cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Kreatif Tadulako Online
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 1,449 Documents
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENULIS SURAT DINAS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SD INPRES 12 BAJAWALI Artamiati, Ni Luh Putu Sri; Efendi, Efendi; Gagaramusu, Yusdin
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.377 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan di SD Inpres 012 Bajawali. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis surat dinas di kelas V SD Inpres 12 Bajawali dengan menerapkan metode pemberian tugas. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis surat dinas. Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 12 Bajawali berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan guru (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 55% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada ketuntasan  belajar yaitu 95%, hal ini menunjukkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Hasil daya serap klasikal pada siklus I adalah 68,6% dan siklus II daya serap klasikal adalah 85,4%, hal ini menunjukkan persentase peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dari siklus I ke siklus II sebesar 16,8%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pemberian tugas menulis surat dinas yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan pada siswa kelas V SD Inpres 12 Bajawali
HUBUNGAN MOTOR ABILITY DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK BOLA MAHASISWA PJKR UNTAD Humaedi, Humaedi; Abduh, Ihkwan
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motor ability dengan keterampilan bermain sepak bola. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ?korelasional?. Populasinya mahamahasiswa PJKR Universitas Tadulako. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa putra sebanyak 40 orang. Teknik penentuan sampel adalah secara acak (random sampling) melalui undian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien korelasi product moment (r) melalui program SPSS 20pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan motor ability dengan keterampilan bermain sepak bola, dengan nilai r0 sebesar 0,693. Motor ability dapat memberikan kontribusi positif sebesar 48,1 persen terhadap keterampilan bermain sepak bola.
PROFIL PERTANYAAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA SMA KELAS XI Hamzah, Abdul; Santoso, Tri
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.093 KB)

Abstract

Pertanyaan dapat mendorong fungsi metakognitif yang berguna untuk memantau proses berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan struktur tingkat pertanyaan siswa berdasarkan tingkat pemikiran dan tingkat pemahaman kimia, dan menggambarkan bagaimana siswa menggunakan pengetahuan metakognitif mereka dalam bertanya. Penelitian ini merupakan studi kasus dalam pembelajaran termo kimia, diikuti oleh 32 siswa. Hasil analisis mengungkapkan bahwa struktur berpikir tingkat pertanyaan siswa terdiri dari pertanyaan pengetahuan, pemahaman dan pertanyaan aplikasi, dan pertanyaan berpikir tinggi. Struktur tingkat pemahaman kimia dari pertanyaan yang dikemukakan siswa menunjukkan 6 kategori, yaitu simbol, makro, makro-mikro, proses makro, proses mikro, dan proses makro-mikro. Hasil analisis dari 8 (delapan) siswa yang diwawancari terhadap pertanyaan mereka pada pembelajaran termokimia, terungkap terdapat 3 level proses metakognitif, yaitu: (1) tingkat rendah, yang disusun berdasarkan pertanyaan yang berfokus pada frasa tertentu atau mengubah kata-kata; (2) tingkat menengah, pengajuan pertanyaan membutuhkan pengetahuan dan pemahaman, dan (3) tingkat tinggi, pertanyaan-pertanyaan siswa yang diajukan berdasarkan identifikasi topik sentral atau esensi abstraksi dari fenomena.
Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Puunkoilu Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Adwia, Adwia
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.3 KB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Puungkoilu, terutama yang berkaitan dengan peninggalan bangunan bersejarah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tersebut adalah siswa terbiasa belajar dengan cara menghafal, diceramahi, danmenyalin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Puungkoilu pada pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Penggunaan media gambar diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut “Apakah menggunakan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS di SDN Puungkoilu?” Untuk menjawab permasalahan diatas peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil Penelitian menunjukkan persentase ketuntasan klasikal pada tes awal 47,82%  daya serap klasikal 61,73% pada pada siklus I ketuntasan klasikal 65,21% daya serap klasikal 71,73%pada siklus II ketuntasanklasikalmenjadi 100 % dandayaserapklasikal 84,70%. Disamping itu berdasarkan pengamatan dan wawancara terjadi peningkatan aktivitas dan motivasi belajar IPS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Puungkoilu. 
Perancangan Smart Campus Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evauasi Model Pembelajaran E-Learning Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Bukit, Alexander Victor
Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberi banyak peningkatan kualitas dalam dunia pendidikan. Dan dengan adanya terobosan-terobosan dalam teknologi pendidikan, maka Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut disingkat STTAL berusaha memanfaatkan dukungan teknologi tersebut dalam mengembangkan sistem pendidikan dengan menerapkan smart campus. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai ciri eksponensial yaitu semakin lama semakin cepat, karena hasil dari suatu tahap menjadi dasar dan alasan bagi tahap selanjutnya.  Inovasi yang diciptakan dan dikembangkan pada dasarnya dilatarbelakangi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia, sehingga dapat dinikmati dan digunakan sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas mereka.Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah merupakan kebutuhan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung manajemen pendidikan di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, seperti e-catalog, e-library, KRS online, penghitungan IPK mahasiswa, proses keuangan mahasiswa dan sebagainya. Dengan mengintegrasikan seluruh proses inti manajemen pendidikan ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini diharapkan akan meningkatkan mutu layanan secara keseluruha, untuk menciptakan kemudahan dan kecepatan bagi seluruh pihak dalam mengakses data
INVESTIGATING THE USE OF INTERACTIVE STORYTELLING IN ENHANCING ORAL SKILLS FOR SECONDARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA Saiful, Sri Hastuti Novila Anggraini
Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.028 KB)

