cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Published by Universitas Surabaya
ISSN : 23038203     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN 2302-8203
Arjuna Subject : -
Articles 2,596 Documents
ANALISIS SPIRITUAL INTELLIGENCE INTERNAL AUDITOR DALAM RANGKA PENYUSUNAN LAPORAN AUDIT PADA PT BANK X, TBK DI SURABAYA Arifin, Lulu Natalie
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Audit internal merupakan fungsi penilaian independen pada suatu badan usaha untuk mengatasi risiko. Salah satu tugas internal auditor adalah untuk menyusun laporan audit. Laporan audit memiliki tujuan untuk memberikan informasi dari hasil audit yang dilakukan oleh internal auditor. Diharapkan penyusunan laporan audit dapat dilakukan dengan lebih bagus dengan adanya kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh internal auditor. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan observasi kepada 10 orang staff divisi audit internal PT Bank X, Tbk di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh berupa peningkatan produktivitas dari internal auditor yang memiliki kecerdasan spiritual.
PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING EMERGING ADULTHOOD ANTARA PASANGAN LONG DISTANCE RELATIONSHIP DENGAN PASANGAN PROXIMAL RELATIONSHIP Tedjo, Putri Delinda Wendyana
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasangan yang menjalani long distance relationship berbeda dengan pasangan yang menjalani proximal relationship. Keterpisahan secara fisik membuat pasangan yang menjalani long distance relatioship tidak dapat saling bertemu dan berdekatan ketika saling membutuhkan tidak seperti pasangan proximal. Keterpisahan fisik dengan orang yang sudah dianggap dekat dapat memengaruhi psychological well-being individu (Burillo dalam Wells, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan psychological well-being antara pasangan long distance relationship dengan pasangan proximal relationship. Subjek penelitian ini terdiri dari pria maupun wanita yang berumur 18-25 tahun dengan jumlah subjek yang terdiri dari 50 subjek yang sedang menjalani long distance relationship dan 50 subjek yang sedang menjalani proximal relationship. Metode pengumpulan data secara online dilakukan dengan menggunakan angket yang mengacu pada angket Ryff (1995). Metode analisis data menggunakan uji beda sampel independent dengan bantuan SPSS versi 16.0. Dari hasil penelitian dan hasil uji t keenam aspek menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan psychological well-being emerging adulthood yang menjalani proximal relationship dengan emerging adulthood yang menjalani long distance relationship (t=0.345 ; p (0.931) > 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang menjalani long distance relationship maupun subjek yang menjalani proximal relationship sama-sama memiliki kategori psychological well-being yang tergolong sangat tinggi. Adanya faktor komunikasi yang baik dan dukungan sosial membuat psychological well-being subjek yang menjalani long distance relationship maupun proximal relationship tergolong sangat tinggi sehingga jarak dekat ataupun jauh bukanlah sebuah kendala. 
PENYITAAN DAN PELELANGAN SAHAM MAYORITAS PERSEROAN DALAM PROSES PERADILAN AKIBAT TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG Daely, Nobel Abednego
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tindak pidana pencucian uang (selanjutnya disebut dengan TPPU) merupakan tindak kejahatan yang bersifat universal, bahkan kejahatan tersebut tidak dibatasi oleh wilayah negara. Meskipun TPPU atau yang lebih dikenal dengan money laundering ini telah jamak ditemui di banyak negara, tetapi TPPU sendiri belum mempunyai definisi yang berlaku universal. Di Indonesia sendiri, TPPU telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (selanjutnya disebut dengan UU TPPU). TPPU sendiri merupakan tindak pidana lanjutan atau tindak pidana yang dilakukan guna menyembunyikan hasil tindak kejahatan lain, contohnya adalah kejahatan korupsi dan kejahatan narkotika. Para pelaku kejahatan narkotika akan ?mencuci? uang hasil penjualan narkotika dengan berbagai upaya, misalnya dengan melakukan usaha penukaran mata uang. Selain itu, tidak jarang pelaku tindak kejahatan melakukan money laundering mengkaburkan asal usul uang dengan melakukan investasi pada kegiatan bisnis, seperti menanamkan modal pada perseroan yang memiliki kredibilitas dan prospek usaha yang menguntungkan.   Investasi pada perseroan yang telah memiliki kredibilitas dan prospek usaha yang baik, dapat dilakukan dengan cara mengakuisisi saham perseroan. Akuisisi perseroan (secara absolute majority) tentu membawa dampak berpindahnya arah dan kebijakan perseroan dalam berbisnis. Setelah akuisisi, pelaku TPPU tentu menjadi pemegang saham pengendali dari perseroan (absolute majority). Permasalahan pelik timbul saat proses peradilan berjalan dan ditegakkan pada pelaku TPPU, dimulai dengan penyitaan saham mayoritas yang dimiliki pelaku sebagai barang bukti sampai pada pelaksanaan putusan pengadilan terhadap barang bukti tersebut. Proses peradilan tersebut tentu akan membawa dampak pada perseroan yang bersangkutan itu sendiri. Karya tulis ini membahas permasalahan yang timbul dalam proses peradilan TPPU, khususnya terkait dengan permasalahan saham.    
