwi
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9912

Abstract

Adsorben hemiselulosa digunakan sebagai alternatif untuk adsorpsi zat warna tekstil Rhodamin B. Parameter penelitian seperti massa adsorben dan pH larutan influen telah dilakukan untuk memperoleh kapasitas adsorpsi adsorben hemiselulosa. Banyaknya zat warna Rhodamin B yang teradsorpsi pada adsorben hemiselulosa mengalami peningkatan dengan bertambahnya massa adsorben dan pH larutan influen mendekati pH 7. Hasil penelitian dikaji dengan model Thomas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adsorben hemiselulosa dapat menyerap zat warna Rhodamin B paling baik pada massa adsorben 0,5 gram dan pH larutan 7,34, dengan banyaknya zat warna Rhodamin yang diserap oleh adsorben hemiselulosa sebesar 0,047 mg/g. Hasil penelitian adsorpsi ini menunjukkan bahwa adsorben hemiselulosa dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pengurangan zat warna Rhodamin B dalam larutan. Kata Kunci: Adsorben, hemiselulosa, rhodamin B, adsorpsi.
Analisis Variasi Faktor Eksposi dan Ketebalan Irisan Terhadap CTDI dan Kualitas Citra Pada Computed Tomography Scan Nurhayati, Arry Y.; Nariswari, Nia N.; Rahayuningsih, B.; Hariadi, Yuda C.
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9913

Abstract

CT Scan merupakan alat pencitraan sinar-X yang dipadukan dengan komputer pengolah data sehingga mampu menghasilkan gambar potongan melintang tubuh dan memiliki dosis relatif lebih tinggi, karena berasal dari radiasi primer dan radiasi hambur dari setiap slice. Dosis yang dihasilkan dipengaruhi oleh parameter scan yaitu faktor eksposi (tegangan tabung, arus- waktu rotasi) dan ketebalan irisan. Kuantitas dosis pada pemeriksaan CT Scan digunakan metode Computed Tomography Dose Index (CTDI). Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui efek variasi parameter scan terhadap CTDI dan kualitas citra dengan menggunakan phantom. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada variasi 200 mAs, 120 kV dan 5 mm menghasilkan CTDIvol dan CNR optimum dengan nilai masing-masing 25.8 mGy dan 3.51. Hal ini disebabkan adanya keseimbangan nilai antara faktor eksposi yang tidak memiliki rentang yang terlalu jauh sehingga menghasilkan energi dan kuantitas sinar X yang seimbang dan ketebalan irisan tidak menghasilkan noise tinggi sehingga objek dalam phantom tetap dapat terlihat lebih baik. Kata Kunci: CT Scan, CTDI, CTDIvol, LCR, CNR.
Rancang Bangun Indoor Positioning System berbasis Wireless Smartphone menggunakan Teknik Global Positioning System dengan Metode Absolut Jamaluddin, J.; Nugroho, Agung Tjahjo; Maulina, Wenny
BERKALA SAINSTEK Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/bst.v7i1.9914

Abstract

Indoor Positioning System (IPS) merupakan teknologi informasi untuk menentukan posisi objek di dalam ruangan berbasis wireless smartphone. Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat unit smartphone, satu smartphone sebagai transmitter, dan tiga smartphone lainnya sebagai receiver. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model dan tingkat akurasi dari IPS berbasis wireless smartphone menggunakan teknik Global Positioning System (GPS) dengan metode absolut. Penelitian ini dilakukan dengan membuat dua model IPS dan melakukan pengukuran intensitas sinyal Wi-Fi berdasarkan masing-masing model IPS yang telah dibuat untuk mendapatkan persamaan linier antara jarak dan intensitas sinyal Wi-Fi. Persamaan linier yang didapatkan dari model IPS digunakan untuk menentukan jarak antara receiver dan transmitter berdasarkan intensitas sinyal Wi-Fi yang terukur pada saat pengujian model, kemudian informasi jarak tersebut digunakan untuk menentukan posisi objek (transmitter). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model 1 IPS berbasis wireless smartphone mampu mengestimasi posisi dengan rata-rata tingkat kesalahan mencapai 4,46 m dan tingkat akurasinya mencapai 76,51%. Model 2 IPS mampu mengestimasi posisi dengan rata-rata tingkat kesalahan 9,68 m dengan tingkat akurasinya mencapai 49,03%. Berdsarakan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model 1 IPS memiliki tingkat akurasi yang lebih baik untuk mengestimasi posisi objek daripada model 2 IPS. Kata Kunci: Global positioning system (GPS), indoor positioning system (IPS), wireless smartphone.

Page 1 of 1 | Total Record : 6