Abstract

English subject in Secondary School demands the students to master both receptive and productive skills. However, the students still face some difficulties in using the skills, they have no courage to speak English in the classroom. The fact shows that teachers mostly prefer to focus on teaching technical aspects rather than communicative aspects of English. As a consequence, students have fewer opportunities to use the language and consider grammar as the key point in learning English. However, the most important thing of learning English is not only about knowing the grammatical rules, but also being able to use the language for communicative purpose. Hence, it is needed to find a solution regarding to this problem. Furthermore, this research aims at finding out the effectiveness of the use of interactive storytelling in the classroom. The investigation is done through reviewing a range of related literature. This research found out that teachers can use Interactive Storytelling which can develop students? abilities through social interaction and Information Communication and Technology (ICT). The use of interactive storytelling also enables students to gain more practical speaking since it involves more on enhancing collaborative learning, developing creative thinking skills and having a meaningful learning. Despite the benefits, there will be some challenges that need to be considered in applying this method such as large number of students, time allocation, school facilities and teachers? competency. However, these problems can be solved through conducting teacher professional development program in terms of theoretical and practical teaching, classroom management, teaching strategy, and ICT.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KERJA ILMIAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN NEGERI DONGGALA Turtanto, Gandung
Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.774 KB)

Abstract

Pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang terdiri dari tahapan mengganti, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan  mengkomuniksikan. Kerja ilmiah terdiri dari aspek perumusan konsep, aspek penyelidikan masalah, aspek sikap dan komunikasi ilmiah. Sedangkan kerja ilmiah dan kegiatan aktivitas pembelajaran, yang mengikuti tahap-tahap kerja ilmiah dan tahap-tahap pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan satu kelas untuk menguji perlakuan yang akan diterapkan yaitu pendekatan saintifik dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan kerja ilmiah dan kegiatan aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan,dan analisis, data serta pembahasan tampak bahwa pada pembelajaran Siklus I kriteria kerja ilmiah berada pada kriteria kurang artinya aktivitas proses pembelajaran kurang memenuhi kriteria ilmiah dengan persentase 58,2%. Sedangkan pada siklus II aktivitas kerja ilmiah menjadi kriteria memenuhi, artinya aktivitas siswa memenuhi kriteria kerja ilmiah dengan persentase 70,4%. Terdapat peningkatan kerja ilmiah matematika siswa kelas XI MAN Negeri Donggala  pada tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan pendekatan saintifik.
PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 DONGGALA Salmiah, Salmiah
Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.839 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains dan aktivitas proses pembelajaran siswa kelas VIII  Sekolah MTs Negeri 1 Donggala dengan penerapan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala dengan jumlah siswa 30 pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan  hasil  analisis  penelitian  tindakan  kelas  yang terdiri dari dua siklus menggunakan pendekatan keterampilan proses sains, maka hasil analisis tes hasil belajar  sains pada siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 77.67 %,  daya serap klasikal mencapai 81.00%,  persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 72.43% dan aktivitas siswa 70.37%. Sedangkan siklus II dengan ketuntasan klasikal mencapai  80.00 %,  daya serap klasikal mencapai 81.50%,  persentase aktivitas guru pada siklus II sebesar 82.06% dan aktivitas siswa 85.51%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar sains  dan  aktivitas proses pembelajaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala.