PERANCANGAN FURNITUR DAPUR UNTUK MEMBUAT KUE DENGAN KONSEP MODULAR STUDI KASUS PEMBUAT KUE SKALA RUMAHAN Widhiyanto, Aveliani Valentine
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemudahan untuk membuat kue membuat usaha ini meningkat setiap tahunnya. Para pembuat kue tersebut berasal dari kalangan menengah dan tempat yang mereka gunakan untuk membuat kue adalah dapur mereka yang digunakan sehari - hari. Adapun masalah yang dialami para pembuat kue ini adalah dapur yang kecil dan perabotan yang kurang memadai sehingga alat dan bahan untuk memproduksi kue tempatnya terpisah - pisah dan mengakibatkan banyak waktu terbuang hanya untuk mempersiapkan alat dan bahan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Melalui penelitian yang dilakukan, diketahui jika para pembuat kue tersebut menambahkan meja kerja dan lemari penyimpanan secara terpisah. Dapur mereka berukuran  ±13.5 m2 dengan layout dapur yang berbeda - beda. Namun sebagian besar alat dan bahan yang digunakan memiliki jumlah dan ukuran yang sama.  Dari hasil penelitian, akan dirancang satu set furnitur dapur khusus untuk membuat kue, yang terdiri dari meja kerja, lemari penyimpanan, dan sebuah tempat duduk. Dengan adanya tempat khusus untuk alat dan bahan yang tersusun secara teratur, para pembuat kue skala rumahan dapat melakukan proses pembuatan kue dengan lebih nyaman, teratur serta menghemat tempat dan waktu dalam proses persiapan alat dan bahan yang akan digunakan. Namun furnitur ini belum dapat diaplikasikan di semua tipe dapur. Selain itu perlu ada perbaikan pada bentuk sehingga tidak terkesan kaku dan kuno.
IMPLIKASI NILAI KONFUSIANISME TERHADAP PERSONNEL DAN CULTURAL CONTROL UNTUK MEMINIMALKAN CONTROL PROBLEM PADA BADAN USAHA “X” DI SURABAYA Winarto, Marisa
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi nilai konfusianisme terhadap personnel control dan cultural control untuk meminimalkan control problem. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil objek penelitian Badan Usaha ?X? di Surabaya. Badan Usaha ?X? merupakan sebuah perusahaan yang merupakan milik orang keturunan Tionghoa. Agar dapat bertahan dalam dunia bisnis, perusahaan harus dapat mengendalikan sumber daya manusianya. BudayaTionghoa yang dianut oleh pemilik di sini menjadi unsur dalam mengendalikan kinerja karyawannya, terutama nilai konfusianisme, baik dalam personnel control dan cultural control. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengendalikan kinerja karyawan sehingga dapat sejalan dengan perusahaan. Temuan dari hasil analisis yang dilakukan selama proses penelitian adalah  adanya pengaruh positif dari penerapan budaya Tionghoa pada bentuk personnel dan cultural control dalam meminimalkan control problem pada perusahaan.
PENERAPAN RISK MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN NON-FINANCIAL FIRM PERFORMANCE DI PERUSAHAAN MURNI JAYA Widjaya, Poppy Elvira; Sugiarti, Yenny
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penerapan Risk Management pada perusahaan manufaktur yang bergerak di industri kecap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang digunakan dibatasi mulai tahun 2011 hingga semester pertama 2012. Tujuan diterapkan Risk Management pada perusahaan ini adalah agar dapat diidentifikasi risiko-risiko apa saja yang berkaitan dengan non-financial performance di perusahaan. Hasil identifikasi risiko ini untuk menentukan risiko tersebut termasuk dalam low risk, medium risk, atau high risk. Dengan demikian, akan membantu pihak manajemen dalam mengambil tindakan dan respon yang tepat untuk mengurangi dampak negatif dan kemungkinan terjadi di masa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini ada 6 risiko tergolong high risk, 2 risiko tergolong medium risk, dan 9 risiko tergolong low risk. Rekomendasi yang diberikan sebagian besar adalah mengurangi risiko untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi ataupun yang akan terjadi. Penerapan Risk Management diharapkan dapat membantu meningkatkan non-financial performance di perusahaan.