PENGARUH PENERAPAN PROCESS GENRE-BASED APPROACH (PGBA) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS ESAI Budi, Budi; Usman, Sriati; Rofiqoh, Rofiqoh
Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.466 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) akan meningkat atau tidak. Desain penelitian ini adalah pre-experimental-one group pretest posttest yang dilaksanakan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD. Populasinya adalah mahasiswa semester IV (genap)  tahun akademik 2016/2017. Sample penelitian ada mahasiswa Kelas D, yang ditetapkan dengan menggunakan total sampling technique. Hipotesa penelitian adalah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: tes awal (Pretest) dan tes akhir (Postest). Perlakuan (treatment)  dilaksankan 6 kali pembelajaran. Hasil data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest (72,2) lebih besar daripada rata-rata pretest (42,91) dan nilai t-hitung (10,57) lebih besar daripada nilai t_tabel (1,684) dari daya beda (degree of freedom), df =35-1=34, pada tabel level signifikan 0,05 (one-tailed test). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi: (1) mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis esai; (2) pengajar (dosen) untuk menambah sebuah pendekatan pembelajaran menulis esai melalui PGBA dengan tahapan (a) preparation; (b) modelling and reinforcing; (c) planning; (d) joint constructing; (e) independent constructing; dan (f) revising. (3) dosen dan guru bahasa Inggris dapat melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan PGBA.
ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIA SMA AL-AZHAR PALU Ranti, Ranti; Darsikin, Darsikin; Saehana, Sahrul
Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online
Publisher : Jurnal Kreatif Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.416 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa berprestasi mata pelajaran fisika di SMA Al-Azhaar Palu. Gaya belajar adalah cara yang konstan yang dilakukan oleh seorang murid dalam memecahkan soal. Gaya belajar yang diungkapkan oleh David Kolb akan membentuk empat kombinasi kuadran gaya belajar yaitu gaya belajar Diverger, Assimilator, Converger dan Accomodator. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Al-Azhaar Palu yang berprestasi dan mendapatkan nilai tertinggi pada mata pelajaran fisika Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 9 orang.  Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 24 pernyataan yang diisi oleh siswa dengan cara memberikan skor 1-4. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Gaya belajar siswa berprestasi mata pelajaran fisika di kelas XI MIA 1, 2 dan 3 SMA Al-Azhaar Palu lebih dominan pada gaya belajar accomodator (Kuadran IV) yang merupakan kombinasi antara kutub perasaan dengan tindakan dengan persentase sebesar 82,64%.

Page 1 of 145 | Total Record : 1449


Filter by Year

2013 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Kreatif Online Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 9 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 7 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 6, No 11 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 9 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 8 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 7 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 5, No 12 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 10 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 9 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 7 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 6 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Online Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Kreatif Online Vol 4, No 12 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 11 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 10 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 1 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 4, No 1 (2016): Junal Kreatif Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Online Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Online Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kreatif Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kreatif Online More Issue