STUDI DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR ATM SERVICE QUALITY PADA ATM BCA DI SURABAYA Ardiyanto, Ardiyanto; Rahayu, Siti; Kusumawardhany, Prita Ayu
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi faktor-faktor ATM Service Quality pada penelitian sebelumnya masih relevan digunakan pada saat ini objek yang diambil adalah ATM BCA di Surabaya Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 18 for windows. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan judgmental sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 responden. Data di olah menggunakan mean, standar deviasi dan Confirmatory factor analysis.  Penelitian ini menyatakan dari 7 dimensi ATM Quality yaitu (1)Reliability, (2)Convenience, (3)Responsiveness, (4)Ease to Use, (5)Fulfillment, (6)Security, (7)Accuracy. Yang terbagi dalam 28 pernyataan pada penelitian sebelumnya yang masih relevan digunakan untuk penelitian. Semua elemen pernyataan dapat digunakan karena memiliki loading faktor yang telah ditentukan
ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KAMAR OBAT DI PUSKESMAS SURABAYA UTARA Hayaza, Yaseer Thariq
CALYPTRA Vol 2 No 2 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian kamar obat dan melihat tingkat kualitas pelayanan kefarmasian, serta melihat dimensi apa saja yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian dilakukan dengan metode probability sampling secara purposive sampling (non-random sampling). Data dikumpulkan dari 100 responden di beberapa puskesmas di Surabaya Utara melalui kuesioner dan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dan apoteker di puskesmas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret ? April 2013 dengan mengukur kepuasan pelayanan kefarmasian kamar obat dan tingkat kualitas pelayanan kamar obat. Ada lima dimensi yang digunakan untuk pengukuran tingkat kepuasan konsumen kamar obat pada puskesmas Surabaya Utara yaitu Tangibles (bukti langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (ketanggapan) , Assurance (jaminan), Empathy (empati) dan Pelayanan kefarmasian dilihat dari beberapa prosedur yang ada dan dilaksanakan. Kepuasan konsumen pada lima dimensi pelayanan kefarmasian termasuk tingkatan cukup puas. Untuk pelayanan kefarmasian dalam tingkat yang baik. Ditinjau dari dimensi kepuasan tersebut dimensi Responsiveness (ketanggapan) memperloeh skor terendah yaitu -0,56 dengan kecepatan untuk melayani obat : Non-Racikan < 20 menit, Racikan < 40 menit yaitu -0,87 sehingga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
HUBUNGAN PERCEIVED RISK DAN SELF CONCEPT DENGAN BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK Kentjana, Noella
CALYPTRA Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perceived risk dan self concept dengan brand loyalty pada konsumen produk kosmetik. Subjek pada penelitian ini adalah 307 mahasiswi Universitas Surabaya yang berusia 18 hingga 25 tahun sesuai dengan periode perkembangan emerging adults.  Hasil pada penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara perceived risk dan self concept secara bersama-sama dengan brand loyalty produk kosmetik (F= 111,21; p < 0,05), ada hubungan antara perceived risk dengan brand loyalty (r = -0,633; p< 0,05),  ada hubungan antara self concept dengan brand loyalty (r= 0,339; p=<0,05). Simpulan pada penelitian ini adalah  peningkatan brand loyalty dapat terjadi bila konsumen produk kosmetik memiliki perceived risk rendah dan self concept tinggi. Untuk meningkatkan brand loyalty, produsen harus mempertimbangkan perceived risk dan self concept konsumen karena brand loyalty merupakan salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan konsumen.
PERBAIKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN STRUKTUR ORGANISASI PT. X Agil, Victor; Gunawan, Gunawan; Rinawiyanti, Esti Dwi
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan keterlambatan pengolahan informasi administrasi divisi udara domestik dan beban kerja kepala divisi udara domestik yang lebih berat oleh karena perbedaan struktur organiasasi pada PT. X. PT. X merupakan perusahaan ekspedisi yang melakukan pengiriman melalui tiga divisi, yaitu darat,  udara domestik, dan udara intnernasional. Selama ini, PT. X telah melakukan perbaikan untuk menyelesaikan kedua permasalahan tersebut, namun upaya tersebut belum berhasil. Untuk mencari solusi penyelesaian perusahaan tersebut, harus dilakukan analisis dan pemahaman atas permasalahan yang terjadi, sehingga didapatkan solusi penyelesaian masalah yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan riset terapan yang bertujuan untuk memberikan solusi kepada PT. X mengenai perbaikan sistem informasi manajemen dan struktur organisasi yang tepat, guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan data primer berupa alur kerja, aliran informasi, penyebab permasalahan, dan kondisi internal dan eksternal perusahaan, serta data sekunder berupa struktur organisasi perusahaan dan job description. Dari hasil analisis, didapatkan tiga solusi yang dapat dilakukan oleh PT. X, yaitu menambah supervisor untuk administrasi divisi udara domestik, menambah bagian kredit dan borderel invoice di kantor bandara, dan menginputkan data LPH berdasarkan pemilahan secara kredit atau kontan.

Page 1 of 260 | Total Record : 2596


Filter by Year

2012 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 6 No 2 (2017): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 6 No 2 (2017): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 5 No 1 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 5, No 1 (2016): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4 No 2 (2015): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4 No 1 (2015): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4, No 2 (2015): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4, No 1 (2015): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4 No 2 (2015): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4 No 1 (2015): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 3 No 1 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 3, No 2 (2014): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 3, No 1 (2014): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 3 No 1 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No 2 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2, No 2 (2013): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2, No 1 (2013): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No 2 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 1, No 1 (2012): CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya More Issue